Tips Optimalkan Video Email Marketing sebagai Tren Pemasaran Era Digital

video email marketing

Salah satu tren pemasaran paling populer di era sekarang adalah video marketing. Bahkan, strategi pemasaran berbasis video kini menjadi fenomena tersendiri, seiring dengan popularitas berbagai macam platform seperti TikTok, Instagram reels, IGTV, YouTube shorts, yang mendapatkan atensi berlebih dari audiens. Selain platform-platform tersebut, Anda juga bisa memaksimalkan pemasaran berbasis video melalui saluran pemasaran email (video email marketing).

Tentunya kita tahu bahwa email marketing masih menjadi salah satu saluran pemasaran yang eksis hingga kini. Bahkan, mayoritas bisnis terus menggunakan email sebagai media untuk memasarkan produk atau layanan mereka. Selain sebagai sarana promosi produk dan penyebaran informasi, penggunaan email juga terbukti dapat meningkatkan brand authority dan brand image (citra merek) yang bisa meningkatkan kredibilitas sebuah brand.

Maka dari itu, mengombinasikan strategi pemasaran melalui email dan tren pemasaran video menjadi langkah jitu yang harus Anda coba. Tujuannya sudah tentu untuk menghasilkan lebih banyak sales lead atau calon pelanggan, sekaligus meningkatkan angka engagement dan sales growth bisnis.

Melalui artikel inMarketing berikut ini, simak tips menggunakan video email untuk kepentingan pemasaran dan cara memaksimalkannya!

Mengenal Video Email Marketing

Melansir dari HubSpot, video email marketing adalah penggunaan video sebagai konten marketing dalam melakukan kampanye pemasaran melalui email. Layaknya tren pemasaran video lainnya, strategi ini juga memiliki potensi besar untuk menarik minat target pasar melalui segi visual.

Hal ini tentunya berbeda dari pemasaran email biasa yang isi kontennya hanya seputar format teks atau gambar. Dengan format video, maka peluang untuk meningkatkan ketertarikan atau interest dari audiens pun akan semakin terbuka lebar. Apalagi berdasarkan data dari Wyzowl, 92% marketer menyatakan bahwa video akan menjadi bagian penting dari strategi marketing di sepanjang tahun 2022.

Bukan cuma itu saja, Wyzowl juga mencatat bahwa 86% pelaku bisnis ingin menjadikan konten video sebagai marketing campaign utama untuk menarik lebih banyak lead potensial. Sehingga, strategi ini akan meningkatkan angka konversi lead atau lead conversion.

Tips Mengoptimalkan Video Email Marketing

Hubspot mengatakan bahwa strategi pemasaran ini sudah terbukti berhasil diterapkan oleh beberapa perusahaan di dunia. Salah satunya adalah Igloo Software, perusahaan teknologi B2B asal Kanada.

digital marketing agency

Perusahaan ini berhasil meningkatkan hingga 189% CTR (click through rate) pada email marketing mereka dalam waktu tiga bulan. Bukan hanya itu saja. Igloo Software juga mencatat bahwa persentase open rate email mereka meningkat hingga 208%. Hasil menakjubkan ini merupakan buah dari penggunaan video sebagai konten utama pemasaran email yang mereka lakukan.

Baca Juga :

1. Buat Email yang Personal

Kita tahu bahwa personalisasi email akan lebih mudah membuat target pasar menjadi tertarik. Sebab, email yang Anda personalisasi akan memberikan kesan eksklusif dan menggambarkan bahwa Anda benar-benar mengenal mereka. Bukan seperti strategi promosi kebanyakan yang menggunakan template sama.

Untuk membuat email yang lebih personal, Anda bisa menggunakan customer data dari hasil market research atau riset pasar. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan data dengan mengakses tools analitik yang terintegrasi dengan website.

Personalized marketing melalui email semacam ini terbukti bisa meningkatkan angka konversi pelanggan dalam conversion funnel. Serta dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen atau consumer decision making.

2. Jadikan Video sebagai Konten Bonus untuk Subscribers

Tips kedua adalah menjadikan video sebagai konten bonus untuk subscribers Anda. Misalnya, biasanya Anda hanya akan mengirimkan email newsletter berisi konten teks dan gambar.

Nah, Anda pun bisa mencoba untuk mengirimkan konten dalam bentuk video pada momen-momen tertentu. Contohnya mengirimkan video teaser sebelum merilis produk (product launch).

Hal ini akan membuat subscribers Anda menjadi semakin tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang produk baru tersebut. Strategi ini juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan terhadap brand (brand engagament)

3. Gunakan Video untuk Mengumumkan Event Tertentu

tips optimalkan video email marketing

Berikutnya, Anda juga bisa menggunakan konten video email untuk mengumumkan acara atau event tertentu dari perusahaan. Apalagi jika perusahaan Anda cukup aktif menggelar event marketing untuk memasarkan produk dan meningkatkan brand awareness.

Anda bisa membuat video rekap dari event tersebut untuk dikirimkan pada audiens. Trik ini akan membuat audiens mengetahui bagaimana performa bisnis Anda dalam menggelar sebuah event.

Selain itu, video semacam ini juga akan meningkatkan rasa ingin tahu customer pada event yang akan perusahaan gelar di kemudian hari. Maka bukan hal yang mustahil apabila nantinya mereka akan turut berpartisipasi atau menghadiri event tersebut, baik secara offline maupun online (hybrid event).

4. Tampilkan Budaya Kerja Bisnis Melalui Video

Konten video juga bisa Anda gunakan untuk melakukan soft selling atau promosi secara halus. Salah satunya adalah dengan menampilkan budaya kerja atau company culture.

Format video yang menampilkan kultur perusahaan semacam ini biasanya lebih sering digunakan oleh bisnis startup. Gunanya adalah untuk menunjukkan dan memperkenalkan perusahaan mereka secara luas kepada target audiens. Terbukti, strategi ini cukup ampuh untuk menjadi lead magnet bagi para target pasar.

Baca Juga :

5. Pancing Target Audiens Melalui Video Bersambung

Tips kelima adalah memanfaatkan rasa penasaran audiens melalui video yang Anda kirimkan. Perlu Anda catat, tips ini bukan hanya berlaku untuk customer loyal atau pelanggan setia saja, melainkan juga untuk prospek yang menjanjikan.

Contoh penerapannya adalah mengirimkan video singkat dengan storytelling menarik. Entah itu bersifat edukatif, insightful, hiburan, atau lain sebagainya. Jangan langsung membagikan video secara penuh, melainkan bertahap. Tujuannya sudah tentu untuk membuat audiens menjadi penasaran dengan kelanjutan video selanjutnya.

Nah, saat seperti inilah Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan lebih banyak data pelanggan. Misalnya meminta mereka untuk mengisi formulir tertentu atau mengisi survei agar bisa melihat kelanjutan video. Formulir maupun survei yang telah terisi tersebut nantinya bisa Anda gunakan sebagai marketing insights dan feedback untuk perkembangan strategi pemasaran.

6. Jangan Lupa Tambahkan Kata Video

Tak bisa kita pungkiri bahwa performa email marketing terkadang kurang maksimal dan memberikan open rate yang rendah. Artinya, kebanyakan audiens tidak tertarik untuk langsung membuka email marketing, kecuali mereka memang ingin selalu mengikuti perkembangan topik yang Anda bagikan.

Maka untuk mengoptimalkan strategi video email marketing, Anda bisa menambahkan kata “video” pada subject email. Dengan demikian, hal tersebut akan meningkatkan ketertarikan audiens untuk membukanya. Kendati begitu, jangan lupa melakukan A/B testing untuk mencoba berbagai subject email, agar Anda tahu mana yang paling efektif.

7. Letakkan Video di Bagian Akhir

Tips ketujuh adalah menempatkan video pada bagian akhir. Sebab apabila Anda menempatkannya di awal, maka kemungkinan besar audiens hanya akan tertarik untuk menonton video tanpa membaca copy yang Anda kirimkan. Dengan cara ini pula, audiens akan lebih memahami tentang isi konten video maupun promosi yang Anda bagikan.

Itulah penjelasan mengenai video email marketing beserta tips untuk menerapkannya. Pada dasarnya, strategi ini merupakan metode yang wajib Anda coba untuk mendatangkan lebih banyak leads yang potensial.

Selain menerapkan strategi ini, masih ada banyak hal lain yang harus perusahaan perhatikan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Perusahaan juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.