13 Panduan Youtube Marketing Untuk Perusahaan

youtube marketing

Panduan youtube marketing bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat saat kita ingin mencoba cara lain dalam mempromosikan bisnis online. Perlu kita tahu bahwa Youtube menjadi website yang populer di urutan kedua setelah Google.

Itulah sebabnya saat ini banyak orang yang beralih menggunakan Youtube sebagai sarana untuk promosi. Agar hasilnya bisa maksimal, kita juga perlu tahu mengenai strategi dan panduan youtube marketing ini.

Pengertian Youtube Marketing

Youtube marketing adalah suatu cara yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis melalui Youtube. Strategi Youtube marketing ini lebih berfokus pada pembuatan video mengenai bisnis yang dijalankan.

Video yang sudah kita buat kemudian di upload ke channel youtube bisnis yang sudah kita siapkan. Dengan harapan bahwa penonton ataupun subscriber kita akan tertarik pada produk kita kemudian menggunakan produk yang kita tawarkan.

Baca Juga :

13 Panduan Youtube Marketing Yang Harus Di Coba

Dibawah ini adalah 13 panduan youtube marketing yang harus dicoba untuk membuat bisnis makin sukses.

1. Buat Channel Youtube Khusus untuk Bisnis

Sebenarnya untuk panduan youtube marketing yang pertama ini tidak wajib dilakukan. Namun dengan membuat akun khusus untuk bisnis ini kita bisa login dengan menggunakan lebih dari satu akun. Sehingga akun bisnis ini nantinya bisa diurus oleh orang lain.

Pada awalnya kemungkinan kita masih bisa untuk mengurus channel Youtube sendiri namun seiring dengan bisnis yang makin berkembang dan akun Youtubenya juga sudah banyak subscriber maka kita juga sudah tidak bisa lagi mengurus sendirian.

Sehingga kita juga akan membutuhkan banyak orang untuk mengurusnya. Misal ada orang yang tugasnya hanya upload, selanjutnya ada juga yang bertugas untuk membalas komen dan lain-lain.

2. Verifikasi Channel Youtube

Apabila panduan youtube marketing nomor satu sudah beres, maka berikutnya yaitu lakukan verifikasi channel Youtube yang kita miliki.

Dengan melakukan verifikasi akun maka kita juga akan memperoleh fitur-fitur tambahan lainnya yang bisa digunakan untuk menunjang Youtube marketing.

Misalnya diperbolehkan untuk melakukan upload video dengan durasi lebih dari 15 menit, memasang custom thumbnail serta bisa juga untuk melakukan live stream.

3. Pilih Jenis Format Video yang Cocok

Panduan youtube marketing selanjutnya tinggal memilih jenis video yang cocok digunakan untuk bisnis. Dibawah ini kami berikan beberapa jenis video yang digunakan untuk Youtube marketing oleh berbagai brand ternama.

  • Listicles
    Listicles ini adalah video yang isinya tentang daftar (list) mengenai suatu hal. Dan pada pembuatan video Youtube marketing itu harus ada kaitannya dengan bisnis serta niche market kita.
  • Panduan
    Video jenis paduan ini juga bagus. Biasanya isinya tentang informasi yang penting untuk disampaikan. Penonton pun akan melihat video tersebut sampai habis agar informasi yang diterimanya lengkap.
  • Behind-the-Scene
    Youtube termasuk salah satu media sosial, jadi penting bagi kita untuk membangun koneksi dengan penonton.
    Salah satu caranya yang menarik yaitu dengan membuat video berjenis behind the scene. Video ini akan menampilkan kejadian yang ada di balik layar.
  • Video Produk
    Tujuan dari video jenis ini yaitu untuk memasarkan produk ataupun jasa kita. Biasanya ini berisi berbagai informasi terkait dengan produk/jasa yang ditawarkan.
  • Succes Story
    Ada juga video succes story yang isinya tentang kisah sukses dari seorang konsumen kita.Jadi bukan hanya tentang produk saja, namun bisa juga mengenai konsumen kita seperti masa lalunya, pencapaian terbarunya dan lain-lain.
  • Wawancara
    Agar bisa menarik penonton lebih banyak lagi maka kita bisa membuat video dengan mewawancarai seorang yang ahli dibidang bisnis kita.

Biasanya orang tersebut memiliki banyak penggemar sehingga biasanya kita juga akan ikut mendapatkan penonton baru darinya.

panduan youtube marketing

4. Perhatikan SEO Youtube

Perlu kita tahu bahwa Youtube merupakan mesin pencari terbesar kedua setelah Google. Sehingga optimasi SEO yang dilakukan pada Youtube tersebut akan sama pentingnya dengan optimasi SEO yang dilakukan pada website.

Pastinya kita tidak mau kan, kalo sudah capai membuat video namun yang muncul saat dicari adalah video orang lain.

5. Masukkan CTA yang Efektif

Call to action atau disingkat dengan CTA ini merupakan suatu ajakan pada para penonton untuk melakukan sesuatu.
Karena ini merupakan CTA untuk bisnis tentunya juga harus membuat CTA yang efektif agar bisa mengajak pengunjung untuk lebih dekat ke produk yang kita tawarkan.

Jadi bukan saja untuk like/subscribe namun bisa menggantinya menjadi ajakan untuk mengunjungi website serta landing page kita.

Apabila video yang dibuat menarik tentunya penonton akan mengikutinya. Dan jangan lupa untuk memberikan link di kolom deskripsi video.

Baca Juga :

6. Jadwal Upload Yang Konsisten

Apabila kita perhatikan dengan baik, Youtuber yang sudah terkenal memiliki jadwal upload yang sangat ketat. Baik itu harian, mingguan ataupun sebulan sekali.

Dan mereka harus selalu mematuhi jadwal tersebut apapun yang terjadi. Sehingga tak salah jika engagementnya mengalami peningkatan yang pesat.

Bisa juga kita membuat video cadangan, untuk mencegah kendala pada saat proses pembuatan video. Sehingga jadwal upload tidak terganggu.

7. Riset Kompetitor

Kita juga perlu untuk mengintip yang menjadikan pesaing kita menjadi lebih sukses. Kemudian kita bisa mempraktekannya pada Youtube yang kita miliki. Sehingga melalui riset kompetitor ini, maka kita bisa jadi belajar banyak untuk strategi Youtube marketing.

8. Manfaatkan Youtube Analytics

Melalui tool channel Analytics yang dimiliki Youtube ini maka kita bisa mengetahui informasi mengenai view dan subscriber sampai dengan impressions serta demografi penonton.

Dengan tools tersebut maka kita juga bisa memantau performa channel yang dimiliki serta kita jadi tahu juga respon penonton dari video yang diupload.

9. Aktif Bersosialisasi

Karena Youtube termasuk dalam media sosial maka kita juga harus aktif untuk bersosialisasi sebagai bagian dari Youtube Marketing. Misalnya dengan memberikan like,menjawab pertanyaan, ucapan terimakasih dan sebagainya.

Melalui komentar penonton di Youtube ini juga sangat membantu kita. Karena disana akan terdapat kritikan, saran serta unek-uneknya.

10. Optimasi Channel Youtube

Panduan youtube marketing selanjutnya adalah melakukan optimasi channel youtube. Dengan melakukan optimasi ini maka channel youtube akan menjadi lebih menarik. Hal ini juga bisa mengubah penonton menjadi subscriber.

Adapun dua langkah yang perlu dicoba untuk optimasi channel :

  • Melengkapi profile youtube
  • Memasukkan video ke playlist

11. Promosikan Video Anda

Dengan menggunakan SEO Youtube memang akan membantu video youtube kita menjadi lebih mudah untuk ditemukan.
Akan tetapi kita tak boleh mengandalkan itu saja, kita juga harus aktif dalam mempromosikan video tersebut.

12. Pasang Iklan di Youtube

Apabila memiliki dana berlebih maka bisa melakukan promosi video pada seluruh Youtube. Sehingga channel yang Anda miliki bisa lebih banyak menjangkau pengunjung.

Terdapat beberapa jenis iklan yang ada di Youtube dengan harganya juga berbeda. Seperti iklan pada awal video, iklan yang tidak bisa di skip dan lain-lain.

13. Bekerjasama dengan Influencer

Melakukan kerjasama dengan influencer di Youtube juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis kita.

Menurut survei sebanyak 60% pengguna Youtube lebih mempercayai influencer favorit dibandingkan dengan bintang film.

Itulah tadi 13 panduan youtube marketing untuk pemula yang harus dicoba, sehingga konten yang kamu upload lebih menarik dan banyak yang menonton.

Baca Juga :

Pentingkah Youtube Marketing Untuk Sebuah Bisnis?

Jika dilihat dengan perkembangan konten video saat ini terutama pelanggan youtube yang semakin banyak. Menerapkan strategi Youtube Marketing untuk perkembangan sebuah bisnis wajib dilakukan.

Dengan membuat channel youtube, sebuah bisnis atau perusahaan menjadi lebih mudah dikenal dan dapat meningkatkan penjualan produk dengan sangat baik.

Manfaatkan juga strategi growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing untuk memastikan jangkauan media marketing digital bisa lebih akurat.