6 Tips Sukses Menjadi Influencer Pemula

Beberapa tahun terakhir, menjadi influencer tampaknya merupakan salah satu profesi paling digemari. Sebab seiring dengan perkembangan teknologi yang kian canggih, menjajal profesi sebagai influencer terasa semakin mudah. Apalagi dengan luasnya pasar dan jangkauan melalui sarana social media. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan hal serupa, berikut adalah tips menjadi influencer pemula yang wajib untuk disimak!

Tips Sukses Menjadi Influencer Pemula

Melansir dari laman Later.com, menjadi influencer adalah pekerjaan impian bagi banyak orang di era sekarang. Sebab bukan hanya bisa mendapatkan popularitas secara instan, Anda juga dapat meraup keuntungan dan pendapatan.

Selain itu, untuk menjadi influencer pun Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus layaknya ketika melamar pekerjaan di perusahaan. Yang Anda butuhkan adalah exposure di media sosial (misalnya Instagram) dan konten yang menarik untuk mendatangkan banyak audiens dan followers. Semakin banyak jumlah followers Anda, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar pun akan semakin terbuka lebar.

Sehingga, bisa kita bilang bahwa popularitas bukanlah menjadi satu-satunya tujuan dari menjadi seorang influencer. Melainkan juga mendatangkan pundi-pundi pendapatan yang fantastis. Inilah sebabnya, saat ini banyak orang yang ingin menjadi seorang influencer.

Sayangnya, menjajal profesi sebagai influencer tidak dapat Anda lakukan dengan sembarangan atau hanya coba-coba. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar Anda bisa menjadi seorang influencer sukses.

Apalagi jika Anda memilih Instagram sebagai platform utama. Sebab sebagaimana kita tahu, ada banyak sekali jumlah Instagram influencer yang bisa menjadi kompetitor Anda. Terlebih dengan fakta bahwa Instagram memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Bagi Anda yang ingin mencoba profesi ini, berikut adalah 6 tips sukses yang bisa Anda terapkan sebagai influencer pemula di Instagram!

1. Pilih Niche atau Hal yang Anda minati dan Tetap Fokus

Tips pertama yang wajib Anda lakukan sebagai influencer pemula adalah menentukan niche atau bidang yang Anda minati. Sebab, akun Anda akan mewakili kepribadian sekaligus menjadi platform branding. Sehingga semakin otentik niche yang Anda pilih, maka target pasar Anda pun juga akan semakin tersegmentasi.

digital marketing agency

Untuk menentukan niche, Anda bisa memulai dengan sejumlah pertanyaan seperti:

  • Apa yang paling Anda sukai?
  • Cerita apa yang ingin Anda bagikan pada publik?
  • Hal apa yang benar-benar relevan dengan Anda?

Artinya, pilihlah bidang yang sangat Anda ketahui dan minati, serta ingin Anda bagikan pada orang lain. Jangan pernah tergiur dengan keberhasilan konten lain yang viral dan tidak sesuai dengan minat Anda. Alih-alih sukses, Anda justru akan menuai kegagalan jika memaksa untuk mengikutinya, sebab pada dasarnya jenis konten tersebut tidak sesuai dengan diri Anda.

Maka dari itu, lakukan riset pasar secara mendalam dan kenali diri Anda sendiri sebelum memutuskan bidang apa yang ingin Anda tampilkan sebagai konten Instagram. Misalnya apabila Anda menyukai bidang kuliner dan gemar memasak, maka Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai niche dan fokus utama dari konten Anda.

Baca Juga :

2. Tonjolkan Estetika dan Konsistensi

Later mengatakan bahwa estetika sangat penting di Instagram. Sebab konten yang estetik cenderung akan lebih banyak mendatangkan engagement karena tampak menarik untuk dilihat.

Apalagi apabila Anda menggunakan akun Instagram untuk berbisnis. Maka faktor estetika menjadi hal terpenting untuk meningkatkan social selling atau penjualan produk di media sosial. Ini juga sekaligus akan membantu untuk membangun citra merek dan brand reputation. Sehingga audiens Anda akan lebih mudah mengenali identitas brand Anda.

Membangun estetika bukanlah hal yang sulit. Namun, butuh konsistensi dan kehati-hatian dalam menerapkan brand guideline. Misalnya memilih tone warna foto, brand voice, dan karakteristik lain yang menonjol dari brand Anda. Maka dari itu, mulailah untuk belajar tools editing sederhana. Anda pun bisa menggunakan berbagai macam aplikasi pendukung agar semakin mudah.

Kemudian, bagikan foto yang saling berkaitan. Jangan pernah mengunggah foto yang tidak ada kaitannya dengan feeds yang lain ketika Anda sedang membangun social media branding.

Misalnya, ketika Anda sudah fokus untuk memilih bidang kuliner, maka fokuslah untuk mengunggah jenis konten berbau kuliner atau makanan. Tips ini akan menjadikan brand Anda semakin mudah dikenali dan tampak konsisten.

3. Selalu Berkembang dan Terbuka untuk Platform Baru

tips sukses influencer pemula

Ini merupakan salah satu tips penting yang wajib untuk Anda terapkan sebagai influencer pemula. Perlu Anda pahami bahwa lanskap media sosial akan terus mengalami perubahan. Jadi apabila Anda ingin menjadi influencer, Anda harus siap menerima perubahan tersebut dan terbuka untuk berkembang.

Jangan hanya terpaku pada satu platform. Meskipun Anda ingin menjadi influencer di Instagram, bukan berarti Anda tidak bisa mengembangkan diri pada platform atau saluran pemasaran media sosial lainnya. Justru dengan mengeksplorasi lebih banyak platform, Anda meningkatkan peluang untuk semakin dikenal secara luas. Misalnya di Twitter, YouTube, TikTok, Facebook, dan lain sebagainya.

4. Jalin Interaksi dengan Audiens

Tidak bisa kita pungkiri bahwa menjalin interaksi dengan audiens menjadi bagian utama untuk mendongkrak peningkatan engagement rate. Apalagi tugas Ada sebagai influencer adalah untuk membawa pengaruh pada publik atau audiens dengan hal-hal yang positif.

Anda akan menjadi ikon dan key opinion leader (KOL) yang nantinya akan sangat berpengaruh pada followers. Maka dari itu, Anda harus membangun komunikasi dua arah untuk menciptakan interaksi. Dengan demikian, selain dapat meningkatkan engagement, Anda juga sekaligus dapat membangun komunitas dan mempertahankan followers yang Anda miliki.

Baca Juga :

5. Jangan Lupakan Networking

Pada hakikatnya, media sosial memang bertujuan untuk membuat penggunanya menjalin hubungan dan jaringan dengan orang lain. Maka dari itu, Anda juga harus benar-benar membangun networking dengan banyak orang. Bukan hanya dengan followers saja, melainkan juga influencer lainnya dan komunitas online Anda.

Jangan sungkan pula untuk menjalin kolaborasi atau partnership dengan influencer lain sebagai bentuk campaign. Hal ini bisa membantu Anda untuk semakin terkenal dan meningkatkan awareness terhadap citra yang Anda bangun. Selain itu, Anda juga bisa menghadiri acara-acara atau event yang digelar oleh komunitas Anda. Jadikan momen tersebut untuk semakin memperluas jaringan pergaulan.

6. Perhatikan Waktu Upload dan Tetap Konsisten

Tips berikutnya adalah selalu perhatikan waktu upload konten Anda. Carilah waktu posting terbaik yang mendatangkan engagement tertinggi. Anda bisa menggunakan Instagram Analytics untuk mengetahui kapan waktu terbaik posting Instagram, atau waktu terbaik upload IG reels, IGTV, Instagram Story, dan lain sebagainya.

Biasanya, waktu posting ini juga sangat dipengaruhi oleh hari. Misalnya saja untuk hari aktif, mayoritas audiens cenderung akan membuka media sosial pada siang hari waktu istirahat. Sedangkan pada akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu, audiens lebih leluasa untuk membuka media sosial karena memiliki banyak waktu luang. Maka dari itu, lakukan riset terlebih dahulu sebelum mengunggah konten Anda.

Aspek penting lain yang tidak bisa Anda abaikan jika ingin menjadi influencer sukses adalah konsistensi dalam mengunggah konten. Apabila Anda jarang upload, maka bukan hal yang mustahil jika nantinya Anda akan kehilangan banyak followers. Oleh karena itu, jadwalkan waktu upload secara konsisten. Anda bisa membuat social media plan dan content planning untuk memudahkan hal ini.

Perhatikan pula jenis konten yang Anda bagikan. Upayakan untuk membuat konten yang variatif namun masih tetap sesuai dengan niche. Misalnya jika Anda fokus pada bidang kuliner, maka Anda bisa membagikan konten tutorial memasak, konten rekomendasi kuliner, atau fakta-fakta seputar kuliner populer sebagai selingan. Dengan begitu, audiens tidak akan mudah merasa bosan.

Itulah 6 tips sukses yang bisa Anda terapkan untuk menjadi influencer pemula. Meskipun terkesan sepele, namun harus Anda ketahui bahwa menjadi seorang influencer bukanlah hal yang mudah. Sebab, Anda memegang tanggung jawab untuk memberikan pengaruh pada khalayak luas.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.