Kapan Waktu Terbaik untuk Posting Instagram 2022?

waktu terbaik untuk posting instagram 2022

Mengunggah konten di media sosial seperti Instagram tentunya tidak bisa Anda lakukan sembarang waktu. Terutama bagi Anda yang menggunakan Instagram sebagai saluran pemasaran. Anda harus memperhatikan kapan momen yang tepat untuk memposting konten marketing demi mendapatkan banyak respons dari audiens. Salah satunya adalah dengan mengetahui waktu terbaik untuk posting Instagram.

Apabila Anda tidak mendapatkan engagement rate yang memuaskan, misalnya tak memperoleh jumlah klik, likes, komentar, maupun jumlah share yang banyak, maka bisa saja penyebabnya adalah Anda mempostingnya di waktu yang tidak tepat. Sebab, setiap media sosial memiliki waktu posting terbaik yang berbeda-beda. Baik itu Instagram, Facebook, Twitter, maupun LinkedIn.

Lantas, kapan waktu terbaik posting Instagram 2022?

Pentingnya Menentukan Waktu Terbaik untuk Posting Instagram 2022

Dewasa ini, para pebisnis menggunakan berbagai jenis strategi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness sekaligus menarik perhatian lebih banyak leads. Seiring dengan berkembangnya teknologi, digital marketing campaign menjadi salah satu strategi pemasaran yang banyak diminati. Contoh digital marketing yang paling populer adalah pemasaran melalui media sosial.

Bukan tanpa alasan, hal ini karena jumlah pengakses media sosial di seluruh dunia terus meningkat dengan mengalami laju kenaikan yang signifikan. Sehingga, kesempatan ini pun tidak bisa Anda abaikan begitu saja. Selain dapat menjadi saluran pemasaran untuk mendistribusikan konten marketing, Anda juga bisa menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memberikan edukasi tentang kelebihan produk melalui konten educational, berinteraksi dengan konsumen, menjalin hubungan baik dengan konsumen, sekaligus menganalisa sentimen konsumen terhadap brand Anda dan mengetahui perilaku konsumen.

Bicara soal pemasaran melalui media sosial, Anda tentunya tidak boleh mengabaikan Instagram sebagai salah satu platform yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Tercatat, ada jutaan konten yang diunggah ke Instagram setiap harinya. Dengan lebih dari 500 juta akun Instagram menonton atau menggunakan fitur Stories per hari, serta sebanyak 800 juta pengguna mengikuti setidaknya satu akun Instagram bisnis.

Selain itu, interaksi pengguna per harinya mencapai rata-rata 30 menit. Dengan tingginya tingkat akses dan jumlah konten yang diunggah Instagram, maka sebagai pebisnis Anda pun perlu memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Namun, untuk mendapatkan engagement Instagram, reach dan impression yang tinggi, maka Anda harus mengetahui waktu terbaik untuk mengunggah postingan Anda sebagai strategi promosi. Dengan waktu posting yang tepat, maka konten marketing Anda memiliki peluang lebih besar untuk sampai ke target pasar. Selain untuk mendapatkan banyak respons dari konsumen, mengetahui waktu posting terbaik untuk Instagram juga dapat membantu bisnis Anda lebih unggul ketimbang kompetitor.

digital marketing agency

Baca Juga :

Kapan Waktu Terbaik untuk Posting Instagram 2022?

Melansir dari Oberlo, berikut waktu paling pas untuk posting di Instagram 2022:

Saat makan siang, yakni dari pukul 11 hingga 1 siang

Pada saat makan siang, tak sedikit orang yang menikmati makan siangnya sembari mengecek media sosial mereka, terutama Instagram. Entah untuk mengetahui kabar terbaru atau sekadar ingin mencari hiburan.

Usai jam kerja, yakni pukul 7 hingga 9 malam.

Oberlo menyebut bahwa setelah jam kerja, banyak pengguna Instagram yang memeriksa timeline saat perjalanan pulang, apalagi bagi yang terjebak di kemacetan atau pulang menggunakan transportasi umum. Tidak hanya itu, begitu mengistirahatkan diri, seseorang pun biasanya akan langsung mengecek Instagram untuk menyegarkan pikiran sejenak.

Hari terbaik untuk mengunggah postingan Instagram

Sementara itu, hari yang dinilai paling baik untuk mengunggah sesuatu di Instagram jatuh pada hari Senin, Rabu, dan Kamis. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu dinilai menjadi hari yang buruk untuk posting.

Sementara itu, berikut adalah jam yang tepat untuk mengunggah postingan di Instagram berdasarkan hari:

  • Senin : Jam 11.00 – 17.00
  • Selasa : Jam 05.00, 09.00-18.00
  • Rabu : Jam 05.00, 11.00, 15.00
  • Kamis : Jam 05.00, 11.00, 15.00 – 6.00
  • Jumat : Jam 05.00, 09.00 – 16.00
  • Sabtu : Jam 11.00
  • Minggu : Jam 10.00 – 14.00

Jadi, untuk yang menggunakan Instagram sebagai saluran pemasaran, pastikan bahwa Anda memilih waktu yang tepat untuk upload instagram agar engagement postingan semakin meningkat.

Baca Juga :

Hal Lain yang Harus Anda Perhatikan Selain Menentukan Waktu Posting Instagram 2022

hal penting lain selain waktu posting instagram

Kendati Anda telah mengetahui kapan waktu yang sekiranya menjadi momen terbaik untuk membagikan postingan di Instagram secara universal, namun perlu Anda catat bahwa Anda tidak bisa menjadikannya sebagai patokan utama untuk mendapatkan engagement rate yang tinggi. Sebab, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting lainnya untuk mendapatkan banyak respons dari pengikut.

Beberapa hal tersebut antara lain:

1. Temukan Kapan Audiens Anda Paling Aktif

Gunakan fitur insight yang ada di akun instagram bisnis untuk mempermudah Anda mengetahui kapan waktu follower Instagram Anda paling aktif setiap harinya. Di bagian bawah insight, Anda juga bisa melakukan klik untuk melihat data yang dikelompokkan menurut konten, aktivitas, serta pemirsa.

Kemudian pilih tab Audiens agar bisa melihat data pengikut Anda, di dalamnya juga termasuk saat mereka mengakses Instagram, lokasi, rentang usia serta jenis kelaminnya. Anda juga bisa beralih di timeframe jam ke timeframe hari untuk melihat waktu paling aktif dengan lebih spesifik.

2. Tentukan Jenis Konten Terbaik Untuk Diposting

Konten yang berkualitas tentunya menjadi elemen penting untuk menarik minat audiens berinteraksi dengan postingan Anda.  Anda bisa membuat beberapa jenis konten yang berbeda untuk Anda distribusikan kepada follower. Setelah iu, lihatlah respon dari pengikut Anda. Kira-kira jenis konten seperti apakah yang membuat mereka merasa sangat tertarik.

Jika Anda sudah mengetahui jenis konten apa yang sekiranya mendapatkan angka engagement paling tinggi, maka Anda bisa terus memposting konten sesuai dengan minat pengikut. Kemudian ubah jenis konten yang tidak berhasil.

3. Lakukan Evaluasi

Anda bisa melihat kinerja posting Anda pada riwayat postingan. Jadi periksalah waktu terbaik Anda pada setiap bulan atau lebih, lalu lakukan evaluasi. Dengan melakukan evaluasi secara terus-menerus, maka Anda juga bisa menyesuaikan postingan dengan kebutuhan audiens Anda. Sebab, jika Anda memiliki semakin banyak pengikut, maka otomatis target pasar Anda pun akan semakin beragam.

Maka dari itu, rutin melakukan evaluasi akan membantu Anda menentukan kapan momen yang paling pas untuk membagikan postingan serta jenis konten apa yang paling pengikut Anda minati.

Demikian adalah ulasan tentang waktu terbaik untuk posting Instagram 2022. Perlu Anda ketahui bahwa algoritma Instagram menggunakan faktor ketepatan waktu dan relevansi agar bisa menemukan di mana pos Anda berada di dalam umpan pengikut Anda. Sehingga, semakin tinggi postingan Anda di tampilan umpan pengikut Anda, maka akan semakin banyak pula tayangan.

Jika tayangan lebih banyak maka akan bisa menghasilkan lebih banyak keterlibatan. Kemudian jika keterlibatan makin banyak di postingan Anda, maka akan main banyak pula kesan pada postingan Anda pada masa mendatang. Dan hal ini seperti sedang menciptakan efek bola salju yang semakin hari semakin membesar. Sehingga, waktu posting yang tepat menjadi kunci utamanya.

Baca Juga :

 

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.