6 Strategi Tingkatkan Open Rate Email Marketing 

strategi email marketing

Berbagai strategi digital marketing mungkin sudah dicoba untuk mempromosikan bisnis Anda. Tentu Anda sudah memanfaatkan sebagian strategi tersebut untuk mengenalkan bisnis Anda ke luar.

Tapi tahukah Anda sebelum strategi marketing semakin beragam, ternyata email marketing sempat menjadi metode marketing paling populer. Bahkan hingga saat ini email marketing masih menjadi paling yang efektif asal dengan strategi yang tepat.

Kita tahu bahwa orang-orang sudah pasti memiliki satu email yang aktif. Walaupun tak selalu berfungsi untuk berkomunikasi, tapi email tetap digunakan sehari-hari khususnya untuk kebutuhan pekerjaan.

Maka dari itu menggunakan strategi email marketing memiliki potensi untuk mencapai dua goals yaitu untuk menghubungi pelanggan potensial sekaligus berhubungan dengan pelanggan setia.  Berikuti ini akan dibahas mengenai cara meningkatkan open rate dan ROI. Sebelum membahas bagaimana strateginya, yuk kenali dahulu apa itu CTR.

Apa Itu CTR?

Click-through rate atau CTR merupakan rata-rata jumlah user yang mengklik suatu tautan dibanding seluruh user yang melihat website, channel, email, dan sebagainya. Dalam email marketing, CTR berarti jumlah user yang membuka email dan mengklik CTA daripada keseluruhan pengguna yang menerima email. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi email marketer. Maka dari itu untuk mengetahui seberapa besar CTR email marketing Anda, maka gunakan rumus seperti ini:

Email CTR = Jumlah klik /  jumlah email terkirim x 100.

Rumus tersebut akan membantu menghitung CTR. Anda juga bisa tahu apa yang kurang dari metode email marketing yang sedang berlangsung pada perusahaan. Mengetahui CTR akan sangat membantu memaksimalkan hasil dari email marketing.

Baca Juga:

Strategi Email Marketing Untuk Meningkatkan Open Rate dan ROI

 

Nah setelah mengetahui metrik dasar untuk mengukur sukses tidaknya email marketing, selanjutnya adalah dengan strategi meningkatkan open rate dan ROI pada promosi via email.

Paham Tujuan

Dalam membuat kampanye email marketing, Anda harus mengetahui tujuan yang jelas. Tujuan yang jelas akan membantu Anda membuat Anda membangun strategi yang berorientasi pada hasil seperti peningkatan penjualan, traffic ke website, jumlah akun baru, komunikasi dengan pelanggan setia dan lainnya.

Nama Domain yang Tepat

Nama domain dapat membantu Anda memiliki alamat email yang profesional maka dari itu pastikan dan tentukan Anda sudah memiliki nama domain yang tepat. Beberapa contoh nama domain dengan ekstensi yang unik adalah .Tech, .Online, .Site, dan lainnya. Nama domain yang unik dan tepat akan membuat email lebih berbeda dari yang lain.

Buat Segmen Untuk Penerima Email

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu saja menentukan target audience merupakan hal yang sangat penting. Begitu pula dengan mengirimkan email marketing. Sebaiknya ketahui target audience yang akan menerima email marketing dari Anda. Maka dari itu Anda perlu membagi penerima email ke kelompok atau segmen khusus.

Segmen tersebut dapat terbagi atas kebutuhan pelanggan, topik yang menjadi menarik baginya, mereka membeli produk apa saja, dan lainnya. Anda juga dapat membagi segmen berdasarkan industri, jabatan, lokasi, atau konten yang menarik audiens. Dengan membuat segmen, Anda menjadi tahu betul bagaimana harus berkomunikasi via email dengan pelanggan.

Buat Lebih Personal

Email yang personal dan akrab akan meningkatkan angka transaksi hingga enam kali lipat. Membuat email personal tidak sulit. Pertama dengan pengumpulan data saat pelanggan melakukan sign-up ke website Anda lalu kemudian gunakan data personal tersebut dalam email. Salah satunya dengan menambahkan nama pelanggan pada subjek  email yang dikirimkan. Cara tersebut dapat membantu meningkatkan CTR karena pelanggan merasa email tersebut tertuju khusus pada dirinya.

Letakkan Gambar dan Call to Action dengan Tepat

Email yang hanya berisi tulisan terkesan sangat membosankan dan membuat mata telah. Pelanggan pun akan ingin cepat-cepat menutup email tersebut. Maka dari itu lengkapi email tersebut dengan gambar yang akan lebih menarik pelanggan. Setelah melengkapi dengan gambar jangan lupa untuk memberikan call to action yang tepat. Tanpa menyematkan call to action, email yang Anda kirimkan kemungkinan akan gagal. Berikan tombol CTA dengan jelas bila perlu lakukan double check untuk mengecek apakah tombol tersebut membawa pelanggan pada halaman yang tepat.

Baca Juga:

Tulislah Subjek Email yang Menarik

Buatlah subjek yang singkat, jelas, dan mudah dipahami dan sekilas menunjukkan isi dari email yang dikirimkan. Hindari membuat subjek terlalu panjang yang akan berpotensi akan berakhir pada spam. Hindari juga menggunakan huruf kapital dan tanda seru.

Pemilihan kata-kata

Hindari  menggunakan kata-kata yang berpotensi spam seperti murah, gratis, garansi, dan lain sebagainya. Hal tersebut karena kata kata tersebut akan jelas menunjukkan maksud untuk menjual produk. Pengguna mungkin akan malas membukanya. Jika memungkinkan buatlah subjek email yang memancing penasaran pelanggan Anda dan tambah dengan membuat konten isi yang menarik pada badan email. Dengan begitu, open rate email Anda akan meningkat.

Keunggulan – Keunggulan Email Marketing

strategi meningkatkan open rate email

Meskipun strategi ini cukup lama dan Anda merasa ragu untuk menjalankannya, tapi sesungguhnya email marketing merupakan strategi yang ampuh untuk ditekuni dan lebih menjangkau pelanggan Anda. Berikut ini keunggulan-keunggulan yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga:

Biaya Murah

Dalam menjalankan promosi lewat email marketing Anda tak perlu mengeluarkan budget mahal layaknya promosi digital maupun tradisional. Email marketing selain murah juga mudah digunakan dan dijalankan cocok untuk bisnis Anda yang masih merintis atau sedang mencari biaya promosi yang sesuai budget.

Mudah Diakses

Tiap orang pasti memiliki smartphone dan setidaknya memiliki satu email yang selalu digunakan. Maka dari itu email marketing sangat fleksibel sehingga memungkinkan pengguna akan merespons email sesuai dengan yang Anda harapkan.

ROI yang Tinggi

ROI atau Return on Investment yang didapat dari strategi ini relatif cukup tinggi. Dapat terlihat dari biaya yang dibutuhkan email marketing tidak terlalu tinggi hingga keuntungan yang diraih menjadikan strategi ini sebagai bentuk investasi digital yang tinggi.

Menjangkau Banyak Pengguna

Seperti yang pembahasan sebelumnya, mengapa email marketing cukup efektif? hal tersebut karena dewasa ini setiap orang selalu memiliki minimal satu email aktif yang akan selalu aktif setiap harinya maka dari itu membuat promosi dengan strategi ini sangat efektif menjangkau banyak pengguna.

Untuk menerapkan strategi menggunakan email marketing dan membantu menjangkau bisnis Anda lebih luas, Anda dapat memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam memaksimalkan promosi bisnis dengan strategi email marketing yang meningkatkan open rate dan ROI.

Beberapa strategi marketing lain yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat. Semoga ulasan mengenai digital marketing metric bermanfaat bagi Anda.