Membuat model bisnis menjadi salah satu bagian kunci dari keseluruhan proses bisnis. Dalam prosesnya pun, perlu ada beberapa tahapan untuk bisa meranc...
6 Komponen CATWOE Analysis Dalam Mengidentifikasi Tujuan Bisnis
Sudah jadi rahasia umum bila persaingan bisnis di era transformasi digital seperti sekarang semakin ketat. Kondisi tersebut membuat setiap pemangku ke...
Cara Menghitung Gross Merchandise Value (GMV), Metrik Keuangan untuk Bantu Pertumbuhan Bisnis
Bagi Anda yang bergelut di bidang bisnis, terutama untuk skala startup, istilah Gross Merchandise Value (GMV) tentunya bukan lagi menjadi hal baru. Se...
Cara Membuat dan Contoh Fishbone Diagram untuk Minimalisir Risiko Bisnis
Dalam setiap bisnis, risiko terjadinya masalah yang menyebabkan kerugian memang merupakan hal yang wajar. Kendati demikian, bukan berarti Anda tidak d...
Lean Six Sigma untuk Tingkatkan Daya Kompetitif dan Performa Perusahaan
Setiap perusahaan tentu memerlukan strategi bisnis yang matang agar dapat bersaing di segmen pasar yang dituju. Strategi ini bukan hanya untuk menduku...
Root Cause Analysis (RCA) atau Analisis Akar Masalah untuk Problem Solving dalam Bisnis
Dalam menjalankan suatu bisnis, masalah adalah hal yang wajar terjadi. Namun, perusahaan perlu menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut a...
Ketahui Fungsi dan Elemen Balanced Scorecard untuk Mengukur Manajemen Strategis Perusahaan
Ada banyak sekali hal yang perlu perusahaan pertimbangkan dalam merancang strategi bisnis. Mulai dari aspek internal seperti penetapan tujuan dan targ...
5 Tahapan Siklus Pembelian Oleh Pelanggan (Customer Buying Cycle)
Tahukah Anda jika penerapan customer buying cycle atau siklus pembelian pelanggan adalah salah satu cara terbaik dalam penerapan strategi pemasaran ya...
Memahami 6 Faktor PESTLE Analysis untuk Manajemen Risiko Bisnis
Dalam berbisnis, perusahaan membutuhkan business analysis guna mendorong pertumbuhan dan kelangsungan bisnis. Selain itu, analisis bisnis ini juga ber...
Contoh Total Quality Management (TQM) di Indonesia
Di era transformasi digital seperti sekarang, pemilik beserta stakeholder dari berbagai ukuran dan niche bisnis dihadapkan dengan banyak pilihan metod...