SEM (Search Engine Marketing) dan Perbedaan Dengan SEO

Apa itu SEM Search Engine Optimization

SEM atau search engine marketing merupakan sebuah strategi pengiklanan yang wajib dicoba oleh pemilik suatu bisnis atau usaha. Karena dengan menggunakan teknik ini, website perusahaan secara otomatis akan dimunculkan di halaman pencarian teratas di mesin pencari Google.

Teknik search engine marketing ini bisa dikatakan lebih efektif dan efisien. Jika dibandingkan kita menggunakan teknik SEO, karena memakan waktu cukup lama agar website berada di halaman pertama Google. Dengan teknik SEM, kita hanya membutuhkan waktu singkat agar bisa muncul di halaman pertama google dengan mudah.

Karena itu, jika website bisnis yang kamu miliki ingin memiliki banyak pengunjung setiap hari dari mesin pencari Google. disini kami akan memberikan penjelasan secara detail tentang Apa itu SEM (Search Engine Marketing) dan menjelaskan tentang teknik penggunaannya. Pelajari : Membuat Artikel SEO Friendly

Apa itu SEM (Search Engine Marketing)

SEM (Search Engine Marketing) adalah teknik marketing berbayar dengan cara mengiklankan website yang kita miliki untuk mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari seperti Google.

Cara kerja dari SEM adalah dengan memasang kampanye iklan dengan menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis yang kamu miliki. Sehingga ketika ada orang mengetikan kata kunci yang sesuai dengan kata kunci yang kamu buat di kampanye iklan. Maka secara otomatis hasil pencarian google akan menampilkan iklan dari website yang kamu miliki ke orang lain melalui mesin pencari.

Tetapi website ketika website yang kamu miliki tersebut hanya dilihat tanpa di klik. Kamu hanya akan mendapatkan impresi tampilan iklan dari orang yang melihat iklan website mu tanpa mengklik iklannya.

Tetapi ketika orang tersebut mengklik iklan dari website bisnismu di mesin pencari. Maka kamu akan dikenakan biaya iklan sesuai dengan harga iklan per klik yang telah kamu tentukan saat memasang kampanye iklan. Artinya metode yang digunakan dalam SEM di mesin pencari Google ini adalah PPC ( Pay Per Click ).

Jadi ketika iklan website bisnismu tampil di hasil pencarian google. Tetapi tidak diklik maka itu dihitung sebagai impresi saja. Sedangkan ketika iklan tersebut mendapatkan klik maka itu akan terkena biaya iklan per klik dari google.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah tampilan dari contoh SEM (Search Engine Marketing) dengan kata kunci Jasa Service AC. Yang membedakan antara hasil pencarian SEM dan SEO, pada teknik SEM hasil pencarian terdapat kata iklan atau ads. Sedangkan ketika menggunakan teknik SEO tidak ada tulisan tersebut.

Baca Juga :

Apa Perbedaan Antara SEO vs SEM ?

Untuk kamu yang masih bingung tentang perbedaan antara SEO vs SEM. Disini kami akan menjelaskan beberapa perbedaan SEO vs SEM dengan lebih jelas dan detail.

1. Hasil Di Mesin Pencari

Perbedaan pertama adalah hasil di mesin pencari, seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Untuk teknik SEM iklan, website yang kita iklankan akan muncul di halaman mesin pencari di urutan teratas. Dan di hasil pencariannya pun akan ada tulisan ads atau iklan di pojok kiri atas. Berikut ini contoh website hasil pencarian SEM dan hasil pencarian SEO :

Hasil Pencarian Teknik SEM :

search engine marketing

Hasil Pencarian Teknik SEO :

search engine optimization

2. SEM Berbayar dan SEO Gratis

SEM (Search Engine Marketing) adalah teknik yang membutuhkan biaya untuk membayar iklan pay per click agar bisa tampil di halaman 1 pencarian Google. Untuk teknik SEO tidak ada biaya yang dikeluarkan. Tetapi kita harus memahami banyak teknik SEO agar website bisa tampil di halaman pencarian. Sehingga lebih membutuhkan waktu lama dan tenaga.

3. Teknik

Untuk teknik Search Engine Marketing sangat mudah. Kamu cukup belajar tentang cara membuat kampanye iklan di Google Ads dan meriset kata kunci melalui Google Keyword Planner.

Sedangkan teknik SEO membutuhkan teknik, dari teknik membuat konten, teknik backlink, dan teknik lainnya yang harus dipelajari satu per satu.

4. Performa

Tentunya performa teknik SEM lebih unggul dari SEO. Karena memiliki kecepatan muncul dihalaman pertama pencarian google dengan cepat dan instant. Posisi hasil pencarian website bisnis yang kita iklankan di Google Ads juga pasti diprioritaskan.

Sedangkan penggunaan teknik SEO biasanya membutuhkan waktu cukup lama sampai website bisnismu bisa muncul dihalaman pertama pencarian Google. Apalagi dengan SEO, jika kamu teknik SEO kamu tidak kuat dan tidak memperbaharui teknik SEO. Maka posisi website bisnis mu di halaman pencarian biasa turun. Pelajari7 SEO Tools Untuk Meningkatkan SEO Website

Mengapa Perusahaan Harus Menggunakan SEM ( Search Engine Marketing)?   

Jika kamu memiliki sebuah perusahaan atau bisnis yang menginginkan mendapatkan pelanggan baru dari internet. Maka penggunaan teknik Search Engine Marketing sangat lah penting karena :

  1.   Dapat Meningkatkan Conversion Rate
  2.   Cepat Mendapatkan Pelanggan Baru
  3.   Bisa Menentukan Target Audiens Sesuai Keinginan
  4.   Biaya Murah dan Terjangkau

Baca Juga :

Teknis Cara Menggunakan SEM ( Search Engine Marketing)   

Jika kamu ingin tertarik menggunakan SEM untuk teknik pemasaran digital produk atau perusahaan bisnismu. Maka kamu harus memahami teknik cara menggunakan SEM seperti : melakukan riset keyword di Google Keyword Planner dan membuat kampanye iklan di Google ADS.

Cara Riset Keyword di Google Keyword Planner

    1. Masuk ke Google Keyword Planner Disini
    2. Klik tombol Buka Keyword Planner. Setelah itu kamu akan dialihkan ke halaman login dan gunakan akun gmail untuk login.
  1. Cara Menggunakan SEM ( Search Engine Marketing)
    1. Jika sudah login kamu akan dialihkan ke halaman google ads. Dan Isikan semua data sesuai yang kamu inginkan.Cara Menggunakan SEM ( Search Engine Marketing)
    2. Di Halaman selanjutnya, kamu klik tombol buka keyword planner.Cara menggunakan SEM
    3. Di halaman keyword planner, kamu buat kata kunci atau keyword baru dengan klik gambar bertuliskan Temukan Kata Kunci Baru.cara research keyword
    4. Disini kamu lanjutkan untuk mengetikan kata kunci yang ingin kamu riset, dan klik tombol Dapatkan hasil.cara menggunakan keyword planner
    5. Secara otomatis kamu akan mendapatkan hasil kata kunci. Hasil pencarian ini berdasarkan data seperti : jumlah penelusuran bulanan rata-rata, tingkat persaingan kata kunci, serta harga iklan terendah dan tertinggi dari kata kunci tersebut.cara research keyword dengan google keyword planner

Cara Membuat Kampanye iklan di Google ADS

Jika kamu sudah belajar untuk menentukan keyword untuk beriklan di google keyword Planner. Langkah selanjutnya adalah membuat kampanye iklan di Google ADS, langkah ringkasnya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama kamu masuk ke website Google Ads disini
  2. Setelah itu kamu klik tombol Mulai Sekarang. Secara otomatis kamu akan login menggunakan akun google atau gmail yang sudah kamu login sebelumnya. Jika belum otomatis login, silahkan login menggunakan akun gmail yang kamu miliki.
  3. Setelah berhasil login, maka secara otomatis kamu akan diarahkan ke halaman kampanye Google Ads. Disini kamu klik tombol icon + atau klik tulisan Kampanye Baru.SEM (Search Engine Marketing) adalah
  4. Setelah itu kamu tentukan sasaran dari kampanye iklan yang ingin kamu buat, sesuai target konsumen yang ingin kamu dapatkan. Jika bisnismu adalah toko online atau menjual produk pilih Penjualan.SEM (Search Engine Marketing) adalah
  5. Setelah itu kamu tentukan jenis kampanye iklan. Ada jenis iklan penelusuran, iklan display, iklan shopping, iklan video, iklan pintar dan iklan discovery.SEM (Search Engine Marketing) adalah
  6. Lanjut dengan menentukan sasaran iklan tersebut, apakah kunjungan situs, panggilan telepon, kunjungan toko atau download aplikasi. Jika sudah klik lanjut untuk proses selanjutnya.SEM (Search Engine Marketing) adalah
  7. Di halaman setelah kampanye, silahkan kamu atur sesuai dengan keinginanmu atau mengkonfirmasi beberapa pilihan yang telah kamu pilih sebelumnya. Jika semua sudah kamu atur, lanjutkan dengan klik Simpan dan lanjutkan.SEM (Search Engine Marketing) adalah
  8. Dibagian Grup Iklan. Kamu masukan kata kunci berdasarkan riset keyword yang telah kamu lakukan sebelumnya, setelah itu klik simpan dan lanjutkan.SEM (Search Engine Marketing) adalah
  9. Di halaman buat iklan kamu bisa membuat judul dan deskripsi iklan berdasarkan rekomendasi. Atau membuatnya secara manual dengan menuliskan judul dan deskripsi iklan sendiri. Jika sudah kamu klik simpan dan lanjutkan.SEM (Search Engine Marketing) adalah
  10. Terakhir akan ada pratinjau dari kampanye iklan yang akan ditayangkan di hasil penelusuran google.