Kenali Jenis-Jenis Sales Tools dan Manfaatnya untuk Proses Penjualan

sales tools

Apabila Anda berkecimpung di bidang penjualan, tentunya memanfaatkan software atau tools penjualan menjadi salah satu hal yang akan memudahkan pekerjaan sekaligus menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, memanfaatkan sales tools juga membantu Anda untuk dapat meningkatkan penjualan (sales growth) dan profitabilitas perusahaan.

Dalam sales process, memang terdapat banyak sekali strategi maupun tahapan penjualan yang harus tim sales kuasai. Begitu pula dengan pemanfaatan tools penjualan yang dapat membantu mengotomatisasi pekerjaan (sales force automation). Bukan hanya berguna dalam siklus penjualan saja, penggunaan tools-tools ini juga akan membantu Anda dalam tahapan lead management, lead scoring, prospecting, hingga mewujudkan customer success.

Lantas, apa saja sales tools yang bisa tim sales manfaatkan untuk menunjang kesuksesan penjualan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Sales Tools?

Melansir dari Intercom, perangkat penjualan atau sales tools adalah sekumpulan perangkat digital yang berguna untuk memudahkan pekerjaan di bidang sales.

Ada berbagai macam kategori perangkat penjualan. Antara lain customer relation management (CRM), sales analytics (analisis penjualan), sales intelligence, dan lain sebagainya. Selain itu, software untuk customer service, video conference, hingga account based management juga termasuk dalam kategori perangkat penjualan ini.

Manfaat penggunaan tools-tools ini sangatlah beragam. Selain memudahkan proses bisnis (terutama proses penjualan) secara keseluruhan, penggunaan perangkat ini juga akan memudahkan salesperson untuk lebih memahami sales lead atau prospek yang paling sesuai. Dengan begitu, tim sales bisa menentukan manakah lead yang potensial (qualified lead) atau tidak.

Bukan hanya itu saja. Perangkat digital ini juga mampu membantu memberikan prediksi atau perkiraan (forecast), terutama di bidang penjualan (sales forecasting). Sehingga, tim sales bisa mengambil langkah yang tepat untuk melakukan strategi penjualan maupun efisiensi total biaya operasional (operating expense) untuk kegiatan penjualan.

Bila Anda bisa memanfaatkan tools-tools ini dengan efektif, maka perusahaan akan mendapatkan efek positif. Bukan hanya dari segi peningkatan sales growth, namun juga dalam hal pertumbuhan dan kelangsungan bisnis (business growth dan business continuity). Sebab pada dasarnya, tujuan dan target bisnis setiap perusahaan adalah untuk menghasilkan penjualan sebanyak-banyaknya guna mendapatkan lebih banyak profit.

Baca Juga :

Kategori Sales Tools

Seperti penjelasan di atas, ada berbagai macam kategori perangkat penjualan. Dengan memanfaatkan perangkat-perangkat ini secara efektif, maka potensi kesuksesan penjualan pun akan semakin meningkat pula.

Kendati demikian, banyaknya kategori sales tools ini terkadang membuat tim sales kebingungan untuk memilih mana yang tepat. Oleh sebab itu, sesuaikanlah tools yang Anda butuhkan dengan niche bisnis, kebutuhan, serta skala bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat memilih mana tools yang sekiranya paling bermanfaat dan sesuai.

Berikut ini adalah beberapa kategori sales tools yang paling sering digunakan oleh perusahaan:

1. Customer Relation Management (CRM)

Tools pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah software CRM. Ini merupakan sebuah sistem yang berguna untuk mengelola hubungan baik (relationship) antara perusahaan dengan pelanggan. Pemanfaatan software CRM secara efektif juga menjadi salah satu strategi relationship marketing yang paling jitu.

Bahkan menurut Vainu, software CRM bisa membantu perusahaan meningkatkan customer engagement, customer loyalty, brand loyalty, serta customer retention. Selain itu, software CRM ini juga tergolong mampu mengikuti tren marketing dan penjualan, serta mengotomatisasi interaksi (komunikasi) dengan pelanggan.

Sehingga, bisa kita katakan bahwa software CRM merupakan sebuah investasi tools yang sangat esensial sekaligus bermanfaat bagi perusahaan.

2. Analisis Penjualan (Sales Analytics)

Sales tools lain yang paling sering perusahaan gunakan adalah sales analytics. Apalagi mengingat perkembangan digitalisasi bisnis dan transformasi digital yang semakin marak di era big data seperti saat ini. Sehingga, setiap perusahaan memerlukan software untuk menganalisis data dan laporan penjualan.

Dengan software sales analytics ini, perusahaan akan sangat terbantu untuk mengakses data secara terstruktur dan sistematis. Keunggulan software ini adalah bisa Anda terapkan bersama CRM, serta menggunakan algoritma berdasarkan database perusahaan untuk mendapatkan insights baru yang berguna dalam proses penjualan.

3. Sales Intelligence

Tools yang satu ini mengacu pada perangkat yang mampu membantu tim sales untuk menemukan, mengidentifikasi, dan memahami informasi tentang prospek maupun klien perusahaan.

Software sales intelligence memungkinkan perusahaan untuk menemukan informasi berharga menggunakan sekumpulan data real time. Misalnya teknografi, firmografi, dan buying signals. Sehingga, software ini akan membuat prospecting menjadi lebih mudah dan efektif.

Baca Juga :

4. Software ABM (Account Based Marketing)

Software ABM ini berfungsi untuk menggabungkan keperluan branding dan prospecting. Caranya adalah dengan mengidentifikasi akun target pasar yang berkualitas (qualified lead). Sehingga, tools ini dapat memudahkan proses identifikasi prospek.

Kegunaan lain dari software ini adalah dapat memelihara akun pelanggan yang paling menjanjikan. Sehingga sales tools yang satu ini bisa Anda gunakan untuk mendukung personalized marketing (pemasaran terpersonalisasi), dan menciptakan customer journey yang efektif.

5. Video Conferencing Software

Kategori berikutnya adalah video conferencing software. Sesuai dengan namanya, software ini membantu tim sales dalam mengurangi gangguan komunikasi untuk calon prospek, remote worker, atau pemangku kepentingan lainnya.

Selain itu, tim sales juga dapat menggunakannya untuk check-in dengan karyawan atau pelanggan, melakukan teleconference, sales pitch, rapat eksternal, dan lain sebagainya.

6. Customer Service Software

Sales tools yang terakhir ini sangat membantu dalam mengelola komunikasi inbound dan outbound pada berbagai saluran pemasaran. Customer service software ini juga dapat memudahkan untuk memberikan layanan yang lebih efisien dan membantu memecahkan masalah pelanggan.

Sehingga bukan hanya berfungsi untuk membantu tim sales, namun software ini juga sangat bermanfaat untuk customer relation officer dan customer service. Sejumlah platform seperti helpdesk, social customer service, dan livechat termasuk dalam kategori ini.

Demikian adalah ulasan mengenai sales tools beserta manfaat dan kategorinya. Pada dasarnya, perangkat penjualan ini merupakan sekumpulan tools yang berguna untuk meningkatkan produktivitas penjualan. Masing-masing tools memiliki fungsi yang berbeda. Apabila Anda bisa memanfaatkannya dengan baik, maka tools-tools ini akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan bisnis.

Kendati begitu, Anda harus tetap memerhatikan tools yang paling tepat untuk perusahaan. Ketahui kebutuhan perusahaan, sehingga Anda bisa memilih perangkat yang paling sesuai. Misalnya apabila perusahaan berfokus untuk mendapatkan pelanggan potensial, maka penggunaan software CRM akan sangat menguntungkan untuk mengotomatiskan kualifikasi prospek.

Sementara itu, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :