Apa itu Sponsorship Marketing?

apa itu sponsorship marketing

Jika Anda sering menonton acara TV dan konser musik, Anda akan menemukan tampilan satu atau lebih merek bersponsor dalam program tersebut. Teknik marketing ini disebut Sponsorship Marketing.
Dalam artikel hari ini, Kami akan membantu Anda memahami dengan detail tentang apa itu Sponsorship Marketing dan mengevaluasi kelebihan dan kekurangan Sponsorship Marketing untuk sebuah bisnis!

Apa itu Sponsorship Marketing?

Pertama-tama, sebelum mengetahui tentang apa itu Sponsorship Marketing, Anda harus memahami terlebih dahulu definisi dari istilah Sponsorship. Sponsorship diartikan sebagai bentuk promosi di suatu media yang digunakan untuk pemasaran suatu produk/layanan. Di mana, bisnis dan individu memberikan dukungan untuk suatu acara atau kegiatan.

Dukungan tersebut biasanya dalam bentuk donatur atau sumber daya lain, agar penyelenggara menampilkan logo atau produk di program dan acara tersebut. Kesimpulannya Sponsorship Marketing adalah bentuk komunikasi pemasaran, di mana bisnis yang ingin mengiklankan produk/layanan dan merek harus membayar sebagian atau seluruh biaya terkait untuk proyek atau program acara yang mereka pilih. Kemudian merek bisnis atau produk akan ditampilkan pada acara tersebut saat acara berlangsung.

Bentuk Sponsorship Marketing

Beberapa bentuk program sponsorship yang populer digunakan oleh suatu bisnis seperti:

  • Program amal
  • Acara olahraga
  • Acara TV
  • Serial drama
  • Musik Video
  • Proyek peduli lingkungan, dan lainnya

Iklan bisnis dalam program sponsorship ditampilkan dalam beberapa bentuk. Seperti logo , banner, poster, papan pengumuman, ataupun even media yang mempromosikan merek secara langsung dan lainnya. Sebagian besar bisnis saat ini lebih suka menggunakan Sponsorship dalam strategi komunikasi. Ini akan membantu merek bisnis Anda menjangkau publik dengan cara yang lebih otentik, mengesankan, dan beragam.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Sponsorship Marketing

Kelebihan Sponsorship Marketing

Meningkatkan Kesadaran Merek – Brand Awareness

Brand Awareness adalah tingkat keakraban dan ingatan pelanggan tertarget kepada sebuah produk atau layanan. Saat ini pasar bisnis sangat kompetitif antar merek, calon pelanggan sering berkonsultasi dengan pelanggan lainnya yang sudah pernah membeli suatu produk sebelum memutuskan untuk membeli. Oleh karena itu, Sponsorship Marketing adalah solusi yang efektif yang dapat membantu meningkatkan citra bisnis agar dapat dikenal dengan lebih luas.

Sehingga tanpa mereka bertanya kepada orang lain. Ketika mereka sering melihat produk dari bisnis yang menjadi sponsorship di suatu acara. Pastinya mereka akan membeli produk tersebut ketika mereka membutuhkannya.Karena mereka sudah terbiasa melihat nama merek, logo, kemasan desain dan warna dari produk tersebut.

Baca Juga:

Memperluas Jangkauan Pelanggan

Penggunaan Sponsorship Marketing oleh suatu bisnis telah membuka peluang untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Sehingga secara otomatis juga akan meningkatkan jumlah pesanan dan keuntungan bisnis. Ini juga merupakan peluang bagi bisnis untuk memperluas operasional mereka. Serta bermanfaat untuk melakukan diversifikasi ke lebih banyak pengguna.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Sponsorship Marketing akan menciptakan kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis. Pelanggan mengetahui bisnis Anda karena Anda mensponsori suatu acara yang penting. Sehingga akan menciptakan kesan positif di mata pelanggan. Dan perjalanan pelanggan mengubah keputusan untuk membeli produk dan layanan suatu merek akan menjadi lebih sederhana. Pada saat yang sama, Public Relations merupakan faktor yang sangat penting untuk meyakinkan pelanggan.

Inilah alasan mengapa banyak surat kabar online dan situs media sosial sering menerima banyak kontrak sponsorship dari mitra. Melalui sponsorship ini, bisnis dapat meningkatkan reputasi mereka dan mempromosikan perilaku konsumen.

Dengan Mudah Terhubung Dengan Pelanggan

Semakin banyak orang mengenali merek, semakin mereka akan tertarik pada bisnis tersebut.
Yang perlu dilakukan bisnis adalah memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat pelanggan merasa membutuhkan merek bisnis Anda.

Dan solusi terbaik adalah menggunakan Sponsorship Marketing untuk terhubung dengan pelanggan.
Jika Anda memiliki stand di acara tersebut, Anda dapat menunjukkan contoh produk dan demo layanan yang menarik dan bermanfaat. Juga, Anda dapat menyertakan voucher diskon untuk digunakan kemudian hari. Ini adalah peluang bagus untuk mengekspos merek dan pesan Anda ke audiens yang lebih luas.

Baca Juga:

Kekurangan Sponsorship Marketing

Menghabiskan anggaran bisnis

Jika program atau acara tersebut memiliki sponsor bersama dari banyak merek, tampaknya sulit untuk melaporkan pengeluaran anggaran secara akurat. Hal ini menyebabkan bisnis tidak mengetahui apakah marketing ini efektif atau tidak serta sulit untuk menghitung KPI dari sponsor secara akurat.

Sulit Untuk Dikenal Publik

Ketika banyak merek secara bersama-sama mensponsori suatu program, sulit bagi publik untuk fokus pada merek tertentu. Pada titik ini, pengaruh memperkenalkan merek pasti akan sangat berkurang. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan dengan matang sebelum menjadi sponsorship suatu acara.

Membawa Citra Buruk

Baik Anda bekerja dengan influencer atau EO untuk mempromosikan citra Anda, mungkin sulit untuk mengontrol detail program mereka jalankan. Ini akan menyebabkan Anda kehilangan kendali setiap saat. Misalnya: Influencer yang Anda pilih untuk kampanye Sponsorship Marketing tiba-tiba muncul Skandal tentang kehidupan pribadi. Ini tidak hanya mempengaruhi individu, tetapi juga membuat citra merek sedikit banyak terpengaruh.

Bentuk Sponsorship Marketing Populer

bentuk sponsorship marketing

Seperti yang Anda ketahui, tujuan utama dari strategi Sponsorship Marketing adalah untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan luas. Namun, sebelum bisnis memilih siapa yang akan disponsori. Anda perlu menentukan dan mempertimbangkan bagaimana merek akan muncul ke publik.

Selain itu, Anda perlu memperkirakan keuntungan yang bisa Anda peroleh melalui metode ini.
Cara paling populer untuk mempresentasikan Sponsorship Marketing adalah: Banner, logo, pamflet, voucher diskon, stan, gambar atau posting di jejaring sosial.

  • Banner

    Banner adalah salah satu media publikasi informasi yang ditampilkan sangat populer dalam kampanye pemasaran. Anda dapat menempatkan banner di posisi yang mudah dilihat, argar dapat menjangkau konsumen dengan lebih mudah. Jika Anda pernah menghadiri acara dan even. Anda pasti sering menemukan banner besar yang dipasang di pintu masuk untuk menarik perhatian orang yang datang.

  • Logo

    Dibandingkan dengan membuat sebuah banner promosi. Untuk merancang portofolio logo merek, bisnis perlu menginvestasikan lebih banyak uang. Namun, efeknya sangat berkualitas, logo merek adalah cara untuk memposisikan merek dan membantu pelanggan mengingat bisnis dengan mudah. Pada saat yang sama, penggunaan logo akan menunjukkan profesionalisme dan integritas merek. Biasanya, logo akan terintegrasi dan muncul dalam Musik video dan serial drama dengan cara yang alami dan mengesankan.

  • Pembagian pamflet dan voucher diskon

    Dengan strategi Sponsorship Marketing mensponsori acara, program, dan proyek tertentu.
    Bisnis dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berpartisipasi dengan cara membagikan kupon atau voucher diskon untuk produk/layanan bisnis Anda agar bisa lebih dekat ke pelanggan. Ini merupakan bentuk dasar pemasaran untuk menarik perhatian calon pelanggan.

  • Stand

    Menyiapkan stand khusus di suatu event. Hal ini akan membantu Anda terhubung dan berinteraksi langsung dengan pelanggan. Biasanya, dengan menyediakan stand khusus pada suatu acara, produk atau layanan bisnis Anda akan dengan mudah dan cepat terjual.

  • Foto atau postingan di media sosial

    Di era teknologi, jejaring sosial adalah tempat bisnis dapat menjangkau jumlah pelanggan potensial yang sangat beragam. Jika Anda tahu cara memilih influencer dan artis terkenal yang tepat untuk mempromosikan produk, maka kemampuan untuk menjangkau konsumen menjadi sangat cepat. Di atas adalah informasi tentang Apa itu Sponsorship Marketing serta penjelasan lengkap tentang kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga:

Seperti dapat dilihat, Sponsorship Marketing tidak sekadar menghamburkan uang dalam bentuk sponsor dan menampilkan citra merek bisnis. Anda perlu juga memahami sifat Sponsor untuk memastikan strategi marketing Anda tidak menjadi permainan Public Relations yang murahan.

Untuk menerapkan sponsorship marketing Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.