Social commerce menjadi salah satu tren social media marketing sejak beberapa tahun terakhir, dan diprediksi akan semakin booming di tahun-tahun selan...
Cara Mengukur Brand Perception dan Manfaatnya untuk Mengembangkan Bisnis
Tahukah Anda kenapa brand perception sangat penting untuk pemasaran? Sebab, tidak peduli seberapa bagus produk atau layanan Anda, nilai yang Anda tawa...
Memahami Strategi Marketing Public Relations (Push, Pull, Pass) Beserta Tujuan dan Fungsinya
Terdapat berbagai macam jenis strategi marketing yang bisa perusahaan terapkan untuk memaksimalkan kampanye pemasaran. Entah itu untuk meningkatkan br...
Strategi Mendapatkan Testimoni Pelanggan (Customer Testimonials)
Ketika merasa senang atau puas (customer satisfaction) setelah menggunakan produk atau layanan suatu brand, tak sedikit pelanggan memutuskan untuk mem...
Manfaat dan Jenis Testimoni Pelanggan (Customer Testimonials)
Seiring dengan semakin banyaknya brand yang menawarkan produk atau layanan dengan jenis yang sama, calon pelanggan atau prospek tidak hanya akan menga...
Peran dan Konsep Pemasaran Holistik (Holistic Marketing) Dalam Mengembangkan Pemasaran Bisnis
Di tengah tren Marketing 5.0 dan lingkungan pemasaran bisnis yang berubah seiring dengan transformasi digital membuat tak sedikit marketer kebingungan...
Jangan Asal, Kenali Perbedaan Tipe-Tipe Konsumen dan Cara Pendekatannya!
Dalam berbisnis, mungkin mayoritas pelaku usaha akan menyamakan konsumennya. Dalam artian, mereka hanya berfokus pada target pasar yang menjadi sasara...
10 Tips Jitu Penuhi Kebutuhan Pelanggan (Customer Needs)
Kunci kesuksesan suatu bisnis adalah dapat memenuhi customer needs atau kebutuhan pelanggan. Sebab, ini berarti bisnis tersebut bisa mencapai ekspekta...
Mengenal Apa Itu First Call Resolution (FCR) dan Rumus Menghitungnya
Apabila Anda berkecimpung di bidang pelayanan pelanggan dan CRM (customer relation management), istilah FCR tentunya sudah tidak asing di telinga. Seb...
Memahami Apa Itu User Story dan Cara Pembuatannya Dalam Pengembangan Software
Selama proses identifikasi dan perencanaan pengembangan produk perangkat lunak berbasis metode SDLC Agile, seorang software engineer atau programmer p...