Cara Menerapkan Strategi B2P Marketing Yang Efektif

b2p marketing adalah

Dalam dunia marketing pastinya kita sering mendengar istilah B2B atau B2C, tapi apakah Anda pernah mendengar business to people atau B2P marketing?
Bisa dikatakan bahwa strategi marketing B2P adalah strategi marketing baru yang diciptakan karena adanya perbedaan karakteristik dari setiap pelanggan dalam pemasaran.

Jadi sebagai seorang marketer pastinya tidak mau melewatkan informasi lebih lengkap tentang apa itu B2P Marketing dan bagaimana cara menerapkan B2P Marketing?
Untuk itu Anda tidak boleh melewatkan penjelasan lengkap tentang B2P Marketing berikut!

Apa Itu B2P Marketing?

Dalam strategi marketing kita umumnya akan menggunakan Business to business (B2B) atau Business to Consumer (B2C). B2B merupakan proses penjualan yang dilakukan antara satu perusahaan dengan perusahaan bisnis lainnya. Sedangkan untuk B2C merupakan proses penjualan langsung dari perusahaan atau bisnis kepada konsumen sebagai pengguna akhir (end user). Walau sudah sering digunakan dalam strategi marketing, tetapi keduanya masih memiliki kekurangan dan batasan pelanggan yang lebih sempit.

Sehingga bisnis yang menerapkan B2B marketing tidak dapat memiliki jangkauan kepada pengguna akhir atau end user. Sedangkan untuk bisnis yang menerapkan B2C marketing tidak bisa menjangkau antar pelaku bisnis dengan mudah. Sehingga munculah sehingga munculah strategi marketing business to people marketing atau B2P marketing. Jadi B2P marketing merupakan bisnis yang dijalankan perusahaan ke pelanggan individu end user atau ke perusahaan bisnis lainnya.

Jadi strategi bisnis marketing ini tidak hanya memfokuskan pada satu kelompok konsumen saja, lebih dari itu B2P marketing lebih memberi perhatian kepada individu. Karena B2P marketing menyadari bahwa setiap orang yang menggunakan suatu bisnis memiliki ketertarikan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Keunggulan strategi bisnis ini adalah personalisasinya. Karena setiap pelanggan bisnis ini akan mendapatkan layanan yang tepat disesuaikan dengan karakteristiknya. Sehingga akan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Kelebihan Menggunakan B2P Marketing

Walaupun masih baru, tetapi ada beberapa kelebihan B2P marketing yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan.

Ini adalah kelebihan menggunakan B2P marketing :

  • Dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan lebih personal
  • Brand loyalty dan brand awareness dibangun dengan lebih kuat
  • Kepuasan pelanggan akan meningkat
  • Target pelanggan lebih mudah dipahami saat pengambilan keputusan
  • Mendapatkan sentuhan lebih manusia daripada seperti kita menggunakan mesin
    Karena menggunakan sentuhan lebih manusia kepada calon konsumen, Anda harus bisa memahami target pelanggan Ada dengan lebih baik.

Baca Juga:

Lalu bagaimana cara menerapkan B2P marketing yang efektif untuk suatu perusahaan?

Cara Menerapkan Strategi B2P Marketing Untuk Perusahaan

strategi b2p marketing

Setiap bisnis tentunya akan memiliki sebuah sistem atau strategi marketing dalam bisnisnya sesuai dengan industri yang dijalankan. Tapi Anda juga harus menghindari hanya menggunakan suatu sistem dikarenakan pesaing telah sukses menggunakan strategi tersebut.

Tapi jika Anda tertarik untuk menerapkan strategi B2P marketing, Anda harus memperhatikan beberapa strategi berikut :

1. Personalisasi

Pertama Anda harus menerapkan strategi B2P marketing dengan menggunakan personalisasi. Personalisasi adalah Anda harus berinteraksi dengan pelanggan yang sesuai dengan karakteristik masing-masing pelanggan.

Cara sederhana yang dapat Anda terapkan adalah memanggil pelanggan dengan menggunakan nama mereka saat melakukan interaksi melalui telepon atau email.
Dengan personalisasi ini, pelanggan akan merasakan semakin dihargai ketika dihubungi oleh perusahaan Anda.

2. Custom Produk

Strategi yang bisa Anda coba lainnya adalah dengan memproduksi costum produk. Contohnya Anda bisa memproduksi produk fashion yang sesuai dengan ukuran pelanggan, sehingga mereka tidak terpatok dengan ukuran baku yang sudah ada.

Cara lainnya yang Anda bisa coba adalah dengan mengizinkan pelanggan membuat kombinasi produk baru dari produk yang bisnis Anda miliki. Contohnya jika Anda memiliki bisnis hampers, biarkan pelanggan memasukan produk yang mereka inginkan dalam paket hampers tersebut.

3. Customer Service Personal

Dalam strategi B2P marketing customer service menjadi salah satu aspek yang tidak boleh kita lewatkan. Karena penerapan strategi marketing ini sangat membutuhkan CS yang sigap dan siap untuk menjawab berbagai pertanyaan dari pelanggan.

Jadi Anda harus mempersiapkan tim costumer service yang memiliki pemahaman produk yang baik dan mampu melayani pelanggan dengan baik. Sehingga pelanggan tersebut bisa menjadi pelanggan tetap ataupun pelanggan setia bisnis Anda.

4. Aktif Berinteraksi di Media Sosial

Sekarang kita tidak boleh mengabaikan kekuatan dari media sosial, termasuk dalam penerapan strategi business to people. Kita sangat membutuhkan media sosial sebagai tempat untuk berinteraksi langsung dengan calon pelanggan atau pelanggan setia.

Jadi, jika sekarang bisnis Anda belum memiliki berbagai akun media sosial. Segera buatlah konten menarik dan berinteraksilah dengan audiens dan jadikan mereka sebagai sumber pendapatan baru dan sumber pemasukan kritik atau saran langsung dari pelanggan.

Baca Juga:

5. Membuat Website Untuk Bisnis Yang Baik

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, penggunaan website menjadi salah satu saran untuk menjangkau pelanggan dengan lebih mudah. Dengan membuat website bisnis, Anda dapat memberikan cerminan kepada pelanggan tentang bisnis yang Anda miliki.

Website bisnis ini ibarat sebuah toko, ketika ada pelanggan ingin membeli barang di sebuah toko, pastinya mereka akan melihat apakah tokonya bersih, rapi dan lengkap produknya. Pastinya pelanggan akan memilih toko dengan karakteristik yang menarik, daripada toko yang kurang lengkap dan tidak menarik.

Membuat website pun seperti itu, Anda harus memberikan kesan awal yang baik untuk pelanggan ketika pertama mereka mengunjungi website bisnismu. Buatlah tampilan website yang menarik dan interaktif, sehingga dapat membuat pelanggan tertarik dan bisa berinteraksi dengan lebih baik saat mereka ingin membeli produk.

Untuk mempermudah berinteraksi dengan pelanggan, usahakan website bisnis Anda memiliki nomor kontak telepon dan email yang jelas. Atau Anda bisa juga memberikan fitur live chat dengan menambahkan tim khusus customer service online, bukan menggunakan robot chat.

6. Menjaga Privasi Pelanggan

Ketika Bisnis Anda memiliki data pelanggan, Anda harus menjaga dan menghargai privasi tersebut. Ada waktu dimana pelanggan merasa tidak ingin diganggu, maka ketika akan melakukan pendekatan personal dengan pelanggan. Anda harus melihat waktu dan kondisi saat menghubungi mereka dengan tepat. Usahakan data pelanggan dari bisnis Anda miliki jangan sampai tersebar kepada orang lain.

Baca Juga:

Pentingkah B2P Marketing Untuk Bisnis?

Kesimpulannya, Strategi B2P marketing jika dibandingkan dengan B2B atau B2C di era digital seperti ini yang membutuhkan banyak interaksi dengan pelanggan menjadi sangat penting untuk diterapkan.
Karena kita tidak hanya akan mendapatkan pelanggan dari end user atau dari bisnis lainnya saja. Tetapi kita bisa mengkombinasikan kedua pelanggan ini menjadi satu.
Dan terpenting Anda harus mengerti setiap karakteristik dari pelanggan bisnis Anda, agar strategi bisnis ini sukses.

Untuk menerapkan strategi B2P Marketing Anda dapat memanfaatkan layanan digital marketing agency untuk menerapkan strategi tersebut. strategi organic marketing yang tepat dapat meningkatkan engagement bisnis Anda. Beberapa strategi marketing lain yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin tumbuh besar.