Pengertian Retail Assistant dan Tanggung Jawabnya

retail assistant adalah

Sudahkah Anda memahami pengertian retail assistant dalam dunia bisnis?

Mereka memiliki peran menyapa konsumen yang ingin berbelanja. Posisi tersebut penting keberadaannya mengingat usaha retail yang semakin berkembang pesat.

Saat ini masih banyak orang belum paham tentang tanggung jawab dan keuntungan menjadi retail assistant. Oleh karena itu, simak ulasan di bawah ini untuk menambah pengetahuan bisnis Anda.

Pengertian Retail Assistant

Pada dasarnya, retail assistant merupakan orang yang bertugas menangani langsung usaha retail.

Secara umum tugas utama mereka adalah :

  • Menangani pelanggan
  • Melakukan Kontrol
  • Membantu proses transaksi
  • Memastikan bisnis berjalan dengan lancar

Biasanya, seorang retail assistant akan diawasi langsung oleh manajer toko. Hal ini untuk memastikan mereka melaksanakan job desc nya dengan baik dan benar.

Tanggung Jawab Retail Assistant

Tanggung jawab retail assistant adalah sebagai berikut :

  • Mencarikan produk yang sedang dibutuhkan pelanggan
  • Memberikan informasi detail tentang harga produk
  • Mengatur pengiriman barang oleh distributor dan supplier
  • Ketika barang sudah habis, melakukan restock produk
  • Mengatur dan menjalankan proses transaksi pembayaran
  • Membuat laporan pada manajer terkait stok barang terkini
  • Mengemas dan mengatur pengiriman barang dari toko
  • Memastikan toko tetap rapi dan bersih
  • Memastikan data stok barang harus tepat
  • Mengatur produk rusak
  • Melakukan perbaikan produk atau melakukan retur ke supplier

Tanggung jawab lainnya adalah sebagai berikut :

  • Melaksanakan inventarisasi dan analisis produk sehingga bisa memutuskan apakah ada barang yang harus di restock atau tidak.
  • Melakukan penawaran barang kepada calon pelanggan dengan mendeskripsikannya secara detail dan tepat.
  • Menangani dan menampung setiap keluhan konsumen terkait kondisi barang.
  • Harus siap menghadapi berbagai macam kondisi urgent dalam toko, misalnya jika ada pencuri dan perampok dalam toko retail. Selain itu,  mereka juga harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk menanganinya.

Baca Juga :

Bagaimana Cara Menjadi Retail Assistant?

bagaimana menjadi retail assistant

Melihat tanggung jawabnya yang cukup besar, pekerjaan ini memang membutuhkan beberapa kemampuan atau skill. Karena tidak semua orang dapat melakukan pekerjaan ini dengan baik tanpa skill yang mumpuni.

Seorang retail assistant harus memiliki kemampuan sebagai berikut :

1. Hard Skill

  • Kemampuan Berhitung yang Baik

Suka tidak suka, profesi menjadi retail assistant pasti selalu berhubungan dengan perhitungan atau matematika. Mengingat salah satu tugas mereka adalah menganalisis permintaan dan penawaran barang.

Maka tak heran jika mereka harus memiliki hard skill berupa keterampilan matematika yang baik. Kemampuan tersebut akan sangat membantu proses inventaris barang dan menentukan harga jual terkini.

Tidak hanya itu, terkadang mereka juga harus membuat laporan keuangan. Dan juga membuat strategi promosi untuk mengembangkan usaha.

  • Kemampuan  Bahasa Asing

Seorang retail assistant harus menguasai bahasa asing. Minimal mereka menguasai bahasa inggris dengan baik.

Jika di toko atau bisnis dengan skala kecil, keahlian bisa berbahasa asing mungkin tidak dibutuhkan. Namun, untuk toko yang sudah besar pasti memiliki banyak pelanggan, bukan hal yang mustahil jika pelanggannya pun datang dari negara lain.

Oleh karena itu, akan menjadi poin tambahan yang penting jika bisa memahami bahasa asing.

2. Soft Skill

Selain harus menguasai hard skill di atas, Seorang retail assistant juga harus memiliki Soft skill. Seperti :

  • Manajemen Waktu

Jika dilihat dari pengertian beserta tanggung jawabnya. Maka hal yang wajar jika mereka harus memiliki manajemen waktu yang baik. Hal ini berhubungan dengan semua kegiatan dalam usaha atau toko agar berjalan lancar.

Tanpa kemampuan time management yang baik, hal ini akan berdampak besar pada alur kerja di toko retail. Terutama ritme pekerjaan yang ada di hari tersebut.

Mereka tidak hanya bertugas melayani pelanggan di toko saja. Ada banyak tanggung jawab lainnya yang menunggu.

Contohnya adalah melakukan inventaris barang dan membuat laporan keuangan toko retail. Serta tugas dan tanggung jawab lainnya.

  • Kemampuan Mengambil Keputusan

Seorang retail assistant wajib memiliki kemampuan mengambil keputusan dalam usaha retail. Termasuk kebijakan yang dibuat demi kemajuan toko. Meski pada dasarnya mereka mendapatkan arahan dari manajer, namun mereka memiliki kendali penting juga.

Mereka memegang peranan penting dalam berbagai momen krusial ketika usaha retail berjalan. Oleh karena itu, mereka harus siap menghadapi setiap kendala yang ada ketika menjalankan toko.

  • Kemampuan Pelayanan yang Baik

Setiap hari seorang retail asssistant tidak hanya berurusan dengan konsumen saja. Pada saat tertentu, mereka juga harus memiliki orientasi pada service di seluruh pelanggan toko retail.

Layanan ini harus diprioritaskan untuk setiap elemen di toko retail, misalnya elemen supplier, elemen manajemen, dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Benefit Menjadi Retail Assistant

beenfit menjadi retail asssistant

Pengertian retail assistant beserta tugas-tugas nya memang begitu banyak. Namun, tentunya mendapatkan posisi ini dalam perusahaan juga memberikan banyak benefit. Sebagai motivasi, berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan :

1. Pendapatan atau Gaji

Terlepas dari segala tanggung jawab yang dijalankan, seorang retail assistant memiliki gaji yang cukup. Sebagai contoh, di US penghasilan rata-rata untuk seorang RA yaitu sekitar USD 35 ribu per tahun atau sekitar Rp 500 juta per tahun jika dirupiahkan.

Sementara itu, di Indonesia sendiri rata-rata gaji yang diberikan pada RA sekitar Rp5 juta hingga Rp10 juta setiap bulannya.

2. Jenjang Karir yang Terbuka

Seorang retail assistant ternyata memiliki jenjang karir yang luas. Kesempatan dalam mengembangkan karir cukup terbuka. Bukan hal yang tidak mungkin dari seorang RA bisa naik jabatan menjadi manajer toko.

Selain itu, bisa juga suatu hari mengembangkan usaha sendiri karena banyaknya pengalaman dan ilmu yang dimiliki saat menjalankan profesi ini.

3. Pekerjaan yang Selalu Ada dan Dibutuhkan

Pekerjaan menjadi retail assistant pada dasarnya selalu dibutuhkan. Apalagi tren usaha retail saat ini semakin berkembang pesat setiap tahunnya. Maka bukan hal yang mustahil jika pekerjaan ini selalu dibutuhkan. Mengingat tanggung jawabnya yang sangat penting dalam usaha retail.

Anda sudah memahami pengertian retail assistant beserta peranannya. Pada dasarnya, setiap bisnis toko memang membutuhkan peran seorang retail assistant. Hal ini untuk menunjang bisnis retail agar tetap berjalan dengan lancar dan bisa survive.

Selain itu, profesi ini juga membutuhkan hardskill dan softskill yang memadai. Dengan demikian, berbagai tugas yang dibebankan pun bisa terlaksana dengan lancar.

Baca Juga :