12 Tips Branding Sukses yang Wajib Diketahui

tips branding sukses

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan berbagai brand populer dan terkenal seperti Indomie, Nike, Coca Cola, Erigo, dan lain sebagainya. Brand-brand tersebut sudah sangat melekat di hati masyarakat. Bahkan brand dapat menjadi sebuah kata ganti suatu produk tersendiri.

Contoh saja brand yang paling melekat air mineral yaitu ‘Aqua’. Hampir seluruh masyarakat ketika akan membeli air mineral selalu mengatakan ‘Aqua’ walaupun air mineral tersebut bukan merupakan brand dari Aqua. Hal tersebut menandakan bahwa brand air mineral ‘Aqua’ sangat kuat.

Begitu pula dalam mengembangkan bisnis Anda, dalam meningkatkan brand bisnis Anda tentu tidaklah mudah. Terdapat berbagai upaya dan tips agar branding yang terlaksana sukses dan bertahan lama.

Tips-Tips Branding Sukses Untuk Bisnis Anda

Berikut ini beberapa tips branding yang wajib diketahui untuk mengembangkan bisnis Anda. Beberapa tips ini dapat Anda terapkan untuk mengembangkan brand bisnis yang sedang Anda jalankan.

Gunakan Nama Brand yang Menarik dan Mudah Diingat

Nama brand tentu saja harus mewakili produk atau jasa yang ditawarkan. Buatlah nama band yang mudah melekat dalam benak dan pikiran pelanggan. Tak hanya itu, buatlah nama brand yang memiliki hal yang unik dan meninggalkan kesan mendalam. Jangan lupa berikan nama yang mudah teringat dan mudah diucapkan. Anda dapat melihat berbagai referensi dari berbagai brand lain yang kemudian akan Anda modifikasi sendiri. Jika Anda kesulitan, Anda dapat berkonsultasi pada brand consultant atau digital marketing agency.

Baca Juga:

Bangun Branding yang Kuat di Media Sosial

Dewasa ini, mayoritas masyarakat sudah pasti memiliki media sosial. Bahkan, media sosial menjadi kekuatan tersendiri untuk mengembangkan bisnis. Setiap bisnis tentu memiliki target audiencenya sendiri-sendiri. Sehingga, harus mengetahui terlebih dahulu  siapa target audiens brand. Tak hanya itu Anda juga harus mengetahui kanal media sosial mana yang tepat. Terdapat empat langkah untuk menguatkan brand di media sosial.

  • Fokus pada customer, trend, follower, yang sedang berlangsung
  • Tetap teguh berpegang pada pilar perusahaan/brand, tapi tetap fleksibel
  • Berkolaborasi dengan rekanan bidang yang sama
  • Berusaha untuk menjadi platform yang menyediakan pengetahuan namun tetap fleksibel seperti rekan sebaya

Manfaatkan Direct Marketing Untuk Strategi Branding

direct marketing

Anda dapat melakukan direct marketing. Tujuannya adalah mengajak konsumen untuk melakukan action tertentu seperti melakukan pembelian, mengisi form, atau mengisi survei. Direct marketing sangat efektif dilakukan dengan digital marketing. Mengapa? karena hal tersebut sangat mudah untuk terukur dan menganalisa performanya.

Menciptakan Brand dengan Karakter yang Kuat

Seperti manusia, brand juga memiliki karakter yang. Lantas bagaimana menciptakan sebuah brand memiliki karakter yang kuat?.

  • Tell a story, yaitu berikan cerita yang dapat menarik perhatian orang dan membuat brand dapat lebih berkesan.
  • Being trusted, berikan cerita yang trusted untuk menjaga integritas dan kepercayaan konsumen.
  • Buatlah personality brand Anda sesuai tujuan bisnis.
  • Dengarkan cerita dari pelanggan untuk menciptakan story brand yang kuat.

Bangun Keterikatan Emosi dengan Branding

Dengan membangun keterikatan emosi pelanggan dengan brand, langkah pertama adalah building communication plan. Langkah tersebut yang akan menentukan bagaimana konsumen melihat brand Anda. Terdapat empat tips branding yang ampuh untuk mempertahankan brand dan mempertahankan customer value :

  • Dengarkan audiens
  • Berikan surprise pada audiens
  • Melibatkan audiens untuk improve brand
  • Berikan pengetahuan keunggulan brand Anda terus menerus pada audiens.

Branding Sustainable

Beberapa cara untuk melakukan branding sustainable dapat dengan cara membuat values brand yang kuat, berkolaborasi dengan brand lain, berani stand out, dan fleksibel mengikuti zaman.

Bangun Cerita yang Menarik

Membangun sebuah brand yang kuat dapat dengan membangun cerita yang menarik mengenai brand. Hal tersebut dapat memiliki kekuatan tersendiri dalam sebuah brand.

Baca Juga:

Strategi Mitigasi Krisis Branding

Terdapat lima strategi mitigasi krisi brand yang dapat Anda lakukan:

  • Bentuk tim krisis untuk memudahkan koordinasi
  • Analisis potensi krisis untuk melihat stakeholder mana sebagai prioritas utama
  • Set alarm untuk dapat membaca situasi
  • Mempersiapkan statement untuk menghindari blunder yang terjadi
  • Melakukan media monitoring

Bangun Brand Story yang Berkesan

Buatlah brand story yang berkesan dan dapat teringat terus menerus. Caranya dengan membuat makna filosofis yang kuat dari brand Anda. Selain itu perlu untuk mengikuti perkembangan zaman, berkolaborasi, dan melakukan evaluasi agar produk Anda tidak ketinggalan trend.

Kenali Identitas Brand

Setiap brand memiliki  karakternya masing-masing. Kunci dalam membuat brand adalah harus mengenali diri sendiri dan tahu tujuan untuk membangun brand untuk apa.

Slogan Brand

Tak hanya nama brand, Anda juga harus menyematkan slogan produk Anda. Slogan produk akan berfungsi sebagai penjelasan lebih detail mengenai produk Anda.  Buatlah pilihan kata yang sederhana tapi merangkum seluruh informasi dari produk Anda. Slogan yang melekat pada masyarakat akan membuat branding produk Anda lebih kuat dan mudah diingat.

Desain logo

Jangan lupakan dan perhatikan dalam melakukan branding mendesain logo brand. Perhatikan dalam pemilihan warna dan bentuk logo dalam membuatnya. Sebab pemilihan warna, font, hingga desain logo sangat berpengaruh pada identitas branding Anda.  Tak hanya itu, membuat logo juga sebaiknya sesuai dengan filosofi produk atau brand Anda.

4 Cara Branding Produk

Kualitas Produk

Beberapa produk terkenal karena kualitasnya. Penting memastikan produk Anda memiliki kualitas terbaik. Kualitas terbaik dapat menjadi cara branding yang sangat kuat. kualitas terbaik akan menentukan tingkat kepuasan customer. Maka dari itu pastikan Anda membuat produk unggulan dengan kualitas yang terbaik sehingga brand Anda dapat terkenal karena memiliki kualitas terbaik.

Kemasan Menarik dan Unik

Kemasan menarik dan unik dari brand Anda juga dapat meningkatkan branding produk Anda. Desain kemasan yang bagus selain dapat melindungi produk juga memberikan keunikan tersendiri yang akan membuat customer akan lebih tertarik. Produk Anda juga mudah terkenal dan memiliki ciri khas tersendiri.

Iklan

Memasang iklan adalah salah satu cara yang juga efektif untuk proses branding sehingga brand Anda lebih banyak dikenal dan diminati masyarakat. Anda dapat memanfaatkan iklan digital seperti melalui sosial media, blog, atau website hingga Google Ads.

Baca Juga:

Untuk menciptakan branding yang sukses memang tak mudah, Anda harus peka terhadap trend dan menerapkan beberapa tips seperti di atas. Jika Anda merasa kesulitan dan bingung Anda dapat memanfaatkan layanan digital agency untuk membantu Anda menciptakan branding marketing yang sukses untuk bisnis Anda. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.