Manfaat Multichannel Retailing Untuk Meningkatkan Penjualan

multichannel

Kita pastinya ingin membuat pelanggan merasa nyaman belanja di toko kita miliki. Karena itu Multichannel Retailing merupakan strategi yang wajib kita ketahui. Selain dapat membuat konsumen nyaman dengan toko kita, strategi ini juga dapat meningkatkan penjualan.

Jika Omnichannel dalam e-commerce didefinisikan sebagai menggunakan semua saluran, menyatukan penjualan dan pemasaran untuk menciptakan setiap pengalaman dalam perjalanan pelanggan untuk berhubungan dengan merek.

Multichannel didefinisikan sebagai menggunakan banyak saluran tetapi dengan integrasi yang lebih sedikit antar saluran. Memungkinkan pelanggan untuk berbelanja di saluran apa pun yang mereka cari dan berinteraksi dengannya.

Omnichannel dan Multichannel masih dianggap sebagai pilihan paling efektif dan terbaik saat ini. Namun, tampaknya masih ada kekurangan pedoman yang jelas tentang cara menerapkan Multichannel secara efektif.

Penasaran dengan apa itu Multichannel Retailing? Dan bagaimana menerapkannya? Yuk simak pembahasan tentang Multichannel Retailing di bawah ini sampai selesai!

Apa Itu Multichannel Retailing?

Menurut Zoho Multichannel Retailing adalah strategi bisnis dengan menggunakan banyak channel penjualan. Banyak juga yang salah menganggap bahwa strategi ini sama dengan omnichannel retailing. Multichannel Retailing disebut juga dengan Multichannel selling.

Strategi sales ini selain digunakan untuk penjualan digunakan juga dalam pemasaran. Karena tujuan dari penggunaan strategi ini adalah untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Karena dengan strategi ini konsumen akan merasa nyaman berbelanja di toko yang kita kelola.

Lebih khusus, ikuti gambar di bawah model Multichannel:

Di area paling sentral adalah produk dari merek (dengan tujuan menjual atau meningkatkan kesadaran). Bagian luar roda adalah saluran yang akan dijangkau pelanggan, dengan setiap saluran menjadi peluang yang terpisah dan independen untuk membeli.

Tidak ada batasan jumlah saluran dalam bentuk Multichannel. Semuanya tergantung dari kemampuan merek bisnis untuk memberikan opsi pembelian pada saluran mana pun yang diinginkan pelanggan.

Baca Juga:

Apakah Bisnis Perlu Menerapkan Multichannel Retailing?

Manfaat utama dari Multichannel Retailing adalah meningkatkan penjualan. Tetapi ini hanyalah salah satu manfaat kita menggunakan strategi ini. Karena masih ada beberapa kelebihan saat bisnis menggunakan Multichannel Retailing.

Berikut ini adalah kelebihan dari Multichannel Retailing.

1. Dapat Menyesuaikan Perjalanan Pembelian

Sekarang konsumen memiliki banyak pilihan ketika ingin berbelanja. Mereka tidak harus datang ke sebuah toko untuk membeli barang. Terkadang mereka hanya ingin melihat-lihat produk yang dijual terlebih dahulu. Contohnya mereka mencari produk melalui media sosial atau mesin pencari google.
Mereka yang membutuhkan produk dengan cepat, mereka akan berbelanja melalui e-commerce.

Jadi dengan karakter konsumen ini, bisa dikatakan perjalanan pembelian mereka berbeda-beda.
Dengan menerapkan Multichannel Retailing, Kamu dapat menjangkaunya dengan mudah. Entah mereka yang hanya ingin melihat-lihat produk saja atau langsung ingin membeli produk.

2. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Kelebihan dari strategi multichannel retailing adalah dapat menjangkau lebih banyak konsumen.
Perjalanan pembelian orang akan berbeda-beda seperti yang disebutkan di atas. Misalnya Konsumen A suka berbelanja di E-Commerce Z. Konsumen B lebih suka berbelanja di e-Commerce X. Dan konsumen C merasa nyaman berbelanja melalui Medsos.

Jadi jika Kamu hanya memiliki toko di e-commerce Z, maka penjual mu tidak akan maksimal. Karena konsumen B dan C tidak dapat kamu jangkau. Karena Keduanya lebih suka berbelanja di e-Commerce X dan melalui Medsos. Jadi ketika kamu memiliki semua channel penjualan, maka kamu dapat memiliki konsumen A, B dan C.

3. Membandingkan Channel Terbaik

Jadi ketika kita bingung channel mana yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan penjualan terbaik.
Jawabannya adalah dengan menggunakan multichannel retailing. Karena dengan menerapkan strategi multichannel retailing, kamu dapat mengetahui channel penjualan mana yang tepat untuk bisnismu.

Setiap bisnis akan memiliki saluran penjualan terbaik yang berbeda-beda. Karena itu, kamu harus memiliki banyak channel penjualan agar dapat melihat dimanakah pelanggan bisnismu berinteraksi dan mau melakukan pembelian.

Selain itu, dengan membandingkan channel, kita juga bisa mengetahui produk mana yang paling laris di channel tertentu. Sehingga nantinya produk terlaris tersebut bisa kamu gunakan untuk dipromosikan di channel penjualan lainnya.

Baca Juga:

Rekomendasi Sales Channels Untuk Menerapkan Multichannel Retailing

multichannel retailing

Jika sudah membaca artikel di atas, tentunya hal yang perlu kamu lakukan saat ini adalah membuat banyak sales channel. Jadi berikut ini ada beberapa rekomendasi sales channel yang terbaik untuk menerapkan multichannel retailing.

  • Media Sosial
  • E-Commerce
  • Website
  • Aplikasi Mobile
  • Agen
  • Toko Offline
  • Dan sales channel lainnya

Jadi yang terbaik adalah dengan mencoba menggunakan semua seles channel yang dapat kamu jangkau. Sehingga penjualan dan pemasaran bisnismu akan meningkat dengan efektif.

Faktor Membantu Menerapkan Multichannel Retailing Dengan Efektif

1. Hapus semua pemikiran lama

Hidup di masa dimana segala sesuatu berubah dengan cepat seperti saat ini, sangat cepat tren bisnis menjadi usang. Seperti yang kamu ketahui, hanya menjual barang-barang secara tradisional di jalanan sekarang sudah terlalu jadul.

Kamu hanya mengandalkan pelanggan tetap setiap hari, setiap minggu untuk datang ke toko Anda untuk berbelanja, itu sangat sulit. Pemasaran dan penjualan produk saat ini sudah berubah, pebisnis harus mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan. Jadi bekalilah dirimu dengan ilmu pemasaran baru untuk menjangkau pelanggan baru dimana saja dengan bantuan teknologi.

2. Memiliki gambaran umum tentang pelanggan Anda

Ini adalah salah satu faktor yang sangat diperlukan saat menerapkan strategi Multichannel. Hal ini akan menentukan seberapa baik tokomu menjangkau pelanggan. Anda perlu memetakan strategi yang jelas yang menganalisis informasi tentang pelanggan mu seperti kebutuhan dan keinginan konsumen. Sehingga membantu pelanggan mendapatkan kepuasan saat berbelanja di tokomu.

Lebih sederhana, Kamu dapat menganalisis dengan mensurvei apa yang diinginkan, disukai, atau dibutuhkan pelanggan saat berbelanja. Dengan cara ini, Kamu dapat memahami situasi dan menemukan strategi yang tepat untuk bisnismu sendiri.

3. Berinteraksi dengan pelanggan di saluran komunikasi berbeda

Setiap pelanggan memiliki saluran informasi yang mereka akses berkali-kali dalam sehari. Oleh karena itu, Kamu juga perlu mengandalkan statistik ini untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan kamu. Melalui iklan produk, pengiriman pesan, pengiriman email, dll. Dengan demikian membantu Kamu menciptakan banyak pelanggan potensial.

Baca Juga:

4. Berteman dengan database

Untuk industri Pemasaran, tanpa statistik, bisnis akan gagal total. Jadi, miliki metode yang sesuai untuk menemukan database yang efektif untuk tujuan pemasaran bisnismu.

Jadi itulah pembahasan tentang Multichannel Retailing yang lengkap. Kamu telah mengetahui manfaat, cara menerapkannya dan faktor yang membantu meningkatkan performa Multichannel Retailing.

Mulailah dengan membuat banyak channel penjualan untuk produk bisnismu. Buatlah lebih dari 3 saluran penjualan, sehingga nantinya kamu dapat menemukan manakah saluran penjualan paling cocok untuk bisnismu.

Dan bisnis kamu juga akan memiliki jangkauan lebih luas, sehingga akan memiliki banyak konsumen. Dan tentunya efek terbaik dari strategi ini adalah penjualan produk meningkat. Untuk merumuskan strategi marketing Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.