6 Cara Menerapkan Viral Marketing Dengan Efektif Untuk Perusahaan

viral marketing adalah

Apakah kamu pernah mendengar istilah Viral Marketing? Ini adalah salah satu teknik bagaimana sebuah konten atau iklan bisa menjadi viral. Lalu bagaimana agar bisa membuat konten viral? Apakah kita harus mengeluarkan banyak uang dan usaha agar konten yang kita buat bisa jadi viral? Yuk simak semua jawaban atas pertanyaan tentang viral marketing disini.

Apa Itu Viral Marketing?

Viral marketing adalah salah satu teknik promosi agar sebuah iklan bisa menjadi viral atau trending. Ketika sebuah iklan menjadi viral ini akan mudah menyebar dalam waktu singkat. Dengan teknik viral marketing sebuah iklan sangat mengandalkan audiens untuk menjadikan promotor. Audiens akan dengan senang hati menyebarkannya ke teman, kerabat, keluarga atau orang lain.

Atau dalam bahasa pemasaran dinamakan sebagai Word of Mouth atau disingkat WOM, kalau bahasa indonesia pemasaran dari mulut ke mulut. Dengan strategi ini pemasaran ini akan menghasilkan brand awareness dengan efektif dan bisa juga menghasilkan penjualan.

Teknik viral marketing tidak hanya bisa digunakan pada sebuah bisnis yang sudah besar, bisnis baru merintis atau startup pun bisa menggunakan teknik ini untuk menarik perhatian audiens jika tahu strategi yang tepat.

Umumnya strategi ini diterapkan di media sosial karena penyebarannya lebih mudah dan sangat cepat. Tapi tidak menutup kemungkinan menggunakan media konvensional seperti tv, majalah, billboard dan media lainnya.

Contoh Viral Marketing Yang Efektif

Disini kita akan membahas contoh dari penerapan viral marketing yang terjadi di Indonesia. Pertama ada billboard dari lazada, perusahaan ecommerce atau marketplace ini memasang billboard di Jakarta dengan konsep konten iklan yang unik.

Lazada membuat billboard dengan tulisan dan gambar terbaik, sehingga dengan keanehan ini membuat banyak orang tertarik untuk melihat billboard tersebut, kemudian memotretnya dan membagikannya ke sosial media.

Selain itu ada iklan billboard dari Go-Jek yang memasangnya di kawasan macet tepatnya di Kuningan. Tim marketing Go-Jek membuat billboard yang unik dengan membuat billboard dengan tulisan yang panjang.

digital marketing agency

Sehingga ketika orang terjebak macet mereka akan membaca tulisan tersebut sampai selesai, dan juga pastinya orang yang melihat billboard yang unik dan aneh dari Go-Jek tersebut juga akan memotret dan membagikannya ke medsos.

Jadi dari kedua contoh di atas, kita dapat belajar bagaimana cara paling efektif untuk membuat viral marketing dengan mengkombinasikan media konvensional billboard dengan media digital yaitu medsos.

Baca Juga :

Kelebihan Menggunakan Viral Marketing

Ketika bisnis kamu ingin menerapkan viral marketing, ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan seperti :

1. Lebih Hemat Biaya Iklan

Bagaimana cara pemasaran ini bisa menghemat biaya iklan? Karena dengan menggunakan teknik pemasaran ini jika sukses viral, secara otomatis iklan yang telah dibuat tersebar dengan cepat karena dibagikan oleh audiens. Jadi dengan keuntungan ini, kamu bisa lebih menghemat biaya iklan dengan efektif.

2. Membuat Brand Awareness Meningkat

Kelebihan viral marketing kedua adalah meningkatkan brand awareness. Karena dengan membuat konten iklan menjadi viral, maka secara otomatis suatu bisnis akan menjadi lebih terkenal. Apalagi jika iklan tersebut adalah berisi produk yang solutif dan bermanfaat.

Seperti yang dicontohkan pada iklan billboard dari Go-Jek yang memiliki pesan bahwa bisnisnya menjadi solusi untuk mengatasi macet dan dengan cara ini brand juga akan semakin dikenal.

3. Konten Viral Akan Membuat Media Meliputnya

Saat ini media pasti juga tidak ingin ketinggalan konten viral untuk dijadikan sebuah berita. Jadi ketika kamu sukses dalam viral marketing, tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk beriklan atau membuat press release di media massa.

Biasanya media massa dengan sendirinya membuat konten viral marketing tersebut menjadikan berita tanpa kita membayarnya.

Bagaimana tertarik untuk menerapkan viral marketing?

menggunakan viral marketing

Cara Menerapkan Konten Viral Marketing Yang Efektif

Untuk viral marketing yang kamu jalankan bisa sukses, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan. Untuk menerapkan viral marketing yang efektif, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

1. Tentukan Target Audiens Dan Memilih Channel yang Tepat

Pertama Kamu harus menentukan target audiens dan memilih channel yang tepat agar konten marketing yang dibuat bisa menjadi viral. Karena dengan memilih audiens yang tepat sasaran, mereka secara otomatis akan tertarik dengan pesan yang disampaikan pada konten marketing dan akan membagikannya jika dirasa konten tersebut bermanfaat untuk orang lain.

Selain menentukan target audiens yang tepat, kamu juga harus bisa menentukan channel mana yang akan kamu gunakan untuk membagikan konten marketing tersebut. Saat ini ada beberapa platform yang bisa dengan cepat membuat konten menjadi viral seperti facebook, youtube, tiktok, instagram, twitter dan lainnya.

Baca Juga :

2. Gunakan Tools Analisis Sosmed

Audiens memiliki peran yang sangat penting agar membuat konten menjadi viral. Karena itu kamu harus mengetahui konten seperti apa yang audiens inginkan dan sukai. Seperti konten stories, video, infografis, meme atau lainnya.

Cara efektif dan mempermudah kita untuk menganalisa audiens adalah dengan menggunakan tools analisis sosial media. Tools ini akan mempermudah kita mengumpulkan data yang terjadi di sosial media, termasuk melacak kampanye iklan yang kita buat.

Tools ini bisa menemukan insight dari setiap konten yang dibuat untuk mengetahui manakah konten yang memiliki interaksi terbanyak memiliki banyak like, memiliki banyak view dan lainnya. Kamu bisa menggunakan beberapa tools analisis sosmed seperti Brandwatch, Sprout Social, TapInfluence, Hootsuite, dan lainnya.

Untuk proses akselerasi, perusahaan bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membatu perusahaan anda dalam mencapai tujuan ini. Beberapa strategi marketing yang bisa di implemtasikan growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing perusahaan akan semakin cepat tumbuh.

3. Pancing Emosional Audiens

Selanjutnya untuk membuat viral marketing yang sukses kamu harus membuat konten yang menarik untuk audiens dan memancing emosionalnya. Dengan emosi inilah biasanya seseorang bergerak untuk mengambil suatu keputusan.

Termasuk ketika seseorang melihat sebuah iklan, pastinya akan menghasilkan respon yang berbeda-beda baik itu mengklik iklan, membagikan iklan tersebut, memberikan komentar atau juga bisa membeli produk.

Selain membuat audiens terpancing emosinya untuk melakukan suatu tindakan, kamu juga harus memberikan konten yang bermanfaat, bernilai posigit, isinya informatif, mengedukasi dan solutif.

4. Manfaatkan Hashtag

Ketika kita membuat sebuah konten marketing di media sosial, penggunaan hashtag sangatlah penting. Karena dengan menggunakan bantuan hashtag ini bisa membuat konten jangkauannya lebih luas dan bisa menjadi lebih populer.

Selain itu dengan memanfaatkan hashtag juga dapat memantau keberhasilan dari sebuah kampanye iklan di sosial media. Kamu bisa memanfaatkan penggunaan hashtag yang menarik, unik dan mudah diingat oleh banyak orang.

5. Terapkan Trend Jacking

Pastinya kamu masih asing dengan istilah Trend Jacking, bukan? Trend Jacking atau pembajakan trend adalah salah satu teknik marketing dengan memanfaatkan isu atau situasi tertentu yang sedang trending untuk dijadikan sebagai bahan untuk promosi. Teknik ini sangat bermanfaat untuk membuat viral marketing.

Contohnya adalah iklan Shopee yang menirukan lagu Baby Shark yang sedang viral sebagai lagu anak-anak di tahun 2018. Dengan mengganti liriknya membuat banyak orang lebih mudah mengingat shopee ketika mendengarkan lagu Baby Shark.

Selain itu shopee juga membuat parodi tentang presiden Jokowi yang membagikan sepeda kepada seorang anak. Dengan cara ini membuat iklan shopee tersebut menjadi viral. Dan inilah penerapan viral marketing yang bisa kamu tiru.

6. Manfaatkan Social Outreach

Kamu juga bisa membuat viral marketing dengan memanfaatkan Social Outreach. Apa itu Social Outreach? Social Outreach adalah memanfaatkan industri influencer untuk mempengarungi follower atau subscriber mereka untuk membuat konten marketing tersebut menjadi viral.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.