Mengenal Marketing Analytics dan Cara Menerapkannya

marketing analytics adalah

Jika Anda bekerja di departemen pemasaran atau marketing sebuah perusahaan, Anda wajib mengenal marketing analytics. Sehingga pada kesempatan kali ini Kami akan memberikan informasi untuk mengenal marketing analytics dengan lebih detail yang bermanfaat untuk meningkatkan pemasaran perusahaan.

Apa itu Marketing Analytics?

Marketing analytics adalah analisis data pemasaran, atau studi data melalui kampanye iklan pemasaran. Saat Anda menganalisis data pemasaran, Anda akan dapat memahami bagaimana berbagai faktor berinteraksi. Seperti bagaimana kampanye menghasilkan konversi, perilaku pelanggan, perbedaan wilayah, dan lainnya.

Sekarang analisis marketing juga banyak diterapkan di bidang Digital Marketing karena kuatnya perkembangan teknologi dan transformasi perusahaan dari model tradisional ke transformasi digital. Saat ini, data bisnis semakin bertambah banyak, dan mengharuskan kita untuk mengetahui cara memanfaatkan sumber data tersebut dengan lebih baik.

Baca Juga :

Tujuan Marketing Analytics

Setelah mengenal marketing analytics dari pengertiannya, Anda harus tahu tujuannya. Tujuan analisis data marketing adalah mempelajari dan menggunakan faktor tersebut untuk membantu bisnis mengoptimalkan kampanye iklan selanjutnya.

Manfaat Marketing Analytics

Marketing Analytics tidak hanya membantu memperbaiki pemasaran suatu bisnis saja, tetapi juga menguntungkan konsumen dan pembeli.

Bagi seorang marketing, analisis data dalam pemasaran juga dapat dipahami sebagai menganalisis data pelanggan. Hal ini akan membantu mereka memahami faktor apa yang membantu mendatangkan konversi, meningkatkan kesadaran merek, dll. Sehingga Seorang marketing akan bisa mendapatkan ROI yang lebih tinggi dengan berinvestasi dalam aktivitas pemasaran yang efektif.

Sedangkan bagi konsumen, Marketing Analytics akan memungkinkan mereka menerima iklan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka, bukan iklan pada umumya yang sering mengganggu.

Data pemasaran dapat dianalisis menggunakan berbagai metode dan model, tergantung pada KPI (Key Performance Indicators) yang ditetapkan. Misalnya, menganalisis pengenalan merek akan berbeda dengan menganalisis konversi.

Metode Marketing Analytics

Beberapa model dan metode pemasaran yang umum meliputi:

  • Media mix model (MMM): Model atribusi ini berfokus pada data agregat, yang dikumpulkan dalam jangka waktu yang lama.
  • Multi-Touch Attribution (MTA): Model atribusi ini membantu memberikan data yang dipersonalisasi sepanjang proses perjalanan pembelian pelanggan.
  • Unified Marketing Measurement (UMM): Pengukuran yang mengintegrasikan model atribusi yang berbeda, termasuk MMM dan MTA, dan mengubahnya menjadi metrik keterlibatan secara menyeluruh.

Pentingnya Marketing Analytics

Dalam pemasaran modern, analitik harus lebih akurat dari sebelumnya. Sebab, konsumen semakin menuntut dalam memilih jenis media yang ingin mereka ajak berinteraksi.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menarik perhatian calon pelanggan, Anda perlu mengandalkan analitik untuk membuat iklan yang lebih efektif. Iklan ini akan ditargetkan dengan jelas, berdasarkan minat dan kebutuhan spesifik masing-masing individu, dan ditampilkan pada waktu yang tepat dan pada saluran yang tepat.

Dan ketika Anda memiliki data yang cukup, kapasitas yang cukup untuk memprosesnya, dan personalisasi kepada pengguna akan menjadi daya ungkit yang bermanfaat untuk menghadirkan kepada Anda sumber pelanggan yang potensial.

Baca Juga :

Bagaimana Cara Perusahaan Menggunakan Marketing Analytics

menggunakan marketing analytics

Untuk mengenal marketing analytics lebih baik, Anda harus memahami cara perusahaan dalam menggunakan analisis marketing. Data di Marketing Analytics membantu bisnis membuat keputusan berdasarkan faktor-faktor yang benar-benar penting, seperti: pembaruan produk, pemosisian merek, dll.

Untuk melakukan itu, Anda perlu mendapatkan dan menggunakan data yang berasal dari berbagai sumber baik online maupun offline untuk mendapatkan gambaran umum terbaik. Dengan menggunakan data tersebut, Anda dapat memperoleh informasi seperti:

1. Product intelligence

Product intelligence mencakup pemahaman merek produk, serta kinerjanya di pasar. Biasanya, bisnis akan mensurvei dan berinteraksi dengan konsumen untuk lebih memahami keunggulan kompetitif dan karakteristik pembeda produk mereka.

Dari sana, bisnis Anda dapat merancang dan mengkomunikasikan produk ke preferensi dan masalah konsumen yang tepat, sehingga akan menghadirkan kinerja bisnis yang lebih baik.

2. Preferensi dan tren konsumen

Analytics membantu bisnis lebih memahami pelanggan mereka. Konten dan elemen kreatif apa yang membuat mereka tertarik? Produk apa yang mereka beli dan produk apa yang mereka cari di masa lalu?

Apakah iklan ini membantu mereka berkonversi (menemukan situs web bisnis Anda, mengirim pesan, dan lainnya) dan iklan seperti apa yang mereka abaikan?

Dari pertanyaan tersebut Anda dapat mengetahui preferensi dan trend konsumen dengan lebih baik.

3. Tren pengembangan produk

Analisis data pemasaran juga membantu memberikan informasi tentang fitur produk yang diinginkan konsumen.

Tim Marketing perusahaan dapat meneliti dan mengirimkan informasi ini ke tim pengembangan produk, untuk meningkatkan dan mengembangkan produk yang membantu memenuhi harapan pelanggan.

Baca Juga :

4. Dukungan Pelanggan

Marketing Analytics juga memiliki kemampuan untuk membantu menemukan area baru dari proses perjalanan pembelian pelanggan, yang dapat disederhanakan atau dikembangkan lebih lanjut.

Di mana pelanggan Anda melakukan pembelian? Apakah ada cara untuk menyederhanakan produk? Bisakah proses checkout lebih mudah? Pertanyaan ini harus kamu temukan jawabannya.

5. Media Interaksi dan Pemasaran

Analisis data dapat membantu tim marketing memilih saluran atau media interaksi dan pemasaran yang tepat untuk menampilkan pesan konten pemasaran kepada pelanggan tertentu. Saat ini ada banyak media pemasaran selain platform media konvensional seperti koran, majalah, TV, radio, ada juga muncul media marketing digital, yaitu media sosial, marketplace, website, toko online dan lainnya.

Oleh karena itu, pemasar perlu mengetahui media mana yang disukai pelanggan mereka? Haruskah berinvestasi di media tersebut? Media mana yang menghasilkan penjualan paling banyak? Pesan atau konten seperti apa yang membuat pelanggan tertarik?

6. Pesaing

Seberapa efektif kegiatan pemasaran Anda daripada pesaing Anda? Bagaimana Anda mengikuti pesaing Anda? Apakah ada peluang yang pesaing Anda lakukan namun telah Anda lewatkan? Jawab pertanyaan ini untuk bisa menganalisis pemasaran dengan lebih baik berdasarkan data pesaing.

7. Prediksi hasil masa depan

Jika Anda bisa memahami mengapa kampanye iklan dapat berhasil, Anda akan dapat menggabungkan pengetahuan tersebut ke dalam kampanye iklan selanjutnya untuk membantu meningkatkan ROI.

Bagaimana Cara Memulai Proses Marketing Analytics

proses marketing analytics

Jika Anda ingin mengenal marketing analytics lebih dalam dan ingin mengetahui cara meningkatkan analitik marketing bisnis Anda. Berikut adalah 4 langkah yang Anda perlukan untuk menyiapkan program pemasaran lebih baik pada bisnis Anda:

1. Pahami apa yang ingin Anda ukur

Ada banyak aspek kampanye pemasaran yang dapat Anda ukur: tingkat konversi, perolehan prospek, dan pengenalan merek. Pahami masalah yang Anda coba pecahkan, atau informasi yang ingin Anda kumpulkan, sebelum menganalisis data. Pelajari : Manfaat Marketing Campaign Untuk Sebuah Bisnis

Baca Juga :

2. Menyiapkan tolok ukur

Apa yang membuat kampanye iklan sukses? Ini akan membantu menentukan jenis data dan metrik yang perlu dikumpulkan oleh tim marketing. Misalnya, jika tujuan dari bisnis yang Anda miliki yaitu untuk membuat kesadaran merek meningkat. Maka tolak ukur yang efektif perlu meningkatkan persentase loyalitas pelanggan yang ada di tabel pelanggan, bukan hanya klik atau tayangan.

3. Kemampuan Bisnis Anda saat ini

Apa yang bisnis Anda lakukan? apa kelemahan bisnismu? Baik mengevaluasi hasil kampanye offline atau mengidentifikasi saluran media sosial dengan konversi tinggi. Akan dapat membantu Anda meningkatkan program pemasaran dengan lebih baik.

4. Gunakan alat Marketing Analytics

Alat analisis data pemasaran semakin penting karena konsumen menjadi lebih banyak keinginan dan Data yang dihasilkan terus bertambah serta berkembang.

Sehingga dengan menggunakan bantuan alat Marketing Analytics akan sangat membantu tim marketing perusahaan untuk menentukan pesan atau konten pemasaran mana yang relevan dan media komunikasi dan pemasaran mana yang memiliki konversi tinggi. Pelajari: Data Driven Marketing Dan Penerapan Untuk Perusahaan

Dengan bantuan alat analisis ini akan membantu memberikan gambaran menyeluruh tentang kampanye mana yang berhasil dan mana yang tidak.