Tahapan Strategi Social Media Marketing Terbaik

Tahapan Strategi Social Media Marketing Terbaik

Dari sekian jenis pemasaran yang banyak marketer profesional ketahui, social media marketing adalah strategi pemasaran terbaik yang menawarkan banyak keunggulan dan manfaat. Hal ini sejalan dengan fakta bahwa media sosial menjadi faktor krusial dalam kesuksesan strategi pemasaran digital suatu perusahaan yang ingin engage dengan target audience secara online. Manfaat-manfaat tersebut akan Anda dapatkan jika Anda menyusun tahapan-tahapan strategi social media marketing secara matang dan efektif.

Secara umum, pemasaran media sosial bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness dan menghasilkan leads untuk meningkatkan konversi bisnis. Selain itu, juga dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan sehingga menciptakan loyalitas pelanggan (customer loyalty) dan membantu Anda mengawasi sekaligus menganalisis kompetitor.

Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda memperhatikan pemilihan dan penerapan strategi social media marketing yang paling efektif untuk proses branding sekaligus penjualan produk bisnis Anda. Itulah alasan yang mendasari inMarketing untuk membuat panduan langkah-langkah strategi social media marketing terbaik di tahun 2022.

4 Tahapan Menyusun Strategi Social Media Marketing

Meskipun media sosial terus berkembang, baik dari segi jenis dan tren pemasaran digital yang mendasarinya, sebagian besar langkah-langkah dasar agar pemasaran berhasil tetaplah sama. Langkah-langkah strategi yang baik akan membantu brand Anda menemukan prospek pelanggan yang tepat sesuai channel marketing media sosial yang Anda pilih.

Apabila Anda baru akan mempertimbangkan media sosial atau meninjau kembali strategi Anda untuk tahun 2022, ikuti langkah-langkah strategi pemasaran media sosial ini.

1. Menetapkan Tujuan Pemasaran Sesuai Jenis Bisnis

Menetapkan Tujuan Pemasaran Sesuai Jenis Bisnis

Semua konten pemasaran yang Anda buat atau posting di beberapa channel media sosial pilihan Anda harus merujuk pada salah satu tujuan Anda sebagai pemilik bisnis. Supaya lebih mudah, tuliskan tujuan Anda secara mendetail dan tentukan teknik pengukuran keberhasilan upaya pemasaran media sosial Anda.

Baca Juga:

Anda tidak dapat meningkatkan aspek pemasaran tertentu tanpa mengetahui tujuan apa yang harus Anda perhatikan. Anda bisa mempertimbangkan beberapa tujuan berikut untuk strategi pemasaran Anda.

digital marketing agency
  • Mendorong brand awareness. Maksudnya, Anda ingin menjangkau lebih banyak orang agar dapat meningkatkan peluang nilai brand dan promosi bisnis Anda terlihat oleh target audience yang tepat. Anda dapat mengukurnya menggunakan impresi (impression) atau jangkauan (reach), like, share, mention, atau metrik lain yang menunjukkan bahwa target audience telah melihat posting Anda.
  • Buat permintaan (demand) untuk produk Anda. Upayakan agar target audience tertarik dengan produk Anda sehingga mereka merasa bahwa produk Anda adalah apa yang mereka butuhkan (demand generation).
  • Memperoleh leads dan pelanggan yang membayar. Anda bisa menggunakan strategi email marketing untuk setiap lead dan pelanggan yang dapat Anda arahkan ke upaya penjualan (lead nurturing email).
  • Hubungan kemitraan. Anda mengupayakan untuk membangun hubungan kemitraan dengan influencer atau brand ambassador melalui influencer marketing atau marketing campaign tertentu.
  • Menyediakan layanan pelanggan. Keberadaan media sosial membantu Anda untuk mengetahui pertanyaan, keluhan, dan masalah pelanggan. Jadi, Anda berusaha menyediakan layanan pelanggan atau mengarahkan mereka ke channel marketing lainnya, misalnya blog dan email.

Semua tujuan yang akan Anda lakukan harus meliputi satu atau beberapa poin di atas. Setelah itu, ide serta taktik baru yang Anda rencanakan harus dievaluasi potensinya untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

2. Identifikasi Target Audience

strategi social media marketing Identifikasi Target Audience

Strategi social media marketing akan berjalan secara efektif apabila Anda telah memahami siapa pelanggan ideal Anda. Luangkan waktu Anda untuk meneliti atau mengidentifikasi target audience Anda secara detail dengan mencari data demografis dan psikografis atau pola yang dapat membantu Anda mengetahui secara spesifik siapa yang akan membeli produk Anda.

Data demografis dan psikografis yang dimaksud merupakan buyer persona dari target audience Anda, meliputi:

  • Lokasi atau wilayah target audience
  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Keminatan atau ketertarikan audience
  • Pekerjaan atau pendidikan
  • Besar pendapatan
  • Status hubungan (menikah, berpacaran, atau single)
  • Website favorit
  • Motivasi membeli produk atau layanan

Jika bisnis Anda telah berfokus pada niche bisnis tertentu (misalnya teknologi, ritel, dll), tahapan strategi ini akan lebih mudah Anda lakukan. Amati pula sumber digital yang sering audiens Anda akses, misalnya blog komunitas, untuk melihat apa yang mereka minati.

Bahkan media sosial terbesar seperti Facebook (sekarang Meta) juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan beberapa penelitian audiens. Lihat akun sosial kompetitor Anda. Lalu akses profil beberapa followers mereka yang terlibat untuk mendapatkan gambaran target audience yang lebih baik.

Baca Juga:

Mungkin bisa saja salah satu asumsi identifikasi target audience Anda salah atau pelanggan Anda memiliki sifat yang sama sekali tidak Anda harapkan. Meskipun begitu, strategi social media marketing adalah salah satu cara terbaik untuk mengetahui siapa pelanggan Anda sebenarnya. Anda juga dapat mengetahui apa langkah strategis selanjutnya yang dapat Anda masukkan ke dalam rencana penjualan dan operasi bisnis kedepannya.

Contohnya produk apa yang akan Anda keluarkan selanjutnya, apakah produk musiman, produk eksklusif, dan lain-lain. Dengan begitu, Anda dapat mengembangkan beberapa audiens atau segmen target agar bisa saling terhubung, seperti pelanggan yang mencari hadiah atau pembeli yang sudah membeli dari salah satu kompetitor Anda.

3. Tentukan Metrik dan KPI Media Sosial

Tentukan Metrik dan KPI Media Sosial

Setiap platform media sosial memiliki alat analisis yang berbeda, contohnya saja Instagram dengan Instagram Analytics-nya. Apapun yang Anda lacak pada masing-masing media sosial akan bergantung pada tujuan Anda.

Namun, sejatinya ada beberapa metrik dan KPI (key performance indicator) yang perlu Anda perhatikan dalam mengembangkan akun media sosial bisnis Anda. Berikut ini penjelasannya.

1. Engagement

Metrik ini berfungsi agar Anda memahami apakah audiens secara aktif berinteraksi dengan konten Anda dan seberapa efektif kampanye promosi bisnis Anda. Tingkat engagement yang tinggi menunjukkan seberapa responsif audiens dan memperlihatkan bahwa konten Anda menarik. Metrik engagement yang dimaksud meliputi jumlah like, komentar, retweet atau share, postingan yang menarik, dan jumlah klik (click-through rate).

2. Awareness

Metrik seputar awareness dapat memberi tahu Anda tentang visibilitas brand Anda di depan target audience suatu platform. Jika Anda memiliki tujuan untuk meningkatkan brand awareness, amati jumlah audiens yang mention akun bisnis Anda.

Lalu, amati pula jumlah total berapa kali postingan Anda muncul di timeline browser (impression), jumlah audiens spesifik yang melihat konten Anda (reach), dan share of voice brand Anda (sentiment).

3. Return on Investment (ROI)

Salah satu metrik terpenting untuk setiap kampanye media sosial adalah ROI atau return on investment. Anda dapat melacak penjualan jika Anda menggunakan fitur atau layanan toko pada aplikasi seperti Facebook Shops atau Instagram Shopping. Dengan begitu, Anda bisa melihat berapa banyak audiens yang membeli produk atau layanan di website Anda melalui media jejaring sosial.

4. Buat Konten Bisnis yang Bervariasi dan Menarik

strategi social media marketing Buat Konten Bisnis yang Bervariasi dan Menarik

Dengan miliaran pengguna media sosial di seluruh dunia, setidaknya beberapa pengikut akun media sosial bisnis Anda juga melihat konten kompetitor Anda atau konten bisnis lain di industri Anda. Oleh karena itu, Anda harus memiliki konten media sosial  yang menarik, menonjol, dan memberikan alasan mengapa audiens harus berinteraksi dengan brand Anda.

Dalam membuat konten media sosial yang menarik, Anda perlu melakukan riset pasar bisnis tentang apa yang audiens Anda suka. Sehingga nantinya Anda dapat membuat konten yang meliputi keminatan audiens dengan mudah. Sederhananya, pertimbangkan konten yang kompetitor Anda buat dan rencanakan promosi produk Anda dengan unik (unique selling point). Pertimbangkan pula untuk memanfaatkan fitur platform yang Anda gunakan.

Misalnya, Anda dapat membuat live video, IGTV, atau Reels di Instagram dan TikTok Live untuk berbagi detail terbaru tentang peluncuran produk atau melakukan giveaway. Anda juga dapat memanfaatkan pelanggan dan influencer mitra Anda untuk membantu Anda menghasilkan konten.

Anda dapat memposting ulang konten mereka sebagai sebagai bentuk optimasi user-generated content. Selain itu, dorong mereka untuk menggunakan hashtag untuk berbagi pengalaman dan gambar mereka sendiri dengan produk Anda sehingga juga mendukung word-of-mouth bisnis yang positif.

Praktikkan Strategi Social Media Marketing Sekarang Juga!

Dari penjelasan strategi social media di atas, cukup terlihat bahwa penggunaan media sosial untuk urusan bisnis atau pemasar dan pengguna biasa jauh berbeda. Tujuan Anda sebagai pelaku bisnis atau marketer adalah untuk mendapatkan feedback positif terkait waktu, uang, dan usaha yang Anda keluarkan.

Dengan demikian, strategi pemasaran media sosial Anda adalah bagaikan rencana serangan untuk memajukan pangsa pasar bisnis Anda. Ingatlah selalu untuk menjadi otentik, menemukan cara untuk memberikan nilai, dan ketika ragu, tebaklah, ujilah, ukurlah, dan pelajari strategi Anda.

Selain social media marketing, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.