Manfaat, Jenis dan Contoh Transformasi Digital

contoh transformasi digital

Apakah kamu sedang mencari informasi tentang contoh transformasi digital?

Saat ini teknologi berkembang begitu pesat. Salah satu perkembangan teknologi adalah pada sektor digital. Dengan perkembangan ini terciptalah sebuah transformasi digital.

Di Indonesia bahkan dunia ada beberapa contoh transformasi digital oleh perusahaan yang berhasil. Namun sebelum ke pembahasan tersebut simak dulu pembahasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Transformasi Digital

Transformasi digital merupakan sebuah strategi untuk meningkatkan nilai produk. Dengan memanfaatkan teknologi digital, perusahaan dapat meningkatkan keuntungan (value chain).

Transformasi digital telah merubah semua aktivitas bisnis. Dari yang manual ke digitalisasi otomatis. Saat ini kita juga dapat dengan mudah menemukan beberapa contohnya.

Karena di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan menerapkan strategi ini.

Manfaat Transformasi Digital

Sebelum membahas contoh transformasi digital, kita juga harus mengetahui manfaatnya. Berikut pembahasannya :

1. Meningkatkan Mobilitas Perusahaan

Fenomena perkembangan digital di dunia memang sangat terasa. Hal tersebut terbukti dari banyaknya penggunaan alat-alat digital seperti smartphone, laptop, komputer, tablet dan sebagainya sebagai alat komunikasi.

Jadi perusahaan dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Caranya adalah merubah aktivitas bisnis dari manual ke basis digitalisasi.

2. Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

Saat ini perusahaan yang menerapkan transformasi digital. Lebih cenderung dipilih konsumen dibanding yang tidak menerapkannya.

Tentu saja karena melalui teknologi digital, proses pembelian produk lebih mudah.

Dari hal tersebut, maka perusahaan yang menerapkan strategi ini lebih memiliki daya saing daripada perusahaan yang masih menggunakan sistem manual. Perusahaan memang harus sigap dalam menyesuaikan perkembangan era.

3. Meningkatkan Produktivitas

Karena memungkinkan memudahkan proses bisnis, maka produktivitas perusahaan juga akan meningkat ketika melakukan transformasi digital. Banyak tools yang bisa digunakan secara otomatis. Sehingga proses berjalannya bisnis menjadi lebih cepat.

Baca Juga :

Jenis-jenis Transformasi Digital

Ada beberapa jenis transformasi digital saat ini. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Customer Experience

Konsumen membutuhkan perhatian khusus dari sebuah perusahaan. Jenis customer experience ini memiliki fokus pada pelayanan.

Perusahaan harus memberikan kesan baik dari konsumen setelah menggunakan produk.Terutama konsumen yang membeli produk melalui platform digital.

Jenis ini akan fokus pada tujuan peningkatan jumlah pelanggan.

Dengan memanfaatkan teknologi, perusahaan dapat memberikan pengalaman belanja yang baik. Sehingga customer touchpoint dari perusahaan akan meningkat.

2. Operational Process

Jenis kedua ini lebih berfokus pada transformasi digital dari sisi internal perusahaan serta tujuan peningkatan produktivitas dan efisiensi proses kerja di dalam perusahaan.

Jenis ini biasanya berupa digitalisasi administrasi dan keuangan, serta pada proses distribusi produk. Untuk mendapatkan efisiensi waktu, perusahaan membutuhkan hal tersebut.

3. Business Model

Jenis yang ketiga adalah business model. Business model akan mengubah jenis produk jadi produk digital. Produk digital pada jenis business model seperti game, aplikasi dan lainnya.

Baca Juga :

Contoh Transformasi Digital

manfaat transformasi digital

Melakukan transformasi digital memang sedang menjadi trend bagi pelaku bisnis. Banyak bisnis yang akhirnya menggunakan teknologi digital untuk sebagian bahkan seluruh proses bisnisnya.

Saat ini sebetulnya sudah banyak sekali implementasinya di dunia. Untuk lebih jelasnya, berikut akan disajikan daftar contoh transformasi digital oleh beberapa produk dan berjalan sukses.

1. Tokopedia

Perusahaan pertama yang berhasil melakukan transformasi digital adalah Tokopedia. Marketplace dari Indonesia ini berdiri pada tahun 2009. Perusahaan ini bukan hanya terkenal di Indonesia saja, namun sudah terkenal di Asia Tenggara.

Tokopedia merupakan sebuah marketplace untuk transaksi penjualan dan pembelian produk yang dilakukan secara online. Konsep marketplace yang mudah dan nyaman digunakan, membuat perusahaan ini menjadi favorit banyak konsumen.

Kesuksesan Tokopedia terbukti dari banyaknya penghargaan yang disandangnya. Penghargaan tersebut seperti International Data Corporation (IDC) Indonesia yang masuk dalam kategori Digital Transformer of the Year.

2. Gojek

Siapa yang tidak mengenal Gojek. Perusahaan ini saat ini benar-benar mengubah wajah transportasi di Indonesia. Kesuksesannya dalam menguasai pasar jelas karena inovasinya dalam memanfaatkan teknologi digital.

Melalui Gojek, tukang ojek kian meningkat citranya di masyarakat. Hal tersebut karena dengan bergabung di Gojek, para tukang ojek yang awalnya harus menunggu pelanggan dari pangkalan, saat ini orderan bisa dilakukan melalui smartphone.

Berkat inovasinya tersebut, Gojek akhirnya bisa sukses dan mengantarkannya menjadi salah satu perusahaan dengan valuasi lebih dari 142 triliun rupiah. Hal tersebut menjadikan Gojek sebagai perusahaan deca core.

3. OVO

Perusahaan digital yang sukses selanjutnya adalah OVO. OVO memberikan layanan kepada pelanggan untuk mempermudah dalam transaksi melalui online. Saat ini, layanan OVO juga sudah banyak digunakan oleh masyarakat.

OVO merupakan salah satu perusahaan digital yang sukses juga. Berbagai penghargaan juga berhasil diraih, seperti penghargaan dari IDC Indonesia dengan kategori Digital Transformer of the Year.

4. Domino’s Pizza

Transformasi digital juga sudah sangat tersebar penggunaanya di luar negeri. Salah satu perusahaan luar negeri yang melakukannya adalah Domino’s Pizza. Domino’s Pizza adalah perusahaan bidang makanan dari Amerika.

Digitalisasi yang dilakukan Domino’s Pizza adalah fokusnya pada pelayanan yang difokuskan untuk generasi Z. seperti yang sudah diketahui bahwa generasi Z merupakan generasi yang sangat akrab dengan teknologi digital.

Berdasarkan fokusnya tersebut, akhirnya Domino’s Pizza meluncurkan platform Anywhere. Yaitu platform yang dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan produk hanya dari aplikasi.

Melalui platform tersebut, akhirnya menjadikan Domino’s Pizza menjadi perusahaan yang sangat menarik dan banyak menjadi pilihan konsumen. Dari platform ini pula, Domino’s Pizza berhasil target 50 persen pemesanan melalui media digital.

5. Sephora

Produk luar negeri lain yang berhasil dalam melakukan transformasi digital adalah brand Sephora. Brand asal perancis ini merupakan penyedia produk kecantikan seperti kosmetik, body care, hair care, parfum dan sebagainya.

Transformasi digital yang dilakukan Sephora yaitu dengan cara menggabungkan penjualan digital dan tradisional, serta berfokus pada pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Sephora memiliki sebuah fasilitas Color Match. Color Match dibuat dengan memanfaatkan kecerdasan buatan. Fasilitas ini dapat digunakan untuk mencocokan warna kulit dengan kosmetik yang cocok dengan pelanggan.

Selain itu, hal menarik lain dari Sephora adalah adanya fitur Virtual Artist, yang mana pelanggan bisa mencoba produk tanpa datang langsung ke tempat, alias secara virtual.

Melalui inovasi yang dilakukan, saat ini Sephora menjadi brand kecantikan kelas dunia yang sangat digemari oleh masyarakat. Hal tersebut menjadikan Sephora sangat kompetitif dalam bersaing dengan brand lainnya.

Demikian pembahasan umum contoh transformasi digital. Agar bisa survive di tengah perkembangan zaman yang sangat cepat, perusahaan dituntut untuk selalu melakukan inovasi bisnis.

Baca Juga :