Marketing dengan Press Release Yang Efektif

strategi marketing dengan press release

Press Release adalah salah satu alat penting untuk menarik perhatian pers dan media agar berita dan acara Anda lebih dekat dengan publik dan pembaca. Tapi apakah Anda mengerti persis apa itu Press Release ? Ikuti artikel berikut untuk mempelajari dasar-dasar Press Release serta strategi marketing dengan Press Release yang efektif dan mengesankan.

Apa itu Press Release?

Press Release adalah pengumuman resmi yang ingin disampaikan oleh suatu organisasi kepada media” . – Menurut HubSpot.

Press Release seperti namanya yang sudah menjelaskan fungsinya, yaitu siaran pers. Yang artinya pengumuman resmi dari sebuah bisnis atau organisasi tentang produk baru yang dikirim ke jurnalis, pers, dan reporter.

Tujuan utama dari Press Release ini adalah untuk memperkenalkan atau mengumumkan suatu informasi, kebijakan atau produk baru melalui pers kepada masyarakat. Selain itu Press Release juga menjadi umpan media internasional atau domestik untuk menciptakan produk media yang menarik perhatian baik menggunakan media kertas maupun media elektronik.

Press Release merupakan alat yang efektif untuk membantu Marketing suatu perusahaan atau bisnis. Secara khusus, di era 4.0 saat ini, Press Release juga sedikit banyak berubah. Sekarang, penerima Press Release tidak hanya jurnalis dari pers dan media, tetapi juga konsumen dan pelanggan yang mencari sumber informasi yang dapat diandalkan untuk memutuskan untuk membeli. Jadi bagaimana cara marketing dengan press release yang mengesankan kepada publik?

Mengapa Bisnis Perlu Mengirimkan Press Release?

Press Release adalah alat yang sangat efektif untuk bisnis apa pun, membantu menarik perhatian media dan konsumen. Ketika bisnis ingin melakukan siaran pers, penggunaan media massa seperti koran, televisi, sangat diperlukan. Ini adalah sarana dimana pengaruh publik sangat besar.

Saat ini, Press Release adalah alat untuk menarik media dan membuat laporan pers ke publik secepat mungkin. Ketika sebuah bisnis ingin mengumumkan suatu event atau produk baru, tidak mungkin tidak menggunakan press release.

Baca Juga :

Kapan Press Release Harus Dikirim?

Press Release tidak boleh digunakan sewenang-wenang. Siaran pers hanya boleh dikirim dalam salah satu kasus berikut :

  • Ketika sebuah bisnis memiliki event atau acara penting
  • Ketika mengumumkan penghargaan yang telah dimenangkan oleh individu atau bisnis
  • Saat menyelenggarakan acara untuk mengumumkan pencapaian penelitian baru
  • Saat acara peluncuran produk dan layanan baru
  • Apa Yang Dibutuhkan Saat Membuat Press Release?

Sebagai sebuah dokumen formal, siaran pers harus memuat judul lengkap, tanggal dan informasi kontak organisasi seperti alamat, email, nomor telepon perusahaan atau kantor perwakilan. Ini merupakan bagian penting dari sebuah press release yang tidak boleh terlewatkan.

Selain itu, bahasa siaran pers adalah bahasa jurnalistik berita karena ini termasuk dalam salah satu dokumen pers. Sehingga press release dijamin sesuai dengan pedoman penulisan sebuah berita. Model informasi Press release akan disajikan dalam piramida terbalik, artinya informasi yang terpenting akan diprioritaskan.

Gaya penulisannya juga berbeda dari jenis jenis artikel lainnya karena kebanyakan orang akan menggunakan metode leverage dan menggunakan elemen sekunder terlebih dahulu agar bisa mendapatkan ide utama.

Menulis siaran pers harus menggunakan metode piramida terbalik karena audiens yang membacanya adalah reporter atau pers yang ingin mendapatkan informasi penting yang mudah diingat terlebih dahulu. Sehingga mereka akan memotong bagian yang tidak terlalu penting dan lebih mengutamakan informasi utama saja.

Struktur

  • Judul: Nama Press Release
  • Informasi kontak: Nama dan informasi kontak penanggung jawab pers
  • Lokasi: Tempat acara
  • Informasi utama: Apa isi utama dari Press Release dan mengapa peristiwa itu terjadi

Isi

Press Release juga harus memenuhi faktor 5W1H dan menjawab 6 pertanyaan dengan sendirinya:

  • Who ( Siapa ): Ini adalah bagian yang secara jelas mengidentifikasi subjek siaran pers, yang dapat berupa seseorang atau sekelompok orang, bisnis, atau organisasi.
  • Whats ( Apa ) : Ini adalah bagian tentang informasi kegiatan yang terjadi yang ingin diketahui publik oleh bisnis, dan hal-hal yang menarik perhatian publik.
  • Where ( Dimana ) : Lokasi dimana acara diadakan, harus dilampirkan peta untuk memudahkan jurnalis dan wartawan bekerja.
  • Why ( Kenapa ) : Mengapa acara ini penting dan mengapa pers harus menyampaikan informasi ini kepada publik.
  • When ( Kapan ) : Kapan peristiwa itu terjadi, harus dicatat secara lengkap dan rinci.
  • How ( Bagaimana ) : Rangkuman konten acara untuk dipahami jurnalis.

manfaat press release untuk marketing

Strategi Marketing dengan Press Release

1. Memberikan informasi terpenting dan menarik dari acara

Untuk mengarahkan publik ke acara Kamu buat, bagian pertama dari Press Release kamu harus menjadi informasi acara yang paling penting dan menarik.

Konten yang langsung ke intinya, dengan kontak, jargon terbatas. Di awal Press Release, selalu sertakan informasi kontak (miring, ukuran font lebih kecil dari badan utama); lalu Judul (kapital, miring, tebal); Hari bulan tahun; dan kemudian konten utama.

Mulailah dengan pesan yang kuat yang akan menarik orang untuk terus mengikuti Press Release Kamu buat.

Baca Juga :

2. Memberikan informasi dalam berbagai bentuk

Informasi dalam berbagai format (multimedia) : gambar, video, grafik akan membuat konten lebih mudah dipahami dan meningkatkan interaksi.

Dengan cara ini, juga menarik perhatian pers dan publik untuk lebih banyak informasi acara dan meningkatkan kemampuan pencarian acara untuk waktu yang lebih lama.

3. Informasi yang bermakna dan selektif

Jika Kamu memasukkan semua informasi dari detail hingga umum, Press Release dapat dengan mudah menjadi berantakan sehingga sulit bagi penerima untuk menyaring informasi.

Karena itu, saat menulis, Kamu perlu mempertimbangkan dan memilih topik utama dan inti yang cukup menarik untuk menarik perhatian masyarakat. Dibandingkan menulis ke arah yang Kamu rasa hal itu menarik.

Sebaiknya menempatkan diri Kamu pada posisi penerima untuk memahami apa yang mereka butuhkan dan inginkan.

Sehingga Press Release Kamu buat akan lebih mudah menjangkau semua orang.

4. Pilih titik unik

Setiap hari, publik memiliki akses ke puluhan dan ratusan acara besar dan kecil yang berbeda, yang berarti akan ada banyak Press Release yang dikirim. Jadi bagaimana publik masih bisa memperhatikan acara kita buat dalam Press Release yang kacau balau?

Pilih aspek, fitur unik bisnismu sendiri untuk dimasukkan ke dalam Press Release untuk memastikan menciptakan efek, mengejutkan di media yang membuat orang penasaran, pasti harus mempelajari dan mengikuti ceritamu.

5. Tentukan waktu yang tepat untuk mengirim Press Release

Karena jika dikirim terlalu dini atau terlambat, efek komunikasi tidak akan seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, perlu mengirimkan Press Release pada waktu yang tepat untuk memaksimalkan minat masyarakat.

Kesimpulan

Artikel di atas telah membantu pembaca memahami apa itu Press Release dan mengetahui bagaimana strategi marketing dengan press release diterapkan. Press Release dianggap sebagai sarana paling dasar untuk menjangkau media dan publik.

Baca Juga :

Press Release yang mengesankan tidak hanya membantu Kamu mencapai efek komunikasi yang diinginkan, tetapi juga kesempatan untuk membangun citra dan meningkatkan reputasi perusahaan atau bisnis mu. Memilih sendiri gaya penulisan yang masuk tepat dan menerapkan strategi diatas mudah-mudahan akan membantu Kamu memiliki Press Release yang efektif dan unik.