Apa Itu Youtube Bumper Ads dan Manfaatnya

youtube bumper ads

Mendengar kata Youtube tentu Anda sudah tak asing lagi dengan platform satu ini. Saat ini berbagai lini bisnis pun berbondong-bondong untuk mempelajari Youtube sebaga media marketing bisnis.

Salah satu yang cukup populer adalah Youtube Bumper Ads yang merupakan fitur marketing dari Youtube. Fitur Youtube Bumper Ads mampu membantu sebuah brand meraih jutaan audiens dalam waktu singkat.

Apa itu Youtube Bumper Ads?

Nah sebenarnya apa pengertian Youtube Bumper Ads? fitur ini merupakan iklan video yang berdurasi enam detik yang tak dapat dilewati oleh penonton. Youtube Bumper Ads merupakan salah satu dari enam format iklan di Youtube dan terletak sebelum video diputar.

Karena iklan berdurasi pendek, Bumper Ads merupakan jenis iklan yang dapat meningkatkan brand awareness dan reach brand yang baik. Sedangkan untuk jenis iklan dengan format iklan seperti overlay, non skippable, skippable lebih cocok digunakan untuk keperluan yang lebih panjang yang mana kontennya lebih mendalami fitur dan manfaat produk brand.

Bumper Ads juga dikatakan sebagai kampanye iklan mandiri, tapi Google merekomendasikan brand untuk menjalankannya dalam kombinasi dengan TrueView ads yang berguna untuk meningkatkan efektivitasnya.

Tips Membuat Youtube Bumper Ads

Nah bagaimana tips-tips membuat Youtube Bumper Ads untuk brand Anda agar semakin populer? berikut ini beberapa tipsnya.

Merumuskan Target Audiens dengan Baik

Tanpa penargetan yang cermat dan baik, Anda berisiko menyia-nyiakan biaya dengan menampilkan iklan kepada pemirsa yang tidak sesuai. Maka dari itu, sebelum membentuk Bumper Ads, pastikan Anda telah mengincar dan merumuskan target audiens dengan baik. Anda bisa menyusun strategi dengan luncurkan penelitian demografis bersama tim riset perusahaan.

Fokus pada Objektif Iklan

Iklan pada Bumper Ads harus ringkas. Maka dari itu fokus dengan objektif iklan dan masukkan beberapa elemen yang penting-penting saja. Jangan sampai membuat penonton bingung dan akhirnya mengurangi dampak kampanye pemasaran brand.

Baca Juga:

Durasi 6 Detik

Mengincar durasi 6 detik untuk iklan yang akan Anda tampilkan. Durasi 6 detik dianggap paling jitu untuk menggaet pelanggan karena tak terlalu lama dan membingungkan. Maka dari itu agar lebih ideal dan pas sediakan waktu untuk produksi konten iklan khusus berdurasi 6 detik.

Biaya Youtube Bumper Ads

Dalam layanan ini hanya harga biaya per tayangan yang tersedia. Jadi Anda akan mengeluarkan budget per 1000 penayangan. Penetapan harga yang tepat akan bervariasi berdasarkan penargetan dan daya saing. Akan tetapi, Anda dapat menetapkan anggaran harian agar tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.

Manfaat Youtube Bumper Ads

Beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh ketika menggunakan Youtube Bumper Ads

  1. Meningkatkan brand awareness, bumper ads memiliki durasi yang pendek sehingga iklan mudah teringat pada masyarakat,
  2. Dapat menjangkau miliaran penonton dengan biaya yang cukup hemat.

Jenis-Jenis Youtube

Sebenarnya Youtube Ads memiliki beberapa jenis iklan. Iklan tersebut di antaranya:

Skippable in-stream ads

Video iklan pada jenis ini dapat di-skip oleh penonton. Video ini minimum berdurasi 12 detik dan maksimum 3 menit. Setelah detik ke 5 tombol skip akan muncul dan dapat ditekan penonton. Maka dari itu penting untuk memastikan bahwa iklan Anda menarik agar tidak di skip oleh viewer Youtube.

Baca Juga:

Non-Skippable Ads

Video iklan tidak dapat di-skip penonton. Dengan demikian, informasi iklan yang diterima oleh pengunjung akan jauh lebih lengkap.

Tipe-Tipe Non Skippable Ads

Youtube Bumper Ads termasuk kategori iklan non-skippable ads yaitu iklan yang tak dapat di-skip oleh penonton. Jenis iklan ini termasuk strategi promosi yang efektif mengingat 76 persen penonton cenderung melakukan skip. Yang berarti, agar informasi iklan dapat diterima secara utuh, non-skippable ads bisa menjadi pilihan. Terdapat tiga tipe non-skippable ads.

  1. Pre-roll Ads – Yaitu iklan yang muncul sebelum video dengan durasi 15-20 detik.
  2. Mid-roll Ads – Iklan yang muncul di pertengahan video atau setelah 10 menit video berlangsung dengan durasi 15-20 detik.
  3. Bumper Ads – Seperti ulasan saat ini yaitu iklan yang muncul di awal, tengah, atau akhir video dengan durasi paling lama 6 detik.

Kunci untuk menerapkan Youtube Bumper Ads efektif sebagai media promosi adalah membuat video semenarik mungkin. Tujuannya agar penonton tertarik menyimak video iklan Anda dan informasinya tersampaikan dengan baik.

Discovery Ads

Video iklan ini ditayangkan pada halaman hasil pencarian, homepage Youtube, dan pada halaman terkait video yang sedang ditonton.

Non-Video Ads

Jenis iklan ini tak memiliki video. Youtube menyediakan layanan iklan tanpa video. Non-video ads akan muncul dalam bentuk, kartu, gambar, atau teks pada berbagai video Youtube.

Langkah-Langkah Mengoptimasi Iklan di Youtube

iklan video youtube bumper ads

Setelah mengerti apa itu Youtube Bumper Ads berikut ini beberapa langkah untuk mengoptimasi iklan di Youtube.

Tujuan yang Jelas

Anda harus mempunyai tujuan yang jelas. Misalnya iklan untuk meningkatkan brand awareness, leads, jumlah views, atau konversi. Anda juga bisa memanfaatkan Google Analytics untuk melihat persentase tujuan iklan video Youtube Anda. Contoh saja jika Anda akan membuat iklan yang bertujuan untuk brand awareness, Anda bisa membuat iklan yang menarik dan singkat. Hasilnya penonton iklan akan lebih mengenali brand Anda.

Buat Video Kreatif dan Menarik

Buatlah video iklan casual dengan konsep cerita tertentu. Bahkan Anda dapat menambahkan humor pada video iklan sehingga penonton lebih menyukai dan meningkatkan awareness mereka terhadap produk yang Anda miliki.

Baca Juga:

Sematkan Calls To Action

Saat mempromosikan video iklan di Youtube, jangan lupa buatlah banner call to action. Anda dapat mengarahkannya ke landing page, halaman produk utama, atau halaman promosi lain. Letakkan CTA di bagian awal video atau jika memungkinkan selama video iklan berlangsung. Hal tersebut karena 20% penonton akan skip video yang panjangnya lebih dari 1 menit. Jika video iklan pendek, kemungkinan akan menarik penonton lebih besar sehingga upaya promosi akan jadi lebih efektif.

Buat End Screen

Anda juga bisa menambahkan fitur end screen di akhir video. End screen merupakan fitur Youtube untuk menampilkan thumbnail video, channel, atau website Anda. Fitur ini berfungsi untuk mempromosikan jejaring sosial, mengarahkan ke video konten lain, halaman lain, atau meningkatkan brand awareness. End screen perlu berguna untuk membantu penonton mendapatkan informasi dari video lain yang relevan. Jika penonton melihat sampai akhir video, hal tersebut menunjukkan ketertarikannya, arahkan mereka ke konten lain yang sesuai.

Kata Kunci Negatif

Dengan Youtube Ads, Anda bisa menentukan target audiens dan kata kunci untuk iklan video Anda. Hal tersebut akan membuat iklan lebih tepat sasaran dan efisien secara anggaran karena Anda hanya menargetkan pengguna unik. Contohnya, iklan bisa dibuat agar tidak dilihat orang yang sebelumnya pernah mengunjungi channel Youtube Anda atau dimunculkan bagi yang pernah melakukan share, like, dan komen di video Anda.

Untuk menerapkan Youtube Bumper Ads Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.