Jenis-Jenis Strategi Press Release dan Manfaatnya untuk Bisnis

strategi press release adalah

Saat mendengar strategi press release, tentunya yang langsung muncul pada benak kita adalah pengumuman atau penyampaian informasi tentang sesuatu. Entah itu berupa peluncuran produk (product launch), jasa, maupun informasi lainnya, baik secara offline atau online. Pada dasarnya, ini merupakan salah satu strategi marketing yang kerap dilakukan oleh banyak perusahaan guna menarik minat leads secara langsung.

Umumnya, perusahaan akan melakukan press release melalui tradisional marketing maupun digital marketing. Misalnya melalui iklan di surat kabar, atau menggunakan saran social media dan social messaging. Contohnya Instagram, Facebook, Twitter, Telegram, atau bahkan blog resmi perusahaan dan melalui email.

Dengan menggunakan strategi pemasaran ini, maka perusahaan bisa menyampaikan informasi atau promo apa yang sedang berlangsung dengan lebih mudah. Jangkauannya pun juga lebih luas. Selain itu, strategi ini juga sekaligus dapat perusahaan manfaatkan untuk meningkatkan brand awareness dan lead magnet pada calon pelanggan.

Apa itu Strategi Press Release?

Melansir dari HubSpot, siaran pers atau strategi press release adalah suatu pemberitahuan tentang informasi yang perusahaan atau organisasi lakukan secara resmi. Sementara menurut Forbes, ini merupakan suatu strategi yang berguna untuk melakukan publikasi.

Secara offline, biasanya perusahaan akan melakukan strategi ini dalam sebuah event marketing yang diselenggarakan atau berkaitan dengan bisnis mereka. Dengan demikian, setiap orang akan mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi dan yang sedang perusahaan tersebut lakukan. Selain itu, informasi tersebut biasanya juga akan dirilis melalui media seperti koran, majalah, televisi, atau radio, untuk selanjutnya menyebar ke masyarakat.

Perlu Anda ketahui bahwa press release biasanya tidak terlalu panjang dan umumnya hanya satu atau dua halaman saja. Konten yang terdapat di dalamnya pun bersifat komprehensif, sehingga akan membuat media yang akan menyebarluaskan mampu membagikan informasi dengan baik.

Sedangkan secara digital, perusahaan bisa melakukan siaran pers melalui hybrid event marketing maupun full digital event marketing. Contohnya melalui zoom meeting. Selain melalui event, siaran pers juga bisa lewat media sosial.

Poin penting dari strategi pemasaran ini adalah brand voice yang mudah dimengerti dan cenderung menggunakan gaya bahasa sederhana. Tujuannya adalah agar pesan bisa sampai pada target pasar atau audiens dengan baik dan mudah mereka pahami. Dengan demikian, hal tersebut bisa meminimalisir kesalahan informasi.

digital marketing agency

Baca Juga :

Manfaat Strategi Press Release

manfaat strategi press release

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa perusahaan dapatkan saat menerapkan siaran pers ini sebagai salah satu marketing campaign strategy. Misalnya membantu proses perkembangan dan pertumbuhan bisnis, meningkatkan enterprise value dan sales growth, menjaring lebih banyak lead dan menaikkan conversion rate, hingga meningkatkan ROI dan RoR bisnis Anda.

Selain itu, beberapa manfaat lain yang akan Anda dapatkan dengan menerapkan strategi ini antara lain:

1. Memperkenalkan Produk Baru

Jika Anda baru saja merintis bisnis, maka strategi ini merupakan pilihan tepat untuk Anda terapkan. Sebab, tentunya ada banyak orang yang belum mengetahui produk atau jasa yang Anda tawarkan. Nah, strategi press release bisa Anda gunakan untuk mengenalkan produk/jasa tersebut pada khalayak luas.

Anda bisa melakukan strategi promosi secara online maupun direct marketing. Dengan demikian, penyebaran informasi akan semakin mudah. Sehingga, brand Anda akan semakin dikenal oleh banyak orang.

Pastikan juga Anda mengedepankan product value atau kualitas produk. Sebab dengan kualitas produk yang baik, Anda bisa meningkatkan peluang pembelian berulang oleh pelanggan. Bahkan bukan hal yang mustahil apabila Anda meningkatkan pelanggan setia yang loyal pada brand (brand loyalty).

2. Lebih Efektif dan Mudah Dilakukan

Manfaat selanjutnya adalah strategi ini relatif lebih efektif dan mudah untuk ANda terapkan. Sebab dengan adanya tim digital marketing di balik strategi press release, Anda akan lebih mudah menghasilkan konten maupun campaign yang berkualitas. Sehingga Anda pun akan lebih gampang mencapai target dan tujuan bisnis.

Selain itu, strategi ini juga akan memudahkan Anda dalam mengetahui market orientation sehingga Anda bisa menentukan target dengan lebih jitu. Terutama bagi perusahaan yang menonjolkan prinsip customer centric. Setelah memiliki target bisnis yang tepat, peluang keberhasilan strategi marketing Anda pun akan semakin besar pula.

3. Mengetahui Sentimen Pelanggan

Secara tak langsung, strategi press release juga bisa Anda manfaatkan untuk menganalisis sentimen pasar terhadap brand, sekaligus mengetahui perilaku pelanggan. Dengan mengetahui kecenderungan selera pasar pada brand, maka Anda pun akan lebih mudah menentukan strategi bisnis kedepannya.

Sebab dengan strategi ini, Anda bisa mendapatkan feedback dari dari pelanggan yang sudah mencoba produk Anda. Nah, feedback inilah yang nantinya sangat berguna bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi dan inovasi untuk lebih berkembang.

4. Biaya yang Cenderung Lebih Mudah

Manfaat selanjutnya adalah biaya yang lebih murah. Sebagai pebisnis, pastinya Anda ingin melakukan promosi dengan budget seefisien mungkin. Nah, hal ini bisa Anda atasi dengan menerapkan strategi press release.

Hal ini karena di era sekarang, strategi ini cenderung lebih berfokus pada media digital yang memanfaatkan internet. Tentunya pemanfaatan digital marketing ini akan membuat Anda lebih menghemat biaya sekaligus menjangkau target audiens dan pangsa pasar yang lebih luas.

Hal berbeda akan Anda dapatkan jika menggunakan strategi pemasaran offline. Selain lebih banyak waktu dan biaya yang terbuang, jangkauannya pun juga cenderung lebih terbatas.

Baca Juga :

Jenis Strategi Press Release

jenis strategi press release

Ada banyak sekali jenis strategi press release yang bisa Anda gunakan dalam menyampaikan informasi. Melansir dari Forbes, ada empat jenis press release terpopuler yang bisa Anda gunakan sebagai strategi pemasaran. Berikut adalah penjelasannya:

1. General News

Merupakan jenis yang paling umum dari press release. Biasanya, general news memiliki isi berita terkait suatu peristiwa. Sehingga jenis press release ini juga menjadi dasar untuk yang lainnya. Contohnya saat sebuah perusahaan memperoleh penghargaan tertentu, maka mereka akan membuat siaran pers terkait dengan penghargaannya tersebut.

2. Launch Release

Sesuai namanya, ini berkaitan dengan perilisan produk, website, ataupun hal lainnya yang bersifat baru atau pertama kali. Formatnya hampir sama dengan general news, namun lebih menekankan pada hal apa yang nantinya akan terjadi.

Sifatnya pun cenderung lebih kausal, seiring dengan fungsinya untuk menjelaskan sesuatu yang baru. Namun, biasanya setelah melakukan launch release, perusahaan akan melakukan siaran pres lanjutan untuk memberikan informasi yang lebih detail.

3. Product Press Release

Jenis ini hampir sama dengan launch press release. Namun, bedanya product press release akan disertai dengan spesifikasi produk yang akan perusahaan luncurkan. Sehingga, dapat kita simpulkan bahwa jenis ini lebih lengkap ketimbang launch press release yang butuh adalah siaran pers tambahan.

Dengan demikian, publik pun dapat mengetahui informasi yang lebih lengkap seperti kelebihan produk yang perusahaan tawarkan. Sehingga, mereka bisa menilai bagus atau tidaknya produk tersebut, serta tertarik atau tidaknya untuk melakukan pembelian.

4. Executive, Staff, dan Employee Press Release

Beberapa perusahaan biasanya akan menggunakan press release untuk mengumumkan perekrutan karyawan baru. Apalagi jika karyawan tersebut menduduki posisi yang sangat penting. Biasanya jenis press release ini berkaitan dengan penunjukan komisaris ataupun CEO baru.  Konten dari siaran pers ini pun umumnya berkaitan dengan informasi biografi dari karyawan baru tersebut agar publik mengenalnya

Dari pemaparan di atas, dapat kita ketahui bahwa press release merupakan suatu strategi yang bisa perusahaan gunakan untuk melakukan publikasi atau menyampaikan informasi. Ini merupakan strategi marketing yang cukup efektif untuk menjaring calon pelanggan baru. Sebab strategi ini terbukti dapat memancing rasa penasaran calon pelanggan.

Dengan pelanggan yang sudah tersegmentasi melalui minat dan rasa penasaran, maka Anda pun akan lebih mudah untuk melakukan lead nurturing agar mereka dapat melalui tahapan pemasaran atau marketing funnel dengan lebih baik.

Sementara itu, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.