12 Detail Ukuran Banner Google Ads Dengan Kinerja Terbaik

ukuran banner google ads

Saat membuat iklan banner di Google Ads, sangat penting untuk mempertimbangkan detail ukuran banner Google Ads. Ukuran banner berdampak besar pada kinerja iklan dan dengan memilih detail ukuran banner Google Ads yang tepat juga dapat meningkatkan kinerja iklan dengan lebih baik.

Setiap profesional Digital Marketing harus tahu tentang ukuran iklan mana yang paling berhasil dan paling populer di Google Ads. Pada artikel ini, kami akan mencantumkan 10 detail ukuran banner Google Ads terpopuler. Menjelaskan hubungan antara ukuran dan kinerja iklan dan memberi Kamu tentang perincian tentang rekomendasi detail ukuran banner Google Ads terbaik.

Tentang Detail Ukuran Banner Google Ads

Ukuran Banner Google Ads terbagi dalam berbagai bentuk karena ukuran iklan bervariasi ini nantinya akan ditempatkan di banyak platform iklan yang berbeda-beda. Saat menggunakan Google Ads, selain kita harus menentukan kata kunci, menentukan ukuran iklan yang tepat juga bermanfaat untuk memberikan hasil terbaik.

Umumnya orang menganggap bahwa Google Ads hanya akan menampilkan iklan tulisan dan gambar. Namun sebenarnya Google Ads akan memberimu banyak pilihan berbeda-beda dari format iklan, konten iklan, ukuran gambar, media iklan dan video.

Detail Ukuran Banner Google Ads Yang Bisa Kita Gunakan

Detail Ukuran Banner Google Ads Yang Bisa Kita Gunakan

1. Square : 250 x 250

Ukuran iklan 250 x 250 tersedia untuk iklan teks dan iklan bergambar di desktop dan seluler. Meskipun menjadi salah satu ukuran iklan bergambar paling populer, Google melaporkan bahwa inventaris sering kali terbatas, dan akibatnya, iklan bergambar dalam ukuran ini dapat berkinerja buruk.

Beberapa marketing cenderung menghindari iklan spanduk persegi karena mereka percaya bahwa audiens menganggap bentuk persegi panjang lebih menarik.

Baca Juga :

2. Small Square : 200 x 200

Ukuran iklan Small Square adalah versi iklan Kotak yang diperkecil. Tersedia untuk iklan bergambar dan teks di desktop dan seluler, tetapi karena ukuran gambar sangat kecil sehingga sulit untuk menampilkan gambar penuh, sehingga membuat konten iklan ditampilkan akan menghasilkan kinerja yang buruk.

3. Banner : 468 x 60

Ukuran iklan banner mewakili iklan banner teratas yang sering kita lihat ketika mengunjungi sebuah website yang terdapat iklan Google Ads. Meskipun menjadi salah satu ukuran iklan paling populer di Internet selama dua dekade terakhir.

Kinerja untuk iklan banner 468 x 60 tampaknya telah menurun dengan munculnya format Leaderboard Banner. Iklan ini dapat dilihat oleh audiens yang mengakses internet di layar ponsel berukuran kecil dengan resolusi rendah.

4. Leaderboard Banner : 728 x 90

Leaderboard Banner mewakili ukuran iklan Google Ads yang berkinerja tinggi. Ukuran banner ini sebagian besar telah menggantikan ukuran banner 468 x 60 sebagai cara untuk meningkatkan konversi. Iklan ukuran ini biasa ditampilkan di halaman atas atau tengah halaman sebuah website. Saat membeli ukuran iklan ini, pastikan Kamu membeli posisi atas, bukan posisi bawah karena tidak sering dilihat.

5. Medium Rectangle : 300 x 250

Medium Rectangle sering kali menjadi ukuran iklan bergambar populer di jaringan Google. Iklan ini sering digunakan di antara halaman untuk memecah teks. Jenis iklan banner ini dapat digunakan untuk menghasilkan pengalaman penggunaan iklan lightbox atau iklan video pemutaran otomatis.

6. Large Rectangle : 336 x 280

Iklan banner Google Ads Large Rectangle biasanya berfungsi dengan baik ketika kita gunakan. Jadi ukuran ini merupakan salah satu rekomendasi iklan banner ads yang perlu kamu prioritaskan dalam kampanye iklan PPC Google Ads. Tetapi ukuran ini terdapat kekurangan karena sebagian publisher akan lebih memilih menggunakan format iklan Medium Rectangle 300 x 250 untuk ditampilkan.

Baca Juga :

7. Skyscraper : 120 x 600

Iklan banner Skyscraper membantu audiens untuk melihat iklan secara bertahap saat mereka men scroll halaman website ke bawah. Ukuran banner iklan 120 x 600, meskipun masih populer digunakan di jaringan iklan Google, tetapi kurang disukai karena tingkat keberhasilan iklan ini lebih kecil dan berkinerja buruk.

8. Wide Skyscraper : 160 x 600

Versi iklan banner Wide Skyscraper adalah versi iklan banner Skyscraper yang lebih diperluas, yang berarti pengiklan memiliki lebih banyak visibilitas dan rasio klik-tayang yang lebih tinggi. Google juga melaporkan bahwa ada banyak inventaris untuk ukuran iklan ini tetapi menyarankan pemasar untuk membuat versi teks dan gambar untuk mengoptimalkan hasil kinerja iklan.

9. Large Skyscraper : 300 x 600

Juga dikenal sebagai iklan Half Page, format persegi panjang vertikal besar membutuhkan 180.000 piksel di layar. Ukurannya yang besar memudahkan untuk menarik perhatian pengguna dengan membuat iklan video.

10. Large Leaderboard : 970 x 90

Large Leaderboard adalah format iklan yang diperluas yang muncul di bagian atas halaman website dan di bawah halaman website. Ukuran banner ini memiliki potensi cukup baik untuk kamu yang ingin menampilkan iklan untuk memperkenalkan sebuah produk.

11. Ukuran Banner Iklan Mobile

Dapat dipastikan bahwa semua dimensi yang disebutkan di atas masih dapat ditampilkan di perangkat seluler, tetapi tergantung pada antarmuka perangkat tertentu, beberapa ukuran diatas tidak akan ditampilkan dengan benar.

Jadi jika target audiens mu adalah untuk 100 % pengguna seluler, maka kami sarankan kamu memilih menggunakan banner iklan khusus mobile, seperti :

  • Mobile Banner ukuran 300 x 50
  • Mobile Leaderboard ukuran 320 x 50
  • Large Mobile Banner ukuran 320 x 100

12. Responsive Display Ad

Responsive Display Ad adalah iklan yang menggantikan Responsive Ad lama menjadi iklan default baru. Jenis iklan ini dapat digunakan dalam kedua format: Kampanye Display Standar dan Kampanye Smart Display.

Untuk membuat iklan Display responsif, kamu harus mengupload aset iklan, seperti judul, logo, gambar, dan deskripsi dalam berbagai format yang kamu inginkan. Google kemudian akan menampilkan iklan Kamu secara acak dan menayangkannya di seluruh Network Display sehingga membuat iklan berperforma tinggi pada saat ditayangkan.

Google akan mengoptimalkan dan menguji tempat terbaik untuk menempatkan iklan yang Kamu buat, tugas kami di sini adalah fokus pada peningkatan kinerja iklan.

Jadi jika kamu tidak ingin repot membuat iklan baner satu-satu, kamu bisa menggunakan Responsive Display Ad. Nantinya google yang menentukan jenis iklan banner mana yang akan ditampilkan dan memberikan kinerja terbaik.

Rekomendasi Detail Ukuran Banner Google Ads Berkinerja Terbaik

Rekomendasi Detail Ukuran Banner Google Ads Berkinerja Terbaik

Semua ukuran iklan banner dalam daftar ini adalah yang paling populer digunakan oleh pengiklan di Google Ads karena memiliki kinerja iklan yang terbaik. Menurut Google, ukuran iklan banner yang berkinerja terbaik adalah:

  • Medium Rectangle : 300 x 250
  • Large Rectangle : 336 x 280
  • Leaderboard : 728 x 90
  • Half Page (Large Skyscraper) : 300 x 600
  • Large Mobile Banner : 320 x 100

Jadi itulah tadi semua detail ukuran banner google ads yang bisa kamu gunakan saat ingin beriklan di google ads. Dan kami juga memberikan beberapa rekomendasi ukuran banner iklan google ads yang memiliki kinerja terbaik. Sehingga ketika kamu memasang iklan di google ads, hasilnya akan sesuai dengan target yang kamu inginkan.

Baca Juga :