Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking

faktor faktor yang mempengaruhi google ranking

Lebih dari 200 faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google. Itulah mengapa persaingan di halaman pertama Google sangat ketat. Google memiliki berbagai faktor penilaian agar mencegah manipulasi dan adil. Faktor-faktor utama yang mempengaruhi penilaian yaitu:

  • Search Intent
  • Mobile Friendly
  • Kualitas Konten
  • Backlink
  • Kecepatan Website
  • Domain Authority
  • Optimasi Kata Kunci
  • Struktur Website
  • Keamanan Website
  • User Experience
  • Informasi Bisnis yang Relevan

Faktor – Faktor Mempengaruhi Google Ranking

Search Intent

Search Intent merupakan apa yang sedang dicari oleh audiens di Google. Contohnya, ketika audiens sedang mencari dengan kata kunci “tips membuka online shop” yang berarti ia mencari cara, tips, atau panduan membuka online shop dan bukan mencari bagaimana asal mula online shop di Indonesia.

Maka dari itu ketika hendak membuat konten. Pastikan pembahsan konten Anda sesuai dengan search intent audiens. Untuk tipsnya Anda dapat melakukan riset kata kunci terlebih dahulu agar dapat menghasilkan konten yang relevan dan baik.

Mobile Friendly

Saat ini tak dapat dipungkiri bahwa smartphone sudah menjadi aspek tak terpisahkan dari kehidpan kita. Sebanyak 52,2 persen trafik kunjungan website bahkan berasal dari perangkat mobile. Maka dari itu bukan hal yang mengejutkan bahwa pada tahun 2018 lalu, Google menerapkan algoritma baru yaitu Google Mobile First Index yang mana algoritma tersebut mengutamakan performa website di perangkat mobile daripada komputer.

Yang berarti website yang berat dibuka dan memiliki tampilan yang berantakan saat diakses di smartphone akan memiliki peringkat sangat bawah. Maka dari itu, buatlah website yang sangat friendly pada perangkat mobile audiens.

Baca Juga:

Kualitas Konten

Konten adalah raja. Konten yang memiliki kualitas tinggi akan mendapatkan peringkat yang tinggi pula dari hasil pencarian Google. Maka dari itu Anda tak boleh membuat konten yang asal-asalan. Sebab kualitas konten dapat dikatakan sangat berhubungan erat dengan misi Google.

Google memiliki tujuan untuk memberikan informasi yang bermanfaat dan mudah diakses oleh semua orang. Jika kontennya asal-asalan berarti konten tersebut tidak bermanfaat.

digital marketing agency

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Konten

Konten yang Lengkap

Membuat konten yang lengkap tak harus panjang karena tak ada aturan baku mengenai jumlah katanya. Namun satu hal yang pasti, konten yang lengkap adalah membahas topik tersebut secara mendalam.

Update

Anda juga harus rajin membuat konten yang selalu update. Misalnya website Anda berkaitan dengan berita, maka konten dan informasi yang diberikan harus selalu update. Sehingga Audiens akan mendapatkan berita terbaru dari setiap kata kunci tersebut.

Akurasi Konten

Anda harus membuat konten yang berisi fakta dan jangan coba-coba menipu. Sebab, Google menggunakan algoritma canggih seperti Knowledge Graph dan SEO Database untuk mendeteksi konten yang menyesatkan di hasil pencariannya.

Struktur Konten

Saat Anda membuat konten harus memperhatikan strukturnya. Umumnya setiap artikel akan memiliki tiga bagian seperti pembuka, isi, dan kesimpulan. Selain itu jangan lupa menggunakan headings dan subheadings (H2,H3,H4, dan seterusnya) jangan lupa untuk memanfaatkan bullets poin jika Anda menjelaskan beberapa hal sekaligus. Bullets point dapat memperbesar kesempatan masuk pada featured snippet.

Backlink

Backlink merupakan link yang terpasang di website lain yang mengarah ke website Anda sendiri. Semakin banyak backlink, semakin website Anda dianggap penting, bermanfaat, dan dapat dipercaya. Sebab, website lain tak ragu menjadikan Anda sebagai panutan. Itulah mengapa backlink menjadi salah satu faktor utama Google Ranking. Namun Anda harus tetap berhati-hati dengan backlink. Backlink haruslah berkualitas tinggi. Jadi Anda tak boleh asal-asalan.

Kecepatan Website

faktor faktor yang mempengaruhi google ranking
Sebagai yang menjadi audiens juga Anda cukup sebal bukan ketika membuka website dengan loading terlalu lama? Nah hal tersebut ternyata juga dapat mempengaruhi ranking website di Google lo. Google akan memprioritaskan website cepat di hasil pencariannya.

Domain Authority

Fakto lain yang mempengaruhi Google Ranking adalah DA. DA atau Domain Authority merupakan cara Google menilai reputasi dan keahlian suatu mengenai topik yang dibahas. Semakin tinggi nilainya, semakin Google percaya bahwa Anda memang ahli di topik tersebut dan memberikan konten yang berkualitas. Website dengan nilai tinggi berpotensi mendapatkan posisi yang lebih tinggi juga di hasil pencarian.

Baca Juga:

 

Mengoptimasi Kata Kunci

Audiens akan mencari sesuatu di Google dengan menggunakan kata kunci tertentu. Sehingga kata kunci akan menjadi faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google. Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa konten yang diterbitkan sudah dioptimasi kata kuncinya.

Optimasi kata kunci dikenal juga sebagai SEO On Page di mana tak hanya memasukkan kata kunci di dalam konten saja tapi juga pada meta description, tittle tags, gambar, dan lainnya.

Struktur Website

Struktur website juga menjadi faktor utama Google Ranking. Hal tersebut karena struktur yang rapi akan memudahkan Googlebot melakukan proses indexing di website Anda. Googlebot merupakan web crawler yang bertanggung jawab memasukkan website Anda ke database Google sehingga website Anda akan muncul di pencarian saat pengguna mencari kata kunci tertentu di Google. Proses tersebut yang dinamakan indexing.

Keamanan Website

Tingkat keamanan website sangat mempengaruhi peringkat website sejak tahun 2014 lalu. Kita tahu bahwa saat ini kejahatan cyber sangat merajalela maka dari itu keamanan website merupakan paling utama. Google tak akan mau menampilkan website yang tidak aman di posisi atas.

User Experience

User Experience merupakan pengalaman pengunjung berinteraksi dengan website Anda. Apakah pengunjung merasa kesulitan saat mencari apa yang ia butuhkan atau interaksinya berjalan lancar dan mudah menemukannya. Website dengan UX yang buruk tak akan diprioritaskan Google di posisi atas hasil pencarian sebab hal tersebut akan menyulitkan pengunjung dan membuat mereka frustasi.

Informasi Bisnis yang Relevan

Faktor Google Ranking berlaku khusus bagi Anda yang memiliki bisnis online. Google meranking brand yang ia anggap paling kredibel, terpercaya, dan relebam di hasil pencariannya. Semakin jelas dan konsisten informasi terkait bisnis Anda di internet, semakin Google akan memprioritaskannya.

Faktor Ranking Google satu ini disebut dengan local SEO dan terdapat 3 hal yang harus Anda perhatikan:

  • Nama, alamat lengkap, dan nomor telepon yang sama saat ditampilkan di berbagai tempat
  • Sudah mendaftar dan melengkai profil di Google Bisnisku
  • Memiliki ulasan konsumen di Google dan website review lainnya.

Itulah faktor-faktor yang mempengaruhi Google Ranking. Maka dari itu Anda harus memperhatikan konten yang Anda buat yang harus berkualitas dan memperhatikan kecepatan website. Jangan lupa jika memiliki bisnis,usahakan memberikan informasi bisnis yang relevan.

Baca Juga:

 

Untuk menerapkan strategi digital marketing, Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.