Tips Menerapkan Twitter Marketing Untuk Pemasaran

twitter marketing adalah

Sekarang ini teknik media sosial marketing menjadi trend untuk mengembangkan bisnis dengan lebih cepat daripada menggunakan teknik marketing konvensional. Salah satu teknik media sosial marketing tersebut adalah Twitter marketing.

Oleh karena itu, selain Anda harus mempelajari Facebook marketing atau Instagram marketing, Anda juga tidak boleh melewatkan Twitter marketing. Hal ini karena Twitter juga merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna yang aktif membuat trending banyak topik dibahas di Indonesia dan di dunia.

Twitter menjadi platform potensial yang perlu dieksploitasi oleh bisnis manapun saat melakukan pemasaran. Dengan lebih dari 313 juta pengguna aktif bulanan, Twitter adalah platform jejaring sosial yang hebat bagi sebagian besar pemasar.

Jadi melalui artikel ini kami akan memberikan beberapa tips dan saran tentang cara menggunakan twitter marketing untuk sebuah bisnis agar bisa meningkatkan kesadaran merek ataupun penjualan produk.

Apa itu Twitter Marketing?

Twitter adalah situs jejaring sosial di mana pengguna dapat menulis dan membaca konten dengan panjang terbatas dan mengunggah foto. Jika ketika kita menggunakan SMS isi pesan hanya terbatas 160 karakter, di Twitter konten dibatasi 140 karakter.

Jadi Anda tidak bisa memposting status panjang seperti di Facebook. Selain itu, Twitter juga tidak memiliki fitur untuk berteman. Di Twitter hanya follow dan berhenti follow saja. Ini menjadi perbedaan paling jelas antara dua jejaring sosial terkenal Twitter dan Facebook.

Sementara itu, Twitter marketing sendiri merupakan strategi mempromosikan bisnis/kegiatan lain melalui Twitter dengan menggunakan tools atau media pendukung yang Anda butuhkan, seperti teks, gambar, atau video.

Apa Manfaat Menggunakan Twitter Marketing

Jika Anda memiliki suatu bisnis dan ingin memasarkannya melalui teknik digital marketing, Anda tidak boleh mengabaikan Twitter marketing, karena memiliki banyak manfaat seperti :

1. Membantu Meningkatkan Traffic

Sama seperti teknik digital marketing di platform media sosial lainnya, dengan menggunakan Twitter kita juga dapat membantu website bisnis atau toko online untuk meningkatkan traffic.

Cara termudah untuk meningkatkan traffic melalui Twitter adalah dengan menambahkan link di tweet yang Anda buat. Jika Anda memasukan sebuah link di tweet maka secara otomatis Twitter akan memunculkan thumbnail terkait dengan isi konten pada link yang Anda bagikan.

Dengan adanya thumbnail ini membantu visualisasi tweet yang Anda buat akan lebih menarik perhatian banyak audiens.

2. Trending Topik

Fitur menarik dari Twitter yang sangat bermanfaat adalah trending topik. Jadi dengan memanfaatkan sebuah trending topik di twitter kita bisa mengetahui trend apa yang sedang banyak dibahas oleh pengguna Twitter.

Sehingga kita bisa memanfaatkan trending topik ini untuk membuat konten yang berkaitan dengan trend tersebut sehingga menarik perhatian banyak pengguna Twitter lainnya untuk mengenal dan mengetahui bisnis yang kita dengan mudah.

3. Membangun Merek Bisnis Anda di Twitter

Hanya dengan berada di Twitter, Anda dapat mengobrol antar konsumen yang rutin berinteraksi di jejaring sosial. Hasilnya, Anda dapat berinteraksi, menanggapi umpan balik dari pelanggan setia.

Sehingga akan menciptakan hubungan baik dengan pengikut sesuai dengan kepribadian merek yang ingin Anda bangun. Atau akun Twitter bisnis Anda akan seperti platform tempat menyiarkan dan menyampaikan pesan terbaru dari perusahaan dan mempromosikan produk.

Tindakan sederhana ini akan dengan mudah meningkatkan visibilitas perusahaan atau bisnis Anda dan akan memberikan peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Selain itu, perusahaan akan dapat memahami kebutuhan dan keinganan dari pelanggan untuk lebih meningkatkan layanan atau produk.

Baca Juga :

4. Gunakan Twitter untuk Menganalisa Pesaing

Twitter memungkinkan Anda untuk mengikuti akun lain. Dengan memanfaatkan Pencarian Twitter, Anda dapat mengetahui apa yang dikatakan orang tentang topik tertentu, dan juga memungkinkan Anda untuk menganalisa perusahaan pesaing bisnis Anda.

Dengan bergabung dengan Twitter, Anda dapat mempresentasikan dan mengembangkan jenis visual produk yang menarik bagi calon pelanggan Anda dan menyempurnakan merek Anda agar menonjol dari persaingan.

5. Berinteraksi dengan pelanggan di Twitter

Twitter Marketing adalah alat yang hebat yang dapat memberi Anda kesempatan untuk terlibat dengan pelanggan potensial secara langsung.

Saat Anda menggunakan Twitter, Anda dapat berbagi informasi berharga dengan pelanggan Anda pada saat ingin melakukan promosi seperti Flash Sale, Harbolnas, dan lainnya.

Selain itu, Twitter juga memberi Anda saluran untuk mendengarkan dan belajar tentang pelanggan Anda. Jadi Anda akan lebih memahami pelanggan tentang apa yang mereka suka atau tidak suka tentang perusahaan dan bisnis Anda.

Bagaimana perasaan mereka tentang merek bisnis Anda, topik apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka sukai tentang perusahaan dan bisnis Anda? Apa saran mereka untuk perbaikan, apa produk favorit mereka, dan mengapa mereka tidak membeli produk Anda?

Tips Menerapkan Twitter Marketing

tips twitter marketing

1. Istilah dan Fitur Twitter

Jika Anda belum familiar untuk menggunakan Twitter yang sangat berbeda dengan penggunaan media sosial lainnya. Berikut ini ada beberapa fitur atau istilah Twitter penting yang berguna dalam menerapkan strategi pemasaran twitter marketing.

  • Simbol @ (at)

Ketika kita membuat tweet di twitter menggunakan tanda @ dan diikuti dengan sebuah username akun twitter pengguna lainnya adalah cara kita untuk memention pemilik akun tersebut di dalam sebuah tweet. Sehingga pemilik akun tersebut akan mendapatkan notifikasi bahwa ada orang yang telah mementionnya.

  • Tulisan tanda titik Sebelum tanda @

Jika ada yang menggunakan tanda titik sebelum tanda @ dalam sebuah tweet ini menandakan bahwa tweet tersebut adalah sebuah reply atau balasan. Tweet ini ntidak akan muncul di timeline utama Twitter sehingga tidak banyak orang akan bisa membaca balasan tweet tersebut.

  • Reply

Twitter juga memiliki fitur reply yang merupakan sebuah fitur yang digunakan kita untuk membalas sebuah tweet dari akun twitter lainnya.

  • Quote Tweet dan Retweet

Untuk Anda yang sedang belajar menerapkan Twitter marketing fitur ini tidak boleh Anda lewatkan. Karena ketika audiens atau follower menyukai konten yang dibagikan di tweet Anda buat, mereka akan membagikannya ke timeline akun Twitter yang mereka gunakan dengan menggunakan fitur quote tweet ataupun retweet.

  • Thread Twitter

Anda tidak bisa membuat tweet panjang di Twitter, tetapi dengan fitur thread Anda bisa membuat tulisan panjang tersebut untuk menjadi kumpulan tweet yang saling terhubung secara berurutan.

Jadi jika Anda ingin membagikan konten twitter marketing yang panjang, maka Anda tidak boleh melewatkan fitur Twitter yang satu ini.

  • Poll

Anda juga tidak boleh melatkan fitur poll Twitter. Fitur ini sangat bermanfaat untuk membuat survei untuk meningkatkan engagement audiens bisnis Anda.

  • Twitter Spaces

Fitur baru dari Twitter lainnya yang bisa Anda manfaatkan dalam menerapkan Twitter marketing adalah Twitter spaces. Ini adalah fitur yang berfungsi untuk membuat wadah obrolan suara secara live di twitter.

Atau untuk lebih jelasnya fitur ini mirip dengan sebuah talkshow tetapi tidak ada video atau gambar di dalamnya. Dan menariknya lagi saat ini ada ticketed spaces yang merupakan fitur yang bisa dimanfaatkan bisnis untuk membuat talkshow berbayar.

2. Mempelajari metrik dan analytics Twitter

Agar bisa membuat konten marketing Twitter yang menarik perhatian banyak audiens di Instagram, Anda harus memahami beberapa hal berikut :

  • Memantau performa hashtag
  • Menganalisis jumlah mention dan reach twitter
  • Mempelajari karakteristik audiens dari faktor usia, jenis kelamin, pekerjaan dan lainnya.

Untuk menerapkan Twitter Marketing sebagai teknik pemasaran, perusahaan bisa menggunakan layanan digital marketing agency. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Itulah tadi pembahasan tentang manfaat menggunakan twitter marketing dan tips menerapkannya. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari teknik digital marketing baru untuk dijalankan.

Baca Juga :