10 Tips Menerapkan Blog Marketing dengan Efektif

tips blog marketing

Seiring dengan era digital seperti saat ini, salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah melalui blog marketing. Maka dari itu, Anda perlu menerapkan tips blog marketing agar strategi Anda semakin sukses.

Blog marketing adalah salah satu strategi marketing zaman digital yang menggunakan blog sebagai media utamanya. Dibandingkan dengan strategi pemasaran melalui platform online lainnya, blog marketing memiliki banyak keunggulan dan membawa pengaruh positif bagi bisnis.

Melalui artikel berikut ini, kita akan membahas tips menerapkan blog marketing yang efektif untuk pemasaran bisnis Anda.

Mengapa Blog Marketing Penting untuk Bisnis?

Memasarkan produk melalui blog merupakan salah satu cara yang terbilang sangat jitu dalam berbagai sektor bisnis. Apalagi dalam sektor bisnis online.

Ada beberapa kelebihan dan keunggulan dalam memasarkan produk melalui blog marketing. Di antaranya adalah:

  • Meningkatkan pengunjung blog
  • Mendorong pengunjung menjadi potensial pelanggan
  • Membangun kredibilitas dalam bisnis
  • Memiliki audiens yang tinggi
  • Biaya yang minim

Tips Menerapkan Blog Marketing yang Efektif

Berbisnis dengan blog marketing akan sangat menguntungkan jika Anda melakukannya dengan tepat. Berikut ini adalah sejumlah tips blog marketing yang bisa Anda terapkan agar strategi pemasaran Anda menjadi lebih efektif :

1. Buat Perencanaan dan Perkaya Fitur

Langkah pertama yang harus Anda terapkan adalah memiliki konsep blog seperti apa yang ingin Anda buat. Pastikan Anda menyukai topik di blog tersebut dan banyak pula yang ingin mencarinya.

Jangan hanya sekedar mengambil topik yang ingin Anda tulis, tapi juga beberapa strategi untuk mengubah pengunjung biasa menjadi pembaca setia dan pelanggan potensial. Hal ini menjadi salah satu aspek yang sangat penting dilakukan.

Selain itu, Anda juga menambahkan fitur untuk membuat pembaca mengunjungi link artikel yang lain, menyediakan via chat, dan banyak lagi. Jadi pastikan blog Anda punya perencanaan dan strategi matang ketika pengunjung baru datang.

Baca Juga :

2. Pastikan Konten Anda Berkualitas

Sebelum mengunggah konten Anda di blog, Anda perlu memastikan kualitas konten terlebih dahulu. Kualitas yang dimaksud di sini adalah kualitas baik secara teknis maupun isi konten.

Pertama, konten harus baik kualitasnya secara teknis. Kualitas teknis konten ini meliputi penulisan judul, pembagian paragraf, penggunaan subheading, ketepatan kunci, penempatan tautan, sampai optimasi gambar.

Anda harus memastikan kualitas teknis konten Anda untuk menjaga konsistensi semua konten di blog. Selain itu, konten yang terstruktur secara rapi akan lebih mudah dibaca dan dipahami. Pembaca akan mudah menemukan poin-poin penting dalam konten yang terstruktur rapi.

Kedua, konten juga harus bagus kualitasnya secara isi. Kualitas isi konten ini meliputi alur cerita, gaya bahasa, kelengkapan konten, sampai solutif atau tidaknya konten. Kualitas isi konten Anda dinilai bagus jika bisa menjawab pertanyaan pembaca.

3. Perbaiki Tampilan Desain Blog

desain blog

Mayoritas blog memiliki desain yang sama. Tampilan blog yang seperti itu sudah sangat menjemukan bagi pembaca.

Maka dari itu, Anda perlu memikirkan desain tampilan blog anda menjadi lebih menarik untuk pembaca. Perbedaan dari segi visual ini sangat penting untuk menarik pengunjung blog Anda.

4. Posting Artikel Secara Berkala

Langkah lain yang harus Anda lakukan adalah dengan memposting artikel di blog Anda secara berkala dan konsisten.

Memposting artikel secara rutin merupakan langkah jitu agar blog dikenal banyak orang. Jika tidak, orang akan meninggalkan web sehingga peluang artikel dibaca sangat kecil.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa peringkat artikel di search engine baru mengalami grafik yang menjanjikan setelah berjalan 2-3 bulan sejak ditulis. Jadi proses blog memang memakan waktu. Artikel yang Anda buat tidak akan langsung muncul di halaman pertama Google jika baru dipublish.

Terlebih, search engine seperti Google sangat senang dengan website yang update secara berkala. Algoritma Google mampu mengenali website yang aktif dan yang pasif.

Jadi jika Anda tetap ingin menggunakan blog marketing sebagai strategi pemasaran, pastikan Anda memposting konten secara teratur dan membuat Artikel SEO Friendly.

Baca Juga :

5. Ketahui Sumber Lalu Lintas Blog

Cara selanjutnya adalah anda harus tahu sumber lalu lintas blog Anda. Lalu lintas inilah yang nantinya bisa Anda manfaatkan untuk memperhitungkan promosi artikel selanjutnya.

Anda bisa memantau dari segi kata kunci, atau pencarian Google yang memperhatikan oleh pembaca. Jika semua lalu lintas sudah diimplementasikan, berarti anda sudah tahu kebiasaan-kebiasaan pelanggan ketika melakukan pencarian informasi.

Setelah itu, Anda tinggal posting artikel yang sekiranya bisa diakses melalui sumber lalu lintas tersebut.

6. Rajin Beriklan di Google Ads

Strategi blog marketing memang bisa Anda jalankan secara gratis.

Namun, menyewa jaringan periklanan adalah langkah yang lebih tepat untuk meningkatkan prospek bisnis. Hal ini karena traffic blog cepat meningkat daripada pengelolaan bisnis yang gratis.

Salah satu jaringan periklanan yang adalah Google Ads yang sampai saat ini sudah digunakan oleh ratusan ribu pebisnis situs web di seluruh dunia. Hal ini karena semua orang mencari informasi di internet melalui Google.

Jika anda bekerjasama dengan Google Ads, maka setiap pengetikan kata kunci, artikel Anda akan muncul. Artinya, semua orang yang mencari informasi melalui Google akan bertemu dengan artikel Anda.

7. Gunakan Headline yang Menarik

Headline adalah bagian penting dalam blog marketing. Mayoritas pembaca akan tertarik membaca suatu artikel jika judulnya menarik.

Meski artikel Anda bagus, tetapi headline tidak menarik, pembaca tidak akan membaca tulisan Anda. Maka hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan.

8. Jawab Setiap Komentar Blog

jawab komentar blog

Jika pembaca mengomentari postingan Anda, segera berikan feedback. Kalau bisa, balas komentar mereka dengan cepat. Hal ini menandakan kalau anda menghargai pembaca dengan baik dan mereka akan senang berlama-lama di blog Anda.

Bahkan, tak menutup kemungkinan jika strategi ini dapat meningkatkan jumlah pelanggan potensial.

Baca Juga :

9. Bagikan Blog di Medsos

Di era digital seperti saat ini, semua orang tak bisa jauh dari media sosial. Hal ini harus Anda manfaatkan dengan baik. Caranya adalah membagikan blog anda ke media sosial seperti Instagram marketing, Facebook marketing, Twitter marketing, TikTok marketing, atau WhatsApp.

Langkah ini termasuk dalam strategi marketing yang memanfaatkan platform online yang sangat populer di masyarakat.

10. Buat Konten Blog Yang Beragam

Meningkatnya lalu lintas situs karena pengunjung tidak membaca tulisan anda. Maka dari itu, buatlah konten yang berbeda-beda agar tidak membentuk kaku dan monoton.

Itulah tips yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan blog marketing sebagai strategi pemasaran bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk mengembangkan bisnis Anda.

Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin tumbuh besar.