Cara Menghitung Share of Voice (SOV) untuk Mengetahui Performa Brand

share of voice adalah

Ada banyak metrik yang harus marketer perhitungkan untuk mengetahui efektivitas digital marketing. Salah satunya adalah Share of Voice (SOV).

Jenis strategi pemasaran dengan media digital atau digital marketing menjadi sangat populer seiring dengan semakin berkembangnya teknologi. Contoh digital marketing yang paling diminati adalah strategi pemasaran melalui sosial media.

Hampir semua brand dan perusahaan menggunakan media sosial sebagai sarana untuk melakukan pemasaran. Hal ini karena media sosial menyediakan ukuran yang jelas untuk hasil pemasaran yang Anda lakukan (social media scoring) dengan menggunakan sejumlah metrik. Salah satu metrik tersebut adalah SOV.

Share of voice perlu Anda perhitungkan karena metrik ini memberikan informasi tentang seberapa besar persentase pasar yang suatu brand kuasai daripada kompetitor lainnya. Dengan mengetahui SOV, maka Anda bisa memutuskan strategi seperti apa yang harus Anda lakukan ke depannya.

Melalui artikel ini, kami akan membahas secara lebih rinci mengenai SOV agar Anda dapat melakukan pengukuran yang tepat sehingga strategi pemasaran yang Anda jalankan dapat lebih efektif.

Apa Itu Share of Voice?

Menurut Sprout Social, Share of voice (SOV) adalah pengukuran eksposur brand di media sosial. Hal ini diukur berdasarkan percakapan yang terjadi di berbagai kanal atau platform di internet.

Dalam ranah digital marketing, SOV merupakan bagian dari percakapan yang dihasilkan oleh brand, produk atau layanan di berbagai saluran yang berbeda seperti situs berita, blog, forum, media sosial, bahkan offline channel dibandingkan dengan kompetitor langsungnya.

Adanya SOV ini berguna sebagai pengukur untuk visibilitas brand dan seberapa besar brand Anda mendominasi percakapan di industri. Semakin banyak pangsa pasar yang Anda miliki, maka akan semakin besar pula popularitas dan otoritas yang Anda miliki di antara leads.

Leads adalah sekumpulan pelanggan yang menanggapi atau menunjukkan minat pada produk atau layanan bisnis setelah membaca sebuah kampanye pemasaran. Leads ini bisa menjadi pelanggan potensial dan berpotensi untuk membeli produk atau layanan.

Mengetahui SOV juga akan memudahkan Anda untuk mengetahui posisi di pasar, serta memberi Anda lebih banyak wawasan tentang bagaimana mencapai pertumbuhan bisnis, menarik calon pelanggan potensial, hingga mempertahankan konsumen atau audiens yang telah Anda miliki.

Pentingnya Mengukur Share of Voice

pentingnya share of voice

Jika ingin pelanggan membeli produk bisnis, tentu saja sebuah brand harus visible atau bisa tampak dan diketahui dengan baik oleh calon pelanggan. Atau dengan kata lain, Anda harus meningkatkan brand awareness pada audiens.

Untuk mencapai hal tersebut, maka Anda harus mengetahui seberapa besar share of voice yang brand Anda miliki. Sebab, hal ini bisa menjadi pertimbangan strategi marketing perusahaan.

Analisis SOV dapat memberikan pemahaman mengenai dampak yang diberikan brand pada industri dan target pasar. Selain itu, Anda juga bisa mengidentifikasi strategi apa yang harus Anda lakukan langkah pemasaran selanjutnya agar tujuan bisnis tercapai.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan lainnya jika Anda menghitung SOV:

1. Penganggaran dana media sosial

Dengan memantau share of voice, Anda juga bisa mengetahui di mana platform yang paling banyak membicarakan brand Anda.

Contohnya, analisis SOV menunjukkan bahwa Twitter adalah platform media sosial yang paling ramai, sementara orang-orang kurang membicarakan brand Anda di Instagram.

Berdasarkan data ini, Anda bisa mengatur rencana marketing dan prioritas alokasi dana tergantung tujuan yang ingin Anda capai. Misalnya, Anda bisa memilih untuk memaksimalkan strategi promosi di Twitter atau mulai mengiklankan produk di Instagram lebih banyak.

Baca Juga :

2. Keunggulan kompetitif

Mengetahui share of voice tidak hanya memberikan pengetahuan tentang apa yang orang-orang bicarakan tentang bisnis Anda, tetapi juga tentang para kompetitor. Hal ini dapat memberi gambaran tentang analisis kompetisi di pasar dan menjadi modal keunggulan kompetitif brand.

3. Engagement pelanggan

Melakukan analisis SOV juga berarti mendengarkan konsumen. Dengan begitu, mereka akan memberikan informasi lebih banyak yang berguna untuk penyusunan rencana engagement dan konten. Karena pada dasarnya, iklan atau konten yang bagus adalah yang mampu meningkatkan engagement.

Engagement rate adalah metrik yang bisa mengukur interaksi antara audiens dengan konten Anda. Dalam kategori ini, angka yang muncul menunjukkan bagaimana audiens berinteraksi dengan konten yang telah Anda buat dan publikasikan.

4. Efektivitas kampanye media sosial

Melacak share of voice secara rutin adalah cara bisnis untuk mengetahui tingkat keberhasilan campaign atau kampanye pemasaran Anda. campaign adalah strategi dalam mempromosikan suatu aspek tertentu dari bisnis.

Setelah melakukan kampanye, kumpulkan data dan olah hingga menjadi angka SOV yang jelas untuk mengetahui kesuksesan serta efektivitasnya. Apakah nilainya naik atau justru sama sekali tidak mengalami peningkatan.

5. Menghitung ROI

SOV juga berguna untuk mengetahui return of investment (ROI) dalam strategi digital marketing.

ROI adalah rasio yang menunjukkan hasil dari jumlah aktiva yang digunakan dalam perusahaan atau suatu ukuran tentang efisiensi manajemen.

Dengan mengetahui SOV, bisa diketahui dengan jelas tingkat profitabilitas dari suatu investasi. Dalam hal ini yaitu efektivitas pemasaran melalui digital marketing.

Baca Juga :

Cara Menghitung Share of Voice

cara menghitung sov

Berikut ini adalah cara menghitung SOV berdasarkan berbagai kategori :

1. Share of voice pencarian organik

Cara untuk melacak SOV yang paling mudah adalah menggunakan tool, namun jika tidak memilikinya, Anda tetap bisa menghitung secara manual dengan pencarian organik.

Anda bisa mulai dengan mengurutkan kata kunci dan kompetitor. Lalu, rangkum peringkatnya di spreadsheet Excel.

Kemudian, ambil data click through rate (CTR) dari tiap peringkat. CTR adalah rasio jumlah klik terhadap jumlah impression. Nilai CTR ini adalah SOV untuk kata kunci tersebut.

Untuk menghitung SOV untuk satu set keyword, kalikan CTR dengan volume pencarian rata-rata per bulan setiap kata kunci. Data ini bisa Anda peroleh dari Google Analytics.

Hasil yang Anda dapatkan nantinya merupakan perkiraan traffic dalam sebulan untuk keyword tersebut. Jumlah total perkiraan traffic pencarian untuk seluruh set keyword bisa digunakan untuk menghitung SOV dari pencarian organik.

Rumusnya adalah sebagai berikut:

Brand Traffic / Total Market Traffic = Share of Voice

2. Share of voice untuk pay per click

Share of voice untuk Pay per Click (PPC) juga dikenal dengan impression share. Untuk menghitungnya, Anda membutuhkan Google Ads.

SOV ini adalah persentase jumlah iklan Anda yang tampil kepada pengguna dibandingkan probabilitas keseluruhannya dapat ditampilkan. Data yang diperoleh berdasarkan pengaturan kata kunci dan kampanye media sosial yang sudah Anda buat.

3. Share of voice untuk media sosial

Menghitung SOV di media sosial adalah proses pengumpulan suara pengguna dengan tool analisis media sosial.

Nah, pengukuran share of voice ini memiliki dua keuntungan, yaitu mengetahui tingkat keberhasilan sebuah kampanye pemasaran dan berapa biaya yang sudah Anda keluarkan untuk memasang iklan.

Hal ini membuat Anda bisa menggali informasi tentang konsumen lebih dalam dan memantau efektivitas branding di internet. Branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi dari perusahaan untuk membangun dan membesarkan brand.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Share of Voice. Dengan mengetahui manfaat serta cara mengukur SOV, maka Anda dapat menentukan strategi digital marketing yang tepat untuk mengembangkan bisnis.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :