21 Daftar Tool Market Research Gratis dan Berbayar

tools market research adalah

Sebagai seorang pebisnis kita harus bisa melakukan berbagai riset pasar dengan baik, tetapi dengan banyaknya data dan informasi yang ada kita memerlukan sebuah tools untuk mempermudah pekerjaan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Tool Market Research.

Jadi jika bisnis Anda sedang membutuhkan tools terbaik untuk melakukan riset pasar, maka memanfaatkan Tool Market Research adalah metode terbaik dan praktis untuk membuat strategi marketing.

Daftar Tool Market Research Gratis

1. Living Facts

Living Facts adalah situs web yang dapat memberikan informasi untuk membantu Anda menjangkau calon pelanggan. Situs ini menampilkan infografis foto, video, dan trivia berwarna-warni tentang tren konsumen, demografi, kesehatan, pekerjaan, dan topik terkait kehidupan lainnya.

2. Pew Research Center

Pew Research Center memiliki data ekstensif tentang tren sosial, penggunaan teknologi, sains, dan banyak topik terkini lainnya. 

Dengan berlangganan Tool Market Research ini akan memberi Anda akses ke kumpulan data dan laporan dengan bagan dengan pengelompokan demografis yang berguna untuk mengelompokan pelanggan.

Data Pew dapat membantu mengidentifikasi peluang baru dan memahami target pasar dan wawasan pelanggan bisnis Anda.

3. Google Analytics Tool Market Research Terpopuler

Google Analytics dapat memberikan umpan balik tentang kinerja pelanggan saat mengunjungi situs web. Ini dapat menunjukkan produk mana yang dilihat oleh banyak orang tetapi sedikit yang dibeli (atau sebaliknya).

Dan dapat menggambarkan saluran media sosial mana yang direspon oleh pelanggan dan banyak wawasan lainnya.

Google Analytics adalah Tool Market Research gratis yang dapat digunakan bisnis dengan mudah serta menganalisis metrik untuk operasi bisnis yang efektif.

Baca Juga :

4. Keyword Surfer

Instal Keyword Surfer di browser Chrome dan kemudian ketika melakukan pencarian di Google, tools ini akan menunjukkan volume pencarian keyword bulanan untuk kata kunci yang berbeda.

Keyword Surfer membantu bisnis mengetahui istilah apa yang mungkin dicari oleh audiens target mereka, sehingga Anda dapat menyesuaikan halaman situs Anda untuk memenuhi harapan pelanggan.

5. Google Trends

Ini adalah salah satu Tool Market Research terbaik untuk meneliti tren pasar dan melacak pencarian produk atau layanan dari waktu ke waktu dan berdasarkan lokasi geografis.

Tools Ini juga membantu untuk lebih memahami topik terkait dan kueri penelusuran terkait, untuk mendeteksi pola dan mengidentifikasi istilah yang kemungkinan besar akan digunakan pengguna.

6. Social Mention

Media sosial sekarang lebih penting dari sebelumnya, dan mengikuti semua yang terjadi di industri di media sosial sekarang lebih penting dan lebih mudah dari sebelumnya.

seperti Sosial Mention menyediakan satu tempat untuk mencari istilah yang relevan bagi Bisnis Anda. Dengan menggunakan Tool Market Research Ini juga memungkinkan untuk melihat apa yang cenderung lebih umum pada waktu tertentu.

7. Facebook Audience Insights Merupakan Tool Market Research Terbaik Untuk Targeting Audiens di Sosial Media

fb insight analytics

Facebook Audience Insights membantu mempelajari demografi dan perilaku pelanggan yang menggunakan jejaring sosial.

Wawasan pelanggan dapat ditemukan melalui sejumlah informasi seperti jumlah tampilan halaman di halaman Facebook, jangkauan posting, suka halaman, tindakan yang dilakukan pada halaman, dll.

Selain itu, fitur Pages to Watch memungkinkan kita untuk mengidentifikasi dan membandingkan kinerja halaman bisnis dengan halaman lain dalam pangsa pasar yang serupa.

8. NFIB Economic Trends

Setiap bulan, National Federation of Independent Business (NFIB) merilis laporan Tren Ekonomi Bisnis Kecil.

Laporan tersebut mengidentifikasi trend dan rencana pengeluaran untuk usaha kecil. Tren Ekonomi NFIB dapat menjadi sumber riset pasar yang bagus untuk perusahaan B2B yang melakukan bisnis dengan usaha kecil.

9. Yelp

Yelp dianggap sebagai salah satu Tool Market Research terpopuler untuk penelitian pesaing.

Di sini bisnis dapat mengetahui apa yang disukai pelanggan tentang pesaing dan apa yang tidak disukai pelanggan tentang pesaing untuk diubah guna menghindari masalah serupa.

Baca Juga :

10. Market Data Websites: BizStats

BizStats adalah Tool Market Research online yang menyaring informasi keuangan untuk setiap industri, memberikan informasi tentang pengeluaran tahunan dan wawasan pemasaran lainnya untuk perusahaan.

11. TripAdvisor

Alat riset pasar yang penting untuk bisnis pariwisata sangat diperlukan dengan kehadiran TripAdvisor.

Jika bisnis Anda terhubung dengan industri perhotelan, gunakan situs web ini untuk melakukan riset pasar tentang wawasan pelanggan di destinasi dan pariwisata, atau mengidentifikasi mitra potensial untuk bisnis Anda, kariernya.

12. Export Solutions

Untuk memanfaatkan peluang ekspor, bisnis harus memeriksa website Export Solutions dari Asosiasi Perdagangan Internasional.

Tool ini akan mencakup informasi tentang mempelajari cara mengekspor, meneliti pasar luar negeri, menemukan pelanggan dan mitra potensial, dll.

13. Franchise Industry Research

Ini adalah alat yang efektif untuk bisnis yang sedang dan akan melakukan bisnis dalam bentuk waralaba. Alat ini membantu riset pasar tentang berbagai aspek industri waralaba .

14. Small Business Statistics

Statistik Usaha Kecil menurut Tren Usaha Kecil adalah sumber penting untuk memahami usaha kecil (UKM). Ini memiliki statistik jumlah usaha kecil berdasarkan wilayah geografis.

 Ini juga mencakup informasi tentang persentase usaha kecil, jumlah orang yang mereka pekerjakan, jumlah rata-rata orang dalam usaha kecil, dan statistik industri dan demografi.

15. National Retail Federation

Untuk penelitian di industri ritel, Federasi Ritel Nasional tidak bisa Anda abaikan. Ini akan mencakup tinjauan ekonomi bulanan dengan indeks kepercayaan customer.

Baca Juga :

Daftar Tool Market Research Alat Berbayar

survey monkey

Selain Tool Market Research yang bisa Anda gunakan secara gratis, ada beberapa tools lain yang berbayar namun tidak terlalu mahal di bawah ini:

16. Survey Monkey

Survey Monkey adalah tools terkenal yang mendukung polling pengguna atau mengumpulkan umpan balik pelanggan melalui survei elektronik.

Tools berbayar ini menawarkan dua paket: paket dasar secara gratis, memungkinkan 10 pertanyaan per survei, dengan hingga 40 respons per survei.

Jika Anda membutuhkan lebih banyak pertanyaan, bisnis dapat meningkatkan ke paket berbayar dengan biaya mulai dari $32 per bulan.

17. Zoho Survey

Sangat mirip dengan Survey Monkey, Zoho Survey juga memiliki utilitas untuk mendukung survei, meminta pendapat pengguna, atau mengumpulkan umpan balik dari pelanggan melalui survei elektronik.

Zoho Survey memiliki versi gratis yang memungkinkan Anda menjawab 10 pertanyaan dan mendapatkan hingga 100 tanggapan per survey. Selain itu, Zoho memiliki lebih dari 250 template survei profesional.

Jika bisnis Anda membutuhkan versi yang lebih fleksibel dan kaya fitur, Anda dapat mendaftar untuk paket berbayar dengan harga mulai dari $20 per bulan.

18. Hootsuite

Hootsuite dikenal sebagai alat penjadwalan sosial. Ini berfungsi sebagai cara untuk melacak aktivitas sosial tentang penyebutan merek dan berbagai istilah pencarian di saluran seperti Facebook, LinkedIn, dan Twitter.

Paket gratis sangat terbatas dengan 3 profil dan 30 pesan terjadwal. Sebagian besar usaha kecil (UKM) dan pemasar akan membutuhkan paket berbayar dengan biaya berlangganan mulai dari $29 per bulan.

19. Twitonomy

Lebih khusus lagi Hootsuite, Twitonomy adalah alat untuk melacak keterlibatan bisnis dan mention di media sosial di Twitter.

Selain itu, pelaku bisnis juga dapat melakukan riset terkait aktivitas pengguna lain dengan hashtag. Jika Bisnis Anda ingin menggunakan Twitter Analytics untuk penelitian, dengan biayanya $20 per bulan.

Baca Juga :

20. Pick FU

Pick FU tidak memiliki versi gratis dengan biaya berlangganan mulai dari $50 per bulan. Tetapi memungkinkan bisnis untuk melakukan polling pelanggan dengan menanyakan pendapat mereka tentang sesuatu atau dengan mengumpulkan pendapat dari suara sesuka mereka.

Ada juga banyak variabel demografis yang berbeda untuk dipilih, sehingga bisnis Anda dapat menjangkau hampir semua audiens target yang tepat untuk produk atau layanan Anda.

21. SEMrush Tool Market Research Alat Berbayar Terbaik

SEMrush adalah alat SEO (Search Engine Optimization). Tools ini memanfaatkan sebuah kata kunci sebagai cara untuk menganalisis topik yang luas dan mengidentifikasi sub-topik yang sesuai.

Tools membantu menganalisis keberadaan bisnis online Anda atau juga dapat melakukan analisis kesenjangan yang menunjukkan kata kunci dengan pesaing bisnis Anda dan bagaimana perbandingan antar bisnis. Meskipun biayanya cukup mahal yaitu $99,95 per bulan, tetapi tools ini sangat berguna untuk sebuah bisnis.

Manfaat Tool Market Research Untuk Sebuah Bisnis

Kesimpulannya dengan menggunakan Tool Market Research, kita dapat membantu bisnis lebih memahami kebiasaan dan perilaku pembelian pelanggan dengan lebih tertarget.

Coba saja salah satu Tool Market Research yang kami sarankan di atas dan sehingga bisnis Anda akan dapat memahami pelanggan dengan cara yang lebih baik.

Selain memanfaatkan tool market research, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.