Cara Menentukan Waktu Terbaik Untuk Post di IG 2022

waktu terbaik untuk posting instagram 2022

Agar bisa sukses di Instagram ada banyak faktor. Salah satunya yaitu masalah waktu. Anda harus tahu waktu terbaik untuk post di IG 2022. Karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan panduan kepada Anda untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk post di IG 2022 terbaru untuk meningkatkan interaksi dan follower instagram.

Faktor Penentu Waktu Terbaik Untuk Post di IG 2022

Waktu terbaik untuk post di IG 2022 yaitu saat pengunjung Anda paling aktif. Namun mungkin juga saat lebih sedikit pengikut yang sedang online, ini apabila konten yang Anda buat relevan dengan rutinitas harian mereka saat itu. Algoritma Instagram ini menggunakan faktor ketepatan waktu dan relevansi agar bisa menemukan dimana pos Anda berada di dalam umpan pengikut Anda.

Jadi makin tinggi postingan Anda di tampilan umpan pengikut Anda maka akan semakin banyak pula tayangan. Jika tayangan lebih banyak maka akan bisa menghasilkan lebih banyak keterlibatan. Kemudian jika keterlibatan makin banyak di postingan Anda maka akan main banyak pula kesan pada postingan Anda pada masa mendatang. Dan hal ini seperti sedang menciptakan efek bola salju yang semakin hari semakin membesar.

  • Ketepatan waktu: Ketahui Kapan Waktu Paling Sering Pengikut IG Anda Online
    Dengan memposting di saat sebagian besar pengikut Anda aktif maka akan memberikan peluang yang lebih baik agar bisa terlihat oleh banyak orang. Ini merupakan faktor ketepatan waktu, yang berarti postingan Anda terjadi tepat dengan waktu pengguna masuk.

Penelitian Emma Ward

waktu terbaik posting instagram 2022

Menurut manajer pemasaran bar smoothie New England the juicery bernama Emma Ward, membuat penjadwalan posting instagram menjadikanya sebuah penelitian. Dia juga meluangkan waktu saat sebagian besar pengikut The juicery ini ada di Instagram agar bisa memposting tentang promosi, berita ataupun konten menarik lainnya yang bisa dibagikan.

Ia juga mengatakan bahwa mempromosikan hadiah, lokasi baru, ataupun sesuatu yang tidak spesifik maka akan mempostingnya pada malam hari. Karena ia ingin mendapatkan perhatian banyak pada postingan tersebut. Sehingga ia mempostingnya pada saat paling banyak orang sedang online.

Dia juga dapat memastikan pengikutnya yang online di malam hari tidaklah mungkin akan membeli smoothie pada waktu malam. Sehingga waktu malam hari tidak digunakan untuk memposting produk smoothienya Waktu optimal agar bisa memposting di Instagram tergantung dari konten yang harus dibagikan juga.

  • Relevansi: Ketika konten Anda paling cocok dengan keseharian pengikut Anda
    Algoritma Instagram juga berupaya untuk menampilkan konten yang paling ingin mereka lihat terlebih dahulu kepada penggunanya.

Baca Juga:

Lalu bagaimana kita bisa mengetahui apa yang ingin dilihat orang di Instagram?

Berdasarkan algoritma instagram hal ini dapat kita ketahui dari hubungan dan minat pengguna instagram. Makin relevan konten yang Anda buat dengan pengikut Anda, maka semakin mereka akan berinteraksi dengannya.

Dan keterlibatan tersebut mendorong Instagram agar bisa menampilkan konten Anda lebih tinggi. Selain itu Emma juga memiliki pertimbangan bagus tentang kapan produknya dirasa paling relevan dengan jadwal harian dari followernya. Dan untuk follower The Juicery, menjadwalkan posting di pagi hari adalah waktu paling tepat. Karena di waktu ini banyak orang yang pastinya memikirkan sarapan apa untuk pagi ini.

Lalu dia memposting tentang smoothie serta item menu lainnya di pagi hari, sekitar pukul 07.30 pada setiap hari kerja. Kemudian memposting lewat pukul 8 pagi ada akhir pekan, walaupun jumlah pengguna onlinenya lebih sedikit. Emma juga mengatakan ke pengikutnya “Saya ingin smoothie kami menjadi yang prioritas utama saat pengguna mulai memasuki waktu kerja”

Dan apabila ia menerapkan penelitiannya “waktu terbaik untuk memposting di Instagram” maka dia tidak akan kehilangan kesempatan untuk menyampaikan ide smoothie di pagi hari untuk para pengikutnya yang kemungkinan berpotensi akan membelinya dalam perjalanan ke tempat kerja.

Cara Menemukan Waktu Terbaik Untuk Post di IG 2022 Untuk Akun IG Bisnis

Dalam menentukan waktu yang terbaik untuk posting di Instagram tidaklah sulit. Anda harus mempertimbangkan dua hal yaitu:

  • Saat jumlah pengikut terbesar Anda aktif di platform instagram
  • Saat produk atau layanan bisnis yang diposting di IG relevan bagi banyak orang

Kedua hal diatas akan memberikan Anda gambaran mengenai waktu posting yang optimal, kemudian Anda juga bisa uji coba dan perbaiki. Dengan melakukan banyak uji coba, Anda akan dapat menentukan kapan waktu terbaik untuk mengupdate konten di Instagram. Untuk lebih jelasnya simak beberapa langkah untuk menemukan waktu terbaik untuk post di IG 2022 berikut:

Langkah 1: Temukan Kapan Audiens Instagram Bisnis Anda Paling Aktif

Cara termudah untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan fitur insight yang ada di akun instagram bisnis. Untuk mempermudah kamu untuk mengetahui kapan waktu follower instagram Anda paling aktif setiap harinya. Di bagian bawah insight, Anda juga bisa melakukan klik untuk melihat data yang dikelompokkan menurut konten, aktivitas serta pemirsa.

Kemudian pilih tab Audiens agar bisa melihat data pengikut Anda, di dalamnya juga termasuk saat mereka mengakses Instagram, lokasi, rentang usia serta jenis kelaminnya. Anda juga bisa beralih di timeframe jam ke timeframe hari untuk melihat waktu paling aktif dengan lebih spesifik.

Namun perlu juga diingat bahwa data tersebut hanya bisa muncul selama tujuh hari terakhir pada akun Instagram. Karena data ini terbatas maka Anda juga harus waspada terhadap dampak peristiwa khusus serta perilaku musiman sebelum membuat keputusan.

Baca Juga:

Langkah 2: Membuat Hipotesis Jenis Konten Terbaik Untuk Diposting

Selain menentukan waktu terbaik untuk post di IG 2022, menentukan jenis konten yang diposting di Instagram juga harus Anda perhatikan. Anda bisa membuat beberapa jenis konten yang berbeda untuk disajikan kepada follower.

Jadi pada tahapan ini buatlah hipotesis jenis konten apa yang terbaik untuk disajikan kepada follower. Dengan cara buatlah beberapa jenis konten berbeda dan lihatlah respon dari pengikut Anda. Jenis konten seperti apakah yang membuat mereka tertarik.

Langkah 3: Membuat Jadwal Posting Feed IG Untuk Menguji Hipotesis Baru

Sekarang Anda sudah tahu kapan pengikut Anda online, dan Anda juga memiliki gagasan mengenai konten yang menurut Anda menarik bagi follower. Cobalah Anda membuat jadwal waktu terbaik untuk post di IG 2022 untuk jangka waktu tertentu, misalnya tiga minggu.

Langkah 4: Menganalisa Hasil Hipotesis Untuk Mengetahui Waktu Terbaik Untuk Posting Feed Instagram

Saat Anda sudah melewati beberapa minggu untuk melakukan pengujian jadwal posting Instagram Anda maka Anda akan mempunyai gagasan mengenai konten mana yang relevan dengan pengikut Anda saat itu. Lalu Anda juga harus melakukan perubahan jadwal posting feed untuk mendapatkan waktu manakah yang terbaik. Terus posting sesuai dengan minat pengikut lalu ubah jenis konten yang tidak berhasil.

Langkah 5: Lanjutkan menguji waktu baru

Data kinerja posting Anda terlihat pada riwayat postingan Anda. Jadi periksalah waktu terbaik Anda pada setiap bulan atau lebih, lalu cobalah sesekali menguji waktu baru. Dan ini menjadikan Anda akan terus belajar mengenai audiens Anda. Lalu jika Anda melewatkan posting di waktu tertentu setiap harinya apakah itu menandakan bahwa postingan Anda akan hilang dari feed pengikut Anda? Belum tentu.

Setelah membaca ulasan diatas maka kita juga harus memilih waktu terbaik untuk post di IG 2022.

Baca Juga: