Twitter Blue : Alasan Mengapa Anda Harus Berlangganan Fitur Ini

Pada awal November 2021, Twitter akhirnya meluncurkan Twitter Blue di Amerika Serikat dan Selandia Baru. Hal ini menyusul debutnya di Australia dan Kanada pada pertengahan tahun lalu. Twitter Blue diklaim bisa memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya.

Anda bisa mendapatkan pengalaman membaca yang lebih baik, menyimpan tweet, pilihan kustomisasi interface, termasuk tombol Undo tweet yang berguna saat ada kesalahan ketik. Namun, yang harus diperhatikan adalah fitur Twitter Blue ini bisa bervariasi untuk setiap gadget iOS, Android, maupun melalui Twitter.com.

Manfaat Fitur Twitter Blue

Secara khusus, ini dia manfaat keren dari fitur ini bagi Anda, yang setiap hari tidak bisa lepas dari Twitter.

1. Twitter Blue Bisa Melakukan “Undo Tweet”

Pelanggan Twitter Blue mendapatkan akses ke tombol Undo. Namun opsi ini mungkin lebih tepat dideskripsikan sebagai  penundaan waktu sebelum Anda menge-tweet. Pelanggan dapat mengatur penundaan 5, 10, 20, 30 atau 60 detik, serta memilih apakah penundaan itu berlaku untuk tweet asli atau Balasan (Reply).

Selama penundaan, tweet Anda ditampilkan di layar, bersama dengan opsi “Send now” atau “Kirim Sekarang” dan “Cancel” atau “Batalkan”. Hal ini bermanfaat memberi Anda kesempatan untuk meninjau ulang dan mengecek apakah ada kesalahan ketik, lupa melakukan tagging pada seseorang, atau ada salah tulis.

Pilih “Kirim Sekarang” untuk mengakhiri hitung mundur penundaan dan segera menge-tweet.

2. Twitter Blue Bisa Menyesuaikan Navigasi

Pelanggan yang menggunakan Twitter di iOS dapat memilih hingga lima tombol navigasi untuk ditampilkan bersama dengan tombol “Home” atau “Beranda” untuk akses cepat ke fitur Twitter.

Di aplikasi iPhone Twitter yang baru ada pada November 2021, opsi yang tersedia meliputi banyak hal. Yaitu Explore, Spaces, Communities, Notifications, Messages, Bookmarks, Lists, Profile, Top Articles and Monetization. Atau dalam Bahasa Indonesia: Jelajahi, Spaces, Komunitas, Notifikasi, Pesan, Bookmark, Daftar, Profil, Artikel Teratas, Monetisasi.

Sementara perbedaan antara dua ketukan (yaitu, ketuk untuk menampilkan menu, lalu ketuk opsi dari menu itu) dan satu ketukan (yaitu, ketuk langsung pada suatu opsi) adalah  opsi kustomisasi navigasi yang memastikan bahwa akses sekali ketuk ke Fitur Twitter itu penting bagi Anda.

Baca juga :

3. Bisa Melihat Artikel Teratas

Dengan Twitter Blue, “Top Articles” atau “Artikel Teratas” akan menampilkan daftar artikel yang paling banyak dibagikan oleh orang yang Anda ikuti selama 24 jam terakhir. Ketika Anda mengakses melalui Twitter.com di web, misalnya, Artikel Teratas menampilkan 25 tweet.

Masing-masing diikuti oleh tombol untuk “Read Article” atau “Baca Artikel” dan teks yang menunjukkan berapa banyak orang yang telah men-tweet artikel tersebut.

4. Bisa Menggunakan Thread Reader

Twitter memungkinkan untuk menulis utas (thread), yaitu urutan beberapa tweet yang harus dibaca secara berurutan, beberapa waktu lalu. Sekarang, Twitter Blue hadir untuk memudahkan penggunanya membaca utas.

Tombol “View Thread” atau “Lihat Utas” di tombol Reader “Pembaca” menyembunyikan metadata (misalnya, tanggal/waktu tweet) dan ikon tindakan (misalnya, Balas, Suka, Retweet, Bagikan, dan menu Lainnya). Utas akan tampil di Reader, dengan garis horizontal halus di antara setiap tweet.

Fitur ini berguna untuk mempermudah Anda mengikuti utas panjang di Twitter dengan mengubahnya menjadi teks dengan keterbacaan yang mudah, sehingga Anda dapat membaca semua konten terbaru dengan lancar.

5. Bisa Meletakkan Bookmark di Folder

Folder bookmark memungkinkan untuk mengatur tweet yang ingin Anda rujuk nanti. Sebelumnya, setiap bookmark berakhir dalam satu daftar panjang. Saat berlangganan Twitter Blue, ketika Anda mem-bookmark tweet, sistem akan menampilkan perintah “Add to Folder” atau “Tambahkan ke Folder”.

Memang Anda tidak harus menempatkan bookmark di folder, tetapi ini adalah kenyamanan yang sayang dilewatkan untuk dapat mengelompokkan tweet yang di-bookmark. Misalnya, ketika Anda suka mem-bookmark tweet dengan tautan berita dan laporan penelitian, serta tweet yang terkait dengan topik artikel potensial, ini akan berguna.

Dengan folder, Anda dapat menyimpan tweet ini secara terpisah. Folder Bookmark memungkinkan Anda mengatur dan mengelola Tweet yang tersimpan, sehingga saat membutuhkannya, Anda dapat menemukannya dengan mudah dan efisien.

Manfaat Lain dari Twitter Blue

Selain mendapat kelima keuntungan di atas, pelanggan juga mendapatkan beberapa fitur membaca dan tampilan lainnya. Ini dia beberapa di antaranya.

Baca juga :

1. Penghapusan Iklan

Beberapa penerbit besar telah bermitra dengan Twitter untuk menghapus iklan artikel untuk pelanggan Twitter Blue. Artikel ini akan diberi label bebas iklan dengan teks indikator Twitter Blue. Selain itu, pelanggan dapat memilih dari serangkaian tema aplikasi khusus dan warna ikon.

Beberapa situs web berita atau penerbit top seperti The Washington Post, L.A. Times, USA TODAY, The Atlantic, The Daily Beast, Rolling Stone, BuzzFeed, Insider, The Hollywood Reporter, dan Reuters, semuanya bebas iklan.

Cara kerjanya adalah ketika pengguna mengklik tautan dari salah satu penerbit ini, itu akan membuka halaman artikel dengan mudah serta bebas iklan.

2. Menjelajahi Fitur Uji Coba

Pelanggan Twitter Blue juga memiliki kesempatan untuk menjelajahi fitur-fitur yang sedang diuji oleh Twitter. Dua fitur lab yang tersedia saat peluncuran mencakup kemampuan untuk “Pin Coversation” atau menyematkan percakapan, serta mengunggah video yang lebih panjang.

Di iOS, geser dari kiri ke kanan pada percakapan pesan Twitter, lalu ketuk pin untuk ‘Pin Twet” atau menyimpan percakapan di bagian atas layar pesan. Dan, dengan Twitter dari browser web di komputer, Anda bisa mengunggah video hingga 10 menit, alih-alih batas standar 140 detik (atau, dua menit dan 20 detik).

Twitter Blue Tidak Gratis

Bagi Anda yang sering menggunakan Twitter, Fitur Twiter Blue memang memberikan solusi dari apa yang biasa pengguna cari, yaitu akses ke fitur dan fasilitas eksklusif. Sayangnya, berbeda dengan fitur baru lainnya misalnya Twitter Spaces, Twitter Blue tidak tersedia gratis.

Penawaran berlangganan ini hanya dimaksudkan untuk menambahkan fitur yang disempurnakan. Tentu saja ini merupakan pelengkap dari pengalaman Twitter yang sudah ada bagi mereka yang menginginkannya. Dengan harga berlangganan $2,99 per bulan di AS, atau kira-kira seharga secangkir kopi latte harian Anda, Anda jelas akan mendapat banyak manfaat.

Sedangkan di Kanada, harga berlangganan Twitter Blue adalah $3,49 CAD per bulan. Sementara di Australia, biaya langganannya adalah $4,49 AUD. Inilah beberapa alasan Twitter tidak menggratiskan fitur ini.

1. Dukungan Pada Jurnalisme

Dalam press release-nya Twitter mengungkapkan bahwa mereka berkomitmen untuk memperkuat dan mendukung penerbit dan pers bebas. Sebab, sebagian dari pendapatan dari biaya berlangganan Twitter Blue, akan langsung masuk ke penerbit dalam jaringan yang telah bekerja sama dengan Twiter.,

Tujuannya adalah membantu setiap mitra penerbitan menghasilkan 50 persen lebih banyak per orang, daripada yang mereka dapatkan dari menayangkan iklan.

2. Memberikan Layanan Untuk Pengguna Eksklusif

Bagi para profesional media sosial dan pengguna aktif yang bekerja setiap hari menggunakan Twitter, lima fitur unggulan dari Twitter Blue ini jelas sepadan dengan biayanya. Sebab, fitur tersebut dapat membantu mereka, tidak hanya untuk mengurangi kesalahan, tetapi juga merampingkan penggunaan aplikasi mereka sehingga lebih efisien.

Itulah penjelasan mengenai fitur berbayar Twitter terbaru, yaitu Twitter Blue. Jika Anda menggunakan Twitter Blue untuk bekerja, fitur mana yang menurut Anda paling membantu?

Baca juga :