Manfaat dan Aplikasi Terbaik Social Messaging untuk Bisnis

social messaging adalah

Social messaging tentu memegang peranan penting untuk perkembangan dan pertumbuhan bisnis (growth rate). Sebab, strategi yang satu ini merupakan kunci untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, menjalin hubungan baik (relationship) dengan pelanggan, serta menaikkan angka retensi pelanggan atau customer retention.

Pada dasarnya, sudah banyak perusahaan yang menggunakan strategi pengembangan bisnis (business development) ini. Sebab, penggunaan social messaging terbukti penting dan bermanfaat untuk bisnis karena membuat brand jadi lebih mudah terhubung dan berkomunikasi dengan pelanggan.

Apalagi mengingat bahwa social media marketing menjadi salah satu jenis strategi pemasaran yang paling populer di dunia digital marketing saat ini. Di mana menurut data The Global State of Digital 2021, pengguna aktif aplikasi messaging lebih banyak 20% dari pengguna media sosial.

Bukan cuma itu, survei menunjukkan bahwa sebanyak 55% konsumen lebih suka berkomunikasi dengan brand menggunakan aplikasi messaging ketimbang platform komunikasi lainnya. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa messaging bisa menjangkau konsumen lebih mudah dan cepat.

Lantas, apa saja manfaat social messaging dan apa saja platform terbaik untuk menerapkannya?

Apa Itu Social Messaging?

Social messaging adalah aplikasi messaging (pengirim pesan) yang memungkinkan penggunanya dapat terhubung dengan orang lain untuk memperkuat jaringan komunitas yang telah ada.

Dalam dunia bisnis, messaging ini kerap disamakan dengan community management dan social media marketing karena sama-sama memanfaatkan platform online. Namun, ketiganya merupakan strategi marketing yang berbeda.

Melansir dari HubSpot, manajemen komunitas atau community management adalah proses membangun komunitas di antara pelanggan dan mitra bisnis dengan melakukan berbagai jenis interaksi.

digital marketing agency

Strategi ini bisa Anda lakukan online maupun secara langsung untuk berinteraksi dengan target pasar agar mereka tetap terhubung dengan brand. Community management lebih berfokus pada membangun citra brand melalui diskusi di media sosial maupun platform lainnya.

Sedangkan social media maketing adalah proses mendistribusikan konten marketing melalui media sosial untuk menjangkau pelanggan baru. Mulai dari Instagram marketing, Facebook Marketing, Twitter marketing, dan lain sebagainya.

Dalam jenis strategi pemasaran ini, ada beberapa metrik digital marketing yang wajib Anda perhatikan, yaitu engagement rate, SoV, CTR, reach dan impression, hingga seberapa banyak traffic ke website dari hasil konten yang Anda buat di sosial media. Social media marketing cenderung lebih fokus pada proses menyiarkan pesan brand dengan konten media sosial.

Sementara itu, social messaging berfokus pada bagaimana membangun hubungan dan komunikasi dengan pelanggan melalui aplikasi messaging. Tujuan dari strategi ini adalah untuk meningkatkan brand awareness sekaligus brand value dan brand loyalty, mendapatkan customer feedback, menganalisis sentimen pelanggan, mengubah pelanggan menjadi lebih loyal, mengukur efektivitas brand voice, mengetahui keluhan pelanggan dan apa yang mereka butuhkan, serta menganalisis kompetitor.

Baca Juga :

Manfaat Social Messaging untuk Bisnis

manfaat social messaging

Melansir dari Hootsuite, berikut ini beberapa manfaat penerapan social messaging untuk bisnis yang perlu Anda ketahui :

1. Memudahkan Komunikasi dengan Pelanggan

Komunikasi menjadi salah satu hal terpenting yang harus setiap perusahaan perhatikan untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan platform messaging. Sehingga, social messaging menjadi salah satu strategi relationship marketing yang tidak bisa Anda lewatkan.

Dengan komunikasi yang baik, maka kepuasan pelanggan pun akan turut meningkat. Begitu pula dengan customer experience atau pengalaman pelanggan selama berinteraksi dengan bisnis Anda. Dengan kepuasan pelanggan dan customer experience yang baik, maka bisnis pun akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Sehingga, upayakan agar Anda selalu terhubung dengan pelanggan melalui social messaging yang sering atau terbiasa mereka gunakan. Misalnya melalui whatsapp atau bahkan email.

2. Membantu Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat selanjutnya adalah membantu meningkatkan loyalitas pelanggan atau customer loyalty. Anda perlu mengingat bahwa membuat membuat pelanggan tetap setia dan percaya terhadap suatu brand (brand authority) bukanlah hal yang mudah. Anda harus melakukan banyak hal agar pelanggan tidak beralih ke brand lain.

Nah, salah satu cara yang bisa digunakan untuk membuat pelanggan tetap loyal adalah dengan memberikan pelayanan terbaik. Hal itu bisa wujudkan dengan memberikan penawaran promo, mengadakan customer loyalty program, atau layanan lain melalui social messaging.

Sebab melansir dari PWC, hampir 80% pelanggan mengatakan bahwa kecepatan, kenyamanan, dan keramahan layanan menjadi hal-hal yang membuat mereka lebih loyal terhadap suatu brand.

3. Menjalin Hubungan Baik dan Lebih Personal dengan Pelanggan

Sebagaimana pemaparan sebelumnya, social messaging juga penting untuk bisnis untuk menjalin hubungan baik dan lebih personal dengan pelanggan.

Selain itu, memberikan pelayanan melalui aplikasi social messaging memungkinkan komunikasi dengan pelanggan berjalan lebih baik. Karena ketika pelanggan mengalami masalah atau komplain dengan produk/layanan, brand bisa langsung memberikan tanggapan yang lebih personal. Sehingga, pelanggan pun akan merasa semakin dihargai oleh perusahaan.

4. Mendapatkan Insight untuk Proses Pengembangan Produk

Manfaat terakhir adalah perusahaan bisa mendapatkan wawasan baru atau product insights untuk menunjang kesuksesan product development.

Sebab dengan berkomunikasi langsung dan lebih dekat dengan pelanggan, brand bisa mendapatkan informasi baru mengenai data pelanggan dan apa yang mereka butuhkan. Selain itu, brand juga akan tahu seperti apa pendapat pelanggan mengenai produk atau layanan terkait.

Dengan demikian, brand bisa menjadikan hal tersebut sebagai wawasan baru guna memperbaiki kualitas produk dan pelayanan, hingga membangun strategi branding bisnis yang lebih efektif.

Baca Juga :

Aplikasi Terbaik untuk Social Messaging

aplikasi terbaik social messaging

Lantas, apa saja aplikasi terbaik yang bisa perusahaan manfaatkan untuk social messaging? Berikut adalah beberapa di antaranya :

1. WhatsApp

Melansir dari HubSpot, saat ini WhatsApp memiliki 2 miliar pengguna aktif yang tersebar di 180 negara. Oleh sebab itu, aplikasi yang satu ini bisa menjadi platform yang tepat untuk mendekati pelanggan.

Selain itu, aplikasi WhatsApp memiliki UI (user interface) yang sederhana dengan fitur yang beragam untuk meningkatkan user experience. Perusahaan juga bisa memanfaatkan WhatsApp bisnis untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan.

2. Messenger

Ini merupakan aplikasi social messaging dari Facebook. Saat ini Messenger tercatat memiliki 1,3 miliar pengguna dan menjadi platform messaging paling populer di dunia.

Kelebihan dari aplikasi messenger ini adalah pengoperasiannya yang mudah. Sehingga, brand bisa menciptakan interaksi yang lebih menyenangkan dengan pelanggan lewat aplikasi ini.

3. Telegram

Aplikasi messaging yang satu ini bisa kita bilang sedang naik daun. Pasalnya, kini pengguna Telegram telah mencapai lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia.

Sebagaimana aplikasi messaging lainnya, Telegram tidak hanya menawarkan kemudahan berkirim pesan teks atau panggilan suara saja. Sebab Telegram memiliki fitur obrolan rahasia yang bisa Anda gunakan untuk mengirim pesan dengan jangka waktu tertentu.

Kelebihan lainnya adalah Telegram gratis alias bebas iklan, dapat terintegrasi dengan banyak platform lainnya, memiliki fitur Telegram bot, dan menjadi platform yang tepat untuk membangun branding.

4. Line

Melansir dari Webfx, Line memiliki sejumlah fitur yang menarik sehingga bisa Anda manfaatkan sebagai aplikasi messaging yang efektif untuk lebih dekat dengan pelanggan.

Aplikasi ini menawarkan fitur mulai dari pesan teks, panggilan video, dan suara. Selain itu, pengguna juga dapat langsung mengikuti akun official brand yang ada di Line. Sehingga, pelanggan akan lebih mudah untuk mengetahui informasi terbaru dari brand.

Begitu pula sebaliknya, di mana brand akan lebih mudah membagikan informasi melalui marketing content yang dibagikan di akun official.

Itulah ulasan tentang social messaging, manfaat, hingga aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan. Pada dasarnya, strategi ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Sementara itu, selain menerapkan strategi social messaging, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.