Manfaat Penerapan Strategi Promotion Mix dan Komponen Utamanya

promotion mix

Dalam rangkaian proses bisnis (business process), kegiatan pemasaran atau marketing menjadi hal yang krusial. Bahkan, strategi marketing bisa kita sebut sebagai ujung tombak kesuksesan proses penjualan dan peningkatan sales growth. Inilah sebabnya perusahaan membutuhkan promotion mix sebagai strategi promosi yang efektif.

Strategi ini bisa brand manfaatkan untuk mengoptimalkan kegiatan promosi dan mendapatkan target pasar dan sales lead (prospek) yang lebih luas.

Lantas, apa itu promotion mix?

Apa Itu Promotion Mix?

Mengutip dari Send Pulsepromotion mix adalah strategi yang menggabungkan berbagai metode pemasaran untuk mencapai suatu tujuan dan target marketing tertentu.

Beberapa metode pemasaran tersebut seperti strategi marketing campaign (kampanye pemasaran), advertising (iklan), metode penjualan, public relations, direct marketing, dan lain sebagainya.

Nantinya, Anda harus menentukan gabungan dari beragam metode yang tepat untuk proses pemasaran. Sama halnya dengan konsep marketing mix serta pemanfaatan berbagai saluran pemasaran (media mix).

Anda pun bisa menggabungkan keseluruhan metode tersebut, atau hanya menggunakan beberapa di antaranya agar marketing campaign bisa berjalan lebih efektif.

Ada 4 hal penting dalam promotion mix yang harus Anda pertimbangkan, antara lain:

  • Price: Yaitu jumlah uang yang konsumen keluarkan saat melakukan pembelian terhadap  produk atau layanan Anda. Perusahaan harus menetapkan pricing yang tepat agar mendatangkan profit tapi tetap sesuai dengan daya konsumen.
  • Product: Yaitu barang atau layanan yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Anda perlu memastikan product value dam secara rutin mengevaluasi tingkat permintaan (demand) dan market orientation terhadap produk.
  • Promotion: Yaitu kegiatan yang mencakup seluruh strategi marketing seperti penawaran khusus, diskon seasonal product, iklan, dan lain sebagainya. Promosi ini bisa Anda lakukan secara digital maupun tradisional.
  • Place: Yaitu menentukan lokasi terbaik untuk memasarkan produk. Sehingga Anda perlu melakukan market research dan segmentasi pasar. Misalnya mengetahui demografis dan kebiasaan konsumen di lokasi tersebut.

Baca Juga :

Manfaat Promotion Mix

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan perusahaan dapatkan dengan menerapkan strategi promotion mix :

1. Efektivitas Marketing Campaign Meningkat

Manfaat pertama adalah untuk meningkatkan efektivitas marketing campaign. Sebab pada dasarnya, promosi adalah hal penting untuk menunjang pertumbuhan bisnis.

Nah, melalui strategi promosi ini, Anda bisa memastikan setiap kegiatan promosi akan dilakukan di tempat, waktu, dan target pasar yang tepat.

Dengan demikian, Anda pun dapat menghemat total biaya dan waktu untuk melakukan kampanye pemasaran. Sekaligus meningkatkan efektivitasnya.

2. Meningkatkan Hubungan Baik dengan Konsumen

Manfaat selanjutnya adalah dapat meningkatkan hubungan baik (relationship) dengan konsumen. Sehingga, promotion mix sekaligus bisa menjadi strategi relationship marketing yang efektif.

Karena dengan memanfaatkan berbagai macam strategi promosi, Anda bisa mengetahui strategi pendekatan (approach) mana yang paling efektif untuk menjangkau konsumen. Dari sana, Anda pun bisa memaksimalkannya.

Hasilnya, kualitas marketing communication akan meningkat. Begitu pula dengan kepercayaan konsumen terhadap brand (brand authority).

Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan hubungan baik dan memperbesar peluang customer retention.

3. Membedakan Brand dengan Milik Kompetitor

Tak jarang, beberapa produk yang serupa akan menggunakan metode pemasaran yang hampir sama pula. Selain itu, saat ini audiens bisa melihat berbagai macam iklan di setiap tempat. Inilah yang nantinya bisa menimbulkan ad fatigue.

Namun, dengan strategi promotion mix ini, Anda bisa membuat produk menjadi lebih stand out ketimbang milik kompetitor.

Sebab strategi ini membantu Anda untuk melakukan promosi di tempat dan waktu yang tepat. Sehingga membuat marketing campaign Anda pun lebih berkualitas.

Baca Juga :

Komponen Promotion Mix

Dalam penerapannya, promotion mix sendiri memiliki empat komponen utama. Mengutip dari Indeed, berikut komponen promotion mix yang harus Anda ketahui :

1. Advertising

Beriklan atau advertising menjadi ujung tombak untuk meningkatkan brand awareness. Ini karena Anda bisa mengiklankan produk atau layanan ke banyak target pasar dalam waktu yang bersamaan.

Ada berbagai macam bentuk dari advertising yang bisa Anda gunakan. Baik yang bersifat digital maupun konvensional.

Misalnya iklan di televisi, radio, koran, majalah, atau beriklan di internet (native advertising seperti Google ads) serta social media (seperti Instagram ads, Twitter ads, Facebook ads).

2. Sales Promotion

Merupakan aktivitas jangka pendek yang bertujuan untuk mendorong target pasar melakukan pembelian sesegera mungkin.

Umumnya, kampanye pemasaran yang menggunakan sales promotion menggunakan penawaran yang terbatas oleh waktu. Misalnya contest marketing campaign seperti giveaway, diskon, kupon, dan lain sebagainya.

Bukan hanya meningkatkan penjualan. Strategi ini juga efektif meningkatkan customer engagement dan menarik perhatian leads yang lebih luas.

3. Direct Marketing

Yaitu metode promosi yang menggunakan pendekatan yang lebih personal.

Melalui direct marketing, Anda akan menargetkan konsumen terlebih dahulu untuk melakukan promosi secara langsung melalui brosur, email marketing, telemarketing, atau katalog.

Keunggulan dari strategi promosi ini adalah Anda bisa melibatkan empati dan emosional untuk melakukan pendekatan. Bahkan, Anda juga bisa melakukan sales mirroring untuk meningkatkan ketertarikan mereka.

4. Public Relations

Yang terakhir adalah public relations. Tipe promosi ini berfokus untuk menyebarkan brand value dan citra merek (brand image) pada publik.

Anda bisa merangkai cerita menarik seputar brand yang nantinya akan dimuat di berbagai media. Salah satu contohnya adalah press release.

Ini akan sangat memengaruhi bagaimana publik melihat reputasi brand Anda. Semakin positif pandangan publik terhadap brand Anda, maka semakin besar juga profit yang bisa Anda dapatkan.

Demikian adalah ulasan mengenai promotion mix beserta manfaat dan komponen-komponen utamanya.

Selain melakukan strategi promotion mix, Anda juga bisa memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :