Ketahui Apa Itu Sales Tech dan Macam Jenisnya yang Penting Dalam Penjualan

Kecanggihan teknologi digital dan kemudahan mengakses internet membuat hampir semua aktivitas manusia dan proses bisnis dapat dilakukan secara otomatis. Adapun aktivitas bisnis yang terkena dampak positif dari adanya transformasi digital ini adalah pengelolaan penjualan. Di mana saat ini tim penjualan atau salesforce difasilitasi sejumlah teknologi penjualan (sales tech) yang memudahkan aktivitas penjualan bisnis.

Sales technology menjadi salah satu perangkat otomasi pengelolaan proses bisnis (business process automation) yang berperan besar dalam meningkatkan volume penjualan (sales growth) dan return on sales (ROS) yang mendorong pencapaian profitabilitas tertinggi. Pasalnya, tim penjualan bisnis berkesempatan mengoptimalkan tahapan penjualannya dengan cara yang lebih praktis. Di samping tetap berpatokan pada metode dasar penjualan, seperti sales forecasting, sales planning, sales approach, dan lain-lain.

Bahkan, ditemukan beberapa bukti nyata bahwa jenis-jenis teknologi penunjang penjualan ini juga akan membantu tim bisnis dalam menyukseskan proses lead management, employee activation hingga mewujudkan customer success. Sehingga, perusahaan akan memiliki performa bisnis terbaik untuk menjalankan tanggung jawabnya (corporate responsibility) dalam memenuhi kebutuhan pelanggan sekaligus mengatasi permasalahan pelanggan (customer pain point).

Lantas, apa saja sales tech yang bisa tim salesforce manfaatkan untuk menunjang kesuksesan penjualan bisnisnya? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini!

Apa Itu Sales Tech?

Apa Itu Sales Tech?

Mari kita awali dengan membahas konsep dasarnya terlebih dahulu. Menurut laman situs HubSpot, sales technology atau sales tech adalah tools digital yang membantu tim penjualan dalam melakukan proses penjualan dan meningkatkan angka konversi bisnis. Sehingga, bisnis dapat fokus dalam mengubah audiens target menjadi pelanggan yang membeli atau sales lead (lead conversion).

Umumnya, sales tools ini akan membantu tugas tim penjualan dalam mengotomatiskan tugas administratif penjualan. Mulai dari data entry, scheduling atau penjadwalan, market research atau riset pasar, dan bahkan menyederhanakan tugas penjualan seperti melakukan sales call atau kampanye email.

Baca Juga:

Perlu di pahami bahwa konsep sales tech tidaklah sama dengan sales automation atau sales enablement. Sebab, sales automation sendiri mengacu pada proses mengotomatiskan langkah-langkah atau proses penjualan di saluran penjualan. Dengan kata lain, sales automation adalah hasil dari penggunaan sales technology.

digital marketing agency

Sedangkan sales enablement adalah proses menyediakan resource atau sumber daya seperti konten sales pitch, data pelanggan, data kompetitor, data segmentasi pasar, market positioning, informasi mengenai target pasar, dan informasi lain yang tim penjualan butuhkan untuk meningkatkan penjualan. Dengan kata lain, sales enablement adalah tujuan dari penggunaan sales technology (sales goals).

Mengapa Sales Tech Penting Untuk Penjualan Bisnis?

Dengan memanfaatkan sales tech yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan kinerja tim penjualan untuk terlibat dengan sesama anggota tim maupun dengan prospek. Di mana pada akhirnya perusahaan bisa meningkatkan profit bisnis serta kepuasan pelanggan (customer satisfaction).

Selain itu, sales tech juga dapat membantu perusahaan untuk membuat perkiraan bisnis (business forecasting) yang akurat dan merencanakan aktivitas bisnis secara strategis (strategic management). Dan jika tools ini dimanfaatkan dengan benar, tim bisnis berkesempatan untuk:

Baca Juga:

Jenis Sales Tech

Jenis Sales Tech

Di era digitalisasi bisnis saat ini, tim penjualan yang ingin mengoptimalkan interaksi dan meningkatkan pengalaman pelanggan terhadap brand (brand experience) memerlukan berbagai tools yang dapat meningkatkan kinerja tim bisnis dan pertumbuhan revenue stream.

Oleh karena itu, tim penjualan harus mengidentifikasi tools yang paling mendukung kebutuhan bisnis dalam menjaga keberlangsungan penjualannya. Adapun jenis-jenis tools sales tech adalah:

1. Customer Relationship Management (CRM)

Mengutip laman sumber TechTarget, customer relationship management atau yang lebih dikenal dengan CRM adalah sebuah proses, kegiatan, atau teknologi yang berguna untuk mengelola data, interaksi, dan komunikasi antara tim penjualan perusahaan dengan konsumen. Bentuk data-data berdasarkan interaksi dan komunikasi perusahaan mencakup data pribadi pelanggan, feedback dari pelanggan, riwayat pembelian pertama maupun riwayat repurchase, pembayaran, hingga preferensi belanja.

Meskipun begitu, CRM bukan hanya sekedar database, melainkan juga bertindak sebagai dasbor dinamis yang memungkinkan bisnis melacak prospek di seluruh siklus penjualan (conversion tracking) dan operasional pemasaran. Serta menyediakan insight bisnis seperti lead scoring, segmentasi perilaku pelanggan, dan sales report.

2. Sales Prospecting Tools

Sales tech khusus prospecting ini merupakan sekumpulan software untuk mengotomatiskan proses pencarian dan kualifikasi leads atau prospek. Tools prospecting terbaik akan membantu bisnis dalam membangun daftar prospek yang lengkap dengan informasi kontak pelanggan.

Beberapa tools prospecting bekerja dengan mengumpulkan informasi tentang pengunjung website (data mining) dan sekaligus menarik data demografis pelanggan dari media sosial seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, atau Twitter.

Setelah itu, tim penjualan dapat mengurutkan dan memfilter data calon pelanggan potensial berdasarkan kriteria-kriteria yang sekiranya penting bagi pelaksanaan strategi bisnis dan pertumbuhan bisnis ke depannya (business continuity). Misalnya ukuran perusahaan, geografi, persona dan perilaku pelanggan. Tak jarang tim penjualan juga akan memanfaatkan AI (artificial intelligence) untuk menemukan prospek serupa berdasarkan profil pelanggan idealnya.

3. Lead Enrichment Tools

Sederhananya, tools lead enrichment berguna untuk menemukan bagian yang hilang dari daftar prospek atau kontak CRM bisnis. Beberapa tools data enrichment ini akan menyediakan informasi-informasi seperti teknologi apa yang digunakan prospek, pendapatan perusahaan, riwayat pendanaan, jumlah karyawan, dan lain sebagainya.

Sehingga, jenis sales tech ini berperan untuk melengkapi data demografis dan firmografis pelanggan serta membantu tim penjualan dalam mengidentifikasi proses pengambilan keputusan bisnis yang terbaik.

Adapun cara kerja tools enrichment adalah dengan crawling web dan membangun database yang berisikan data jabatan, email, dan nomor telepon. Dengan demikian, tools lead enrichment sangat berguna bagi bisnis yang melakukan strategi pemasaran dan penjualan berbasis akun (account-based marketing) di mana tim penjualan perlu fokus pada metrik bisnis tertentu.

4. Project Management Tools

Pada hakikatnya, software atau tools khusus manajemen proyek dapat membantu bisnis merencanakan dan menetapkan detail tugas bisnis (business plan), menetapkan deadline pelaksanaan tugas bisnis, dan melacak kemajuan perkembangan proyek bisnis. Jenis sales tech ini sangat membantu kerja tim penjualan berbasis akun dalam mengolaborasikan berbagai teknik penjualan untuk closing sales dengan cepat. Alat-alat ini juga memberi manajer penjualan wawasan tentang produktivitas, manajemen waktu, dan kecepatan penyelesain proyek bisnis.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.