Pentingnya SERP (Search Engine Results Pages) Untuk SEO

serp adalah

Apakah kamu pernah mengetahui istilah SERP (Search Engine Results Pages)? Jika kamu belajar SEO pastinya kamu akan menemukan ini. Apa yang dimaksud dengan SERP? Seberapa penting SERP untuk sebuah website?

Jika kamu ingin mengetahui lebih detail tentang Search Engine Results Pages, disini kami akan membahasnya secara lengkap untuk menambah ilmu SEO websitemu!

Apa Yang Dimaksud SERP?

SERP adalah singkatan dari Search Engine Results Pages yang merupakan halaman yang ditampilkan mesin pencari seperti google untuk menunjukan hasil dari pencarian pengguna mesin pencari.

Ada 2 jenis Search Engine Results Pages yaitu hasil pencarian berbayar dan hasil pencarian organik, contohnya adalah sebagai berikut :

Hasil pencarian pertama adalah hasil pencarian berbayar dan hasil di bawahnya adalah hasil pencarian organik.

Tetapi setiap pengguna akan menghasilkan hasil pencarian yang berbeda-beda di setiap kata kunci yang diketikkan di Google.

Hal ini dikarenakan oleh hasil pencarian berdasarkan banyak faktor yang relevan dengan pengguna.

Hasil pencarian ini bisa berbeda berdasarkan tempat tinggal, media sosial, riwayat penggunaan mesin pencari, dan faktor lainnya.

Bisa jadi pengguna di Jakarta dan Bandung akan menghasilkan hasil pencarian SERP yang berbeda ketika menggunakan kata kunci yang sama.

Lalu apa hubungan Search Engine Results Pages dengan SEO? Penjelasan keterkaitan keduanya kami jelaskan berikut ini.

Pentingnya SERP Untuk Sebuah Website

SEO memiliki tujuan untuk menempatkan sebuah website di SERP Google atau mesin pencari lainnya agar dapat menempati posisi teratas di hasil pencarian organik. Jadi ketika kita menerapkan SEO agar website bisa muncul di SERP dengan cara gratis tanpa perlu membayar iklan Google Ads.

Kebanyakan pengguna mesin pencari akan mengklik hasil pencarian yang muncul di halaman pertama SERP saja dan pastinya kita sebagai pengguna juga pastinya jarang mengklik hasil pencarian di halaman kedua.

Ketika posisi website kita miliki berada di halaman pertama posisi nomor 1 akan mendapatkan klik rata-rata sebesar 31,7%.

Karena pentingnya sebuah SERP, maka kamu harus menerapkan ilmu SEO yang tepat agar website kita kelola bisa muncul di halaman pertama mesin pencari Google.

Baca Juga :

Cara Agar Website Muncul di Halaman SERP Google

Ketika kita belajar SERP, Search Engine Results Pages terbagi menjadi tiga yaitu hasil organik, hasil iklan berbayar dan fitur SERP. Dengan menerapkan 3 cara tersebut website yang kita kelola bisa muncul di halaman pertama google.

1. Optimasi SEO Agar Muncul Di Hasil Pencarian Organik

Agar website yang kita kelola muncul di halaman pertama google dengan hasil pencarian organik, kita harus memperhatikan penggunaan meta tag yang terdiri dari meta title, meta description dan URL slug.

Meta Title : ini adalah judul yang akan ditampilkan di hasil pencarian google dibagian paling atas dengan tujuan menginformasikan kepada pengguna Google tentang isi konten.

URL Slug : adalah sebuah permalink atau URL dari website yang merujuk dengan sebuah konten di dalam website tersebut.

Meta Description : ini adalah bagian dari rangkuman isi dari website yang tampil di hasil pencarian mesin pencari google, sehingga pengguna akan mengetahui gambaran dari konten artikel website tersebut.

Hasil pencarian organik mesin pencari akan diambil dari database seluruh website di seluruh dunia yang dinamakan Google Index. Jadi agar sebuah website bisa ditampilkan dalam hasil pencarian harus memasukkannya terlebih dahulu ke Google Index. Pelajari: Membuat Artikel SEO Friendly

2. Tampil di Hasil Pencarian Google dengan Iklan Berbayar

Iklan berbayar adalah salah satu cara termudah agar website kita kelola dapat muncul di hasil pencarian Google dengan mudah. Teknik untuk menampilkan website di hasil pencarian pertama atau teratas di Google atau mesin pencari ini dikenal dengan nama SEM atau Search Engine Marketing.

Ketika kamu menggunakan metode ini, maka kamu harus menggunakan iklan jenis PPC (Pay Per Click). Jadi kamu harus membayar iklan ketika ada seseorang yang mengklik iklan tersebut di hasil pencarian Google. Jadi kamu harus memiliki anggaran untuk dapat menggunakan teknik SEM ini.

3. Gunakan Fitur SERP

Agar bisa menampilkan website kita kelola di halaman pertama google secara organik, kamu bisa menggunakan fitur SERP. Apa saja Fitur Search Engine Results Pages yang bisa kita gunakan? Berikut ini adalah beberapa fiturnya :

1. Rich Snippets

Adalah salah satu fitur ini akan tampak lebih menonjol di halaman pencarian karena terdapat rating bergambar bintang yang akan membuat orang yang sedang melakukan pencarian lebih tertarik untuk mengklik website tersebut.

2. Featured Snippets

Ini adalah fitur yang akan menampilkan cuplikan konten dari sebuah website yang berhubungan dengan kata kunci tertentu. Biasanya Featured Snippets ini akan diposisikan di posisi teratas atau sering disebut dengan ranking #0 di hasil pencarian mesin pencari. Pelajari: Cara Research Keyword

3. Knowledge Panel

Merupakan fitur SERP yang akan menampilkan informasi utama dari sebuah kata kunci. Di pencarian mobile akan tampil dibagian paling atas hasil pencarian sedangkan di komputer atau laptop akan terletak di bagian kanan layar browser.

Baca Juga :

4. Knowledge Cards

Ini adalah fitur yang akan menampilkan jawaban singkat dari kata kunci yang kita ketikan di mesin pencari. Fitur ini akan muncul dalam berbagai format, pertama format jawaban yang tidak perlu masuk ke sebuah website dan kedua adalah jawaban yang mengharuskan kita untuk masuk ke suatu website.

5. Berita Utama (Top Stories)

Fitur ini akan menampilkan berita terbaru sesuai dengan kata kunci pencarian yang berhubungan, google akan menampilkan gambar thumbnail, judul berita, alamat website dan waktu berita tersebut di update.

6. Kumpulan Gambar

Ini adalah fitur yang akan menampilkan image packs atau kumpulan gambar thumbnails yang sesuai dengan kata kunci yang diketik di mesin pencari, dan fitur ini akan ditampilkan di posisi teratas dari hasil pencarian google.

Selain fitur SERP di atas mesin pencari google juga akan menampilkan fitur lainnya seperti fitur Orang Juga Bertanya, Hasil Belanja, Kontak Twitter, SiteLink, dan Hasil Pencarian Video.

Kamu harus belajar fitur-fitur ini untuk diterapkan di website, sehingga akan memungkinkan orang yang mengetikan kata kunci pencarian yang berhubungan dengan website kita miliki. Akan mengklik konten atau artikel yang website kita yang muncul di halaman pencarian google.

Manfaat SERP Untuk SEO Website

Jadi dapat disimpulkan dengan menerapkan teknik SERP yang kami jelaskan di atas, membuat peluang website yang kita kelola bisa menempati posisi teratas di halaman pencarian. Serta membuat kemungkinan orang mengklik website menjadi lebih tinggi.

Dengan peluang orang mengklik website kamu di halaman pencarian dengan lebih tinggi, maka jumlah pengunjung website nantinya akan meningkat drastis.

Baca Juga :

Jadi itulah pentingnya kita sebagai seorang pengusaha atau pebisnis, ketika memiliki website bisnis harus menerapkan ilmu SEO yang baik agar posisi website di hasil pencarian mesin pencarian google meningkat.