Pengertian Year Over Year Growth dan Langkah Menghitungnya

Pengertian Year over Year Growth

Salah satu cara efektif untuk mengetahui pertumbuhan bisnis perusahaan adalah dengan metode year over year growth. Lalu apa Pengertian Year over Year Growth (YOY)?

Metode ini bertujuan untuk menunjukan keberhasilan bisnis kepada investor. Termasuk pada pemberi pinjaman di perusahaan. Karena itu, perusahaan harus menerapkan metode ini.

Sebuah perusahaan harus memiliki data yang akurat mengenai naik-turunnya profit bisnis dari tahun ke tahun. Hal ini dapat digunakan untuk menghitung ROI (return on investment).

Return on investment adalah rasio yang menunjukkan hasil dari jumlah aktiva yang digunakan dalam perusahaan atau suatu ukuran tentang efisiensi manajemen.

Dalam penghitungan ROI, nilai yang dicari adalah persentase keuntungan dari investasi berdasarkan laba keseluruhan dan biaya yang dikeluarkan. Dengan begitu, bisa diketahui dengan jelas tingkat profitabilitas dari suatu investasi.

Lalu, bagaimana cara menghitung year over year growth perusahaan? Untuk mengetahui jawaban dan pengertian Year over Year Growth, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Year Over Year Growth

Secara bahasa, year over year growth (YOY) diartikan sebagai pertumbuhan tahun ke tahun. Ini adalah solusi yang baik untuk memberikan perbandingan statistik kinerja perusahaan. Terutama dalam periode kuartal tertentu dari tahun sebelumnya.

Menganalisis pertumbuhan bisnis menggunakan cara ini bisa sangat membantu. Karena kita dapat mengetahui seberapa besar pertumbuhan perusahaan. Ketika kita bandingkan dengan periode tahun-tahun sebelumnya.

Beberapa elemen yang bisa masuk dalam perhitungan adalah pendapatan, jumlah proyek, dan tingkat pengiriman barang.

Nantinya, statistik ini bisa digunakan untuk memperoleh perspektif yang lebih nyata mengenai perkembangan perusahaan.

Selain itu, data dari statistik tersebut bisa diinformasikan pada investor, pemberi pinjaman ataupun mitra yang potensial.

Kegunaan Year Over Year Growth

Dengan mengetahui statistik ini, perusahaan dapat mengetahui pertumbuhan bisnis (organic growth). Terutama perbandingan dengan tahun sebelumnya.

Selain ada beberapa manfaat menghitung year over year growth lainnya, seperti :

1. Memberikan Data Akurat untuk Bisnis Musiman

Sebagian bisnis cenderung memantau pertumbuhannya dengan membandingkan data dari bulan atau kuartal sebelumnya.

Cara seperti ini biasanya digunakan untuk bisnis musiman. Sedangkan bisnis yang berkesinambungan tidak terlalu mendapatkan manfaat ini.

Baca Juga :

2. Kinerja Terlihat Lebih Jelas

Memantau keberhasilan bisnis dengan metode ini bisa memperlihatkan kinerja yang lebih jelas. Pebisnis jadi mengetahui apakah di periode tersebut perusahaan sedang stabil atau tidak.

Dengan menghitung pertumbuhan dari tahun ke tahun. Perusahaan dapat memperlancar statistik sehingga lebih mudah saat memperlihatkannya pada investor.

3. Metode Sederhana dalam Perhitungan

Perusahaan dapat menghitung analisis dan statistik bisnis sederhana menggunakan Ms Excel. Namun, hal ini tentunya tidak memakan waktu yang sedikit. Jadi, perhitungan dari tahun ke tahun bisa menjadi solusi yang tepat karena termasuk sederhana.

4. Lebih Memahami Peningkatan yang Terjadi di Perusahaan

Menghitung pertumbuhan dari tahun ke tahun juga bisa membantu pebisnis untuk lebih memahami peningkatan hasil di perusahaan. Sehingga Kita dapat melihat peningkatan spesifik apa saja yang terjadi di dalam perusahaan.

Langkah-Langkah Menghitung Year Over Year Growth

langkah menghitung year over year growth

Cara menghitung year over year growth bisa dengan menerapkan langkah berikut.

1. Tentukan Periode yang Hendak Dibandingkan

Pertama, Anda bisa membuktikan pertumbuhan bisnis berdasarkan periodenya. Jika di kuartal ini merasa menjalani bisnis dengan sukses, maka silahkan bandingkan dengan kuartal sebelumnya.

2. Mengumpulkan Data

Langkah berikutnya adalah mengumpulkan data atau hasil bisnis perusahaan dari tahun ini dan tahun sebelumnya. Termasuk informasi mengenai keuangan di periode sebelumnya. Kumpulkan data-datanya dengan tepat untuk dimasukkan dalam persamaan.

Baca Juga :

3. Mengurangi Angka Tahun Sebelumnya

Jika sudah mengumpulkan data dari tahun sebelumnya, Anda bisa mengetahui tingkat pertumbuhan dengan mengurangi angka di tahun tersebut.

Contohnya jika bisnis jualan pakaian Anda tahun ini berhasil menjual 1000 item. Sedangkan di tahun lalu di bulan Juli terjual 650 item.

Maka menghitungnya adalah 1000-650, hasilnya 350 item. Artinya bisnis di tahun ini berjalan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

4. Membagi Total dengan Angka Tahun Lalu

Langkah selanjutnya adalah membagi data dari jumlah total dari persamaannya.

Setelah itu, hasilnya dibagi dengan angka di tahun lalu. Masih dalam kasus yang sama, berarti tinggal membuat persamaan 350:650=0,5384.

5. Menghitung Persentase Akhir

Pada langkah terakhir ini, hasil perhitungan pertumbuhan dari tahun ke tahun adalah dengan mengkonversikannya menjadi persentase. Caranya tinggal mengalikannya dengan angka 100, yaitu 0,5384×100= 53,84. Artinya, pertumbuhan bisnis Anda di pada periode tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah sebesar 53,84%.

6. Melakukan Analisis dan Evaluasi

Langkah terakhir adalah melakukan analisis dan evaluasi. Analisis dilakukan untuk memberikan gambaran kemajuan kinerja bisnis.

Jika menghasilkan angka yang negatif. Maka hasilnya perusahaan merugi, bukan bertumbuh. Ketika hasil negatif, maka dibutuhkan evaluasi.

Gunanya adalah untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Agar di tahun depan menghasilkan angka positif.

Manfaat Menghitung Year Over Year Growth untuk Bisnis Kecil

Sebuah bisnis terutama yang masih berskala kecil sebaiknya menghitung year over year growth ini. Memberikan gambaran yang mengesankan mungkin akan sedikit sulit.

Manfaat dari menghitung year over year growth untuk perusahaan adalah sebagai berikut :

1. Sebagai Bahan Evaluasi Anggaran Produk Tertentu

Dengan mengetahui pertumbuhan dari tahun ke tahun, Anda jadi memahami keberhasilan produk tertentu dalam bisnis.

Contohnya item produk fashion yang kita jual tidak baik penjualannya. Maka anggaran item tersebut bisa dikurangi.

2. Mengetahui Efisiensi Bisnis

Seberapa cepat bisnis Anda menyelesaikan proyek tertentu? Hal ini bisa dilihat dari statistik pertumbuhan dari tahun ke tahun.

Misalnya ketika perusahaan mengirim barang, maka Anda jadi tahu berapa jumlah yang sebaiknya dikirimkan di sepanjang bulan tahun ini dibanding sebelumnya.Tentunya, hal ini berpacu dengan data pertumbuhan dari tahun ke tahun yang sudah dihitung.

Baca Juga :

3. Melakukan Negosiasi Barang

Jika produk bisnis Anda sebagian besar dari vendor, maka perhitungan pertumbuhan dari tahun ke tahun ini bisa menjadi acuan harga. Pebisnis jadi bisa menentukan apakah pasokan barang tersebut harganya masuk akal atau tidak.

Apakah Menghitung Year Over Year Growth Bermanfaat untuk Bisnis Musiman?

Perhitungan data pertumbuhan ini tidak hanya berguna untuk bisnis kecil, namun juga bisnis musiman. Apabila Anda menjadi salah satu pemilik bisnis musiman, menggunakan perbandingan dasar dari bulan ke bulan akan membuat kesimpulan yang rancu.

Artinya, bisnis yang dijalankan bisa terlihat tidak terlalu menghasilkan daripada realita sebenarnya. Misalnya ketika Anda menjalankan bisnis kue kering, maka kemungkinan penjualan terbesar adalah di bulan Ramadhan. Maka Anda harus menerapkan strategi marketing di bulan Ramadhan.

Jika membandingkan hasil penjualan di bulan sebelumnya yang bukan merupakan bulan Ramadhan, tentu hasilnya bisa berbeda jauh. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis tersebut tidak stabil.

Nah, jika menggunakan statistik pertumbuhan dari tahun ke tahun, kesimpulannya akan berbeda. Data tersebut akan menunjukkan perbandingan kuartal atau bulan tertentu mengenai seberapa baiknya kinerja bisnis musiman Anda.

Menghitung YOY untuk bisnis kecil atau musiman akan membuat hasil atau kinerja yang lebih stabil. Data yang stabil akan membuat statistik bisnis lebih akurat sehingga bisa memberikan manfaat lebih maksimal.

Baca Juga :