Manfaat Penerapan Sustainability Management untuk Pertumbuhan Bisnis

sustainablity management adalah

Istilah sustainability management mungkin masih menjadi hal yang baru dan asing di telinga. Akan tetapi di era saat ini, sustainability sendiri memang tengah menjadi sebuah konsep populer yang memberdayakan keseimbangan teknologi, komunikasi, serta lingkungan, yang diimplementasikan dalam sebuah perusahaan.

Sehingga, sustainability management menjadi hal penting yang harus Anda ketahui, terutama bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis atau usaha. Sebab sesuai dengan namanya, manajemen berkelanjutan ini mencakup konsep yang membantu perusahaan untuk mencapai tujuan dan niche bisnis dengan mempertimbangkan berbagai aspek secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Lantas, apa saja manfaat manajemen berkelanjutan ini untuk tingkat pertumbuhan bisnis?

Apa Itu Sustainability Management?

Sustainability management merupakan penerapan atau praktik yang mencakup kategori bisnis, ekonomi, sosial, dan lingkungan, dengan pengelolaan yang akan memberikan manfaat-manfaat bagi generasi saat ini dan generasi mendatang. Tujuannya adalah untuk mencapai keseimbangan atau sinergi bagi perusahaan.

Manajemen sustainability ini pada dasarnya mengarah pada hal yang berkelanjutan, namun diterapkan dalam suatu sistem manajemen. Dengan kata lain, pengelolaan perusahaan atau bisnis dapat dilakukan dengan konsep berkelanjutan dengan adanya integrasi ekonomi dan sosial ke dalam bisnis plan maupun strategi business development yang sedang Anda jalankan.

Lalu, apa saja manfaat penerapan manajemen berkelanjutan ini bagi perusahaan?

Manfaat Sustainability Management

Tentunya melalui sustainability management yang baik, maka perusahaan bisa mendapatkan beberapa manfaat penting. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Reputasi Perusahaan Semakin Meningkat

Salah satu manfaat dari adanya konsep sustainability management adalah adanya peningkatan dari segi reputasi dan ekuitas perusahaan. Hal ini karena sistem manajemen berkelanjutan dapat menambah dan meningkatkan kepercayaan konsumen pada perusahaan tersebut.

digital marketing agency

Maka dari itu, tak heran jika reputasi perusahaan akan semakin meningkat, begitu pula dengan ekuitas dan enterprise value. Bahkan perusahaan bisa mengalami perluasan dan pertumbuhan bisnis secara organik dari waktu ke waktu.

Sebab, sebagaimana kita ketahui, meningkatnya reputasi perusahaan terjadi karena adanya kepuasan konsumen atas produk/jasa yang perusahaan hasilkan. Selain itu, pelayanan yang baik dari perusahaan juga bisa membuat kepercayaan terhadap brand dan perusahaan menjadi meningkat. Termasuk dengan melalui manajemen berkelanjutan yang memperhitungkan berbagai aspek, seperti kondisi sosial dan lingkungan sekitar perusahaan.

Baca Juga :

2. Pengelolaan Perusahaan yang Semakin Membaik

Seperti poin sebelumnya, meningkatnya reputasi perusahaan tentunya berkaitan dengan adanya pengelolaan perusahaan yang juga semakin membaik sebagai akibat dari adanya sistem manajemen berkelanjutan. Contoh, sebuah perusahaan yang memiliki sistem dan pengorganisasian terintegrasi pastinya akan lebih mudah dalam melakukan efisiensi pekerjaan.

Dengan demikian, sistem pengelolaan dan manajemen perusahaan pun akan semakin membaik. Sehingga, perusahaan bisa memberikan hasil terbaik bagi konsumen. Baik kualitas produk maupun layanan perusahaan akan selalu mengalami peningkatan karena adanya sistem manajemen berkelanjutan yang mendorong pengelolaan perusahaan.

3. Efisiensi Kegiatan Operasional Perusahaan

Manfaat lain dari manajemen berkelanjutan adalah dapat membuat perusahaan bisa menjalankan proses perencanaan penjualan dan operasi dengan lebih efisien. Hal ini karena pengelolaan perusahaan pada dasarnya berjalan dengan sistem yang terintegrasi, sehingga membuat proses operasional menjadi lebih menghemat biaya perusahaan. Hal ini memberikan dampak yang baik bagi perkembangan perusahaan, terutama dalam hal finansial.

4. Menghemat Biaya Produksi

manfaat sustainability management

Manajemen berkelanjutan dapat membuat pengelolaan perusahaan jadi lebih efisien. Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya efisiensi tersebut adalah adanya biaya produksi (cost of goods sold) maupun operating expense yang cenderung lebih rendah jika perusahaan menggunakan konsep manajemen yang berkelanjutan seperti ini.

Hal ini karena segala proses dalam perusahaan menjadi lebih ekonomis. Sistem manajemen yang turut melibatkan faktor ekonomi dan sosial serta lingkungan ini tentunya membuat perusahaan jadi menerima banyak masukan dan inovasi dari sekitarnya. Termasuk pula inovasi di bidang produksi yang membuat perusahaan mengeluarkan biaya jadi lebih rendah, sehingga pengeluaran bisa lebih hemat.

5. Mudah Merekrut SDM

Manfaat lain yang bisa perusahaan dapatkan dengan menggunakan sistem manajemen berkelanjutan adalah kemudahan dalam merekrut SDM. Hal ini karena sistem manajemen berkelanjutan mengintegrasikan seluruh faktor ke dalam pola manajemen atau pengelolaan perusahaan, yang tentunya akan lebih mudah mendapatkan banyak pelamar kerja.

Apalagi lagi jika nama perusahaan semakin melambung sehingga akan ada lebih banyak lagi pelamar berkualitas yang ingin menjadi bagian dari perusahaan. Di sinilah letak kemudahan perusahaan untuk bisa mendapatkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi tinggi dan berkontribusi dalam perkembangan perusahaan dan pertumbuhan bisnis.

Baca Juga :

6. Mampu Menarik Lebih Banyak Investor

Manfaat penerapan manajemen berkelanjutan yang telah disebutkan sebelumnya tentunya akan membuat nama perusahaan lebih terkenal kalangan para pebisnis dan investor. Nama dan reputasi perusahaan yang meningkat akan membuat para investor ingin menanamkan modalnya pada perusahaan.

Jika memang perusahaan Anda menggunakan sistem manajemen berkelanjutan, maka bukan tidak mungkin perusahaan Anda tersebut akan semakin berkembang karena adanya investasi dari pihak luar setelah memperhitungkan nilai ROI maupun RoR dengan seksama.

Bahkan bukan hanya investor saja yang akan melirik perusahaan Anda, tetapi juga akan ada banyak klien yang ingin menjadi mitra bisnis dan menjalin hubungan kerja. Sehingga perusahaan akan semakin berkembang.

Risiko Sustainability Management

Meskipun meberikan banyak manfaat, akan tetapi perlu Anda catat bahwa sustainability management juga memberikan kemungkinan risiko yang perlu Anda waspadai. Beberapa resiko yang umumnya perusahaan alami saat berusaha menjalankan sustainability management tersebut antara lain:

1. Proses Penerapan yang Rumit

Salah satu resiko yang harus perusahaan hadapi adalah adanya banyak tantangan terutama dalam menerapkan perubahan sistem manajemen di perusahaan. Sistem manajemen yang tadinya biasa saja kini harus beralih sistem menjadi berkelanjutan. Tentu saja hal ini akan membuat seluruh karyawan harus beradaptasi dengan pola manajemen baru.

Sehingga, proses penerapan sistem manajemen berkelanjutan ini bisa saja menjadi lebih rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama agar seluruh jajaran karyawan perusahaan Anda bisa beradaptasi sepenuhnya.

2. Perubahan Pola Kepemimpinan

Resiko yang selanjutnya dan harus dihadapi oleh perusahaan jika ingin menerapkan sistem manajemen berkelanjutan adalah pola kepemimpinan. Pemimpin perusahaan haruslah selalu siap untuk dapat menerapkan sistem manajemen yang baru agar bisa menjalankannya di perusahaan dengan baik.

Pada dasarnya, sustainability management adalah konsep baru yang dapat memberikan banyak sekali keuntungan untuk perkembangan bisnis, baik secara organik maupun inorganic melalui merger dan akuisisi. Sebab pengelolaan bisnis yang mengusung konsep ini memiliki berbagai macam kelebihan dan manfaat yang pada akhirnya akan menggiring perusahaan pada keuntungan dan pendapatan yang lebih besar.

Bahkan konsep pengelolaan perusahaan yang mengusung metode manajemen berkelanjutan ini akan memperkuat perusahaan termasuk untuk generasi mendatang yang akan menjadi penerus pengelola bisnis. Maka perusahaan Anda akan terus berdiri dan berlangsung bahkan secara jangka panjang karena adanya konsep manajemen yang tepat ini.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.