Pentingnya SEO Untuk Branding Sebuah Perusahaan

SEO untuk branding

SEO untuk branding merupakan salah satu metode pemasaran online yang membawa efek jangka panjang dan berkelanjutan untuk suatu bisnis saat ini.

Di era revolusi teknologi 4.0 yang berkembang begitu cepat, pemasaran online pada umumnya menjadi semakin populer. Pemasaran online dengan teknik SEO memiliki peran yang sangat penting untuk sebuah perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.

Menurut statistik terbaru tahun 2021, saat ini di Indonesia ada 202,6 pengguna Internet, yang artinya sudah 73,7 persen penduduk indonesia aktif menggunakan internet. Statistik di atas menunjukkan bahwa orang Indonesia semakin bergantung pada Internet dalam aktivitas sehari-hari mereka. Oleh karena itu, mempromosikan produk, layanan, dan merek secara online adalah sesuatu yang perlu dilakukan oleh setiap bisnis/organisasi jika ingin berkembang dalam jangka panjang.

Saat ini ada banyak metode pemasaran online yang berbeda, masing-masing metode memiliki kelebihan masing-masing. Di mana SEO Google merupakan salah satu cara paling potensial yang tidak boleh kamu abaikan. Tahukah kamu bahwa 9 dari 10 pengguna Internet mengetahui dan memilih untuk mencari informasi atau produk melalui Google.

Pentingnya SEO Untuk Bisnis

Pentingnya SEO Untuk Bisnis

SEO merupakan cara untuk membantu kata kunci website kamu miliki berada di urutan teratas di hasil pencarian Google. Sehingga website bisnis yang kamu miliki akan menjangkau lebih banyak pengguna, termasuk calon pelanggan baru sehingga kamu dapat memaksimalkan keuntungan perusahaan.

Selain itu semakin tinggi posisi peringkat website bisnismu di Google, maka semakin besar juga kepercayaannya pelanggan membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Jadi itulah pentingnya SEO untuk bisnis yang kamu miliki sekarang.

Baca Juga :

Dengan menganalisis kata kunci SEO, kamu akan mengetahui apa saja yang sedang dibutuhkan pelanggan mu. Tujuan akhir dari strategi apapun adalah keuntungan, dan begitu juga SEO. SEO membantu kamu meningkatkan kredibilitas, mempromosikan merek, meningkatkan branding produk, dan menjual lebih banyak produk. Jadi jika bisnismu belum mengenal SEO, gunakanlah teknik pemasaran online SEO ini sekarang.

Beberapa Langkah Penerapan SEO Untuk Branding

Penerapan SEO Untuk Branding
Berikut ini ada beberapa langkah penerapan SEO untuk branding perusahaan atau produk yang kamu miliki secara ringkas :

1. Research Keyword Memperkuat SEO untuk Branding

Langkah pertama untuk menerapkan SEO pada Website perusahaan adalah mengidentifikasi produk atau layanan bisnis yang tepat dengan melakukan Research Keyword. Ada 3 jenis kata kunci yang perlu kamu perhatikan, yang pertama adalah kata kunci informasi, yaitu pencarian pelanggan untuk membaca berita. Misalnya, jika kamu berdagang ponsel, khususnya iphone, kata kunci informasinya mungkin dicari adalah iphone X, ketika pelanggan mencari kata kunci ini, mereka hanya membaca informasi yang berkaitan tentang iphone X.

Jenis kata kunci kedua adalah kata kunci tutorial, misalnya Cara Menggunakan iPhone X. Pelanggan mencari kata kunci ini adalah mereka hanya ingin mencari manual book penggunaan iPhone X atau cara menggunakan iphone dengan benar.

Bentuk kata kunci dari tiga adalah kata kunci pembelian, misalnya iPhone X Murah, disini pelanggan mencari tempat untuk membeli iphone X murah untuk dibeli. Saat seo kata kunci ini, tingkat konversinya sangat tinggi, karena pelanggan mencari untuk membeli barang, bukan untuk membaca berita atau menonton tutorial. Pelajari7 SEO Tools Meningkatkan SEO Website

Jadi untuk menggunakan teknik SEO pada website jual ponsel, kamu bisa gunakan ketiga kata kunci tersebut untuk membuat artikel dan konten yang SEO Friendly.

Baca Juga :

2. Mengoptimalkan Struktur Website

Pekerjaan yang sangat rumit ketika kita ingin website seo friendly adalah mengoptimalkan struktur website . Sederhananya, kamu harus membangun struktur situs web yang bersahabat dengan mesin pencari google, sehingga Google dapat membacanya dan mengetahui tentang apa Website bisnismu.

3. Mengoptimalkan Pembuatan Artikel SEO

Setelah mengoptimalkan struktur website, tugas selanjutnya adalah menulis artikel SEO friendly. Ini merupakan pekerjaan yang membutuhkan banyak kecerdikan. Karena saat menulis artikel untuk mengenalkan produk dan jasa, kamu harus memastikan dua faktor.

Pertama ramah terhadap mesin pencari google, sehingga artikel tersebut bisa masuk ke peringkat teratas Google. Kedua, artikel harus ramah kepada pembaca dan pelanggan.

Jika kamu dengan sengaja memasukkan terlalu banyak kata kunci atau spam keyword, pelanggan akan bingung saat membaca artikel atau konten yang kamu buat. Pastinya mereka akan segera meninggalkan Website kamu miliki.

Jadi dalam pembuatan artikel, kamu harus mengkombinasikan artikel atau konten yang melayani pembaca dan berorientasi pada konten standar SEO google.

4. Membangun Backlink

Pekerjaan berikutnya untuk meningkatkan kualitas seo website adalah membangun backlink. Kamu bisa melakukan backlink dengan menulis artikel di website lain memiliki peringkat tinggi, kemudian di dalam artikel tersebut kamu menautkan link ke situs website yang kamu miliki. Jika dulu membangun backlink dengan memposting artikel di blog 2.0. Sekarang banyak pakar SEO membangun backlink menggunakan PBN.

Dampak Penggunaan SEO Dari Sebuah Brand Produk

Dampak Penerapan SEO Untuk Branding

Berikut ini ada beberapa manfaat penggunaan seo untuk branding produk bisnis :

1. Meningkatkan Reputasi Brand Produk

Salah satu manfaat dari penerapan SEO adalah meningkatkan reputasi brand produk di internet. Misalnya, kamu memiliki bisnis di bidang tata rias dan kecantikan. Hal pertama kamu lakukan adalah membuat dan mendesain situs web salon kecantikan. Langkah selanjutnya adalah menerapkan teknik SEO.

Jadi ketika kamu sudah menerapkan SEO pada website bisnis yang kamu kelola. Ketika ada seorang pelanggan pergi ke google untuk mencari informasi tentang salon kecantikan, perawatan kecantikan, produk kecantikan, dll.

Website salon kecantikan kamu miliki yang menempati posisi teratas di pencarian google, pastinya pelanggan tersebut akan mengunjungi website salon kecantikan milikmu. Karena orang tersebut beranggapan bahwa merek bisnis yang berada di halaman pertama google adalah perusahaan yang terkenal dan terpercaya.

Selain itu, ketika mitra bisnis melakukan pencarian di google tentang bisnis kamu miliki, hasilnya menunjukkan bahwa brand produk bisnis kamu miliki ada di halaman pertama google, mereka akan percaya dan pastinya akan menyetujui berbisnis denganmu.

2. Menghemat Biaya

Jika dibandingkan dengan kamu melakukan pemasaran online menggunakan Google Ads. Yang dimana kamu harus mengeluarkan sejumlah anggaran agar website bisnismu dapat terlihat di posisi teratas Google.

Dan ketika anggaran iklanmu, habis maka website bisnismu tidak akan lagi ditampilkan di pencarian google. Maka teknik SEO adalah pilihan tepat, karena metode ini bisa dilakukan secara gratis dan biayanya lebih kecil.

Selain itu posisi website bisnis yang kamu kelola ketika sudah berada di halaman satu google, bisa bertahan lama karena tidak tergantung dari anggaran iklan.

Baca Juga :

3. Memahami perilaku pengguna

Setiap hari, sejumlah besar pengguna mengunjungi situs web untuk mencari informasi, produk, dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan demikian, SEO dapat mengevaluasi pengguna secara spesifik dan memahami perilaku pelanggan melalui pencarian.

Dari situ, bisnis kamu kelola akan tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan untuk memiliki strategi bisnis online yang efektif. Memberikan informasi yang baik kepada audiens tertentu meningkatkan kemungkinan bahwa mereka akan menjadi pelanggan kamu di masa depan hingga 70%.

Karena itu, SEO untuk branding saat ini menjadi sangat penting penting bagi sebuah bisnis atau perusahaan. Jadi untuk siapa saja yang ingin sukses dalam bisnis di era digital seperti sekarang ini, mereka semua harus menerapkan ilmu SEO untuk branding.