Marketer profesional pasti sudah tak asing dengan jenis pemasaran yang satu ini. Seperti namanya, strategi marketing ini memanfaatkan berbagai platform media sosial. Selain strategi pemasaran umum seperti Search Engine Marketing (SEM), content marketing, dan email marketing, social media marketing adalah strategi terbaik untuk mencapai tujuan pemasaran yang efektif dalam menjangkau pangsa pasar target audience bisnis.
Menjadi bagian dari digital marketing, praktik pemasaran menggunakan media sosial ini terbilang susah-susah gampang karena marketer butuh teknik-teknik khusus. Kendati demikian, hal terpenting dalam menerapkan social media marketing adalah penciptaan konten yang relevan dengan target audience dan konsistensi menerbitkan konten.
Nah, kali ini inMarketing akan menjabarkan dasar-dasar social media marketing yang perlu Anda ketahui. Mulai dari definisi dasar, manfaat, hingga langkah-langkah strategis dalam menjalankan pemasaran media sosial.
Apa Itu Social Media Marketing?
Sederhananya, social media marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang marketer lakukan melalui berbagai platform media sosial tertentu. Misalnya, Facebook (kini bernama Meta), Instagram, Twitter, YouTube, TikTok, LinkedIn, hingga Pinterest yang juga termasuk ke dalam multichannel support.
Biasa disingkat SMM, teknik pemasaran ini memfokuskan kegiatan memasarkan produk atau branding perusahaan dengan penciptaan konten grafis seperti foto, animasi, atau video. Jenis konten yang bisa dipasarkan pun beragam, mulai dari informasi umum bisnis, promosi dan branding produk atau layanan bisnis, hingga panduannya (bila diperlukan).
Tujuannya adalah agar bisnis dapat menarik perhatian target audience sehingga target audience engage dengan konten bisnis. Apabila engage atau keterikatan sudah terbentuk, bisnis dapat membangun komunitas dengan target audience sebagai bagian dari relationship marketing. Pada akhirnya akan mengarahkan traffic digital ke bisnis Anda.
Baca Juga:
- Social Media Scoring untuk Mengukur Kesuksesan Strategi Marketing di MedSos
- Cara Mengirim dan Tips Membuat Email Blast yang Efektif
Walaupun berfokus pada penggunaan media sosial, SMM bisa dilakukan bersama dengan strategi marketing lain. Contohnya penggunaan blog landing page dengan teknik Search Engine Optimization (SEO), email marketing, influencer marketing, dan lain-lain. Itulah mengapa, banyak pelaku usaha UMKM hingga perusahaan besar menggunakan strategi ini.
Manfaat Social Media Marketing
Melansir dari Glints, sekitar 3,2 miliar orang dari seluruh dunia telah terhubung secara digital melalui media sosial yang juga aktif hampir setiap hari. Data inilah yang membuat ada berbagai alasan mengapa bisnis Anda perlu segera menggunakan pemasaran media sosial. Adapun empat alasan paling menguntungkan dari social media marketing adalah sebagai berikut.
1. Meningkatkan Brand Awareness Terhadap Bisnis Anda
Banyak pelaku bisnis dan perusahaan membuktikan bahwa kekuatan sosial media dapat meningkatkan brand awareness dengan menaikkan social engagement. Maksud dari social engagement mencakup hal-hal seperti komentar audience, jumlah like, shares, dan reposts, dan save. Hal ini juga akan mendukung terciptanya kultur word-of-mouth dan pemasaran yang bersifat emosional terhadap bisnis secara positif.
Bukan berarti Anda hanya sesekali mengunggah konten produk bisnis, justru Anda harus konsisten mengunggah konten dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, 3-4 konten per minggu dengan jenis konten yang bervariasi agar audience tidak bosan dengan penyajian konten Anda (brand fatigue).
Pertimbangkan pula untuk merencanakan penggunaan konten yang bersifat clickbait sehingga memicu ketertarikan awal target audience. Pastikan sifat clickbait tersebut tidak membuat audience merasa terjebak atau merasa tidak engage dengan bisnis Anda. Dengan begitu, akan semakin banyak target audience yang menyadari dan mengakui keberadaan Anda di jejaring sosial.
Baca Juga:
- Cara Menyusun Survei Kepuasan Pelanggan yang Efektif dan Optimal
- 10 Tren Digital Marketing yang Wajib Marketer Ketahui, Ada AI hingga Voice Search
Media sosial juga membantu Anda meningkatkan brand awareness dengan mengarahkan traffic langsung ke website bisnis Anda. Caranya adalah dengan menggunakan hashtag campaign yang mewakili tujuan pemasaran, memasukkan tautan langsung yang mengarah ke website bisnis di profil, bio, dan postingan media sosial Anda.
2. Menghasilkan Leads dan Meningkatkan Konversi
Mempromosikan dan membagikan informasi barang atau layanan Anda di media sosial adalah cara sederhana untuk meningkatkan leads generation, angka konversi, dan meningkatkan penjualan. Sebab, Anda secara efektif melakukan pemasaran dengan mempromosikan produk bisnis kepada orang-orang yang memilih untuk engage dengan Anda dengan cara memfollow atau mengikuti akun bisnis Anda.
Namun, bukan tidak mungkin Anda melakukan aktivitas marketing lain yang akan semakin meningkatkan pelanggan prospek atau leads yang terkualifikasi berkualitas. Contohnya, gunakan fitur livestreaming pada media sosial yang mendukung (Instagram, YouTube, TikTok, Facebook atau Meta) untuk mengumumkan update eksklusif produk terbaru bisnis Anda.
Selain itu, Anda juga bisa menerapkan beberapa marketing campaign yang memungkinkan untuk hanya dilakukan melalui media sosial. Walaupun bukanlah strategi utama untuk pemasaran suatu brand dan hanya bagian kecil dari strategi pemasaran, marketing campaign cukup ampuh untuk mendapatkan lead potensial dan menaikkan konversi bisnis. Misalnya, Anda mempromosikan produk dalam menyambut event gajian atau tanggal-bulan cantik di marketplace (promo 1.1, 2.2, 3.3, dst), promo hari raya, cuci gudang, dan lain-lain.
3. Menjalin Hubungan Erat Dengan Target Audience
Dengan hadir secara digital, terhubung, dan terlibat dengan pengikut media sosial bisnis Anda, Anda akan dapat membangun hubungan yang langgeng di antara mereka dan bisnis Anda. Anda berkesempatan mendapatkan manfaat ini melalui proses interaksi yang Anda inisiasi pada postingan konten media sosial, menanggapi pertanyaan dan komentar audience, dan menyediakan bantuan layanan pelanggan yang mungkin audience butuhkan untuk lebih terikat dengan bisnis Anda.
Namun, bukan hanya menanggapi pertanyaan, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan kepada target audience yang menjadi followers akun bisnis Anda tentang produk Anda, pain point atau kekurangan produk Anda, atau mengadakan giveaway untuk membantu Anda membangun kepercayaan dan menunjukkan kepada mereka seberapa besar Anda menghargai input dan dukungan mereka.
4. Manfaat Social Media Marketing Dalam Mempelajari dan Mengamati Kompetitor
Media sosial adalah platform digital terbaik yang dapat membantu Anda riset pasar berdasarkan kompetitor, mengawasi sekaligus menganalisis para kompetitor bisnis Anda. Baik apakah itu mengacu pada strategi social media marketing mereka, inovasi produk yang mereka promosikan, contoh marketing campaign yang mereka implementasikan, atau tingkat interaksi followers mereka.
Selain itu, media sosial juga memungkinkan Anda untuk melihat apa yang berfungsi dan tidak berfungsi untuk bersaing dengan kompetitor Anda. Dengan begitu, media sosial dapat membantu Anda memutuskan apa yang harus atau tidak boleh berubah dalam hal pendekatan perusahaan Anda dengan target audience Anda.
Terakhir, dengan meninjau akun media sosial kompetitor, Anda dapat memastikan strategi pemasaran Anda menonjol dan menciptakan penjualan produk yang unik untuk brand Anda.
Walaupun secara keseluruhan social media marketing adalah sangat berharga dan bermanfaat bagi perkembangan bisnis Anda, langkah-langkah strategi yang Anda lakukan akan berbeda berdasarkan jenis media sosial yang audience Anda sering gunakan.
Sebagai contoh, Anda menggunakan Instagram sebagai platform social media marketing, maka Anda bisa melaksanakan strategi pemasaran berdasarkan fiturnya, mulai dari:
- Pembuatan postingan micro content Instagram sebagai bagian dari teknik copywriting yang Anda unggah ke Feed Instagram. Kadang kala Anda harus mengunggah beberapa grafis konten dalam sekali unggah, maka gunakan Instagram Carousel.
- Mempromosikan produk bisnis dengan demografis luas namun tertarget menggunakan Instagram Ads.
- Menyajikan konten yang lebih atraktif menggunakan video dan animasi bergerak melalui Instagram Story atau Instagram Reels.
- Menawarkan produk bisnis secara langsung dan lebih mudah kepada pelanggan menggunakan Instagram Shopping. Fitur ini memfasilitasi Anda untuk menyajikan katalog produk, halaman detail per produk, hingga bahkan live shopping.
- Analisis leads, konversi bisnis, dan memantau kinerja marketing seputar seberapa tinggi engagement bisnis di Instagram melalui fitur Instagram Analytics.
Penutup
Itulah ulasan singkat seputar social media marketing yang perlu Anda ketahui sebagai langkah awal memahami kekuatan digital untuk pemasaran. Pada intinya, semua strategi pemasaran bertujuan untuk mendatangkan keuntungan bagi bisnis dan menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
Sementara itu, selain menerapkan strategi community marketing, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.
Baca Juga:
- Kapan Waktu Terbaik untuk Posting Instagram 2022?
- Digital Marketing Metric yang Harus Diketahui Untuk Mengembangkan Bisnis
inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.