Panduan Email Marketing Untuk Perusahaan Yang Efektif

panduan email marketing

Kali ini kita akan membahas mengenai panduan email marketing untuk perusahaan yang terbaik dan bisa Anda terapkan. Ada beberapa langkah-langkah dalam email marketing seperti menyiapkan tools marketing, membangun email list, membuat segmentasi email list hingga melakukan analisis performa email marketing.

Mari kita simak ulasan lengkap panduan email marketing untuk perusahaan di bawah ini.

Apa Itu Email Marketing?

Email marketing adalah suatu cara pemasaran digital yang memiliki tujuan untuk menawaran produk pada calon konsumen dengan memanfaatkan email.

Pertama kali email marketing ini ada sejak 1978 dan sudah berhasil dalam melakukan penjualan sebesar 13 juta dollar. Sejak itulah email marketing makin gencar dilakukan perusahaan.

Pentingnya Email Marketing

Email marketing memang sangat lah penting bagi para pelaku bisnis maupun perusahaan. Adapun kelebihan dari penggunaan email marketing ini diantaranya yaitu :

  • Dengan biaya yang kecil namun hasilnya bisa maksimal
  • Jangkauannya luas. Bahkan di tahun 2025 pengguna email ini diprediksi 4,3 miliar
  • Setiap harinya lebih dari 90% orang yang mengecek email
  • Penggunaan email ini lebih efektif dibandingkan dengan media sosial
  • Mudah menjangkau konsumen meskipun menggunakan perangkat yang berbeda
  • Sebanyak 86 persen orang ingin mendapatkan email promosi dari produk langganan mereka setiap harinya

Baca Juga :

8 Panduan Email Marketing Untuk Perusahaan Yang Efektif

Dibawah ini merupakan berbagai panduan email marketing untuk perusahaan yang perlu Anda coba agar teknik pemasaran dijalankan bisa lebih optimal.

1. Menyiapkan Tools Email Marketing

Dalam melakukan email marketing ini tentunya berbeda dengan email pribadi yang dilakukan lewat Gmail ataupun Yahoo.

Dengan menggunakan email marketing ini, kita bisa memuat tampilan email lebih menarik diantaranya dengan menambahkan gambar, video, menggunakan landing page website dan lain-lain. Hal itu dilakukan agar tujuan strategi marketing tersebut bisa berhasil.

Dan yang lebih menarik lagi urusan email marketing tersebut bisa dimudahkan hanya dengan menggunakan platform ataupun tools email marketing.

Kami akan berikan beberapa platform email marketing yang bisa dicoba :

OptinMonster

Salah satu platform email marketing yang bisa dicoba yaitu OptinMonster. Melalui platform ini kita bisa membuat tampilan email marketing menjadi lebih terlihat menarik. Selain membuat email, juga bisa dipakai untuk membuat pop up, floating bars dan lain-lain.

Sumo

Bagi yang ingin gratisan maka bisa menggunakan platform Sumo. Dengan menggunakan Sumo maka kita bisa memilih berbagai fitur serta kustomisasi agar bisa meningkatkan lead dan conversation

2. Membangun Email List

Untuk strategi email marketing berikutnya yaitu membangun email list. Email list ini merupakan daftar email serta data lainnya yang berasal dari target konsumen kita.

Email list ini bertujuan untuk mempromosikan produk maupun layanan ke konsumen yang potensial.

Adapun cara untuk mendapatkan email list yang potensial yaitu :

  • Berikan penawaran harga
    Hal ini dikarenakan calon konsumen tentunya tidak akan cuma-cuma dalam memberikan informasi pribadinya. Sehingga harus memiliki tawaran yang menarik misal dengan memberikan diskon, ebook gratis dan lain-lain.
  • Buat CTA yang Variatif
    CTA ini akan mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan seperti subscribe email marketing. Sehingga kita juga harus membuat tampilan CTA menjadi lebih menarik serta tidak mengganggu pengalaman pengunjung.
  • Menggunakan PopUp Dengan Wajar
    Popup ini juga menjadi cara yang efektif untuk bisa mendatangkan leads. Buatlah popup agar tidak mengganggu serta ditampilkan dengan tepat dan wajar.
  • Berikan Form Singkat
    Pengunjung tidak suka mengisi form yang panjang dan rumit. Usahakan form hanya berisi informasi yang penting. Misalnya dengan mengisi email aktif.
  • Siapkan Landing Page Khusus
    Selain menyiapkan CTA dan PopUp maka kita juga perlu untuk menyediakan Landing page khusus yang bisa menampung pengunjung sesudah menggunakan klik CTA ataupun popup.

3. Membuat Segmentasi Email List

Jika list building sudah dilakukan maka selanjutnya yaitu dengan segmentasi list. Segmentasi list ini yaitu upaya untuk memilih daftar calon konsumen yang disesuaikan dengan kriteria tertentu.

Strategi ini bertujuan agar mengefektifkan email Campaign sehingga akan mendapatkan konversi yang tinggi.

Dengan melakukan segmentasi ini juga bisa membantu kita dalam membuat email campaign yang lebih personal seta relevan terhadap calon konsumen.

Adapun cara untuk berbagi email list jadi beberapa segmen diantaranya yaitu :

  • Subscriber baru
  • Blog subscriber
  • Lokasi tertentu
  • Open Rate
  • Inactivity
  • Pengingat Shopping Cart

Email marketing juga banyak dilakukan dalam metode Inbound Marketing, dimana produk atau bisnis anda bisa menjadi magnet perhatian dari pengguna. Email akan di manfaatkan untuk melakukan nurturing dari Leads Customers yang masuk. Hal ini sangat efektif agar anda bisa tetap menjangkau pelanggan di setiap fase. PelajariPengertian Inbound Marketing

Email marketing juga sangat baik cocok untuk tools Growth Hack Marketing, dimana untuk menjangkau audience dalam jumlah besar biaya email marketing relatif lebih murah, selain itu mempertahankan dan menyimpan database pelanggan dalam bentuk email adalah hal penting yang harus di lakukan. PelajariMengenal Growth Hacking Marketing

email marketing campaign

4. Mengirimkan Email Blast

Selanjutnya yaitu dengan mengirimkan email blast. Email blast ini yaitu kegiatan untuk mengirimkan email ke banyak orang sekaligus, dalam hal ini yang terdapat di email list kita.

Kita bisa melakukannya dengan menggunakan platform email marketing yang sudah dipilih. Disini kita juga bisa atur jadwal pengiriman email, sekaligus analisis performa email.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan email blast ini? Sebenarnya hal ini juga berbeda-beda yang tergantung dari behavior dari target audiens kita.

Dan agar kita bisa mengetahuinya maka kita bisa melakukan percobaan untuk mengirimkan email di waktu pagi, siang atau sore. Dan lihat hasilnya. Agar lebih detail mak kita bisa gunakan Google Analytics sehingga memudahkan dalam pengecekan.

Baca Juga :

5. Meningkatkan Open Rate Email

Tidak semua calon konsumen yang kita email akan membaca email kita. Apalagi jika subjeknya tidak menarik.

Akan tetapi jangan kecewa dulu karena kita bisa gunakan langkah untuk meningkatkan peluang email bisa dibuka, diantaranya yaitu :

  • Pahami tujuan lebih dahulu
  • Pakai domain yang tepat
  • Buat email yang personal
  • Tulis Subjek yang menarik
  • Berikan gambar dan CTA yang tepat

6. Menghindari Email Marketing Masuk ke Spam

Tentunya jika email yang dikirimkan masuk ke spam ini akan membuat sia-sia bagi para marketer dan pebisnis yang menggunakan email marketing. Karena faktanya hanya ada 85 persen saja yang ke kotak masuk email dan sisanya masuk ke spam.

Tips yang harus dilakukan agar email yang kita kirimkan tidak berakhir di spam :

  • Hindari penggunaan subjek email dengan huruf kapital
  • Subjek email harus relevan dengan isi email
  • Menyediakan link unsubscribe
  • Sebaiknya hindari kata-kata yang mengandung spam, misalnya murah, gratis, penawaran terbatas
  • Tidak mengirimkan lebih dari satu lampiran
  • Mengatur autentikasi email
  • Menggunakan hosting yang terpercaya
  • Lalu yang paling penting adalah dengan menggunakan server khusus bagi email marketing kita.

7. Optimasi Email Marketing

Lebih dari 50 persen penerima email akan membuka dengan menggunakan perangkat mobile. Itulah mengapa selain isi pada email yang diperhatikan juga judul email haruslah mobile friendly.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan yaitu dengan membuat judul email paling banyak 10 kata saja. Jadi bisa dilihat dengan baik apabila dibuka dengan perangkat mobile.

Baca Juga :

8. Melakukan Analisis Performa Email

Kemudian langkah yang harus selalu diperhatikan saat menggunakan email marketing yaitu dengan menganalisis performanya. Hal ini bertujuan untuk mengukur efektivitas campaign yang dilakukan.

Dibawah ini ada beberapa metrik yang harus dilakukan dalam email marketing diantaranya yaitu :

  • Deliverability
  • Open Rate
  • Click Through Rate
  • Bounce Rate
  • Unsubscribes

Nah agar pemasaran yang kita lakukan melalui email ini bisa berhasil maka kita juga perlu melakukan strategi-strategi di atas dengan baik. Apabila penjelasan di atas cukup banyak sekali pekerjaan yang harus di lakukan termasuk mengoptimalkan banyak hal, Anda bisa menggunakan bantuan digital marketing agency untuk merancang strategi ini agar bisa berjalan dengan baik untuk perusahaan anda.

Jadi, Apakah Panduan Email Marketing Untuk Perusahaan Menguntungkan?

Jika kita telah membaca dan menerapkan panduan email marketing untuk perusahaan yang dijelaskan diatas. Dengan teknik marketing satu ini sudah banyak perusahaan yang terbukti bisa mempromosikan produk dengan skala yang lebih besar dengan efektif.

Yang perlu kita perhatikan dalam email marketing adalah membangun email list yang tepat dan juga membuat segmentasi pasar yang tepat. Selain itu pemilihan platform dan tools email marketing juga menentukan kesuksesan dan kemudahan dalam penerapan teknik satu ini.

Untuk kinerja email marketing yang terbaik, belilah tools dan platform berbayar dengan banyak fitur mendukung kinerja pemasaran menjadi lebih baik.