Tutorial dan Panduan Linkedin Ads Lengkap

linkedin ads

Bagi pemilik bisnis B2B, kamu harus membaca informasi tentang Panduan Linkedin Ads. Strategi pemasaran ada berbagai macam metode. Salah satunya adalah strategi pemasaran Business to business. B2B adalah pemasaran produk ke sesama pemilik bisnis.

Platform Linkedin Ads merupakan salah satu strategi pemasaran B2b. Lalu bagaimana cara menggunakan Linkedin Ads? Berikut ini adalah panduan linkedin ads lengkap.

Tutorial dan Panduan Linkedin Ads Untuk Pemula

Bagi perusahaan yang ingin mengembangkan usahanya, harus selalu melakukan strategi pemasaran produk, salah satunya dengan update pada perkembangan teknologi.

Linkedin Ads adalah salah satu fitur yang cocok bagi usaha-usaha yang menerapkan strategi marketing. Lalu bagaimana langkah-langkahnya? Simak penjelasan Panduan Linkedin Ads di bawah ini.

Baca Juga:

1. Buat Profil Perusahaan

Dengan membuat profil perusahaan. Pelanggan akan mengenali bisnis apa yang kita jalankan. Sehingga langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat profil perusahaan.

  • Pertama, harus masuk akun Linkedin, klik pojok kanan atas, klik menu kerja.
  • Gulir layar ke bawah, dan pilih Buat Halaman Perusahaan
  • Pilihlah jenis perusahaan. Kamu harus menyesuaikan profil perusahaan yang akan diiklankan
  • Keempat lengkapi profil perusahaan dengan mengisi seluruh kolom yang tersedia

2. Aktifkan Linkedin Campaign Manager Account

Langkah yang kedua adalah mengaktifkan fitur Linkedin Campaign Manager Account. Langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, masuk akun Linkedin dan klik menu kerja
  • Kedua, klik menu Solusi Pemasaran
  • Kemudian halaman akan diarahkan secara otomatis ke LinkedIn Marketing Solution. Lalu, klik Create Ad.
  • Selanjutnya halaman akan secara otomatis memunculkan halaman pembuatan akun Campaign Manager. Dan silahkan beri nama akun sesuai iklan sesuai keinginan.

3. Pilih Iklan Sesuai Kebutuhan

Sebelum beriklan, terlebih dahulu untuk memilih Campaign Group, agar iklan lebih terorganisir.
Kamu bisa mengisi beberapa iklan dalam satu campaign grup.

Caranya dengan mengganti nama default campaign. Nama tersebut diganti dengan nama kampanye iklan yang diinginkan. Lalu klik Berikutnya.

4. Pilih Tujuan Iklan

Pilih tujuan iklan Anda. Targetkan iklan sesuai dengan segmentasi pelanggan yang tepat.

5. Pilih Audience

Perusahaan dapat memilih target audience. Kamu bisa memfilter audiens tertarget.
Filter tersebut bisa berdasarkan:

  • Jenis Perusahaan
  • Pendidikan
  • Pengalaman kerja
  • Dan filter lainnya

6. Atur Format Iklan

Pilih format iklan sesuai dengan kebutuhan.

7. Pilih Anggaran dan Jadwal Iklan

Perusahaan dapat menyesuaikan anggaran dan jadwal iklan sendiri.

Jadi ketika beriklan perusahaan bisa menyesuaikan anggaran. Sesuaikan anggaran tersebut sesuai kebutuhan.

Setelah menetapkan anggaran, lanjut dengan memilih jadwal iklan. Kamu dapat memposting iklan dengan periode harian, mingguan atau bulanan.

8. Upload Iklan

Upload konten iklan pada halaman di bawah ini. Isilah semua kolom dengan kata-kata yang menarik perhatian audience.

9. Tunggu Sampai Approve

Linkedin akan memantau iklan selama 24 jam atau lebih. Jika iklan tersebut sesuai dengan pedoman komunitas. Linkedin akan menampilkan iklan tersebut.

10. Pantau Efektivitas Iklan

Pada akun Campaign Manager, terdapat menu Performance Chart.
Di menu tersebut akan ditampilkan informasi tentang:

  • Total tayangan iklan
  • Jumlah orang mengklik iklan
  • Dan informasi performa lainnya

Itulah tadi 10 Panduan Linkedin Ads Lengkap yang bisa kamu ikuti. Sehingga performa perusahaan dalam menjalankan marketing akan meningkat. Bagaimana ? Mudah bukan? Agar lebih efektif, simak penjelasan tentang manfaat, jenis-jenis dan Tips Memasang Iklan di Linkedin Ads.

Manfaat Menggunakan Linkedin Ads

linkedin ads
Setelah menyimak Panduan Linkedin Ads di atas. Sekarang ketahui manfaat menggunakan Linkedin Ads sebagai berikut.

1. Jangkauan Pasar Luas

Dengan beragam fitur yang di desain secara profesional. Menjadikan Linkedin sebagai platform yang sangat digemari bagi kalangan biasa hingga kalangan profesional dan pebisnis.

Hal tersebut menjadikan pengguna Linkedin hingga saat ini mencapai lebih dari 500 juta. Hal ini tentu dapat membuat jangkauan pasar perusahaan lebih luas.

2. Dapat Menyesuaikan Budget Iklan

Jika memilih strategi pemasaran dengan Linkedin Ads. Perusahaan bisa memilih sendiri budget yang diinginkan sesuai kebutuhan perusahaan. Fitur ini tentunya sangat membantu untuk mengefisiensikan pengeluaran perusahaan untuk iklan.

3. Dapat Menyesuaikan Jadwal Iklan

Perusahaan juga disediakan fitur untuk memilih sendiri jadwal iklan sesuai kebutuhan. Fitur ini juga sangat bermanfaat karena perusahaan bisa melakukan analisis sendiri moment-moment apa saja yang pas untuk beriklan.

Baca Juga:

Jenis-Jenis Konten Iklan dalam Linkedin Ads

linkedin ads
Ada beberapa jenis konten iklan di Linkedin Ads. Jenis iklan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga dapat sesuai dengan target dan tujuan dari periklanan.

1. Sponsored Content

Ini merupakan jenis iklan yang cara kerjanya adalah muncul di news feed audiens. Cara kerja iklan jenis ini mirip dengan status media sosial yang nantinya akan muncul dan bercampur dengan konten-konten yang di posting oleh pengguna Linkedin lainnya.

2. Message Ads

Jika bisnis ingin beriklan dengan melakukan kontak langsung dengan pelanggan.
Memilih message ads adalah yang tepat. Karena iklan ini akan mengirimkan direct message langsung ke pelanggan.

Jadi perusahaan dapat menerima respon langsung dari pengguna linkedin. Respon tersebut bsia berupa komentar atau ketertarikan akan produk.

3. Dynamic Ads

Jenis iklan dynamic ads akan menampilkan iklan berdasarkan segmentasi pasar.
Jenis iklan ini mudah untuk dipersonalisasi. Terdapat 3 jenis format Dynamic Ads, yaitu followers ads, spotlight ads, dan job ads.

4. Text Ads

Jika iklan kamu ingin muncul di halaman awal linkedin. Maka memilih jenis text ads adalah pilihan tepat. Iklan ini memiliki bentuk gambar persegi kecil dengan teks singkat. Meskipun begitu, Teks Ads masih sangat efisien digunakan oleh perusahaan untuk menjangkau konsumen dan mengingatkan kepada mereka akan kesadaran atau keberadaan dari produk yang sedang dipasarkan.

Tips Memasang Iklan di Linkedin Ads

Agar iklan yang di pasang dalam Linkedin Ads semakin efektif dan efisien. Penting untuk mengetahui Tips Panduan Linkedin Ads berikut ini.

1. Strategi Promosi yang Tepat

Sebelum memulai memasarkan menggunakan Linkedin Ads, sudah seharusnya perusahaan memikirkan tentang target usaha, hal tersebut bermanfaat untuk menentukan langkah promosi yang tepat.

Seperti contohnya, jika dalam moment-moment tertentu, perusahaan perlu memberikan diskon kepada beberapa jenis produknya, dengan demikian maka akan dapat menarik minat konsumen.

2. Gunakan Fitur Leads Collection

Manfaat menggunakan Fitur Leads Collection adalah perusahaan dapat berhubungan langsung dengan konsumen tanpa harus merusak customer experience melalui iklan yang dilakukan.

3. Terus Pantau Performa Iklan

Memantau performa iklan perlu dilakukan agar perusahaan dapat melihat efektivitas iklan yang telah dijalankan, apakah efektif untuk pengembangan usaha atau tidak.

Efektif atau tidaknya iklan dapat dilihat dari kunjungan profil, interaksi pelanggan dan jumlah penjualan produk.

Setelah membaca Panduan Linkedin Ads, dari tutorial pembuatan, manfaat penggunaannya, jenisnya, sampai tips menggunakannya, apakah semakin tertarik untuk memulai pemasaran dengan Linkedin Ads?

Untuk menerapkan strategi digital marketing, Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga: