Cara Menerapkan Copywriting dengan Formula FAB

copywriting formula fab

Apakah Kamu pernah mendengar teknik Copywriting dengan Formula FAB? Berikut Kami akan menjelaskan teknik copywriting ini dengan lengkap.
Melalui jumlah kata yang terbatas, ternyata tak semudah apa yang dipikirkan untuk membuat orang tertarik dengan apa yang kita tawarkan. Oleh karena itulah kita juga memerlukan formula agar bisa mempermudah prosesnya. Misalnya feature-advantage- benefit (FAB) untuk copywriting. Dengan menggunakan formula tersebut maka bisa menjadikan copywriting yang efektif. Bagi yang penasaran dengan Copywriting dengan Formula FAB, bisa langsung simak saja ulasannya.

Apa Itu Copywriting dengan Formula FAB

Copywriting dengan Formula FAB (Feature-advantage-benefit) menurut Enchanting Marketing merupakan sebuah formula agar bisa menghasilkan copywriting yang saat ini banyak direkomendasikan.

Disebutkan diatas bahwa terdapat tiga komponen FAB, yaitu feature (fitur, kemudian advantage (kelebihan), serta benefit (manfaat).
Dengan menggunakan formula tersebut maka menjadikan copywriter lebih fokus lagi kepada pelanggan. Dengan melalui formula ini kita juga bisa memberikan informasi tiga elemen penting.
Express writers ini menyatakan bahwa formula FAB akan membuat kalimat FAB menjadi lebih efektif serta persuasif. Kemudian juga berfokus pada tiga elemen tersebuat.

Bukan hanya itu saja, dengan kita menjadi langsung paham memakai formula penulisan tersebut juga akan menjadikan siapa saja yang sudah membaca copy dan tertarik terhadap penawarannya.
Komponen Copywriting dengan Formula FAB
Singkatan dari formula FAB ini yaitu feature, advantage serta benefit. Untuk penjelasan detail mengenai tiga komponen tersebut yaitu :

1. Feature

Feature merupakan elemen yang memberikan informasi mengenai fitur dari suatu produk. Fitur tersebut berupa karakteristik ataupun fakta. Misalnya saat kita menjual oven, maka fitur utama yaitu sistem pemanasan yang cepat.

Baca Juga:

2. Advantage

Advantage merupakan keunggulan ataupun kelebihan. Ini merupakan penjelasan lengkap mengenai fitur suatu produk. Contohnya untuk menjual oven. Untuk advantagenya merupakan sistem pemanas yang bisa mencapai suhu 200 derajat celcius hanya dalam waktu 5 menit saja.
Dengan menggunakan advantage ini maka penawaran yang kamu lakukan menjadi satu langkah lebih maju.

3. Benefit

Benefit adalah apa saja yang pengguna bisa nikmati. Masih dengan contoh berjualan oven.
Jadi untuk contoh manfaatnya yaitu waktu masak menjadi jauh lebih cepat. Sehingga kita juga tak perlu waktu lama untuk memanaskan makanannya. Dan walaupun sibuk namun siapa saja bisa menyiapkan makanan dalam waktu yang cepat dan singkat.

Sudah membaca contoh copywriting diatas?. Tentu saja terdengar menjadi lebih lugas dan menarik.
Sesudah kita mengidentifikasi FAB. Maka yang harus kita lakukan yaitu selalu meningkatkan kemampuan menulis.

Apabila semakin mahir kita dalam kepenulisan. Maka elemen FAB bisa dipromosikan dengan kata yang lebih menarik. Tetapi bagaimanapun juga formula FAB untuk copywriting ini tujuannya adalah agar orang yang melihatnya bisa melakukan pembelian.

Langkah Copywriting dengan Formula FAB

Bagi yang baru dalam mengidentifikasi feature, advantage serta benefit untuk copywriting mungkin masih terasa sulit. Berikut ini adalah tips menulis Copywriting dengan Formula FAB.

1. Mulai dari feature
Jika masih bingung untuk memulainya dari mana maka kamu bisa mulai dengan membuat langkah pertama dengan cara mendata fitur dari produk mu. Dalam tahapan awal ini kamu tak perlu lagi untuk memikirkan mengenai advantage serta benefit.

2. Tambahkan advantage
Apabila kamu sudah menulis fitur sebanyak-banyaknya maka selanjutnya dengan menambahkan advantage di masing-masing feature tersebut. Kamu harus memberikan minimal satu ataupun dua kelebihan/keunggulannya.

3. Pikirkan benefit
Di tahapan ini pastinya kamu juga sudah memiliki daftar feature dan advantagenya. Kemudian untuk langkah berikutnya yaitu dengan menuliskan benefit. Keuntungan apa saja yang bisa dirasakan oleh pengguna produk.

Agar benefit yang kamu buat menjadi lebih menarik maka kamu juga harus memikirkan dari perspektif pelanggan. Selain itu kamu juga harus mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan.
Kemudian kamu bisa memulai memilih kata dan merangkainya agar terlihat pas.
Jika kamu sudah melengkapi ketiga formulanya. Maka kamu juga bisa mulai untuk memilih copy mana yang terlihat paling menarik serta bisa memberikan manfaat untuk calon konsumen.

Jenis-Jenis Copywriting

jenis jenis copywriting

1. Copywriting Direct Response

Merupakan copywriting yang memiliki fungsi agar bisa mendapatkan tanggapan secara langsung dari konsumen. Misalnya mengarahkan konsumen untuk klik tombol CTA, berlangganan ebook, dan lain-lain. Pada umumnya copywriting ini digunakan untuk landing page, home page, iklan media sosial dan sebagainya.

2. Marketing copywriting

Marketing copywriting ini berfokus dalam melakukan penawaran suatu produk, memberikan solusi bagi konsumennya serta memberikan informasi mengenai manfaat dari produknya,
Jadi tujuan akhir dari copywriting ini yaitu agar bisa meyakinkan konsumen untuk melakukan pembelian ataupun layanan. Secara umum untuk jenis copywriting ini banyak digunakan untuk email marketing serta homepage.

Baca Juga:

3. Brand Copywriting

Jenis copywriting yang lainnya yaitu brand copywriting yang memiliki fokus untuk menyampaikan citra serta identitas dari brand tersebut. Untuk jenis copywriting ini juga bisa membedakan suatu brand dengan brand lainnya. Misalnya pada slogan ataupun tagline brand. Untuk copywriting jenis ini bisa kamu temukan pada suatu logo ataupun halaman about us.

4. SEO Copywriting

SEO Copywriting ini mempunyai fokus agar bisa menarik perhatian konsumen serta bisa memposisikan konten google. Adapun untuk kepenulisan copywriting ini ditulis dengan seluruh dari persyaratan SEO. SEO copywriting ini seringkali digunakan untuk deskripsi suatu produk, landing page serta kategori suatu produk.

5. Technical copywriting

Jenis copywriting ini fokus untuk memberikan pengetahuan tentang cara kerja produk atau layanan.
Umumnya copy ini dipakai dalam produk kecantikan. Selain itu juga bisa digunakan untuk teknologi serta produk kesehatan.

Pentingnya Menggunakan Copywriting dengan Formula FAB

Lalu apa bedanya Copywriting dengan Formula FAB dengan cara kepenulisan yang lain? Bukankah semua orang bisa menulis materi pemasaran tersebut? Belum tentu karena agar bisa menaikkan efektivitas dari suatu promosi. Copy tidak boleh dibuat dengan semaunya sendiri. Tanpa menggunakan teknik Copywriting dengan Formula FAB. Kemungkinan penjualan bisnis mu rendah, trafik pengunjung tidak bertambah dan tidak ada interaksi media sosial.

Tips Dalam Membuat Copywriting yang Menarik

Copywriting dengan Formula FAB terlihat seperti seni dibandingkan dengan teori. Maka ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar teks yang kamu buat menjadi lebih menjual.
Dibawah ini adalah langkah-langkah membuat copywriting terlihat lebih menarik.

  • Mempelajari produk/layanan
  • Memahami kebutuhan audiens
  • Menentukan headline yang memikat
  • Dukung headline dengan lead yang menarik
  • Menulis copy yang berkualitas
  • Akhiri dengan persuasif

Demikian penjelasan mengenai Copywriting dengan Formula FAB serta hal-hal yang berhubungan dengan copywriting ini. Semoga Kamu terbantu dengan pengetahuan baru tentang dunia copywriting.

Untuk menerapkan Copywriting dengan Formula FAB Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.