Strategi Promosi Marketing Bisnis Online Yang Efektif

Promosi Marketing Bisnis Online

Bisnis online semakin populer dalam kehidupan kita, dan ini adalah peluang bagus untuk kita memulai berbisnis online. Tapi bagaimana cara membangun promosi marketing bisnis online yang efektif?

Bisnis online merupakan sebuah tren di era teknologi 4.0. Karena saat ini semua orang sibuk dengan pekerjaan dan tidak punya waktu untuk berbelanja, sehingga mereka hanya ingin tinggal di rumah, menjelajahi web, memilih barang untuk dibeli dan mengirimkannya ke rumah.

Kebiasaan belanja online saat ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang terutama dikota besar dengan permintaan yang sangat tinggi. Sehingga ketika kita melihat peluang bisnis Online saat ini, kita harus memanfaatkannya dengan baik. Jadi sebelum memulai Bisnis Online, sebaiknya kita perlu mengetahui cara melakukan promosi marketing bisnis online yang efektif.

Tahapan Promosi Marketing Bisnis Online

Marketing Bisnis Online Yang Efektif

Dalam menjalankan Promosi Marketing Bisnis Online, kita harus melewati beberapa tahapan yang harus dijalankan secara berurutan. Tahapannya adalah sebagai berikut :

  • Menentukan tujuan program promosi
  • Memilih media yang akan digunakan sebagai alat promosi
  • Merancang program promosi
  • Menjalankan dan uji program promosi
  • Melaksanakan, memeriksa dan mengevaluasi hasil dan keefektifan dari program promosi yang telah dijalankan
  • Manfaatkan data driven marketing untuk memperkuat asumsi.

Itulah tahapan yang harus kita lalui agar dalam proses promosi marketing bisnis online yang kita jalankan berjalan dengan lancar.

Strategi Promosi Marketing Bisnis Online Yang Efektif

Sebuah bisnis atau perusahan tentunya harus memiliki strategi marketing yang tepat. Karena dengan strategi promosi marketing yang tepat akan membantu produk atau jasa yang jual lebih dikenal orang dan dapat meningkatkan penjualan.

Agar kita dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dari pelanggan, kita juga harus memperhatikan konsep marketing yang terdiri dari produk, harga, tempat produk dijual dan promosi. Dan di era modern seperti sekarang ini, kita tidak mungkin melewatkan promosi marketing secara online termasuk strategi Word of Mouth.

Karena itu, yuk simak beberapa strategi promosi marketing bisnis online yang efektif dengan menerapkan prinsip berikut :

1. Gunakan Gambar Produk Asli

Ketika orang melakukan belanja online, mereka tidak mungkin melihat secara langsung barang atau produk yang akan dibeli. Mereka hanya melihat foto atau video dari produk yang dijual secara online. Disini kita sebagai penjual online harus mengupload gambar produk asli.

Gambar produk asli disini maksudnya adalah tidak mengedit gambar produk tersebut berlebihan agar terlihat lebih bagus dari produk aslinya. Sehingga membuat ekspektasi pembeli tidak terlalu tinggi kepada produk yang kita jual secara online.

Karena banyak kasus toko online yang menjual produk dengan foto dan gambar yang diedit berlebihan, membuat ekspektasi pembeli sangat tinggi terhadap produk tersebut. Dan ketika barang tersebut sampai ditangan pembeli, mereka kecewa. Karena barang yang diterima tidak sesuai gambar yang mereka lihat saat berbelanja online.

2. Promosi Marketing Bisnis Online di Facebook

Facebook yang merupakan sosial media yang memiliki sampai 111 juta pelanggan aktif di dalamnya menjadi salah satu pangsa pasar online yang sangat potensial. Jadi melakukan kegiatan promosi marketing bisnis online di facebook adalah pilihan terbaik. Kita dapat mengiklankan bisnis atau produk di facebook melalui beberapa cara, seperti :

  • Memposting produk di facebook marketplace
  • Mengiklankan produk di grup facebook
  • Membuat halaman fanspage bisnis
  • Beriklan di Facebook Ads

3. Beriklan di Situs Penyedia Iklan

Saat ini media promosi bisnis online sangatlah beragam, tapi kita harus mengetahui situs penyedia iklan manakah yang terbaik dan paling efektif digunakan. Untuk saat ini, ada beberapa situs penyedia iklan terbesar di dunia yang paling efektif untuk media promosi, seperti :

4. Terapkan SEO

Jika bisnis kita jalankan tidak ingin mengeluarkan banyak anggaran untuk memasang iklan. Kita bisa memanfaatkan strategi promosi marketing bisnis online menggunakan teknik SEO. Search Engine Optimization atau SEO ini merupakan teknik mengoptimasi sebuah website agar bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari seperti google.

5. Aktif di Sosial Media

Setiap hari pastinya kita tidak akan terlepas untuk melakukan berbagai aktivitas di sosial media. Baik itu hanya untuk sekedar hiburan, membaca berita ataupun untuk kegiatan bisnis. Dengan berbagai macam platform sosial media yang ada sekarang ini. Kita bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan dan memperkenalkan produk dan bisnis dengan mudah di sosmed.

Cara termudah untuk membuat produk atau bisnis kita cepat dikenal di sosial media adalah dengan membuat kontek yang bermanfaat, unik dan kreatif. Sehingga dengan konten-konten seperti ini membuat akun sosmed bisnis kita kelola menjadi banyak followernya. Konten marketing adalah salah satu metode strategi marketing yang baik bila di kelola dengan tepat dan benar.

Cara Menerapkan Strategi Promosi Marketing Bisnis Online

Menerapkan Strategi Promosi Marketing Bisnis Online

Untuk menerapkan strategi promosi marketing yang efektif untuk bisnis online, kita harus melalui beberapa tahapan berikut :

1. Analisis Lingkungan Bisnis Online

Bisnis online produk atau bentuk apapun memerlukan analisis pasar. Ini adalah langkah awal dalam proses membangun strategi bisnis online. Ada beberapa analisis yang perlu kita lakukan seperti :

  • Menganalisis perilaku pelanggan, kelompok pelanggan potensial, target pelanggan
  • Riset produk dan riset pesaing
  • Analisis apa yang dimiliki bisnis Anda, apa yang dapat bisnis Anda dapat lakukan
  • Apa kunci sukses dalam strategi bisnis Anda?

2. Tetapkan tujuan bisnis untuk bisnis

Semua aktivitas manusia ditujukan untuk suatu tujuan tertentu. Untuk memiliki strategi bisnis online yang efektif Anda perlu menentukan apa yang ingin Bisnis Anda capai?

  • Tujuan pasar (pangsa pasar, merek, penjualan, dll.)
  • Sebagian besar bisnis beroperasi untuk keuntungan. Laba mencerminkan hasil produksi dan kegiatan usaha
  • Tujuan melayani pelanggan atau dengan kata lain prinsip tujuan bisnis

3. Bagaimana Bisnis Anda dapat mencapai tujuan di atas?

Setelah Anda menetapkan tujuan untuk bisnis Anda, apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan itu:

  • Anda perlu memperhatikan pertanyaan: Siapa pelanggan bisnis Anda? Di mana dan bagaimana mereka berbelanja?
  • Ciptakan kesan, posisi merek dan produk di mata dan benak pelanggan (dengan konten pemasaran yang berkualitas, gambar yang menarik, penawaran yang menarik )
  • Gunakan strategi pemasaran dalam bisnis online terbaik
  • Buat strategi agar pelanggan dapat meningkatkan pemasaran dan penjualan
  • Bagaimana mengkoordinasikan strategi pemasaran online?
  • Bagaimana cara berkoordinasi dengan unit pengiriman?

4. Sumber daya dan metode pengendalian kegiatan Pemasaran

Ini adalah langkah terakhir untuk membangun strategi promosi marketing bisnis online :

  • Semua sumber daya harus dialokasikan dengan tepat (manusia, keuangan, dll.)
  • Melacak aktivitas pemasaran online dalam bentuk statistik dan grafik tertentu
  • Membangun strategi pemasaran online yang sangat baik menyumbang 50% keberhasilan, 50% sisanya tergantung bagaimana Anda menerapkan strategi pemasaran online itu, bagaimana proses melakukan SEO web? Bagaimana Anda menutup target penjualan? Bagaimana cara mempertahankan pelanggan?
  • Dan juga pertahankan kreativitas, kemampuan untuk mendapatkan kesempatan dan keberuntungan Anda dalam bisnis online.

Tempat Terbaik Untuk Promosi Marketing Bisnis Online

Saat ini ada sangat banyak platform yang bisa Anda gunakan sebagai tempat terbaik menerapkan Promosi Marketing Bisnis Online, seperti :

  • Mesin Pencari ( Google, Yahoo, Bing ) : Gunakan Teknik SEO atau Iklan PPC
  • Sosial Media : Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, Youtube, dll
  • Marketplace : Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan lainnya