Tips Menerapkan Strategi Marketing Seasonal Product

seasonal marketing

Sering kali saat berkunjung ke pusat perbelanjaan atau di marketplace terdapat barang yang dijual secara musiman. Fenomena tersebut adalah praktik strategi marketing seasonal product yang akan kita bahas kali ini.

Produk-produk tersebut memiliki konsumennya tersendiri yang telah menanti kehadirannya di pasar. Terutama bagi konsumen loyal sebuah brand tertentu. Adanya seasonal produk menjadi daya tarik tersendiri.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Seasonal product

Dalam arti singkat strategi marketing seasonal product adalah pemasaran produk dalam jumlah terbatas. Produk ini muncul pada waktu tertentu dalam satu tahun. Salah satu tujuan produsen melakukannya adalah untuk mendongkrak penjualan.

Produk-produk yang masuk dalam kategori seasonal product memiliki waktu-waktu tertentu, seperti berdasarkan cuaca musim, hari libur besar, atau hal-hal tertentu di sektor industri entertainment yang sedang booming.

Meningkatkan brand awareness produk adalah tujuan utama dari seasonal produk. Perusahaan berharap konsumen loyal atau pelanggan potensial tertarik akan produk ini.

Baca Juga:

Contoh Dari Seasonal products

Produk hari libur nasional

Pada hari libur nasional, perusahaan bisa meluncurkan produk seasonal. Atau produk musiman ke pasaran. Perusahaan harus memikirkan produk yang berhubungan dengan waktu libur tersebut.

Seperti libur Idulfitri, maka brand-brand yang selama ini bergerak di bidang pakaian muslim akan mengeluarkan produk khusus mereka bertema idulfitri. Ataupun hari libur Imlek, beberapa brand akan mengeluarkan produk khusus dengan suasana merah Imlek.

Produk tersebut hanya untuk moment tertentu. Dan target pasarnyapun khusus. Jadi setelah moment tersebut terlewati. Perusahaan tidak menjualnya lagi.

Produk back-to-shool

Contoh lain dari produk musiman adalah momen back-to-school. Brand dari produk ini mentargetkan anak-anak yang akan kembali masuk sekolah untuk membeli produk-produk khusus keperluan sekolah yang mereka tawarkan.

Paket spesial. Beberapa bisnis yang menawarkan paket special juga termasuk dalam contoh seasonal products. Paket spesial pada momen tertentu yang mereka tawarkan ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen karena harga yang relatif lebih murah.

Produk kerjasama

Saat ini industri hiburan memiliki pengaruh kuat dalam masyarakat kita. Sehingga sangat wajar untuk industri lainnya bekerjasama dengan mereka.

Kerjasama dengan menggandeng industri hiburan akan mentargetkan fan base menjadi konsumen mereka, hal ini berdampak tidak saja meningkatkan awareness tetapi juga volume penjualan produk.

Saat ulang tahun perusahaan biasanya adalah moment tepat untuk bekerjasama dengan influencer. Atau saat moment khusus dari salah satu dari kedua pihak yang bekerjasama.

BTS dan McDonald adalah contoh kolaborasi yang sukses. Kedua brand tersebut meluncurkan produk special BTS Meals yang membuat penjualan produk tersebut meningkat drastic.

Contoh lain adalah ketika brand Uniqlo ketika menggandeng anime Jepang yang sedang booming saat itu, yaitu Jujutsu Kaisen untuk dijadikan tema pada brand pakaian Uniqlo tersebut.

Dampak Seasonal products

marketing seasonal

Melakukan strategi marketing seasonal product memiliki dampak terhadap brand tersebut. Dampak tersebut antara lain:

1. Terjadinya Kelangkaan Produk

Memanfaatkan strategi marketing seasonal product membuat stok produk terbatas. Karena itu terjadi kelangkaan produk, karena produk dujual pada waktu tertentu saja.

Ketersediaan produk yang terbatas itulah yang justru menyebabkan daya tarik tersendiri terhadap produk tersebut.

Hal ini sesuai dengan hukum ekonomi. Ketika jumlah barang terbatas, sementara permintaan pasar tetap. Maka harga barang akan mengalami kenaikan.

Untuk menarik perhatian pelanggannya. Sebuah brand akan menampilkan kata kunci seperti edisi khusus, persedian terbatas atau kata menarik lainnya.

Dampak ini akan menyebabkan konsumen segera berpikir lebih cepat untuk membeli produk yang di inginkan tersebut, sehingga meningkatkan penjualan.

2. Menciptakan Hype

Dampak lain dari strategi marketing seasonal products adalah kemampuannya dalam menciptakan hype di masyarakat, terutama bagi pelanggan loyal dari produk tersebut.

Untuk mengsupport hype ini, perusahaan harus menerapkan strategi pemasaran yang terbaik. Agar produk khusus ini dapat diketahui secara luas. Terutama saat proses peluncuran produk tersebut.
Saat ini peran media sosial penjadi sangat penting. Terutama ketika perusahaan ingin menerapkan strategi marketing yang efektif pada produk khusus.

Anda bisa melakukan hal-hal seperti berinteraksi dengan follower, membuat countdown produk, atau giveaway untuk umum.

3. Membangun Rasa Penasaran

Ketika ada produk khusus dijual pada waktu tertentu saja. Pasti masyarakat akan penasaran apa yang spesial dari produk tersebut. Dengan memancing rasa penasaran dari pelanggan. Produk akan menjadi lebih mudah dikenal luas.

Brand yang rutin menerapkan strategi marketing seasonal product setiap tahun. Maka hal ini merupakan upaya perusahaan menerapkan customer retention.

Customer retention akan membuat pelanggan suatu brand menjadi loyal terhadap produk mereka.
Seasonal products yang dinantikan setiap waktu tertentu oleh masyarakat akan menjadikan penjualan produk tersebut meningkat secara drastis.

Baca Juga:

Beberapa Tips Melakukan Seasonal products

Ada beberapa tips menerapkan strategi marketing seasonal product yang dapat Anda manfaatkan. Berikut adalah tips untuk menerapkan seasonal products:

1. Kesesuaian Produk dengan Alasan Dilakukannya Seasonal products

Pemilihan waktu kapan akan melakukan seasonal products, atau alasan mengapa melakukan strategi tersebut menjadi penting. Pastikan image yang ada pada brand anda selama ini memang cocok dengan alasan dilakukannya seasonal products.

Sebagai contoh produk pakaian Rabbani yang bergerak dibidang pakaian muslim akan cocok dalam melakukan seasonal products pada hari-hari besar umat Islam.

Contoh lain seperti produk makanan sehat, akan tepat melakukan seasonal products ketika hari-hari besar mengenai kesehatan.

2. Memfokuskan Target Pasar

Selain memiliki ciri khas yang unik terhadap produk yang akan diluncurkan ketika melakukan seasonal products, menetapkan target pasar yang jelas akan sangat bermanfaat.

Dengan target pasar yang jelas, maka dapat dilakukan strategi pemasaran yang lebih terkonsentrasi, sehingga tidak terjadi pemborosan anggaran. Strategi pemasaran yang tepat sasaran akan efektif meningkatkan penjualan produk.

Sebagai contoh, ketika McDonalds berkolaborasi dengan BTS, mereka memiliki target pasar yang jelas yaitu para penggemar BTS di Indonesia yang berusia relatif muda dan mayoritas wanita. Maka strategi pemasaran yang dilakukan sudah jelas terarah.

3. Melakukan Pemberitahuan yang Cukup Jauh Sebelumnya

Salah satu tips berikutnya adalah dengan pemasaran atau pemberitahuan akan produk spesial yang akan diluncurkan jauh hari sebelum produk tersebut diluncurkan. Hal ini menjadi penting bagi penjualan nantinya.

Meskipun seasonal products yang dilakukan hanya dalam rentang waktu tertentu itu dapat menjadi sebuah keuntungan, tapi di sisi lain dapat menjadi kerugian apabila hal tersebut kurang tersosialisasikan dengan baik di masyarakat.

Pemberitahuan kepada masyarakat jauh hari sebelumnya akan membuat mereka semakin penasaran dan menunggu-nunggu mengenai produk khusus tersebut nantinya. Rasa penasaran itu diharapkan akan meningkatkan penjualan nantinya.

Demikian pembahasan mengenai strategi marketing seasonal products. Strategi ini sagat penting bagi awareness sebuah produk di masyarakat tetap terjaga, dan juga meningkatkan penjualan tentunya. Tertarik melakukan seasonal products?

Untuk menerapkan strategi digital marketing Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga: