Cara Melakukan Riset Keyword Dengan Ubersuggest

riset keyword dengan ubersuggest

Dalam menunjang keberhasilan konten, keyword mempunyai peranan penting. Keyword adalah kata kunci adalah ide dan topik yang mendefinisikan tentang sebuah konten. Namun kamu tak usah khawatir karena banyak tools yang akan membantu kamu, salah satunya dari Ubersuggest.

Para digital marketer banyak menggunakan Tool riset keyword ubersuggest. Untuk kamu yang ingin tahu cara riset keyword dengan Ubersuggest. Kami bahas ubersuggest dengan lengkap di bawah ini.

Pengertian Ubersuggest

Ubersuggest merupakan sebuah tool riset keyword yang populer untuk Search Engine Optimization (SEO).

Tool ini dikembangkan oleh Neil Patel. Dia adalah seorang pakar digital marketing serta SEO yang populer.

Dengan menggunakan tool ini maka kamu juga bisa mendapatkan ide keyword. Selain itu, dengan tools ubersuggest ini kamu dapat melakukan riset keyword untuk dijadikan bahan analisis dengan pesaing kata kunci tertentu.

Banyak perusahaan yang sudah menggunakan platform ini. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pembuatan konten marketing.

Adapun contoh perusahaan yang menggunakannya misalnya Nike, Twitter, CNN sampai dengan Spotify.

Fitur unggulan ubersuggest adalah sebagai berikut :

  • Keyword Analyzer, yaitu bisa memberikan informasi mengenai volume pencarian. Digunakan untuk mengukur tingkat kesulitan kata kunci. Serta ide konten yang berasal dari sebuah kata kunci.
  • Competitive Analysis, fitur ini akan menampilkan bagaimana persaingan kata kunci utama dengan kompetitor.
  • SEO Explorer, fitur ini akan memberikan informasi mengenai website yang kamu buat apakah sudah menerapkan Praktik SEO dengan baik.

Ubersuggest memiliki kelebihan memiliki desain yang ramah pengguna. Dan menariknya lagi kamu juga bisa menggunakan fitur utamanya dengan gratis untuk tiga keywords tersebut.

Namun agar bisa memperoleh fitur serta hasil pencarian yang lengkap maka kamu juga harus berlangganan layanan dari Ubersuggest ini.

Paket berlangganan ubersuggest adalah sebagai berikut :

  • Individual ($12/bulan)
  • Business ($20/bulan)
  • Enterprise/Agency ($40/bulan)

Kemudian, bagaimanakah cara menggunakannya?

Baca Juga :

Cara Menggunakan Ubersuggest Untuk Melakukan Riset Keyword

Cara menggunakan riset keyword dengan Ubersuggest adalah sebagi berikut :

1. Melakukan Riset Keyword

Bagi kamu yang akan melakukan riset keywords ini maka bisa kunjungi halaman di https://neilpatel.com/ubersuggest

Melakukan Riset Keyword Langkah 1

Kamu bisa melakukan pencarian keyword terlebih dahulu tanpa melakukan login. Akan tetapi kamu hanya bisa menggunakan tiga pencarian pertama saja.

Melakukan Riset Keyword Langkah 2Caranya cukup mudah, kamu cukup memasukkan keyword pada kolom pencarian di Ubersuggest. Setelah itu kamu bisa tentukan negara/bahasa yang diinginkan. Kemudian tekan Enter lalu klik tombol Search.

Keyword Overview

Keyword Overview

Lalu ubersuggest juga akan menampilkan hasil dari pencarian yang kamu butuhkan, Lalu akan masuk ke dalam menu Keyword Overview. Pada menu ini kita akan mendapatkan informasi sebagai berikut :

  • Search Volume ; mengetahui banyaknya hasil pencarian bagi keyword tertentu dalam waktu selama satu bulan terakhir. Disini bisa dicontohkan misal untuk keyword “meja kerja” maka akan keluar search volume 18.100. Dan nilai ini cukup tinggi serta layak untuk kamu jadikan konten.
  • SEO Difficulty (SD) : menu ini akan memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi pencarian organik keyword tertentu. Misalnya untuk SD dengan nilai 4 maka akan menunjukkan bahwa persaingan untuk keyword tersebut tidaklah terlalu tinggi.
  • Paid Difficulty (PD): menu ini akan memberikan informasi mengenai tingkat kompetisi pada pencarian berbayar keyword tertentu. Misalnya dengan nilai PD 100, ini artinya bahwa keyword ini juga mempunyai kompetitor berbayar yang tinggi.
  • Cost per Click (CPC) : informasi ini berisi tentang kisaran per klik untuk mengiklankan produk maupun layanan. Misalnya CPC Rp 2.240 ini artinya kisaran anggaran yang harus dibayarkan pada iklan setiap di klik.

Di sini kamu bukan hanya bisa menentukan keyword utama yang dicari, namun kamu juga bisa mendapatkan ide keyword sejenis lainnya dari Ubersuggest. Caranya yaitu mudah saja kamu tinggal klik keyword Ideas yang terdapat di menu keyword Analyzer. Setelah itu lihat pada menu Suggestions.

Keyword Overview Keyword Ideas

Selanjutnya kamu juga akan mendapatkan referensi ide keyword yang sesuai dengan keyword utama yang dimasukkan. Contohnya digital marketing agency, digital marketing strategy dan lain-lain.

Keyword Overview Related

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan beberapa ide keyword yang sejenis yang masih terkait dengan digital marketing yang terletak pada tab Related. Misalnya digital marketing, konsep digital marketing dan lain-lain.

Jadi dengan menggunakan berbagai macam keyword yang terkait dengan keyword utama maka akan membuat upaya SEO jadi lebih baik. Hal ini juga dikarenakan pada Google bisa mempelajari konteks penjelasan yang masih ada kaitannya dengan keyword tersebut.

Search Result

Keyword Overview Search Results

Pada salah satu ide keyword tersebut, kamu juga bisa melakukan klik search result, gunanya adalah untuk mengetahui mengenai performance dari website lainnya yang memakai keyword tersebut, yang meliputi :

  • Estimation visits : berisi informasi tentang perkiraan jumlah pengunjung pada setiap bulanya
  • Links : mengetahui berapa banyak website yang menautkan link artikel pada website tersebut
  • Domain Authority : mengetahui rangking domain yang berasal dari website tersebut
  • Social shares (SOV): bisa mengetahui berapa kali artikel website tersebut dibagikan di media sosial

Baca Juga :

2. Membuat Project Riset Keyword

Dan jika kamu ingin mendapatkan hasil pencarian dengan lebih lengkap maka kamu harus membuat akun kemudian melakukan login terlebih dahulu.

Dengan menggunakan cara ini maka kamu juga bisa membuat sebuah project konten agar bisa melakukan riset keyword dengan Ubersuggest lebih dalam lagi.

Caranya yaitu :

  • Langkah pertama pada dashboard Ubersuggest, lalu pilih New Project atau bisa klik Add Your first Project

Membuat Project Riset Keyword Langkah 1

  • Selanjutnya kamu isikan nama dan project yang kamu buat

Membuat Project Riset Keyword Langkah 2

  • Setelah itu masukan lokasi serta bahasa yang kamu gunakan untuk melakukan riset keyword yang kamu lakukan. Di sini contohnya yaitu dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Membuat Project Riset Keyword Langkah 3

  • Kemudian kamu masukkan keyword yang akan kamu ketahui untuk project tersebut. Disini kamu juga bisa memasukkannya dengan lebih dari satu keyword. Jika sudah maka tekan Enter.

Membuat Project Riset Keyword Langkah 4

  • Langkah berikutnya dengan memasukkan alamat domain kompetitor yang akan kamu ikuti perkembangannya (melakukan conversion tracking)

Membuat Project Riset Keyword Langkah 5

  • Berikutnya yaitu dengan memilih preferensi fitur pencarian yang kamu butuhkan pada kolom Tracking Preferences.

Membuat Project Riset Keyword Langkah 6

  • Jika sudah maka kamu atur opsi Biweekly Caching Calls dan Personalized SEO Help pada kolom SEO Training. Kemudian pilih No jika kamu tak membutuhkannya. Lalu klik Next.

Membuat Project Riset Keyword Langkah 7

  • Apabila kamu sudah menyelesaikan preferensi nya maka Ubersuggest juga akan memberikan tampilan hasilnya.

Membuat Project Riset Keyword Langkah 8

  • Pada menu Tracked keyword ini kamu juga bisa memulai untuk melakukan pencarian keywordnya
  • Dengan hasil tersebut maka kamu akan mendapatkan gambaran mengenai performa dari setiap keyword yang kamu gunakan untuk konten.

3. Melakukan pengecekan Traffic

Dengan adanya fitur Competitive Analysis ini maka kamu bisa melakukan pengecekan traffic website ataupun kompetitor.

Caranya yaitu :

Klik competitive analysis pada dashboard, kemudian pilih traffic overview lalu masukkan alamat website yang kamu inginkan.

Melakukan pengecekan Traffic

Adapun manfaat dari menggunakan fitur traffic overview ini yaitu salah satunya adalah bisa memudahkan kamu untuk mengetahui kata kunci unggulan yang dipakai oleh kompetitor.

Selain itu bisa juga untuk mengetahui Top SEO pages serta SEO keyword.

4. Melakukan Audit

Cara melakukan riset keyword dengan Ubersuggest berikutnya kamu juga bsia melakukan audit yang terkait dengan website. Ini penting agar kita bisa tahu mengenai performa serta strategi SEO yang tepat.

Caranya yaitu dengan memilih SEO explorer lalu pilis SEO analyzer. Kemudian pada Ubersuggest ini akan ditampilkan informasi mengenai website yang menjadi project kamu.

Melakukan Audit

5. Memanfaatkan Ekstensi Chrome

Untuk melakukan pengecekan keyword ini kamu juga bisa menginstal ekstensi Chrome. Caranya sangat mudah yaitu tinggal masuk ke menu pengaturan pada chrome kemudian kik More Tools lalu pilih Extensions.

Memanfaatkan Ekstensi Chrome

Itulah beberapa cara melakukan riset keyword dengan Ubersuggest. Semoga bisa membantu.

Baca Juga :