Kelebihan Menggunakan Strategi Product Launch

strategi product launch

Jika anda ingin meluncurkan produk baru, pastikan anda menerapkan strategi Product Launch. Strategi ini bisa menjadi kunci agar produk Anda bisa diterima oleh pasar.

Anda bisa menggunakan Strategi Product Launch ketika akan merilis produk baru. Atau Anda ingin memodifikasi produk lama dengan fitur baru atau tampilan baru.

Penasaran dengan Product launch strategy ini? Berikut kamu paparkan informasi lengkap mengenai strategi pemasaran menggunakan Strategi Product Launch.

Apa itu Strategi Product Launch

Product launch merupakan strategi yang dilakukan oleh perusahaan saat meluncurkan produk maupun layanan baru.

Strategi ini dapat Anda gunakan untuk memperkenalkan dan menarik minat konsumen.

Anda juga dapat menerapkan Strategi Product Launch ketika ingin memperkenalkan kemasan baru dan fitur baru.

Tujuan penggunaan strategi ini adalah untuk memaksimalkan penjualan produk.

Kini, persaingan bisnis semakin ketat dan kompetitif. Oleh karena itu, perusahaan harus mencari cara dan strategi pemasaran yang tepat untuk memperkenalkan produk baru. Strategi tersebut bisa memperkuat branding dan meningkatkan penjualan.

Jika Anda ingin berhasil dalam meluncurkan produk, Anda harus memperhatikan beberapa aspek berikut :

  • Target atau segmentasi pasar.
  • Key message dan positioning product.
  • Fungsi dan fitur dari produk harus disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pasar.
  • Dampak yang mungkin ditimbulkan dari kegiatan peluncuran produk.
  • Tujuan peluncuran produk
  • Tempat dan waktu peluncuran produk.

Jenis Product Launch

Ada tiga jenis strategi Product Launch yang bisa anda lakukan saat ingin mengenalkan produk maupun layanan baru.

Soft launching

Pertama ada jenis product launch bernama soft launching. Pada jenis ini Anda dapat menawarkan fitur utama dan unique value proposition kepada pelanggan.

Melalui soft launching diharapkan bahwa produk tersebut bisa menarik perhatian calon konsumen.

Jika respon pasar terhadap produk Anda jual cukup baik. Maka Anda bisa menambah fitur tambahan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Soft launching juga dikenal dengan nama soft opening. Metode ini bisa Anda lakukan saat pembukaan outlet baru.

Hard Launching

Sementara itu, hard launching merupakan kegiatan perilisan suatu produk yang telah memiliki fitur yang lengkap. Sebagai contoh, anda adalah pengembang suatu aplikasi. Aplikasi tersebut akan memiliki empat fitur utama.

Anda bisa merilis aplikasi tersebut, ketika aplikasi sudah memiliki semua fitur tersebut. Setelah fiturnya lengkap, anda bisa merilis aplikasi tersebut.

Baca Juga :

Kelebihan Strategi Product Launch 

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan manfaat dari kegiatan Product Launch

Menciptakan Brand Awareness

Kegiatan product launch bisa menjadi sarana pemasaran yang efektif. Kegiatan ini bisa membantu perusahaan untuk membangun kesadaran merek (brand awareness) terhadap konsumen.

Sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan brand menjadi lebih dikenal secara luas di masyarakat. Tidak hanya target pasar saja yang mungkin menghadiri acara product launch tetapi juga orang lain. Perusahaan bisa mendapat dampak positif dari kegiatan ini.

Konsumen Mengetahui fungsi produk

Kegiatan peluncuran produk tidak hanya membangun brand awareness tetapi juga memberikan informasi kepada konsumen tentang fungsi produk yang anda rilis.

Sebelumnya masyarakat mungkin tidak mengetahui kegunaan produk anda, namun dengan adanya kegiatan peluncuran produk, mereka akan tahu fitur dan fungsi produk anda.

Contonnya, Anda buat acara peluncuran produk kosmetik baru. Kemudian Anda mengadakan acara demo makeup menggunakan produk kosmetik Anda miliki. Dengan begitu leads akan lebih tertarik dengan produk kosmetik anda. Secara tidak langsung mereka akan membeli produk yang ditawarkan.

Leads adalah sekumpulan pelanggan yang menanggapi atau menunjukkan minat pada produk atau layanan setelah membaca sebuah kampanye pemasaran.

Meningkatkan image positif perusahaan

Anda dapat meningkatkan image positif perusahaan dan membangun brand authority ketika melakukan kegiatan peluncuran produk dengan sukses. Hal ini sudah pasti sangat menguntungkan untuk perusahaan.

Meningkatkan angka penjualan

Berkat acara peluncuran produk yang Anda buat. Calon konsumen akan mengetahui manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan. Sehingga mereka pasti akan memutuskan membeli produk.

Waktu awal setelah kegiatan peluncuran produk adalah saat penting untuk bisa memaksimalkan penjualan. Perusahaan harus bisa menarik minat konsumen untuk mencoba produk baru tersebut.

Kekurangan Strategi Product Launch

kekurangan product launch

Meskipun strategi peluncuran produk ini memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan, namun kegiatan ini juga memiliki beberapa kelemahan. Inilah kekurangan dari product launch strategy.

Kegiatan yang tidak mudah

Bagi perusahaan skala kecil, melakukan product launch merupakan kegiatan yang tidak mudah. Hal ini dikarenakan kegiatan product launch membutuhkan tenaga dan biaya yang besar. Apalagi bagi perusahaan yang belum pernah melakukan product launch sebelumnya.

Beberapa perusahaan memilih menggunakan jasa pihak ketiga sehingga acara peluncuran produk bisa berjalan dengan lancar.

Membutuhkan tenaga ahli

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus merencanakan event marketing seperti peluncuran produk secara detail. Anda mungkin juga memerlukan bantuan tim ahli untuk menyusun acara tersebut agar lebih menarik.

Biaya yang Mahal

Tahapan perencanaan, persiapan, serta eksekusi kegiatan peluncuran produk membutuhkan anggaran yang tidak murah. Namun, bagi perusahaan besar, mereka telah memiliki anggaran tersendiri untuk menyelenggarakan acara peluncuran produk.

Bisa ditiru kompetitor

Melalui kegiatan peluncuran produk, perusahaan biasanya tidak langsung memperkenalkan produk siap jual. Beberapa perusahaan memilih untuk mengenalkan produk versi awal agar mendapatkan feedback dari konsumen.

Biasanya kesempatan ini sering digunakan kompetitor untuk meniru produk tersebut. Hal ini tentu bisa menimbulkan dampak negatif bagi perusahaan anda.

Baca Juga :

Tips Memaksimalkan Strategi Product Launch

Jika anda ingin kegiatan peluncuran produk baru anda bisa berjalan sukses dan lancar, anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

Rencanakan dengan matang

Anda harus membuat rencana product launch ini jauh-jauh hari. Anda harus menghindari menyelenggarakan event secara mendadak tanpa persiapan yang matang.

Jalin kerja sama dengan public figure

Agar lebih mudah diterima oleh masyarakat, anda bisa melakukan kerja sama dengan public figure atau influencer. Para influencer ini telah terbukti mampu untuk membangun audience. Hal ini bisa menjadi nilai tambah saat acara peluncuran produk anda.

Buat konten menarik

Belakangan ini, masyarakat lebih tertarik dengan jenis strategi pemasaran yang menarik lewat video. Anda bisa membuat video atau postingan media sosial untuk menjelaskan keunggulan produk anda.

Indikator Keberhasilan Product Launch

Bagaimana cara mengukur kesuksesan strategi product launch yang anda lakukan? Hal mendasar untuk menentukan kesuksesan acara peluncuran produk adalah penjualan.

Semakin banyak produk yang terjual berarti strategi yang kamu lakukan berhasil. Namun, perusahaan lain mungkin menggunakan marketing metric yang berbeda untuk mengukur kesuksesan peluncuran produk. Hal ini bergantung pada tujuan perilisan suatu produk.

Jika produk yang Anda tawarkan sesuai dengan keinginan pasar maka produk kamu akan bisa diterima dengan baik. Hal ini membuktikan bahwa product launch Anda sukses.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai Strategi Product Launch. Dengan memahami manfaat, kelebihan dan kekurangan strategi peluncuran produk, anda bisa memaksimalkan fungsi dari product launch ini.

Namun sebelum anda memutuskan untuk menyelenggarakan product launch, pastikan anda telah mempersiapkan semua aspek dengan baik. Jika merasa kurang bisa menghandle sebuah acara, anda bisa menyewa jasa dari pihak ketiga sehingga acara bisa berjalan dengan lancar.

Siapkan juga budget tersendiri untuk peluncuran produk ini. Jika acara ini berhasil, anda bisa meningkatkan brand awareness dan juga menaikkan angka penjualan.

Selain melakukan product launch, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :