Pengertian Growth Hack Marketing dan Cara Kerjanya

growth hack marketing adalah

Jika perusahaanmu merupakan salah satu startup baru dan ingin berkembang dengan cepat, maka penggunaan strategi marketing Growth Hack Marketing adalah pilihan tepat.

Akhir-akhir ini growth hacking menjadi perhatian banyak startup dunia karena strategi marketing ini cocok diterapkan untuk startup yang baru merintis bisnis di era digital. Kelebihan dari teknik marketing ini, kita tidak perlu mengeluarkan modal yang besar tetapi memiliki keefektifan dalam meningkatkan perkembangan startup.

Tapi tidak semua perusahaan startup mengetahui apa itu growth hacking marketing dan tidak tahu bagaimana cara mengimplementasikannya. Jadi untuk bisnismu yang sedang dalam proses pembuatan startup baru dan ingin berkembang cepat, simak penjelasan lengkap dari kami tentang growth hacking marketing di bawah ini.

Pengertian Growth Hack Marketing

Growth hacking marketing adalah strategi marketing baru yang mengkombinasikan antara data, teknologi dan pemasaran. Ketika ingin menerapkan strategi ini, Anda dan tim memerlukan berbagai macam percobaan, untuk mengetahui manakah dari hasil percobaan tadi yang terbukti dapat meningkatkan jumlah pelanggan.

Selain dapat meningkatkan jumlah pelanggan, strategi ini juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan citra brand atau merk agar dapat bersaing dengan kompetitor dengan mudah. Karena dengan strategi ini kita bisa mendapatkan data untuk menganalisis kompetitor dengan mudah.

Seseorang yang menerapkan growth hacking marketing juga harus memiliki pola pikir yang spesifik dan fokus pada pertumbuhan perusahaan atau bisnis startup secara berkelanjutan.

Baca Juga :

Tujuan Utama Perusahaan Menggunakan Growth Hack Marketing

Tujuan perusahaan menggunakan teknik Growth hacking adalah untuk bisa menjual produk dan mendapatkan publikasi. Selain itu tujuan utama perusahaan menggunakan growth hack marketing sebagai berikut :

  • Mengiklankan bisnis dengan menggunakan content marketing
  • Mengiklankan produk di dalam sebuah produk
  • Digunakan untuk membayar sebuah iklan atau kegiatan promosi lainnya.
  • Memastikan produk atau layanan dibutuhkan dan dicari dipasaran

Contoh Penerapan Growth Hack Marketing

contoh penerapan growth hack marketing

Jika kamu membutuhkan contoh penerapan Growth Hack Marketing, kamu bisa melihat contoh berikut :

1. AirBnB

Mari kita mulai dengan salah satu contoh Growth Hacking Strategi yang paling terkenal yaitu AirBnB Craigslist. AirBnB sekarang terkenal dengan harga yang terjangkau dan tersedia hampir di mana pun kamu bepergian. Tetapi pada awal startup ini memulai perjalanan, mereka perlu membangun basis pengguna, basis pelanggan, dan reputasi mereka.

Para pendiri menyadari bahwa orang yang mencari akomodasi sering mencari di Craigslist, sehingga mereka memberikan opsi kepada pengguna Airbnb untuk memasangkan iklan di Craigslist.org. Dengan cara ini secara tidak langsung membuat banyak pengguna dari Craigslist melihat iklan dari Airbnb.

2. Dropbox

Perusahaan penyimpanan digital ini dikenal dengan strategi Growth Hacking yang inovatif. Dropbox telah berinovasi dalam proses perkembangan bisnisnya. Dengan menyediakan lebih banyak penyimpanan gratis bagi pengguna dengan menautkan akun Dropbox mereka ke Twitter dan Facebook, dan berbagi informasi tentang Dropbox di situs jejaring sosial. Ini adalah cara gratis untuk mendapatkan pengguna baru dan meningkatkan pertumbuhan bisnis secara eksponensial.

Dropbox juga menambahkan insentif lain untuk penyimpanan gratis saat menyelesaikan setiap tugas yang ditawarkan Dropbox dalam bentuk game. Hasilnya, Dropbox sekarang memiliki 500 juta pengguna dan strategi Growth Hacking marketing yang mereka lakukan telah terbukti berhasil!

3. Hotmail

Jangan pernah meremehkan kekuatan tanda tangan email. Hotmail (dahulunya adalah Outlook.com) menambahkan baris tanda tangan ke setiap email yang dikirim pengguna, sehingga dengan cara ini mereka dapat mengundang penerima email untuk mendaftarkan akun email gratis di Hotmail.
Cara ini sangat sederhana tetapi sangat efektif karena terbukti Hotmail berkembang pesat menjadi 12 juta pengguna atau sekitar 20% dari pasar email pada saat itu hanya dalam 18 bulan saja.

4. Hubspot

Kamu bisa belajar menggunakan strategi Growth Hacking marketing yang inovatif dan kuat dengan membuat software gratis seperti Hubspot. Hubspot dikenal luas karena menyediakan informasi gratis kepada pengguna, seperti alat pemeringkat situs web (Website Grader).

Alat ini membantu orang mengevaluasi situs web mereka untuk SEO, mobile friendly, dan kecepatan halaman, sehingga pengguna dapat mengoptimalkan situs tersebut dengan lebih baik. Dan karena pengguna harus mendaftar (sign-up) untuk menerima laporan tentang situs web mereka miliki. Dengan cara ini sehingga membantu Hubspot dapat membangun daftar kontak email pelanggan potensial untuk perkembangan Hubspot untuk lebih maju.

Baca Juga :

Cara Merancang Growth Hack Marketing Untuk Perusahaan

Cara Merancang Growth Hack Marketing

Lalu bagaimana cara perusahaan atau bisnis diatas menerapkan Growth Hack Marketing sampai sukses? Jika kamu ingin mengetahuinya, simak cara merancang Growth Hack Marketing untuk perusahaan startup baru berikut.

Sebagian besar strategi Growth Hacking terbagi dalam tiga bentuk :

  • Content Marketing
  • Pemasaran produk
  • Beriklan

Content Marketing

Bisnis startup mu bisa memilih dari 3 bentuk strategi tersebut. Tetapi content marketing merupakan strategi yang memiliki berbiaya rendah untuk menyebarkan informasi tentang produk yang dijual. Untuk melakukan kegiatan Content Marketing, setiap startup harus melakukan beberapa hal berikut :

  • Mulai membuat blog dan buat konten yang bermanfaat dan dapat dishare
  • Tulis Guest Book
  • Buat konten di media sosial
  • Menulis eBook
  • Membuat Podcasting
  • Buat Webinar
  • Membuat kontes
  • Meminta blogger mereview produk yang kamu jual
  • Bergabunglah dengan forum dan grup yang relevan dengan bisnismu
  • Sewa Influencer
  • Gunakan Email Newsletter untuk membangun hubungan yang kuat dengan pengguna
  • Tingkatkan Visibilitas Konten dengan teknik SEO
  • Masukan produk ke Marketplace dan situs toko online yang relevan dengan produk yang dijual

Pemasaran Produk

Jika perusahan startup ingin menggunakan strategi pemasaran produk mencakup teknik untuk membuat produk yang dijual lebih menarik dan membangun basis pengguna. Kamu harus melakukan hal berikut :

  • Manfaatkan Fear of Missing Out (FOMO) dengan menggunakan sistem pendaftaran
  • Buat game yang seru untuk pengguna jika menang akan mendapatkan hadiah
  • Tawarkan insentif ketika mengajak orang lain untuk mendaftar dengan kode referral
  • Buatlah teknik pemasaran Afiliasi
  • Gunakan metode 360 Digital Marketing untuk melakukan retargeting audience.

Beriklan

Dalam menggunakan strategi Growth Hacking marketing, bisnis startup juga dapat menggunakan iklan sosial media dan iklan PPC (bayar per klik) untuk mempromosikan bisnis agar berkembang lebih cepat.

Baca juga :

Cara kerja Growth Hacking

growth hacking funnel metrics

Ketiga strategi diatas biasanya menggunakan corong pertumbuhan AARRR dari Dave McClure sebagai formula pertumbuhan bisnis, Cara kerja Growth Hacking adalah sebagai berikut :

  1. Acquisition atau Akuisisi: Buatlah pengguna menemukan bisnis atau produk yang dijual dan melakukan kontak pertama dengan konsumen.
  2. Activation atau Aktivasi: Pengguna berinteraksi dengan produk dan mendapatkan pengalaman menyenangkan pada produk tersebut yang membuatnya tertarik untuk membeli.
  3. Retention atau Retensi: Jika kualitas produk dan layanan didapatkan pelanggan bagus, pengguna akan membeli lagi produk yang ditawarkan oleh bisnismu.
  4. Referral atau Referensi: Ketika pelanggan menemukan produk dan layanan menarik, mereka dapat merekomendasikannya kepada kerabat, teman dan orang lain.
  5. Revenue atau Pendapatan: Pelanggan akan menghabiskan uang untuk membeli produk atau menggunakan layanan. Ditahap ini bisnis akan menghasilkan pendapatan.

Either way, tujuan akhirnya dari proses ini tetap untuk mendapatkan lalu lintas dan pengunjung, mengubah pengunjung menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan untuk menjadi pelanggan setia.