Tren Instagram Marketing 2023 : IG Shopping Hingga Influencer

tren instagram marketing 2023

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia social media marketing, sudahkah Anda mengantisipasi tren Instagram marketing di tahun 2023?

Tentu kita semua setuju bahwa Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer saat ini. Statista mengatakan bahwa Instagram resmi menjadi platform sosial media dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia sejak tahun 2018.

Bahkan menurut data eartweb.com, ada lebih dari 1,44 miliar pengguna aktif Instagram tiap bulannya, dengan lebih dari 500 juta user menggunakan Instagram tiap hari. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna aktif Instagram mencapai 97 juta orang, yang berarti 34,9% dari total populasi.

Dari data tersebut, tentu kita menyadari bahwa Instagram merupakan platform yang sangat menjanjikan untuk melakukan kegiatan marketing (kampanye pemasaran). Nah, bagi Anda yang memanfaatkan saluran pemasaran ini untuk kegiatan marketing maupun berjualan (selling), simak tren Instagram marketing berikut ini!

1. Instagram Shopping Semakin Booming

Tren Instagram shopping sendiri telah berkembang selama beberapa waktu tahun terakhir. Namun di tahun 2023, tren ini akan semakin booming.

Bukan tanpa alasan, hal ini karena mayoritas pengguna Instagram menginginkan sesuatu yang praktis. Alih-alih mengalihkan halaman Instagram ke website atau marketplace lain, kebanyakan user lebih suka berbelanja langsung melalui platform tersebut. Sebab Instagram shopping dianggap menonjolkan keyamanan dan memberikan user experience yang lebih efektif.

Oleh karena itu, Anda perlu merancang strategi promosi dan marketing campaign yang efektif apabila ingin mengoptimalkan tren yang satu ini. Terutama bagi Anda yang menjalankan Instagram bisnis.

Baca Juga :

digital marketing agency

2. Otomatisasi Chat

Sebagaimana kita bahas sebelumnya, pengguna Instagram terus mengalami peningkatan yang signifikan dari waktu ke waktu. Dengan banyaknya jumlah pengguna platform ini, sudah tentu ada banyak permintaan komunikasi yang juga meningkat. Bahkan data Many Chat menyebutkan bahwa pengguna Instagram mengirim lebih dari 400 juta pesan kepada akun bisnis setiap harinya.

Bagi Anda yang menggunakan Instagram untuk pemasaran maupun berjualan, mengotomatisasi chat menggunakan bot (chatbot) adalah langkah cerdas. Selain menghemat waktu, penggunaan chatbot juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, kredibilitas bisnis, sekaligus meningkatkan customer experience dan customer satisfaction.

3. Influencer Marketing Mencapai Puncaknya

Pemasaran influencer alias influencer marketing merupakan salah satu tren social media marketing 2023 yang patut Anda antisipasi. Maka dari itu, pemasaran berbasis influencer ini juga diprediksi akan mencapai puncaknya dalam dunia Instagram marketing.

Ini karena sejak beberapa tahun terakhir, strategi marketing campaign menggunakan jasa influencer atau key opinion leader (KOL) terbukti memberikan dampak positif pada perkembangan dan pertumbuhan bisnis. Bukan hanya sekadar meningkatkan awareness saja, melainkan juga meningkatkan angka konversi lead (lead conversion), meningkatkan brand authority, dan efektif meningkatkan penjualan.

Maka dari itu, menjalin kemitraan bisnis atau partnership dengan influencer menjadi langkah tepat untuk membantu kemajuan bisnis Anda. Anda pun tidak perlu mengkhawatirkan biaya pemasaran, sebab Anda bisa memilih menggunakan jasa influencer sesuai dengan business cost yang dianggarkan.

Bagi Anda yang merasa keberatan dengan rate card dari makro influencer, maka bekerja sama dengan mikro influencer maupun nano influencer adalah pilihan tepat. Meskipun tidak memiliki jumlah followers sebanyak makro influencer, namun kebanyakan influencer pemula justru memiliki engagement rate yang tinggi. Selain itu, mereka juga lebih terhubung dengan para followers ketimbang influencer besar.

Yang paling penting adalah Anda harus memilih influencer sesuai dengan niche bisnis. Misalnya, Anda menggunakan jasa influencer fashion untuk mempromosikan bisnis pakaian Anda.

Baca Juga :

4. Video Content Semakin Populer

Dengan feed video, IGTV, Reels, dan Instagram Stories yang terus menjadi fitur populer, kemungkinan besar Instagram akan bergerak menuju pendekatan yang lebih terpadu. Bahkan, Later melaporkan bahwa Instagram sedang menguji feed Instagram Stories vertikal. Hal ini seiring dengan meningkatnya popularitas video marketing di berbagai saluran pemasaran.

Sebagaimana kita tahun, sejak beberapa tahun terakhir, konten video memang menjadi jenis konten marketing yang paling banyak mendapatkan perhatian. Bahkan video pendek juga menjadi tren content marketing yang sangat diantisipasi di tahun 2023 mendatang.

Maka dari itu, sebaiknya mulailah mempersiapkan social media plan dan content strategy untuk menciptakan konten video yang mampu menarik perhatian banyak audiens.

5. Fitur Keterlibatan Komunitas (Community Engagement)

Dalam hal conversation prompts, bisa dibilang Instagram memang juaranya. Dari emoji hingga stiker interaktif, Instagram tahu cara mendorong percakapan dan membangun komunitas (community). Dan ini adalah salah satu keunggulan yang akan dimaksimalkan di tahun 2023.

Tentunya ini selaras dengan tujuan Instagram untuk memaksimalkan keterlibatan komunitas (community engagement) melalui fitur-fitur yang memang mendorong keterlibatan. Misalnya balasan komentar akan menjadi lebih menarik dan interaktif, dengan kemampuan membalas melalui video atau voice note.

Demikian adalah ulasan mengenai tren Instagram marketing 2023 yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, Instagram adalah saluran komunikasi yang imersif. Dan jika Anda ingin sukses melakukan pemasaran melalui platform Instagram di tahun 2023, inilah saatnya untuk mulai membuat social media strategy yang matang dan efektif.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.