Cara Research Keyword Dengan Tools Gratis

cara riset keyword

Cara research Keyword merupakan salah satu metode terpenting yang harus kamu lalui untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari dengan mudah. Bisa dibilang ketika tim marketing sebuah perusahaan memiliki keahlian dalam melakukan riset Keyword. Maka website perusahaan yang dikelolanya akan memiliki banyak pengunjung setiap harinya.

Karena itu jika kamu merupakan tim marketing sebuah perusahaan dan ingin memasarkan produk, jasa atau layanan bisnisnya di internet. Maka kamu wajib mengetahui beberapa cara research keyword yang baik dan benar, agar teknik SEO website yang kamu kelola bisa muncul di halaman pertama di mesin pencari google dengan mudah.

Apa fungsi dari Research Keyword

Research Keyword adalah proses untuk mencari dan menemukan istilah pencarian yang terkait dengan produk, layanan, informasi terkait dengan website yang kamu kelola, dan mencari tahu apakah istilah tersebut dicari oleh banyak pengguna di Google, Yahoo, Bing atau mesin pencari lainnya.

Kata dan frasa yang sering ditelusuri yang ditemukan dalam research keyword ini berfungsi membantu pengelola website untuk memutuskan topik konten apa yang akan ditulis, atau memberikan ide dalam membuat konten yang diinginkan pengguna internet yang terkait dengan kata kunci. Sehingga konten yang ada di website yang kita miliki akan lebih menarik perhatian pengunjung.

Selain itu, fungsi dari melakukan research keyword adalah untuk :

  • Mengetahui berapa banyak orang yang mencari frase kata kunci tersebut setiap bulannya
  • Mendapatkan kata kunci terkait yang juga banyak dicari orang
  • Mengetahui apa yang harus dibahas dalam setiap posting blog berdasarkan kata kunci tersebut.
  • Mengetahui siapa saja website pesaing yang menggunakan kata kunci tersebut.

Jika kamu ingin membuat konten yang berharga dan bermanfaat. Maka melakukan research keyword adalah hal yang penting dilakukan. Karena dengan melakukan research keyword, kamu jadi lebih mengetahui apa yang pembaca inginkan dari konten dengan kata kunci tersebut.

Jadi ketika kamu ingin menerapkan teknik SEO dan SEM. Research keyword wajib kamu lakukan, agar kamu mengetahui apa yang pembaca atau calon pelanggan inginkan.

Baca Juga :

digital marketing agency

Pentingnya Research Keyword untuk SEO dan SEM

Research Keyword adalah bagian terpenting dari pembuatan kampanye iklan di mesin pencari (SEM) dan SEO.
Karena dengan melakukan research Keyword, dapat membantu kita untuk menjangkau audience yang tertarget dengan tepat. Sehingga dapat mengurangi biaya iklan dan membuat teknik SEO yang kita lakukan akan lebih optimal.

Research Keyword sangat penting untuk SEO dan SEM, karena :

  • 95% orang saat melakukan pencarian hanya melihat hasil di halaman pertama Google Search
  • Hampir setengah dari klik pada SERP (halaman hasil mesin pencari) masuk ke daftar 3 teratas
  • 51% lalu lintas situs website berasal dari pencarian mesin pencari seperti google (SEO), 10% dari pencarian berbayar atau Iklan CPC (SEM), dan 5% berasal dari sosial media.

Jadi, ketika kamu ingin website kamu kelola memiliki konten yang dicari dan memasang iklan berbayar dengan harga murah. Melakukan research Keyword adalah hal yang wajib kamu lakukan. Lalu bagaimana cara research Keyword yang tepat?

Jika kamu ingin mengetahui cara research Keyword yang tepat, kamu dapat menggunakan beberapa tools gratis di bawah ini.

1. Google Search

Cara research Keyword pertama yang termudah untuk kamu praktekan adalah menggunakan Google Search. Kamu cukup ketikkan kata kunci di Google Search. Kemudian secara otomatis google akan memberikan rekomendasi kata kunci terkait dengan keyword yang kamu masukan.

Dari rekomendasi kata kunci terkait di Google Search ini kamu bisa buat sebagai kata kunci turunan atau long tail keyword. Karena kata kunci rekomendasi tersebut ditampilkan berdasarkan volume pencarian terbanyak yang dicari pengguna mesin pencari google.

2. Google Trends

research keyword dengan google trends

Selain menggunakan Google Search, kamu juga bisa menggunakan tools dari Google untuk melakukan research Keyword yaitu dengan Google Trends. Di Google Trends kamu bisa melakukan research Keyword berdasarkan hasil pencarian secara real time. Kelebihan dari tools google trends ini :

  • Memfilter pencarian berdasarkan wilayah
  • Melihat trend kata kunci dari tahun ke tahun
  • Kata kunci yang berhubungan
  • Membandingkan kata kunci
  • Menampilkan data kata kunci dari hasil pencarian web
  • Pencarian Google Image, News, dan Shopping
  • Pencarian YouTube

3. Google Keyword Planner

research keyword dengan google keyword planner

Cara melakukan research keyword lebih detail yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan Google Keyword Planner. Ini adalah tools research keyword yang bisa membantu kamu mendapatkan kata kunci yang akurat baik untuk tujuan SEO ataupun SEM.

Pada hasil pencarian di Google Keyword Planner, ada beberapa hasil pencarian yang ditampilkan seperti :

  • Kata kunci yang relevan
  • Volume pencarian setiap bulan
  • Tingkat persaingan kata kunci
  • Harga iklan terendah dan tertinggi dari kata kunci

4. Keywordtool.io

Riset Keyword dengan Keywordtool.ioSelain tools research keyword dari google, ada tools gratis lainnya yang bisa kamu coba yaitu melalui website Keywordtool.io. Dengan situs ini kamu dapat menemukan kata kunci baru dan kata kunci relevan atau turunan.

Keywordtool.io dapat membantu kita untuk menentukan long tail keyword dengan cukup lengkap, dari data yang didapatkan dari google. Apalagi tools ini juga dapat menemukan kata kunci yang lebih detail dibanding yang disajikan oleh Google Keyword Planner.

Selain dapat melakukan research keyword dari google, website ini juga membantu kamu untuk melakukan riset keyword di mesin pencari lainnya. Format pencarian di tools ini juga ada konten website, gambar, video dan konten berita.

Tapi di Keywordtool.io, jika kamu ingin menikmati fitur lengkap kamu harus membayar sekitar $ 69 hingga $159 per bulan. Fitur tersebut seperti menampilkan :

  • Search volume atau volume pencarian kata kunci
  • Trend atau statistik pencarian keyword
  • Estimasi biaya iklan di Google Ads atau CPC Google Ads
  • Informasi tingkat persaingan keyword mudah atau sulit

5. Ubersuggest

Riset Keyword dengan Ubersuggest

Rekomendasi cara research keyword lainnya adalah dengan menggunakan tools gratis lainnya adalah Ubersuggest. Dengan menggunakan website Ubersuggest kamu dapat melakukan riset keyword dengan fitur seperti : Keyword Overview, Keyword List, Keyword Ideas dan Content Ideas.

Cara menggunakan tools di Ubersuggest juga cukup mudah. Kamu cukup memasukan kata kunci dan secara otomatis Ubersuggest akan memberikan hasil pencarian tentang :

  • Volume pencarian keyword sebulan
  • Tingkat kesulitan SEO kata kunci
  • Estimasi kompetisi pada SEM
  • Rata-rata nilai CPC
  • Statistik perkembangan kata kunci dalam satu tahun
  • Perbandingan pencarian desktop dan pencarian mobile
  • Jumlah klik keyword dari mesin pencari
  • Rata-rata usia pencari keyword

Baca Juga :

Penggunaan Research Keyword Untuk SEO Dan SEM

Dapat disimpulkan bawa penggunaan research keyword untuk SEO dan SEM sebagai berikut :

  1. Mencari dan menemukan ide untuk membuat artikel SEO friendly berdasarkan keyword turunan
  2. Mengetahui volume pencarian berdasarkan kata kunci
  3. Mengetahui tingkat persaingan kata kunci untuk beriklan di Google Ads atau persaingan teknik SEO
  4. Mengetahui harga iklan berdasarkan kata kunci

Sekian itulah yang dapat kami sampaikan tentang cara research keyword yang tepat. Sehingga dengan cara ini kamu dapat dengan mudah membuat konten SEO dan memasang iklan dengan harga yang murah.

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.