Manfaat Direct Marketing Untuk Pemasaran

direct marketing adalah

Istilah direct marketing ini mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian orang. Karena kita seringkali mengalaminya langsung.

Lantas seperti apa direct marketing itu? kenapa banyak yang menggunakannya? Untuk lebih jelasnya bisa disimak ulasan mengenai direct marketing dibawah ini.

Pengertian Direct Marketing

Direct marketing adalah suatu strategi marketing yang mengandalkan komunikasi secara langsung dari pemasar kepada konsumen. Dalam menjalankan strategi direct marketing ini bisa dilakukan melalui telepon, email maupun SMS.

Direct marketing ini juga tidak perlu mengandalkan pihak ketiga sehingga bisa langsung mendapatkan respon dari pelanggannya.

Manfaat Direct Marketing

Adapun manfaat direct marketing yang didapatkan yaitu :

1. Mendapatkan respon langsung dari para pelanggan

Dengan melakukan pemasaran langsung kepada pelanggan maka akan berpotensi dalam menaikkan pendapatan bisnis. Selain itu pelanggan juga bisa langsung mendapatkan diskon ataupun bisa membeli rilisan produk yang ditawarkan.

Respon pelanggan selain didapatkan dari sisi pendapatan juga bisa dijadikan sebagai ukuran dalam pelaksanaan direct marketing tersebut.

2. Hemat Biaya Promosi

Dengan melakukan strategi ini maka kita juga bisa memperoleh keuntungan yang maksimal. Sehingga kita juga tak perlu menggunakan jasa media iklan yang bisa menghabiskan banyak dana.

3. Peningkatan Loyalitas Pelanggan

Manfaat lainnya dari direct marketing ini adalah kita bisa melakukan komunikasi secara langsung pada para pelanggan kita. Kita juga secara pribadi bisa menyarankan mengenai kebutuhan pelanggan.

Sehingga makin kita mengenal pelanggan maka akan menjadikan pelanggan juga makin loyal.

Baca Juga :

Jenis Direct Marketing

Tertarik untuk melakukan direct marketing ini? Tak perlu khawatir mengenai caranya, disini akan disampaikan mengenai jenis direct marketing yang bisa kita gunakan :

1. Email Marketing

Jenis yang pertama yaitu dengan email marketing. Penggunaan email sebagai media promosi produk ataupun suatu layanan bukanlah strategi yang kuno dan ketinggalan jaman.

Berdasarkan data statistik tercatat bahwa pengguna email aktif ini mencapai 3,9 miliar setiap harinya. Dan di tahun 2023 ini jumlahnya akan bertambah hingga 4.3miliar

Terdapat 59% pengguna email ini juga mengatakan kalau email marketing ini akan mempengaruhi keputusannya dalam membeli produk. Sehingga menunjukkan bahwa penggunaan email marketing ini masih potensial.

Dengan menggunakan email marketing ini juga akan memberikan kita kesan yang profesional. Selain itu kita juga bisa menyisipkan lampiran yang menarik pada setiap promosi yang dilakukan melalui email. Contohnya adalah Google.

Google sebagai salah satu raksasa teknologi masih memanfaatkan email untuk mempromosikan layanan yang mereka miliki.

Dan kenyataannya memang Google selalu menggunakan email marketing untuk penawaran terbarunya. Dan bagi pelanggan yang masih baru, Google juga akan mengirimkan kupon Google AdWords.

2. Social Media Marketing

Penggunaan media sosial merupakan sasaran promosi bisnis yang masih sangat potensial. Hal ini dilihat dari 90% sosial media digunakan generasi milenial. Selanjutnya diikuti oleh GenX sebanyak 77.5% dan baby boomers sebanyak 48,2%.

Dengan menggunakan sosial media marketing ini maka kita akan dipermudah dalam hal melakukan komunikasi langsung dengan pelanggan yang ada diseluruh dunia. Bukan hanya itu saja, media sosial ini juga bisa digunakan untuk melakukan promosi produk secara rutin.

Misalnya , pada bulan Februari 2021 Burger King melakukan promosi menu, termasuk Flamin’ Deals Beef pada instagram. Sehingga calon konsumen dengan diskon Burger King maka bisa langsung memilih “Shop Now”.

Kemudian kelebihan yang terdapat pada sosial media marketing ini yaitu potensi word of mouth. Artinya pelanggan akan merekomendasikannya pada calon pelanggan lain.

Dan hal tersebut juga tercatat pada ferbes bahwa 71% konsumen yang mendapatkan produk bagus pada media sosial akan merekomendasikannya kepada yang lain.

3. Telemarketing

Telemarketing ini merupakan upaya dalam hal melakukan promosi pada konsumen dengan memanfaatkan sambungan telepon. Kelebihan yang dimiliki dalam melakukan telemarketing ini yaitu bersifat personal dan interaktif.

Bukan hanya itu saja, manfaat telemarketing yang lainnya yaitu bisa menjelaskan permasalahan teknis yang dialami oleh pelanggan secara detail dan jelas. Kemudian juga memungkinkan kita agar bisa melakukan penjualan secara langsung. Pelajari: Kesalahan Telemarketing Yang Wajib Dihindari

Dengan telemarketing ini juga membutuhkan komunikasi yang tepat sehingga akan mempengaruhi ketertarikan pelanggan. Dan yang biasa melakukan Telemarketing ini adalah Bank.

Biasanya bank melakukan telemarketing untuk nasabah dengan kategori khusus, misalnya saat menawarkan produk yang terbaru dan mungkin dibutuhkan nasabah.

4. SMS Marketing

Dengan menggunakan SMS Marketing ini kita bisa melakukan promosi dengan pesan singkat. Contoh salah satu bentuk SMS Marketing yaitu penawaran diskon produk dalam waktu yang pendek.

Perlu kita tahu bahwa Starbucks merupakan salah satu brand yang rajin dalam hal memberikan diskon. Biasanya promo yang diberikan ini adalah berupa potongan 50% yang dalam bentuk istilah: bu 1 get 1, pay 1 for 2 dan lain-lain.

Seperti halnya pada Starbucks, dunkin Donuts juga masih memanfaatkan SMS Marketing dalam melakukan promosinya. Dunkin Donuts akan memberikan produknya secara gratis dalam pembelian jumlah tertentu.

SMS marketing ini juga memiliki beberapa manfaat diantaranya yaitu bentuk promosi yang mobile friendly. Hal ini tidak lepas bahwa SMS adalah bagian dari fitur bawaan ponsel.

Selain itu SMS marketing ini juga bisa menyasar ke berbagai kalangan bahkan bagi yang tidak menggunakan smartphone.

Selain itu dengan menggunakan SMS marketing ini maka SMS akan bisa dikirim dan diterima dengan cepat. Jadi setelah kita mengirimkan SMS, sudah dipastikan bahwa pesan tersebut juga sudah diterima pelanggan.

5. Katalog

Direct marketing yang dilakukan melalui katalog ini masih efektif meskipun area distribusinya masih terbatas. Pada katalog tersebut kita juga bisa memberikan rincian produk sekaligus harga yang jelas. Setelah itu kita menyebarluaskannya dengan cara digital maupun secara fisik.

Katalog ini seringkali dimanfaatkan bagi para pelaku usaha lokal dengan targetnya yang berasal dari daerah yang sama. Sehingga apabila ada orang yang tertarik akan langsung datang ke lokasi.

Beberapa supermarket juga masih menggunakan katalog untuk promosi misalnya Carrefour, Indomaret, Transmart dan lain-lain.

Baca Juga :

6. Penjualan Langsung

Pada bainis dengan anggaran promosi yang terbatas kemungkinan akan melakukan cara ini. Meskipun demikian dengan melakukan penjualan langsung maka konsumen secara langsung bisa melihat produk yang ditawarkan.

Dan jika produk yang ditawarkan tersebut cocok dan menarik maka konsumen akan lanjut dengan membelinya.

Dengan melakukan penjualan langsung maka bisa dijadikan sebagai kesempatan kita untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Sehingga pelanggan yang membutuhkan produk yang kita tawarkan, akan langsung menghubungi kita. Contoh yang melakukan penjualan langsung yaitu Yakult dan Sari Roti.

pengertian manfaat direct marketing

Kelebihan Direct Marketing

Dalam hal menerapkan direct marketing mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya yaitu :

  • Target yang jelas. Jadi makin kita mengenal target maka penawaran yang kita lakukan bisa disesuaikan dengan kebutuhan mereka.
  • Informatif. Dengan direct marketing ini kita juga bisa memberikan informasi yang jelas dan detail misalnya harga, cara mendapatkan diskon dan lain-lain.
  • Personal. Melalui direct marketing ini kita bisa langsung berinteraksi dengan pelanggan secara personal.
  • Terjangkau. Dengan melalui direct marketing ini otomatis biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau.
  • Hasil yang terukur. Promosi yang dilakukan secara langsung dapat langsung diukur hasilnya saat itu.

Kekurangan Direct Marketing

  • Mengganggu. Sebagian orang menganggap bahwa direct marketing ini sangat mengganggu dan memberikan kesan yang buruk pada bisnis.
  • Banyaknya kompetitor. Banyak promosi yang dilakukan dengan cara ini sehingga promosi yang kita lakukan mungkin saja akan tenggelam dengan promosi lainnya.
  • Sumber daya. Direct marketing yang dilakukan sebagai penjualan langsung mungkin saja akan menguras tenaga dan waktu. Dan beberapa bahkan memiliki respon yang tidak sebanding dengan sumber daya yang dikeluarkan.

Beberapa strategi marketing saat ini banyak menggunakan jasa digital marketing agency untuk merancang strategi dan eksekusi yang lebaik dan lebih masif, seperti dengan menggunakan growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing yang lebih baik dalam pengumpulan dan analisa untuk mentarget pelanggan yang lebih presisi.

Baca Juga :