9 Tips Instagram Untuk Bisnis Yang Wajib Diketahui

Tips Instagram Bisnis

Dengan membaca tips instagram untuk bisnis kita bisa menemukan cara terbaik agar bisnis dapat berkembang dengan lebih baik melalui pemasaran digital marketing di Instagram.

Melalui Instagram kita bisa berbagi foto, video ataupun membagikan cerita setiap harinya. Melalui ulasan kali ini kami akan membahas tentang Instagram untuk bisnis. Hal ini penting agar calon pelanggan nantinya bisa terus mengikuti postingan kita.

Sehingga hal itu juga akan berpengaruh terhadap peningkatan bisnis yang kita lakukan. Dengan menggunakan tips Instagram untuk bisnis ini maka promosi bisnis bisa dilakukan dengan lebih efektif.

1. Alasan Anda Menggunakan Instagram Untuk Bisnis

Saat Anda menggunakan saluran pemasaran apapun, tentunya harus memiliki tujuan yang akan dicapai. Begitu juga saat Anda memilih untuk menggunakan Instagram, maka Anda harus menanyakan “Apa yang akan kita capai?”

Adapun sasaran bisnis Instagram yang umum meliputi:

  • Membangun Sebuah komunitas bisnis
  • Meningkatkan Audiens akan kesadaran merek
  • Menjual produk dan layanan suatu bisnis
  • Memamerkan budaya serta nilai perusahaan

Atau Anda bisa menuliskan tujuan Anda lalu lakukan pemantauan secara terus menerus. Anda harus selalu memikirkan tujuan Anda. Ini berguna agar Anda dan tim Anda lebih berhati-hati dan selalu memperhatikan konten Instagramnya. Dan pastikan yang Anda bagikan sesuai dengan tujuan.

2. Optimalkan Profil Bisnis Anda

Apabila Anda menggunakan Instagram untuk bisnis maka Anda juga harus menganggap profil Anda sebagai toko online. Di profil bisnis kamu dapat mengedit bio sebanyak 150 karakter, tombol ajakan bertindak dan satu buah tautan link yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pelanggan. Jadi Anda juga harus memastikan bahwa profil Instagram Bisnis Anda memberikan kesan yang baik.

Bio Instagram

Yang pertama, Anda harus pastikan terlebih dahulu untuk beralih ke profil bisnis Instagram. Dengan menggunakan akun bisnis ini maka akan memberikan fitur tambahan yang bisa memperluas fitur profil, melacak kinerja konten serta bisa berjualan di Instagram.

Selanjutnya Anda tulis bio Instagram. Kemudian untuk profilnya harus mencakup:

Mendeskripsi perusahaan, bisnis, produk atau layanan secara ringkas

Memilih kategori atau industri dari bisnis Anda

Informasi kontak Bisnis Anda (bisa memasukan nomor telepon perusahaan, email perusahaan, dan alamat lengkap perusahan)

Tautan link (bisa link website, link whatsapp, link aplikasi atau link landing page)

Dan satu-satunya tempat yang terdapat pada aplikasi Instagram untuk dapat membagikan link tautan yang bisa di klik yaitu di bio instagram Anda.
Anda juga dapat menyimpan tautan status untuk ditaruh di halaman beranda instagram atau kamu bisa merubah tautan tersebut lebih sering untuk memberikan cerminan konten yang sedang diupdate saat ini.

Baca Juga:

Tombol Tindakan

Ketika kita menggunakan akun instagram bisnis, maka kita akan diberikan fitur tombol tindakan yang dapat diklik oleh follower atau pengunjung dengan ajakan untuk bertindak seperti hubungi kontak, pesan sekarang, melihat toko online atau lainnya.

Dengan tombol tindakan ini merupakan cara yang bagus agar bisa memasukkan lebih banyak tautan ke profil Anda serta bisa untuk mempermudah follower Anda agar melakukan interaksi.
Grid Instagram

Dan yang terakhir yaitu jangan lupa agar selalu mempertimbangkan penggunaan grid di Instagram Bisnis Anda. Dengan tampilan grid pada akun instagram bisnis akan membuat orang yang mengunjungi profil ig tersebut menjadi lebih tertarik untuk melihat seluruh isi postingannya.

Sebaiknya hindari postingan yang mirip secara visual dengan berurutan, sehingga tampilan grind akun IG Anda akan selalu terlihat menarik.

3. Pergunakan Gambar Profil Yang Mudah Untuk Dikenali

Saat Anda memilih gambar profil maka penting sekali bagi orang agar langsung mengenalnya saat mereka mengunjungi profil Instagram Anda.

Jadi bagi sebagian besar bisnis maka akan memilih opsi berikut ini:

  • Logo
  • Logomark
  • Maskot

Anda dapat memilih salah satu opsi di atas untuk dijadikan foto profil akun instagram bisnis. Namun Anda juga harus memikirkan tentang apa yang akan membantu orang untuk mengunjungi halaman Anda agar bisa mengenali merek Anda dengan cepat.

4. Temukan Estetika Visual Bisnis Anda

Visual Instagram Bisnis

Tips instagram untuk bisnis selanjutnya yaitu dengan menemukan estetika visual akun instagram bisnis Anda. Karena di instagram estetika visual profil akun instagram dapat mempengaruhi minat orang untuk memfollow dan tertarik melihat isi konten instagram di akun tersebut.

Anda harus mempertimbangkan soal estetika atau tampilan pada akun IG bisnis Anda, dengan desain tampilan yang sesuai dengan branding dari bisnis yang Anda jalankan.Untuk memberikan visual yang estetik, terapkan penggunaan palet warna. Sudah banyak terbukti banyak akun instagram bisnis sukses karena menerapkan palet warna tertentu untuk digunakan di setiap postingan yang ada di Instagram. Sehingga membuat ciri khas tersendiri yang membedakan dengan bisnis lainnya yang ada di IG.

Contohnya adalah akun Instagram Oneika Raymond yang menyukai warna-warna cerah dengan kontras yang tinggi. Selain itu bagian teks pada konten instagram juga perlu diperhatikan karena ini juga merupakan faktor penting yang tidak boleh diabaikan. Gunakanlah font yang tepat dan mudah dibaca, sehingga materi pemasaran yang disampaikan di feed instagram akan dengan mudah dibaca oleh pengunjung.

5. Tips Instagram Untuk Bisnis Wajib Dilakukan Posting Secara Konsisten

Memposting konten secara konsisten adalah hal yang paling penting dalam mengelola akun bisnis di Instagram. Maka dari itu kamu harus membuat rencana jadwal posting reguler yang dapat membantu setiap konten yang Anda posting akan selalu muncul di timeline audiens target bisnis Anda.

Algoritma instagram juga akan merekomendasikan akun instagram yang konsisten mengposting sebuah konten setiap harinya. Dengan rutin mengupdate konten terbaru dan relevan akan membuat instagram menampilkan konten yang kita posting kepada mereka yang memiliki minat yang sama dengan konten yang diposting.

Jadi dengan rutin memposting konten di instagram akan berdampak baik pada interaksi konten dengan pengguna instagram. Bahkan membuat orang yang bukan follower instagram Anda akan dengan mudah menemukan konten yang Anda posting dan menjadikan mereka sebagai follower atau pelanggan.

Baca Juga:

6. Menjangkau Audiens Baru Dengan Memanfaatkan Hashtag

Tips Instagram untuk bisnis yang kelima yaitu memanfaatkan hashtag. Penggunaan tagar ini menjadi cara untuk mengkategorikan konten pada banyak platform media sosial.Dengan melalui tagar ini maka para Instagrammer akan dengan mudah menemukan konten serta akun untuk diikuti.

Menurut penelitian yang dilakukan dari Track Maven menemukan bahwa dengan memposting dan memberikan lebih dari 11 tagar maka akan cenderung untuk mendapatkan lebih banyak interaksi dengan pengguna instagram.

7. Terlibat Dengan Komunitas Bisnis Anda

Saat Anda memilih Instagram untuk bisnis maka tidak berarti mengubah profil Anda untuk melakukan promosi tanpa henti. Karena Instagram adalah platform media sosial jadi belajarlah untuk bersosialisasi.Apabila seseorang meluangkan waktu untuk berbagi pemikirannya dengan Anda maka penting untuk menanggapinya serta menunjukkan bahwa Anda juga mendengarkannya.

Salah satunya adalah dengan membalas setiap komentar. Dengan kamu rutin membalas komentar akan berdampak baik untuk membangun komunitas bisnis kamu dengan lebih kuat di instagram.

8. Tips Instagram Untuk Bisnis Dengan Bereksperimen Dengan Berbagai Jenis Konten

Instagram bukan hanya sekedar foto saja, namun sekarang ada banyak sekali jenis konten yang dapat kita bagikan di platform ini, termasuk:

  • Video
  • Reels
  • Cerita atau Story
  • IGTV

Dan apabila Anda akan meningkatkan jangkauan serta keterlibatan Anda di platform instagram maka penting agar Anda membagikan semua jenis konten ini. Algoritma di Instagram juga akan melihat minat serta berusaha untuk menunjukkan kepada orang-orang jenis konten yang paling sering berinteraksi dengan mereka.

Jadi apabila satu orang menyukai serta mengomentari Reel Instagram lebih sering daripada jenis posting lainnya maka mereka cenderung lebih banyak Reel di Instagram mereka.Sehingga jika Anda ingin memaksimalkan jangkauan serta keterlibatan Anda maka strategi terbaiknya adalah dengan memposting berbagai jenis konten yang berbeda-beda di Instagram.

Baca Juga:

9. Analisis Hasil Anda

Kemudian tips instagram untuk bisnis yang terakhir yaitu melakukan analisis akun Instagram bisnis Anda dengan teratur. Apabila Anda ingin mendapatkan lebih banyak pengikut, membuat audiens Anda lebih banyak interaksi, serta mempromosikan bisnis dengan efektif maka harus memantau kinerja konten yang Anda buat.

Untuk membuat analisa yang terbaik di Instagram, kamu bisa menggunakan alat analisa bawaan Instagram, yaitu Insight. Instagram Insights merupakan fitur yang sangat berguna untuk membuat analisa interaksi pengguna instagram dengan konten yang kita buat dengan akurat.

Dalam mengoptimalkan instagram bisnis yang meliputi berbagai poin penting yang harus diperhatikan seperti ulasan di atas, tentu saja perusahaan Anda perlu menggunakan layanan digital marketing agency Dengan memanfaatkan layanan digital marketing agency, perusahaan Anda berpotensi untuk meraih jutaan pelanggan potensial melalui instagram bisnis. Sekian tips di atas semoga bermanfaat.