13 Contoh Ide Konten TikTok Untuk Bisnis

ide konten tiktok

Penjualan sedang sepi atau mengalami penurunan omset. Mari coba kita buat alternatif promosi lain yaitu dengan menemukan ide konten TikTok untuk bisnis.

Seperti apa ide konten TikTok untuk bisnis itu. Simak bersama ulasan di bawah ini.

Apa Itu TikTok?

Tiktok adalah salah satu aplikasi platform video musik dan sosial media yang berasal Tiongkok yang sedang trend saat ini dikalangan anak muda.

Aplikasi Tiktok awalnya berisi konten video musik pendek yang menarik, dan sekarang menjadi platform video yang beragam dengan jumlah pengguna aktif di Indonesia sampai 10 juta pengguna lebih.

Dengan statistik ini, sebagai seorang pebisnis kamu tidak boleh melewatkan Tiktok sebagai media marketing digital yang sangat efektif.

Apakah Suatu Bisnis Perlu Memiliki Akun TikTok?

Jika kamu adalah seorang pemilik perusahaan atau sebuah bisnis yang ingin berkembang cepat di era digital seperti sekarang ini. Kamu tidak boleh ketinggalan untuk membuat akun tiktok untuk bisnismu.

Pangsa pasar pengguna TikTok yang sangat banyak dan aktif setiap harinya menjadikan aplikasi ini tidak boleh terlewatkan sebagai media marketing digital untuk sebuah perusahaan atau bisnis.

Jika akun tiktok bisnismu ingin memiliki banyak view, follower dan like, kamu memerlukan konten tiktok yang menarik. Karena itu, kamu membutuhkan ide konten tiktok untuk bisnis.

Platfrom TikTok ini tentu akan semakin optimal apabila perusahaan anda juga melakukan kombinasi strategi Growth Hack Marketing, Inbound Marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing untuk memastikan jangkauan media marketing digital bisa lebih akurat.

Menghidari konten yang recehan serta memberikan value lebih dari perencanaan konten yang tepat dan baik, khususnya untuk segmen pelanggan Perusahaan atau Small Medium Entreprise. Seperti tema sebelumnya bagaimana kita bisa membuat artikel clickbait yang terasa recehan bisa menjadi optimal dengan metode khusus.

Baca Juga :

13 Ide Konten TikTok Untuk Bisnis

Dibawah ini akan kami berikan ide konten TikTok yang bisa dipakai untuk meningkatkan promosi bisnis.

1. Product Launching

Ide konten TikTok untuk bisnis pertama adalah Product Launching. Saat kita akan memasuki rumah, dan bersiap untuk menggunakan hand sanitizer. Secara tiba-tiba ada orang lain yang menawarkan sambil berkata “ Pakai hand sanitizer punyaku saja ini”.

Lalu bagaimana respon kita selanjutnya?

Kami yakin pasti akan menolak tawaran tersebut.

Namun akan lain ceritanya jika yang menawarkan tersebut yaitu teman yang sudah kita kenal akrab. Tentu kita juga lebih mudah untuk mempercayainya.

Dan untuk mendapatkan kepercayaan tersebut tentunya kedua pihak harus saling mengenal dahulu agar merasa connected. Apalagi ini berkaitan dengan bisnis. Produk yang akan kita tawarkan haruslah menjadi sosok yang familiar bagi banyak orang sehingga nantinya calon pelanggan juga akan percaya.

Dan untuk pintu kenalan tersebut bisa dibuka dengan menggunakan ide konten TikTok.

Disini pelanggan akan dibuat penasaran saat melihat video singkat yang berisi spoiler produk. Tunjukkan performa produk tersebut dalam adegan yang terlihat mewah. Pelajari: Youtube Marketing Untuk Perusahaan

Untuk memunculkan kesan yang mendalam, kita juga harus menampilkan alasan dibalik pembuatan produk tersebut.

2. Catalog

Saat kita berkunjung ke sebuah toko, hal pertama yang dicari yaitu katalog ataupun menu. Dulu katalog ada dalam bentuk kumpulan foto pada lembaran buku , poster yang tersimpan pada etalase. Kemudian untuk mengetahui isinya, kita harus membolak-balik.

Dan itu merupakan cara yang lama. Sekarang kita bisa membuat katalog dengan konten TikTok yang menarik.

Bagi kamu yang mempunyai bisnis fesyen maka bisa dengan menampilkan sedikit atraksi, misalnya dengan berganti baju pada setiap pergerakannya.

Selain itu untuk lebih lengkap lagi bisa ditambahkan dengan teks agar konsumen bisa tahu variannya.

3. Workspace Tour

Ada salah satu ide konten TikTok untuk bisnis yang dipakai untuk mengakrabkan diri dengan orang lain, yaitu dengan mengundang orang tersebut untuk datang ke rumah.

Ajak untuk berkeliling sambil melihat spot favorit, dan ini membuat orang tersebut seakan-akan sudah mengenal separuh diri kita.

Jadi jika ingin membuat calon pelanggan bisa mengenal bisnis kita maka lakukan workspace tour untuk dijadikan sebagai ide konten TikTok.

Tunjukan ruangan kerja kita, cara menyusun inventori, spot kerja dan lain-lain. Apabila video tersebut berakhir maka persahabatan Ada dengan audiens pun akan dimulai.

4. Behind The Scene

Selanjutnya ide konten TikTok untuk bisnis yang lain yaitu Behind The Scene. Saat ini orang lebih menyukai dan memperhatikan saat prosesnya berlangsung.

Kita bisa mulai dengan menunjukkan bahwa bahan yang digunakan adalah bahan yang berkualitas serta prosesnya dilakukan dengan baik.

Konten TikTok seperti ini juga bisa dipakai untuk berbagai macam bisnis, seperti fotografi, souvenir dan lain-lain.

Baca Juga :

5. Packaging dan Shipping

Saat seseorang melakukan belanja online, pasti akan bertanya mengenai pesanan yang kita lakukan. Entah ini penasaran dengan pesanan sudah dikerjakan atau belum dan lain-lain.

Kemudian saat kita membuka TikTok sedang melihat bahwa online shop yang dimaksud sedang membuat postingan video menarik.

Yaitu mengenai cara packing dan shipping. Ditambah lagi dengan latar belakang paketan yang menumpuk. Menjadikan kita bertanya , kapan paketnya sampai?

Namun ternyata video tersebut hanyalah ingin membuktikan bahwa packaging dan shipping bisa dijadikan sebagai konten yang menarik. Dan tentunya bagi pelanggan juga ada rasa kepuasan sendiri saat melihat pelaku online shop tersebut memperlakukan pesanannya.

6. Tutorial

Dan sekarang bagaimana cara untuk mempromosikan barang yang fungsinya itu-itu saja dan membutuhkan waktu lama untuk habis.

Contohnya make up.
Dulu penggunaan lipstik hanyalah untuk mewarnai bibir saja. Namun tren sekarang sudah berubah. Dan wajar saja jika kita menemukan remaja yang memiliki banyak lipstik dalam tasnya.

Di TikTok juga banyak kita temui hasil untuk video tutorial ini. Segera bagikan video tutorialnya agar pelanggan menjadi takjub dan mempraktekkan tutorial yang kita posting.

tiktok untuk marketing perusahaan

7. Educational

Edukasi jaman dulu mungkin terdengar membosankan, mudah membuat ngantuk dan panjang lebar. Dan agar pelanggan menjadi tak mudah bosan maka bisa membuat konten TikTok yang menarik dan seru.

Hal itu akan menjadikan video edukasi yang disampaikan menjadi lebih fun serta mudah untuk diterima banyak orang.

Kita juga bisa memanfaatkan banyak fitur TikTok yang tersedia misalnya FAQ, cerita pendek sampai dengan listicle video.

8. Hashtag Challenge

Ide konten TikTok untuk bisnis selanjutnya yaitu dengan menggunakan hashtag challenge. Hashtag challenge ini berupa tantangan untuk mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu dengan menggunakan tanda tagar (#).

Banyak perusahaan yang menggunakan cara ini karena perusahaan akan dengan mudah mendapatkan User Generated Content atau konten yang dibuat penggemar produk.

Dan ini berarti bahwa bisnis yang kita jalanan ini berjalan secara masif tanpa pesan direpotkan untuk membuat konten.

9. Company Profile

Jika Anda disuruh memilih antara melihat video penjabaran tentang perusahaan atau cerita yang ada di balik perusahaan tersebut?Pasti akan memilih yang kedua.

Dan pastinya orang lebih suka mendengarkan cerita dibanding dengan menyimak penjelasan yang membosankan.

Disini kita bisa menceritakan mengenai motivasi dibalik berdirinya bisnis yang kita miliki, kemudian bisa ditambahkan juga portofolionya.

10. Succes Story

Mungkin kita menyukai kisah sukses founder KFC Colonel Sanders, CEO Facebook yang bisa memotivasi serta inspiratif. Dan cerita-cerita tokoh tersebut juga sangat berguna bagi orang-orang yang masih ragu dalam membangun bisnis.

Dengan membuat cerita inspiratif ini maka akan memperkuat branding produk. Brand yang Anda miliki menjadi lebih mudah untuk diingat di hati para pelanggan.

Berikan motivasi pada audiens yang menarik atau bisa juga dengan menampilkan keadaan perusahaan jaman dulu dengan jaman sekarang ataupun kisah lainnya yang menjadi turning point pada bisnis kita.

11. Day in My Life

Ide konten TikTok untuk bisnis dengan membuat konten Day in My Life. Mungkin kita banyak yang penasaran dengan rutinitas orang lain.

Misalnya ingin tahu pekerjaan bos setiap harinya, atau sekretaris kerjaannya apa saja dan lain-lain.

Dan kenyataannya dengan membuat konten seperti vlog ataupun day in my life ini sekarang menjadi cukup populer.

Dengan Day in my life ini maka akan mengungkapkan sisi personal dari orang tersebut. Mengenai rutinitas, kebiasaan ataupun ajakan pemirsa untuk merasakan agar menjadi orang lain dalam sehari.

Dan Anda juga bisa memperlihatkan aktivitas nya melalui TikTok yang menarik. Ini akan membuat audiens akan merasa lebih dekat dan lebih terhubung dengan kehidupan Anda sehari-hari sebagai pemilik bisnis.

12. Meet The Team

Mungkin kita pernah menyimak ada perusahaan yang didemo karyawannya karena mengeksploitasi karyawannya. Sehingga hal ini akan membuat respect calon pelanggannya akan jadi menurun yang akan membuat kerugian bagi perusahaan.

Karena bagi publik apresiasi terhadap karyawan sangat penting. Oleh sebab itu bagi pemilik bisnis bisa membuat ide konten TikTok meet the team agar bisa merawat reputasi bisnisnya.

Baca Juga :

13. Testimonial

Selanjutnya ada Testimonial yang mirip dengan hashtag challenge. Untuk cara membuatnya sangat mudah yaitu tinggal mengumpulkan testimoni dari pelanggan dan bisa dijadikan video TikTok yang menarik.

Jadi apabila penjualan lesu, gunakan ide konten TikTok di atas untuk menggenjot bisnis Anda agar lebih maksimal.

Itulah tadi 13 ide konten TikTok untuk bisnis yang bisa coba kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran produk melalui aplikasi TikTok.